Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
2 Informasi Pada Abad 21 Pada Pada abad 21 “knowledge” akan menjadi sumber daya yang lebih “powerful” dibandingkan kapital dan sumberdaya alam Munculnya Information Society dan Knowledge Base Society Peran informasi, sebagai input dan sekaligus output dari Iptek, menjadi semakin penting dalam era knowledge-based economy Teknologi Informasi menjadi pilar utama dalam pembangun peradaban manusia
Paradigma Baru untuk Akses Informasi 3A .... Anytime, Anywhere, Anyhow PC GSM/GPRS/CDMA PDA e-TV 07.00 h 19.00 h 21.00 h 24.00 h 3
Mobile/Cellular Phone Terrestrial Broadcast Paradigma Baru untuk Konvergensi 4 3C .... Communications, Computing, and Content Skala normal (million US$) Content Communications Interactive Multimedia Information Digital Mobile Fixed Internet Kini, fenomena konvergensi teknologi terjadi kembali pada teknologi informasi akibat ditemukannya teknologi digital yang mengawinkan teknologi komputer, teknologi komunikasi, dan teknologi konten (audio visual) yang melahirkan teknologi multimedia. Hasilnya adalah suatu masyarakat ekonomi informasi yang disebut juga era informasi atau era electronic economy yang menjadi landasan bisnis pada abad 21. Electronic economy menghasilkan peningkatan efisiensi usaha yang sangat luar biasa dan di sisi lain menghadirkan tingkat kompetisi yang luar biasa pula, serta suatu pergeseran mendasar paradigma sistem nilai yang berlaku saat ini. Perubahan yang dihadapi oleh umat manusia di Abad 21 pada dasarnya adalah perubahan elemen komunikasi; Setelah komunikasi dalam bentuk transportasi fisik (mobil, pesawat, kereta api) membuat komunikator bertemu lebih dekat; Selanjutnya adalah dalam media telekomunikasi, yaitu perubahan meliputi media kandungan (content) dari komunikasi yang dipertukarkan dalam bentuk Multimedia-Interaktif-Real-time. 1990 2000 2010 Computing 2000 80-an 90-an Mobile/Cellular Phone Web/ Internet Terrestrial Broadcast Multimedia Platform Video Data/Text Voice/Sound Super Computer Main Frame Computer Cluster
Revolusi Teknologi Wireless 5 Revolusi Teknologi Wireless WAN MAN LAN PAN 3G WCDMA GPRS EDGE * WiMAX 802.16 Real Broadband Wi-Fi 802.11 <300ft. * UWB and Bluetooth RFID/ TAG The Result: Optimal Connectivity *Other brands and names are the property of their respective owners.
Technologies Status
Wireless Communication Development
Media Teknologi Informasi 8 Media Teknologi Informasi Mobile Cellular Web/Internet TV/Video
9 Radio Frequency ID
E-Lifestyle e-Lifestyle through personal broadband. Enables home as well as gateway to information, business, commercial, leisure and entertainment in digital era.
Mobile E-Lifestyle
Unwired Metropolitan Service
Apa kegiatan yang sedang berjalan di bidang ICT saat ini ?
Grid Computing and Virtual Reality
Virtual Reality
Broadband IP Services
Next Generation Network
Bagaimanakah Strategi Pemanfaatan dan Penguasaan TIK ? 18 Bagaimanakah Strategi Pemanfaatan dan Penguasaan TIK ?
Konvergensi di Sektor TI 19 Telecommunications Sector Information Technology Sector Media Sector Convergence
Bidang Pelayanan Informasi Voice Data Video Push to Talk Voice Conference Voice mail Music on line Ring back tone Work Collaboration SMS Email Browsing Transaction Telemetering Remote monitoring Imaging Video messaging Video game Online TV Video streaming MM messaging MM conference MM browsing MM game Video phone 20
Strategi Pemanfaatan dan Penguasaan TIK 21 Strategi Pemanfaatan dan Penguasaan TIK WELFARE LEVEL LITERACY LEVEL APPLICATION LEVEL PRODUCTION LEVEL STRATEGIC LEVEL
Strategi Pemanfaatan dan Penguasaan TIK 22 Strategi Pemanfaatan dan Penguasaan TIK Welfare level: food, shelter, language, skills; Literacy level: Basic IT skills; Application level: IT for work performance; Productivity level: make IT systems, products services; Strategic level: interpret, direct, manage IT.
IT human resource strategy 23 Strategy Links IT Strategy develop IT human resource strategy inform
TEACHERS / LEARNERS / GROUPS INFRASTRUCTURE / RESOURCES 24 Strategy Choices Why? GOALS Who? TEACHERS / LEARNERS / GROUPS How? INFRASTRUCTURE / RESOURCES Where? TIME / LOCATIONS Which? STRATEGY CHOICES When? ACTION PLANS What? LEVELS / CURRICULA
Hard Competencies of ICT 25 Hard Competencies of ICT IT-Specific Disciplines Artificial Intelligence Computer Science Computer Engineering Computational Science Database Engineering Human Computer Interaction Network Engineering Operating Systems Performance Engineering Robotics Scientific Computing Software architecture Software Engineering System Security IT-Intensive Disciplines Aerospace Engineering Banking and financial services Bioinformatics Cognitive Science Digital Library Science E-Commerce Genetic Engineering Information Science Information Systems Public Policy and Privacy Instructional Design Knowledge Engineering Management Information Systems Multimedia Design Transportation Systems Telecommunications IT-Supportive Occupations Computer technician Help desk technician Network technician Professional IT Trainer Security specialist System administrator Web services designer Web identity designer Database administrator
Soft Competency of ICT Foreign Language Fluency (English ,….etc) 26 Soft Competency of ICT Foreign Language Fluency (English ,….etc) Computer Literacy Kemampuan Berprestasi (Creativity and Speed Innovation) Kemampuan Melayani (Memuaskan Pelanggan) Kemampuan Memimpin (Leadership) Kemampuan Mengelola Sumber daya (Knowledge Base Management) Kemampuan Berpikir (Value Added Knowledge) Kemampuan Bersikap Dewasa (Emosi & Spiritual)
Strategi Peningkatan Penguasaan dan Pemanfaatan TIK 27 Kesimpulan Strategi Peningkatan Penguasaan dan Pemanfaatan TIK Akselerasi perubahan TIK Managing Quality on ICT Competence Penyediaan Tenaga Pengajar dan Update Kurikulum Keterkaitan dengan industri (Konten, SW, & HW) Kerjasama Nasional, Regional dan Internasional