Graphical User Interface (GUI)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman JAVA (TIB09)
Advertisements

Java Applets Pertemuan 7
Komponen Antarmuka Grafis
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Konsep Abstract Windowing Toolkit (AWT)
GUI in Java.
MIDlet User Interface (3) As’ad Djamalilleil
Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
Antarmuka Tingkat Bawah (Canvas)
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Java Review Oleh: Idris Winarno.
Arranging Components on a User Interface Pertemuan 14 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
PBO - PERTEMUAN 9- JAVA GUI.
Abstract windowing toolkit & swing
Graphic User Interface
Bahasa Pemrograman 3 Lab Bahasa Pemrograman 3
Layout Management Akhmad Zaini.
Pertemuan 8 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
Modul 8: awt Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat membuat program sederhana dalam lingkungan window Modul 8 - awt.
Membangun Aplikasi GUI
Layout Managers and Event Handling
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Flow Control & Looping Pertemuan 4 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
Inheritance Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2009.
Presented by : Ratri Enggar Pawening
KONSEP OOP DAN AWT [ RIO PRIANTAMA ].
GUI Event Handling.
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 5 (18 APRIL 2011)
GUI event handling.
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) Nyimas Artina.
Pemrograman Berorientasi Objek
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 4 (12 APRIL 2011)
Java GUI Container Pertemuan 2
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Graphical User Interface
Pemrograman Berorientasi Obyek
1 Pertemuan 12 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
JAVA GUI SWING Kelompok 4 : M.Fadli Rozak ( )
KONSEP SWING.
AWT (Abstract Window Toolkit)
PBOL Dewi Kusumaningsih
MENGUASAI LAYOUT MANAGER
Graphical User Interface (GUI)
High Level User Interface
Access Modifier.
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
KONSEP AWT.
Java GUI PBO.
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Java User Interface (Swing)
Basic GUI Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 13 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Java Progamming Membangun GUI dengan Swing
GUI Event Handling.
Dijalankan dengan interpreter
GUI AWT & SWING Alpro-2.
JFC dan Swing U Abd. Rohim, MT mailto:
JAVA GUI (Graphical User Interface)
MIDlet User Interface (3)
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Pertemuan 13 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING (LANJUTAN)
Graphical User Interface
PACKAGE.
Pemrograman Berorientasi Obyek
antarmuka grafis (GUI) dalam window
AWT (Abstract Window Toolkit)
Pemrograman Berorientasi Obyek
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Graphical User Interface (GUI) Pemrograman Berorientasi Obyek

Abstract Window Toolkit Menyediakan komponen-komponen GUI yang digunakan di semua aplikasi Java & Java applet Berisi class-class yang dapat diturunkan dan propertis-propertisnya dapat diwariskan Memastikan bahwa setiap komponen GUI yang dapat ditampilkan di layar adalah merupakan suatu subclass Component atau MenuComponent Mempunyai Container, yaitu suatu abstract subclass dari Component dan termasuk di dalamnya adalah 2 subclass Panel Window

Paket java.awt Java.lang.Object BorderLayout CardLayout CheckboxGroup Color Component Dimension Event Font FlowLayout FontMetrics Graphics GridBagLayout GridLayout Image Insets MenuComponent Point Polygon Rectangle Toolkit Button Canvas Checkbox Choice Container Label List Scrollbar TextComponent Applet Panel Window ScrollPane Dialog Frame FileDialog Java.lang.Object TextArea TextField MenuBar MenuItem Menu CheckboxMenuItem PopupMenu

Containers Menambah komponen dengan metode add() Mempunyai 2 tipe kontainer Window Panel Suatu Window adalah objek window yang dapat melayang Dalam suatu Panel dapat diisikan sejumlah komponen GUI.

Memposisikan Komponen Posisi dan ukuran dari suatu komponen pada suatu Container adalah ditentukan oleh suatu layout manager Posisi dan ukuran dari komponen dapat diset dengan men-disable layout manager setLocation() dan setSize() dapat dipakai untuk memposisikan dan mengeset ukuran dari suatu komponen pada suatu container

Frames Adalah suatu subclass dari Window Mempunyai title dan tepi yang dapat diubah ukurannya Default-nya di-set invisible dan dapat di-set visible dengan setVisible(true) Mempunyai border layout sebagai layout manager default Menggunakan metode setLayout untuk merubah layout manager default

Contoh Frame import java.awt.*; public class FrameExample { private Frame f; public FrameExample() { f=new Frame("Coba frame"); f.setSize(170,170); f.setBackground(Color.blue); f.setVisible(true); } public static void main(String args[]) { FrameExample guiWindow= new FrameExample(); Contoh Frame

Contoh Frame dengan Panel import java.awt.*; public class FrameWithPanel { private Frame f; private Panel pan; public FrameWithPanel(String title) { f=new Frame(title); pan=new Panel(); f.setSize(200,200); f.setBackground(Color.blue); f.setLayout(null);

pan.setSize(100,100); pan.setBackground(Color.yellow); f.add(pan); f.setVisible(true); } public static void main(String args[]) { FrameWithPanel guiWindow= new FrameWithPanel("Frame with Panel");

Container Layouts FlowLayout BorderLayout GridLayout CardLayout GridBagLayout

Default Layout Managers Component Container Window Frame Dialog Panel Applet BorderLayout FlowLayout

Contoh FlowLayout sederhana import java.awt.*; public class LayoutExample { private Frame f; private Button b1; private Button b2; public LayoutExample() { f=new Frame("Layout example"); b1=new Button("Press me"); b2=new Button("Don't Press me"); }

public void launchFrame() { f.setLayout(new FlowLayout()); f.add(b1); f.add(b2); f.pack(); f.setVisible(true); } public static void main(String args[]) { LayoutExample guiWindow= new LayoutExample(); guiWindow.launchFrame();

FlowLayout Manager Default layout untuk class Panel Komponen-komponen ditambahkan dari kiri ke kanan Default alignment adalah rata tengah Menggunakan ukuran komponen yang sesuai Menggunakan constructor untuk mengeset behavior

Format FlowLayout setLayout(new FlowLayout(int align, int hgap, int vgap)); Dimana : align : rata baris FlowLayout.LEFT  rata kiri FlowLayout.CENTER  rata tengah FlowLayout.RIGHT  rata kanan hgap : horizontal gap vgap : vertical gap

Contoh FlowLayout import java.awt.*; public class FlowExample { private Frame f; private Button b1; private Button b2; private Button b3; public FlowExample() { f=new Frame("Flow Layout"); b1=new Button("Ok"); b2=new Button("Open"); b3=new Button("Close"); }

public void launchFrame() { f.setLayout(new FlowLayout()); f.add(b1); f.add(b2); f.add(b3); f.setSize(100,100); f.setVisible(true); } public static void main(String args[]) { FlowExample guiWindow= new FlowExample(); guiWindow.launchFrame();

Setelah diubah ukuran window-nya

BorderLayout Manager Default layout untuk class Frame Komponen ditambahkan pada daerah tertentu Terbagi menjadi 5 daerah : North, South, Center, East, West Perubahan ukuran window : North, South, Center  secara horizontal East, West, Center  secara vertikal

Daerah BorderLayout Center North South East West

Contoh BorderLayout import java.awt.*; public class BorderExample { private Frame f; private Button bNorth; private Button bSouth; private Button bWest; private Button bEast; private Button bCenter; public BorderExample() { f=new Frame ("Border Layout"); bNorth=new Button("North"); bSouth=new Button("South"); bWest=new Button("West"); bEast=new Button("East"); bCenter=new Button("Center"); } Contoh BorderLayout

public void launchFrame() { f.add(bNorth, BorderLayout.NORTH); f.add(bSouth, BorderLayout.SOUTH); f.add(bWest, BorderLayout.WEST); f.add(bEast, BorderLayout.EAST); f.add(bCenter, BorderLayout.CENTER); f.setSize(200,200); f.setVisible(true); } public static void main(String args[]) { BorderExample guiWindow= new BorderExample(); guiWindow.launchFrame();

GridLayout Manager Komponen ditambahkan dari kiri ke kanan, atas ke bawah Daerah-daerah bagian di-set sama besar Constructor menspesifikasikan sejumlah baris dan kolom

Format GridLayout setLayout(new GridLayout(int rows, int cols, int hgap, int vgap)); Dimana : rows  jumlah baris cols  jumlah kolom hgap  horizontal gap vgap  vertical gap

Contoh GridLayout import java.awt.*; public class GridExample { private Frame f; private Button b1, b2, b3, b4, b5, b6; public GridExample() { f=new Frame("Grid Example"); b1=new Button("1"); b2=new Button("2"); b3=new Button("3"); b4=new Button("4"); b5=new Button("5"); b6=new Button("6"); } Contoh GridLayout

public void launchFrame() { f.setLayout(new GridLayout(3,2)); f.add(b1); f.add(b2); f.add(b3); f.add(b4); f.add(b5); f.add(b6); f.pack(); f.setVisible(true); } public static void main(String args[]) { GridExample guiWindow=new GridExample(); guiWindow.launchFrame();

Contoh Complex Layout import java.awt.*; public class ComplexExample { private Frame f; private Panel p; private Button bWest, bCenter; private Button bFile, bHelp; public ComplexExample() { f=new Frame("Complex example"); bWest=new Button("West"); bCenter=new Button("Center"); bFile=new Button("File"); bHelp=new Button("Help"); } Contoh Complex Layout

public void launchFrame() { f.add(bWest, BorderLayout.WEST); f.add(bCenter, BorderLayout.CENTER); p=new Panel(); p.add(bFile); p.add(bHelp); f.add(p,BorderLayout.NORTH); f.pack(); f.setVisible(true); } public static void main(String args[]) { ComplexExample guiWindow= new ComplexExample(); guiWindow.launchFrame();

Combining FlowLayout & BorderLayout