Presented by : Ratri Enggar Pawening

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Mike Yuliana PENS-ITS
Advertisements

Dasar dasar GUI programming di Java
Pemrograman JAVA (TIB09)
Java Applets Pertemuan 7
Komponen Antarmuka Grafis
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Konsep Abstract Windowing Toolkit (AWT)
GUI in Java.
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
GUI Design Event-Driven Programming Basic Windows Controls
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Arranging Components on a User Interface Pertemuan 14 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
PBO - PERTEMUAN 9- JAVA GUI.
Abstract windowing toolkit & swing
Graphic User Interface
Bahasa Pemrograman 3 Lab Bahasa Pemrograman 3
Layout Management Akhmad Zaini.
Modul 8: awt Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat membuat program sederhana dalam lingkungan window Modul 8 - awt.
Membangun Aplikasi GUI
Layout Managers and Event Handling
KONSEP OOP DAN AWT [ RIO PRIANTAMA ].
Graphical User Interface (GUI)
GUI Event Handling.
GUI event handling.
Pemrograman Berorientasi Objek
Pertemuan 12. Pemrograman Window Sejauh ini Anda melakukan pemrograman pada level konsul Java sesungguhnya juga mendukung pemrograman Window. Salah satu.
Java GUI Container Pertemuan 2
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Graphical User Interface
Java Applets Pertemuan 7 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Pemrograman Berorientasi Obyek
1 Pertemuan 12 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
JAVA GUI SWING Kelompok 4 : M.Fadli Rozak ( )
Step by step membuat Kalkulator.java menggunakan Java GUI
Implementasi Pemrograman Berorientasi Objek
KONSEP SWING.
AWT (Abstract Window Toolkit)
Menggunakan Form Pertemuan Ke-3.
PBOL Dewi Kusumaningsih
MENGUASAI LAYOUT MANAGER
Graphical User Interface (GUI)
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
KONSEP AWT.
Java GUI PBO.
Objek-Oriented Programming (OOP)
PBOL Dewi Kusumaningsih
Inheritance Pertemuan 8
Java User Interface (Swing)
Basic GUI Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 13 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Java Progamming Membangun GUI dengan Swing
Component and Layout Manager Pertemuan 3
GUI AWT & SWING Alpro-2.
JFC dan Swing U Abd. Rohim, MT mailto:
JAVA GUI (Graphical User Interface)
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Visual Java
Pertemuan 13 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING (LANJUTAN)
Graphical User Interface
Pemrograman Berorientasi Obyek
GUI Stiki © 2014.
Menggunakan Form Pertemuan Ke-3.
AWT (Abstract Window Toolkit)
Pemrograman Berorientasi Obyek
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Pemrograman GUI dengan Java
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
TIPE DATA, KONVERSI TIPE DATA JLABEL, JTEXTFIELD, JBUTTON, JOPTIONPANE
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Presented by : Ratri Enggar Pawening Pemrograman Java - 4 Presented by : Ratri Enggar Pawening

GUI using Swing (basic)

AWT & Swing Di dalam Java terdapat 2 paket untuk mengembangkan GUI, yaitu AWT (Abstract Window Toolkit) dan Swing. AWT  digunakan unt menyederhanakan implementasi UI Swing  merupakan pengembangan dari AWT dengan menambahkan komponen GUI tetapi masih berdasarkan arditektur AWT

JFrame Window = Frame Frame  objek yang merepresentasikan suatu area di layar yang berisi sejumlah objek lain untuk menyampaikan info kpd user Class Jframe berada dalam package yang dipanggil dengan: import javax.swing.JFrame;  Harus selalu ditulis dalam GUI yang kita buat

JFrame Cara Pemanggilan JFrame - 1 Dipanggil melalui class yang terdapat method main()

JFrame Cara Pemanggilan JFrame - 2 Turunan dari class JFrame Dipanggil melalui class lain yang merupakan turunan dari class JFrame

Setelah program dijalankan

Masih belum ada judul Setelah di resize

JFrame Memberikan Judul, Close Operation

JFrame Method setDefaultCloseOperation(int) digunakan untuk menentukan aksi pada saat frame di-close. Penggunaan CloseOperation ini harus disesuaikan dengan kebutuhan

JFrame DO_NOTHING_ON_CLOSE Konstanta ini menyatakan tidak ada proses yang akan ditutup. Dengan kata lain frame ini tidak ditutup HIDE_ON_CLOSE Konstanta ini menyatakan bahwa frame akan dihilangkan dari layar, bukan dari memory. Ini adalah nilai default untuk parameter setDefaultCloseOperation() DISPOSE_ON_CLOSE Konstanta ini menyatakan bahwa frame akan dihilangkan dari layar dan dari memory EXIT_ON_CLOSE Konstanta ini menyatakan bahwa pada saat frame ditutup maka keseluruhan program akan ditutup dan dihapus dari memory

Click “close” Program hanya di-hide, masih ada di memory Default Setting HIDE_ON_CLOSE

EXIT_ON_CLOSE Dihapus dari memory

JFrame Menentukan ukuran dan lokasi frame setSize(250,300); setLocation(100, 100);

Class Container Class Container digunakan untuk menempelkan komponen ke dalam frame. Inisialisasi private Container cont = new Container();

JPanel Objek JPanel bisa dimasuki beberapa komponen yang selanjutnya menjadi objek tunggal. Objek JPanel bersifat abstrak. Inisialisasi private JPanel panel = new JPanel();

JLabel Untuk membuat tulisan pada frame dibutuhkan sebuah objek yang akna mewakili sebuah teks. Inisialisasi private JLabel label = new JLabel("Name"); Method getText() Untuk memperoleh teks pada label setText() Mengubah/memberikan text pada label setFont() Untuk mengubah jenis huruf pada tulisan yang ditampilkan

JButton Untuk membuat objek tombol Inisialisasi private JButton button = new JButton("Save"); Method setEnable(boolean) Tombol.setEnable(false) setVisible(boolean) setText() setFont tombol.setFont(new Font(“Arial”, Font.BOLD,29)) setForeground() tombol.setForeground(Color.blue)

JTextField Untuk menerima input dari user Inisialisasi private JTextField text = new JTextField(); Method setEnable(boolean) Tombol.setEnable(false) setVisible(boolean) setText() setFont tombol.setFont(new Font(“Arial”, Font.BOLD,29)) setForeground() tombol.setForeground(Color.blue)

Pemasangan Komponen GUI Metode Langsung Layout Management

Metode Langsung Setiap komponen ditambahkan ke dalam frame dengan menenpati seluruh area frame. Menggunakan perintah add()

Layout Management Untuk melakukan penempelan komponen ke dalam frame agar mendapatkan tampilan yang menarik. setLayout(LayOutManager) digunakan untuk mengatur metode yang digunakan untuk pemasangan komponen

Layout Management FlowLayout panel.setLayout(new FlowLayout()); panel.add(label); panel.add(text); panel.add(button); panel.add(button1);

Layout Management GridLayout panel.setLayout(new GridLayout(2,2)); panel.add(label); panel.add(text); panel.add(button); panel.add(button1);

Layout Management BorderLayout  Menggunakan konsep arah mata angin NORTH WEST CENTER EAST SOUTH NORTH WEST

panel.setLayout(new BorderLayout()); panel.add(button, BorderLayout.NORTH); panel.add(button1, BorderLayout.WEST); panel.add(button2, BorderLayout.CENTER); panel.add(button3, BorderLayout.EAST); panel.add(button4, BorderLayout.SOUTH);