Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Advertisements

U M L Unified Modeling Language
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
BPR – Tahap 1 (Persiapan)
Unified Modelling Language (UML)
13 KOMPONEN DIAGRAM UML & PROSES MODEL WATERFALL
ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI PENJUALAN & PEMBELIAN Handicraft shop
Architecture dan design
Analisis Model.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Yang akan dipelajari Pengenalan UML Sejarah Singkat UML
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
Pertemuan 1 Konsep Dasar OOAD
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Object
UML (Unified Modelling Language)
RELATIOPNSHIPS IN THE UML
OBJECTORIENTED ANALYSIS
Oleh : Veri Julianto, M.Si
Unified Modeling Language [UML]
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Rekayasa Perangkat Lunak UML (Unified Modelling Language)
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
Visual Modelling Teguh Sutanto, S.Kom.,M.Kom.
Diagram Class, Diagram Objek Diagram Component dan Deployment
Object Oriented Programming
PENDAHULUAN Object Oriented Programming
Perancangan Sistem Informasi
Pengantar Object Oriented Analysis and Design
PEMODELAN SISTEM INFORMASI BERORIENTASI OBYEK
Object-Oriented Analysis (OOA)
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
Pemodelan objek.
QUIZ PSBO Total : 35 PG.
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Object oriented analyst and design
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
UML mendukung pengembangan aplikasi
PEMODELAN SYSTEM BERORIENTASI OBYEK (UML)
PENGANTAR KE UML Dewi Sartika, M.kom.
PEMODELAN PROYEK (UML)
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Latihan Soal 1. Dalam membagun aplikasi tidak lepas dari SDLC(System Development Life Cycle), yang tidak masuk dalam kategori tahapan SDLC adalah a. Analisa.
SOAL PERTEMUAN 1-6 PSBO 4 SKS
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PENGANTAR UML Citra N., S.Si, MT UNIKOM.
Pemodelan Berorientasi Objek
Oleh : Sri Herawati, S.Kom
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
Soal PSBO Pert.1-6.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
REVIEW UML.
Statechart , Class, Component & Deployment Diagram
Unified Modelling Languange (UML)
Unified Modeling Language (UML)
Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML
Unified Modeling Language
Pertemuan 8 RPL Oleh : Syukriya al-Asyik S.Kom
Pemodelan Sistem PL.
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Analisa Desain Berorientasi Objek
RPL untuk Pemrograman Berorientasi Obyek
TIM RPL Program Studi Teknik Informatika
Konsep Aplikasi Berbasis Objek
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Transcript presentasi:

Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 3 Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak Ahmad Farisi, S.Kom

Pendekatan Dalam Rekayasa Perangkat Lunak Dalam rekayasa perangkat lunak terdapat pendekatan utama : Pendekatan Terstruktur Pendekatan Berorientasi Objek

Pendekatan Terstruktur Pendekatan Terstruktur adalah suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program.

Pendekatan Terstruktur Bahasa pemrograman yang mendukung pemrograman terstruktur: Cobol | C | Pascal | Delphi | Turbo Prolog Salah satu tools dan teknik dalam pengembangan system terstruktur adalah menggunakan DFD (Data Flow Diagram).

Data Flow Diagram DFD merupakan alat pengembangan system yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi yang dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan system yang mudah dikomunikasikan oleh professional system kepada pemakai maupun pembuat program.

Data Flow Diagram

Data Flow Diagram

Pendekatan Berorientasi Objek Pemrograman dengan Pendekatan berorientasi objek (object-oriented programming disingkat OOP) merupakan pemograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya,

Pendekatan Berorientasi Objek Bahasa pemrograman yang mendukung OOP antara lain: Java | C++ | C# Salah satu tools dan teknik dalam pengembangan system berbasis objek adalah menggunakan UML (Unified Modelling Language).

Latar Belakang UML (Unified Modeling Language) Sampai era tahun 1990 puluhan metodologi pemodelan berorientasi objek telah bermunculan di dunia.   Diantaranya adalah: metodologi booch, metodologi coad, metodologi OOSE, metodologi OMT, metodologi shlaer-mellor, metodologi wirfs-brock, dsb 

Latar Belakang UML (Unified Modeling Language) Dimulai pada bulan Oktober 1994 Booch, Rumbaugh dan Jacobson, yang merupakan tiga tokoh yang boleh dikata metodologinya banyak digunakan mempelopori usaha untuk penyatuan metodologi pendesainan berorientasi objek Pada tahun 1995 direlease draft pertama dari UML (versi 0.8). Sejak tahun 1996 pengembangan tersebut dikoordinasikan oleh Object Management Group (OMG – http://www.omg.org)

UML (Unified Modeling Language) Unified Modeling Language (UML) adalah himpunan struktur dan teknik untuk pemodelan desain program berorientasi objek (OOP) serta aplikasinya.

Tujuan UML 1. Memberikan bahasa pemodelan yang bebas dari berbagai bahas pemrograman dan proses rekayasa. 2. Menyatukan praktek-praktek terbaik yang terdapat dalam pemodelan. 3. Memberikan model yang siap pakai, bahsa pemodelan visual yang ekspresif untuk mengembangkan dan saling menukar model dengan mudah dan dimengerti secara umum. 4. UML bisa juga berfungsi sebagai sebuah (blue print) cetak biru karena sangat lengkap dan detail.

UML (Unified Modeling Language)

3 Kategori Utama Diagram UML 1 Structure 2 Behaviour 3 Interaction

Class Component Object Composite Structure Deployment Package STRUCTURE DIAGRAM Class Component Object Composite Structure Deployment Package

Class Diagram Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstalasi akan menghasilkan sebuah obyek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dll.

Class Diagram

Component Diagram Component diagram menggambarkan struktur dan hubungan antar komponen piranti lunak, termasuk ketergantungan (dependency) diantaranya. Komponen piranti lunak adalah modul berisi code, baik berisi source code maupun binary code, baik library maupun executable, baik yang muncul pada compile time, link time, maupun run time.

Component Diagram

Object Diagram    Object diagram merupakan sebuah gambaran tentang objek-objek dalam sebuah system pada satu titik waktu. Karena lebih menonjolkan perintah-perintah daripada class, object diagram lebih sering disebut debagai sebuah diagram perintah.

Object Diagram

Composite Structure Diagram Diagram struktur komposit adalah diagram yang menunjukan struktur internal classifier, termasuk poin interaksinya ke bagian lain dari system. Hal ini menunjukkan konfigurasi dan hubungan bagian, yang bersama-sama melakukan perilaku classifier. Diagram struktur komposit merupakan jenis diagram struktur yang statis dalam UML, yang menggambarkan struktur internal kelas dan kolaborasi

Composite Structure Diagram

Deployment Diagram  Deployment diagram menggambarkan detail bagaimana komponen di deploy dalam infrastruktur system, dimana komponen akan terletak (pada mesin, server atau piranti keras), bagaimana kemampuan jaringan pada lokasi tersebut, spesifikasi server, dan hal-hal lain yang bersifat fisikal. Hubungan antar node( misalnya TCP/IP) dan requirement dapat juga didefinisikan dalam diagram ini.

Deployment Diagram

Package Diagram    Diagram objek melengkapi notasi grafik untuk pemodelan objek, kelas dan relasinya dengan yang lain. Diagram objek bermanfaat untuk pemodelan abstrak dan membuat perancangan program. Untuk mengatur pengorganisasian diagram Class yang kompleks, dapat dilakukan pengelompokan kelas-kelas berupa package (paket-paket).

Package Diagram

Activity Diagram Use Case Diagram State Machine Diagram BEHAVIOUR DIAGRAM Activity Diagram Use Case Diagram State Machine Diagram

Activity Diagram untuk memodelkan perilaku Use Cases dan objects di dalam system.

Use Case Diagram Use case diagram adalah penggambaran sistem dari sudut pandang pengguna sistem tersebut (user), yang lebih dititikberatkan pada fungsionalitas yang ada pada sistem.

Use Case Diagram

State Machine Diagram Digunakan untuk memodelkan tindakan objek dalam suatu sistem.

INTERACTION DIAGRAM Sequence Interaction Overview Communication Timing

Sequence Diagram Sequence Diagram merupakan salah satu diagram Interaction yang menjelaskan bagaimana suatu operasi itu dilakukan, message(pesan) apa yang dikirim dan kapan pelaksanaannya.

Sequence Diagram

Interaction Overview Diagram  Interaction Overview Diagram adalah pecangkokan secara bersama antara activity diagram dengan sequence diagram Gabungan antara keduanya

Interaction Overview Diagram

Communication Diagram Communication (Kolaborasi) diagram menggambarkan interaksi antar objek seperti sequence diagram, tetapi lebih menekankan pada peran masing-masing objek. Setiap message memiliki sequence number, dimana message dari level tertinggi memiliki Nomor 1.

Communication Diagram

Timing Diagram Timing Diagram adalah bentuk lain dari interaction diagram, dimana focus utamanya lebih ke waktu. Timing diagram sangat berdaya guna dalam menunjukkan factor pembatas waktu diantara perubahan state pada objek yang berbeda.

Timing Diagram

SEKIAN