II. Introduction to Turbo C

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Keyword, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator, dan Input / Output
Advertisements

Struktur Dasar Bahasa C
BAHASA PEMROGRAMAN C IRSAN JAELANI.
KONSEP BAHASA PEMROGRAMAN
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN C
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN
INSTRUKSI MASUKAN DAN KELUARAN
Tipe Data, Variabel, Konstanta, Operator
Pengenalan Variabel, Tipe Data dan Perintah Masukan dan Keluaran
Dasar Pemrograman Komputer [TKL-4002] 2010
III. STRUKTUR KONTROL.
BASIC DATA TYPES, VARIABLES & OPERATORS
Dasar Pemrograman Komputer [TKL-4002] 2010
Pemrogramman Terstruktur
Algoritma (Struktur, Tipe Data, Input/Output)
1 Pertemuan 4 ELEMEN DASAR C++ Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Fungsi Pertemuan 8 Bahasa C.
Statement Input – Output
Dasar Pemrograman Komputer
Pengenalan Bahasa C Pengenalan Bahasa C.
Rismayuni.  integer adalah bilangan bulat tanpa bagian fraksional dan titik decimal integer disimpan sebagai bilangan biner  Contoh :  earn = 1024;
1 Pertemuan Pengantar Bahasa C Matakuliah: T0616 / Algoritma dan Pemrograman Tahun: 2007 Versi: 1/0.
Elemen Dasar C++ Norma Amalia, ST.,M.Eng.
ANALISA DAN DESAIN ALGORITMA
Teknik. Pemrog. Terstruktur 2
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
DASAR PEMROGRAMAN C Oleh : sgo.
Pengantar C++.
Tipe Data By Serdiwansyah N. A..
Elemen Dasar C Identifier :
Pertemuan 1 Pengenalan Bahasa C++.
Operasi Operator dalam C++ Pertemuan 4 Dasar Pemrograman
Algoritma dan Struktur Data 1 pertemuan 4
PERTEMUAN 3 KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER
3. Elemen Dasar C++ S. Indriani L., M.T 3. Elemen Dasar C++
KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER
Bahasa C – Intro Yenni Astuti, S.T., M.Eng..
TIPE DATA Brian Damastu, S.T., M.Kom
TEE 2103 Algoritma dan Pemrograman
Pemograman Terstruktur
STRUKTUR DASAR PROGRAM
Tipe Data, Variabel, & Konstanta
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Tipe Data, Variabel, dan Operator
PEMROGRAMAN PASCAL ELEMEN PEMROGRAMAN PASCAL.
Mengenal Model Data, Perintah I/O
Elemen-elemen Dasar Pada Bahasa C++
Tipe Data Dasar Variabel dan Konstanta
Perintah Input/Output
PENGENALAN C++ Pemrograman 1 (C++) STMIK AsiA Malang.
Melda Dahoklory,S.Kom,MT
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemrograman
Bagian 3 Unsur-unsur kode program Borlan C++
Input/output Pemrograman 1 (C++) STMIK AsiA Malang.
Tipe Data, Variabel, dan Operator
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemrograman
S. Indriani Lestariningati, M.T
~ PERTEMUAN 4 KONSEP TIPE DATA ~
VARIABEL DAN TIPE DATA Erizal, S.Si, M.Kom Sistem Informasi
MATERI PERKULIAHAN PEMROGRAMAN I (Remedial)
KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER
Variabel dan Tipe Data TEE 2103 Algoritma & Pemrograman
Pemrograman Terstruktur
Dasar-Dasar Pemrograman
Keywords ,Tipe Data, dan contoh Penggunaanya
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Pengantar Pemrograman Bahasa C
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Teknik. Pemrog. Terstruktur 2
T0616 ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN (2)
Transcript presentasi:

II. Introduction to Turbo C

Konsep Dasar Bahasa pemrograman C dikembangkan dalam laboratorium Bell (USA) pada tahun 1972. Penciptanya adalah seorang pakar dalam bidang pemrograman, bernama Denis Ritchie. Pertama kali bahasa C diwujudkan pada komputer DEC PDP-11 yang memakai sistem operasi UNIX. Bahasa C sendiri merupakan pengembangan dari bahasa B yang diciptakan oleh Ken Thompson dalam laboratorium Bell pada tahun 1970 dan digunakan untuk pengimplementasian dini dari UNIX. Pada tahun 1978, Dennis Ritchie bersama dengan Brian W Kernighan menyusun sebuah buku berjudul “The C Programming Language”. Buku ini selanjutnya digunakan sebagai acuan pembuatan berbagai versi C. Bahasa C berkembang pesat sejalan dengan pengembangan berbagai jenis kompiler C yang diciptakan oleh berbagai perusahaan perangkat lunak untuk dioperasikan pada sistem operasi lain seperti DOS. Untuk melaksanakan pembakuan terhadap bahasa C, ANSI(American National Standards Institute) membentuk tim kerja untuk membuat C standart ANSI, yang dimulai tahun 1983. Pada tahun 1987, Borland menciptakan sebuah kompiler C yang kemudian dikenal dengan nama Turbo C dengan mengacu pada standard ANSI tersebut.

Beberapa hal yang harus diperhatikan di dalam menulis program: Bahasa pemrograman C termasuk bahasa tingkat menengah, dalam arti C mudah dimengerti oleh user tetapi juga menyediakan fasilitas untuk mempermudah pengaksesan hardware. Program : = Langkah-langkah yang dilakukan oleh komputer untuk membaca data, melakukan proses dan menampilkan hasil proses. Beberapa hal yang harus diperhatikan di dalam menulis program: Struktur program Sintak penulisannya Algoritma dari program Macam data : Konstanta Variabel Baik konstanta maupun variabel masing-masing mempunyai tipe data sendiri-sendiri. Tipe Data = sekumpulan nilai dan operasi yang dapat dikenakan terhadap nilai tersebut.

Integer , Float, Char, String, void Terbagi Atas : Integer , Float, Char, String, void 1. Tipe data Integer Digunakan untuk menyimpan nilai yang tidak mempunyai bagian desimal.

Dalam bentuk desimal dapat menampung hingga 6 angka dibelakang koma 2. Tipe Data Float Digunakan untuk menyimpan nilai yang mempunyai bagian desimal. Variabel tipe float bisa menampung data integer. Variabel tipe integer bila diisi dengan data float, maka yang dibelakang koma akan dibuang. Jenis Besar Range Keterangan Float 4 3.4 * 10-38 .. 3.4 * 1038 Dalam bentuk desimal dapat menampung hingga 6 angka dibelakang koma Double 8 1.7 * 10-308 .. 1.7 * 10308 Dalam bentuk desimal dapat menampung hingga 15 angka dibelakang koma Long double 10 3.4*10-4932 .. 1.1 * 104932 Contoh : 3.14159 0.0005 12345.0 15.0E-04 2.345E2 12E+5

Jenis Besar Range Keterangan 3. Tipe Data Character Digunakan untuk menyimpan satu data character (huruf, angka, simbol khusus, spasi dan escape sequences).. Jenis Besar Range Keterangan Signed char 1 -128 .. 127 Bila dikaitkan dengan tabel ASCII adalah sbb : ASCII Integer character 0 0 1 1 ... 127 127 128 -128 129 -127 255 -1 Unsigned char 0 .. 255

Spesifikasi : Hanya dapat berisi 1 character, diapit oleh tanda petik tunggal, dan Case sensitive, escape sequences yang boleh digunakan adalah : Karakter Keterangan ‘\0’ Karakter ber-ASCII nol (NULL) ‘\a’ Karakter bel ‘\b’ Karakter backspace ‘\f’ Karakter formfeed (ganti halaman) ‘\n’ Karakter newline (pindah baris) ‘\r’ Karakter carriage return (ke awal baris) tanpa linefeed ‘\t’ Karakter tab horizontal. Default 8 karakter ‘\v’ Karakter tab vertikal ‘\\’ Karakter \

‘\’’ Karakter ’ ‘\”’ Karakter ’’ ‘\?’ Karakter ? ‘\000’ Karakter yang nilai oktalnya 000 (3 digit oktal) ‘\xhh’ Karakter yang nilai hexadesimalnya hh (2 digit hexadesimal) Contoh : ‘A’ ‘a’ ‘7’ ‘:’ ‘\xDC’ merupakan karakter ASCII DCh (h = hexadesimal) ‘\10’ merupakan karakter ASCII 10 okatal atau 8 desimal. 5. Tipe Data String Digunakan untuk menyimpan data yang berupa kumpulan character. Tetapi yang perlu diingat, antara karakter dengan string 1 karakter di dalam bahasa pemrograman C sangat berbeda. Sebagai contoh karakter ‘j’ dengan string “j” mempunyai arti yang berbeda.

Spesifikasi :. - Diapit oleh tanda petik ganda, Spesifikasi : - Diapit oleh tanda petik ganda, - Bisa mengandung escape sequences, - Case sensitive. Contoh : “ABCDE” “1234” “True” “\xDB” merupakan karakter ASCII DBh (h = hexadesimal) atau 219 desimal. 6. Tipe Data Void Merupakan tipe data tak bertipe. Total byte yang dibutuhkan adalah 0. Latihan Tentukan tipe data dari nilai-nilai berikut ini : ‘F’ “F” 1420000112 -37000 “True” 1200 “13000” 12.56 “12.56”

I. Konstanta = Data yang nilainya bersifat tetap (tidak berubah) selama program dijalankan. Contoh :  = 3.14159 1 kilogram = 1000 gram Cara penulisan konstanta : a. Langsung Luas = 3.14159 * jari² b. Melalui identifier Jika ditulis dengan menggunakan identifier, maka harus dideklarasikan terlebih dahulu. Nilai dari konstanta identifier ini tidak dapat diubah dalam program kecuali melalui proses input (scanf). Deklarasi konstanta Format : const tipe_data konstanta_identifier = nilai ; Contoh : const float phi = 3.141592;

c. Macro pendefinisian perintah/fungsi sederhana, misalnya : mendefinisikan konstanta. Apa yang sudah dideklarasikan pada #define, akan dicopy-kan ke semua statement program yang menggunakan apa yang sudah didefinisikan pada #define sebelum proses kompilasi dimulai. Apa yang sudah didefinisikan pada #define tidak dapat diubah lagi dalam program. Format : #define konstanta_identifier nilai Contoh : #define pi 3.14 (semua statement dalam program yang menggunakan pi akan diubah menjadi 3.14 sebelum proses kompilasi dimulai).

Identifier = Nama simbolis yang digunakan dalam sebuah bahasa pemrograman. Biasanya digunakan untuk nama variabel, konstanta, fungsi atau objek lain yang didefinisikan oleh pemrogram. Syarat : - Terdiri dari huruf (a..z, A.. Z), angka (0..9), dan underscore ( _ ) - Diawali dengan huruf/Underscore - Panjang maksimal 33 karakter - Tidak mengandung spasi - Case sensitive - Bukan reserved word / standart identifier/ keyword Contoh: Letter1, Hello, Variable, _Bilangan Bukan identifier : 1Letter, Const, two*four, joe’s

Reserved Word = Sebuah kata yang mempunyai arti khusus dalam sebuah bahasa pemrograman. Contoh : asm, auto, break, case, cdecl, char, const, class, continue, default, do, double, else, enum, extern, far, float, for, goto, huge, if, int, interrupt, long, near, pascal, register, return, short, signed, sixeof, static, struct, switch, typedef, union, unsigned, void, volatile, while, _cs, _ds, _es, _ss. Standard identifier = Merupakan identifier yang sudah digunakan sebagai nama fungsi, konstanta, variabel, ataupun objek lain dalam pustaka bahasa pemrograman tersebut. printf, scanf, dll

Latihan Tentukan mana yang merupakan identifier dari pernyataan di bawah ini: Nama_pegawai 1Bulan Nilai Test Bulan1 DuaChar Char_Dua Boleh_Tidak_? So_far integer II. Variabel Data yang nilainya bisa mengalami beberapa kali perubahan (mungkin berulang kali) selama program dijalankan. Nilai yang tersimpan dalam variabel secara simbolis selalu ditandai dengan identifier. Sebelum variabel digunakan, harus dideklarasikan terlebih dahulu Deklarasi variabel Format : Tipe_data variable_identifiers ; Contoh : int jumlah ; Float nilai_mak ; Double gaji, bil ; Variabel dengan nama sama tidak boleh dideklarasikan ulang.

Cara pemberian nilai pada variabel : Input dari keyboard Akan dibahas kemudian. Assignment statement Sebuah perintah untuk menyimpan sebuah nilai atau sebuah hasil perhitungan ke dalam sebuah variabel. Format : Variabel_identifier = expression; Contoh : jari = 30; SqYards = MetersToYards * SqMeters ; A = b = c = 10 ; Sum = sum + item ; Tipe data dari variabel_identifier harus sama dengan expression. Pemberian nilai secara bersamaan dimulai dari kanan ke kiri. Contoh : a = b = c =10 ; c = 10 ; b = c ; a = b 3.Dilakukan bersama-sama dengan deklarasi. Format : Tipe_data Variabel_identifier = expression; Contoh : int jari = 30;

Struktur Program C Bahasa pemrograman C tersusun atas modul-modul berupa fungsi- fungsi.Modul utama dan paling sederhana adalah fungsi main(). Struktur Program C : Kepala program Berisi unit-unit yang diperlukan dalam program yang dibuat yang diambil dari pustaka bahasa C. Tubuh Program Terdiri dari deklarasi dan kumpulan perintah yang harus dijalankan. Antara deklarasi dan perintah letaknya adalah bebas, asal sebuah identifier sebelum digunakan sudah dideklarasikan terlebih dahulu di atas perintah yang akan menggunakannya. Diwakili oleh fungsi main(). #include <.....> type main( ) { /* deklarasi dan perintah yang harus dijalankan ; */ }

Perintah Input/Output Perintah Output 1. printf = Digunakan untuk menampilkan data ke layar monitor Unit : stdio.h Format : printf(“string_kontrol”, expression_list); String kontrol = berupa teks, penentu format atau karakter khusus. Penentu format = berkaitan dengan tipe data dari identifier yang akan ditampilkan. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah urutan dari letak penentu format harus sesuai dengan urutan data yang akan mengisi penentu format tersebut. Format : %[flags][width][.precision] tipe Flags : - + blank

Tipe Penentu format Integer d atau i Unsigned integer u Long integer ld Long unsigned integer lu Unsigned hexadesimal integer X untuk A, ..., F x untuk a, ..., f Unsigned okatal integer o Float Bentuk desimal Bentuk pangkat Bentuk yang lebih pendek antara desimal dan pangkat f (format dddd.dddddd) e G Double lf Char c String s

Format Tampilan Format tampilan : Tipe Data Integer Format : %Nd N = Jumlah tempat yang disediakan b = blank Contoh : #include <stdio.h> void main() { int Bil = 123; printf(“Bil = %d\n”, bil) ; printf(“Bil = %5d”, bil) ; } Output : 123 bb123

Tipe Data float Format : %N.Mf N = Jumlah tempat yang disediakan M = Jumlah tempat yang disediakan untuk bagian desimal b = blank Contoh : #include <stdio.h> void main() { float Bil = 123.25; printf(“Bil = %f\n”, bil) ; printf(“Bil = %7.4f\n”, bil) ; printf(“Bil = %9.4f”, bil) ; } Output : 123.250000 123.2500 b123.2500

Tipe Data String Format : %Ns N = Jumlah tempat yang disediakan b = blank Contoh : #include <stdio.h> void main() { printf(“%7s”, “Radio”) ; } Output : bbRadio Jika diinginkan rata kiri, maka hanya ditambahkan -. Contoh : printf(“Jari-jari = %-5.2f”, 5.3); Output : 5.30bb Expression_list = konstanta, variabel, ekspresi Contoh : printf(“Jari-jari = %d”, jari); printf(“%c merupakan abjad ke %d”,’b’, 2);

puts() = Digunakan khusus untuk menampilkan data string ke layar monitor. String yang ditampilkan secara otomatis akan diakhiri dengan /n (pindah baris). Unit : stdio.h Format : puts(string); Contoh : puts(“Alpro I”); putchar() = Digunakan khusus untuk menampilkan sebuah karakter ke layar monitor tanpa diakhiri dengan perpindahan baris. Format : putchar(‘karakter’); Contoh : putchar(‘A’);

Perintah Input scanf = Digunakan untuk menerima input dari keyboard. Unit : stdio.h Format : scanf(“string_kontrol”, variabel_identifier_list); String_kontrol = Penentu format. Variabel_identifier harus merupakan alamat (untuk menunjuk pada alamat variabel, gunakan &). Contoh : scanf(“%d”,&a); getche( ) = Digunakan untuk menerima input dari keyboard sebanyak 1 karakter saja dan tidak membutuhkan tombol enter untuk mengakhiri proses input. Hasil input akan ditampilkan ke layar. Unit : conio.h Format : getche(); Contoh : char x = getche();

getch( ) = Digunakan untuk menerima input dari keyboard sebanyak 1 karakter saja dan tidak membutuhkan tombol enter untuk mengakhiri proses input. Hasil input tidak akan ditampilkan ke layar. Unit : conio.h Format : getch(); Contoh : char x = getch();

Operator Aritmatika Ada beberapa macam operator aritmatika yang bisa kita gunakan di dalam bahasa pemrograman Turbo C, yaitu unary minus, pengurangan, penjumlahan, perkalian, pembagian, sisa pembagian bulat. - Unary minus * Perkalian / Pembagian % Sisa pembagian bulat + Penjumlahan Pengurangan Operator : + - * / Integer op Integer = integer Integer op real = real Real op integer = real Real op real = real Operator : % Integer op Integer = integer

Tata cara pengerjaan ekspresi matematika : Operasi aritmatika normalnya dikerjakan dari kiri ke kanan. Contoh : 2 + 3 – 4 Jika di dalam sebuah ekspresi matematika terdapat beberapa macam operator aritmatika, maka urutan pengerjaannya adalah sebagai berikut: Unary minus, Perkalian, pembagian, dan sisa pembagian bulat, Penjumlahan dan pengurangan. Jika didalam suatu operasi aritmatika mengandung lebih dari satu operator yang mempunyai derajat sama, maka yang dikerjakan dari kiri ke kanan. Contoh : 2 + 3 * 4 Bila dalam operasi aritmatika terdapat tanda kurung, maka yang di dalam tanda kurung dikerjakan terlebih dahulu. Contoh : (2 + 3) * 4

Contoh : #include<stdio.h> void main() { int a1 = 10, a2, a3, a4; float b1 = 1.5, b2, b3, b4; a2 = a1 / b1 + 2.75; a3 = 45 / a1 + 3; a4 = 45.0 / a1 + 3 ; b2 = a1 / b1 + 2.75; b3 = 45 / a1 + 3; b4 = 45.0 / a1 + 3; printf(“\n %d “, a2); printf(“ %d “, a3); printf(“ %d “, a4); printf(“\n %f “, b2); printf(“ %f “, b3); printf(“ %f “, b4); } Output : 9 7 7 9.416667 7.000000 7.500000

Operator Pemberi Nilai Aritmetika Var_identifier+=ekspresi ;  Var_identifier = Var_identifier + ekspresi Var_identifier-= ekspresi ;  Var_identifier = Var_identifier - ekspresi Var_identifier*= ekspresi ;  Var_identifier = Var_identifier * ekspresi Var_identifier/= ekspresi ;  Var_identifier = Var_identifier / ekspresi Var_identifier%=ekspresi ;  Var_identifier = Var_identifier % ekspresi Operator Increment dan Decrement Untuk variabel yang nilainya selalu bertambah atau berkurang satu dikenal operator increment dan decrement, yaitu ++ dan --. Contoh : a = a + 1 ditulis a++ atau ++a a = a – 1 ditulis a-- atau --a

Contoh : #include<stdio.h> void main() { int bil = 10; printf(“%d\n”, bil); printf(“%d\n”, ++bil); printf(“%d\n”, bil++); } Output : 10 11 12 Konversi Tipe data Tipe data dapat langsung diatur di dalam ekspresi aritmetika yang dituliskan, dengan demikian konversi tipe data akan langsung dilakukan pada setiap langkah perhitungannya. Pengaturan tipe data ini dituliskan sebagai : (tipe_data) variabel_atau_konstanta

Spesifikasi : Pengatur tipe hanya mengatur sebuah variabel atau konstanta yang tepat berada di belakang pengatur tipe data. Untuk tipe data float bila di-integer-kan, maka yang di belakang koma akan dibuang. Contoh : (int) 45.75 / 1.5  45 / 1.5 Bila setiap konstanta atau variabel hendak diubah tipenya, maka konstanta-konstanta atau variabel-variabel tersebut membutuhkan pengatur tipenya masing-masing. Contoh : (int) 45.75 / (int) 1.5  45 / 1 Kita dapat menggunakan tanda kurung untuk mengatur dijalankannya proses aritmatika lebih dahulu, baru kemudian hasilnya dikonversikan ke dalam tipe yang diinginkan. Contoh : (int) (45.75 / 1.5)  (int) 30.500000

Output :7 6 6 90 91 45 6.750000 7.250000 #include<stdio.h> void main() { int a1 = 10, a2, a3, a4, a5, a6, a7;float b1, b2; a2 = 45.5 / a1 + 2.75; a3 = (int) 45.5 / a1 + 2.75; a4 = (int) 45.5 / a1 + (int) (2.75) ; a5 = (int) 45.75 / 0.5 ; a6 = (int) (45.75 / 0.5); a7 = (int) 45.75 / (int) 1.5 ; b1 = 45 / a1 + 2.75; b2 = (float) 45 / a1 + 2.75; printf(“\n %d “, a2); printf(“ %d “, a3); printf(“ %d “, a4); printf(“%d “, a5); printf(“ %d “, a6); printf(“ %d “, a7); printf(“\n %f “, b1); printf(“ %f “, b2); } Output :7 6 6 90 91 45 6.750000 7.250000

Hirarki Operator Prioritas ( ) ++ -- unary minus * / % - + * / % - + = += -= *= /= %= Latihan Ubah ekspresi berikut dalam bahasa C !

Fungsi Matematik 1. abs() Format : abs(Ekspresi_Integer) Fungsi : Untuk menentukan harga mutlak bilangan bulat. Unit : math.h Hasil : Bertipe integer. Contoh : abs(-5) = 5 abs(5) = 5 2. fabs() Format : fabs(Ekspresi_Float) Fungsi : Untuk menentukan harga mutlak bilangan desimal. Unit : math.h Hasil : Bertipe float. Contoh : fabs(-5.3) = 5.3 fabs(5.3) = 5.3

3. sqrt() Format : sqrt(Ekspresi_Double_Positif); Fungsi : Untuk menghitung akar pangkat dua dari suatu bilangan positif. Unit : math.h Hasil : Bertipe double. Contoh : sqrt(4.0) = 2.000000 4. exp() Format : exp(Ekspresi_Double); Fungsi : Untuk menghitung nilai e Ekspresi_Double. Contoh : exp(4.0) = 54.598150

5. log() Format : log(Ekspresi_Double_positif); Fungsi : Untuk menghitung logaritma naturalis dari argumen. Unit : math.h Hasil : Bertipe double. Contoh : log(4.0) = 1.386294 6. log10() Format : log10(Ekspresi_Double); Fungsi : Untuk menghitung nilai logaritma berbasis 10 dari argumen. Contoh : log10(100.0) = 2.000000

7. pow() Format : pow(Ekspresi_Double1, Ekspresi_Double2); Fungsi : Untuk menghitung nilai Ekspresi_Double1 Ekspresi_Double2. Jika Ekspresi_Double1 & Ekspresi_Double2 0, maka akan mengembalikan nilai 1. Unit : math.h Hasil : Bertipe double. Contoh : pow(2.0, 3.0) = 8.000000 8. cos() Format : cos(Ekspresi_Double); Fungsi : Untuk menghitung nilai cosinus dari suatu sudut. Ekspresi_Double ditulis dalam radian. Contoh : cos(0.5) = 0.877583

9. sin() Format : sin(Ekspresi_Double); Fungsi : Untuk menghitung nilai sinus dari suatu sudut. Ekspresi_Double ditulis dalam radian. Unit : math.h Hasil : Bertipe double. Contoh : sin(0.5) = 0.479426 10. tan() Format : tan(Ekspresi_Double); Fungsi : Untuk menghitung nilai tangent dari suatu sudut. Ekspresi_Double ditulis dalam radian. Contoh : tan(0.5) = 0.546302

11. ceil() Format : ceil(Ekspresi_Double); Fungsi : Untuk membulatkan argumen ke bilangan terdekat di atasnya. Unit : math.h Hasil : Bertipe double. Contoh : ceil(123.54) = 124.00 12. floor () Format : floor(Ekspresi_Double); Fungsi : Untuk membulatkan argumen ke bilangan terdekat di bawahnya. Contoh : floor(123.54) = 123.00

Latihan Buat program C sederhana untuk menghitung nilai z. 1. z = sin(x3 ln y) 2. z = (u + v) ½ .x w2 3. z = ((x + y)3) ½ 4. z = | xy – w/z | 5. z = sin x ln y; y = x2 + 2x 6. z2 = b2 + c2 – 2 b c cos ß 7. z = sin3x . e5y cos2y 8. z = ex + y 9. x = t2 + 9 10.y = 3t – 6 11.z = nlog xy