Operasi Layar
Layar Penampil data yang menarik Dapat menampilkan berbagai data dengan berbagai efek Tipe : Monokrom Berwarna Pada sistem mikroprosesor, layar digunakan untuk menampilkan data dari memory ke lokasi kolom dan baris yang bersesuaian.
Memori Layar Memori tempat data yang akan dikirim oleh komputer ke layar Lokasi tertentu : Monokromatik : B000H:0000H Berwarna : B800H:0000H Data ditampilkan dengan interval tertentu => refresh rate (fps) Fps tinggi -> gerakan halus, processing tinggi Fps rendah -> gerakan kasar, processing rendah
Tampilan Teks Layar dipecah sebagai kolom dan baris Ukuran default : 80 kolom x 25 baris Membutuhkan 2 byte memory untuk menampilkan data teks dan atributnya Total memori = 80 x 25 x 2 = 4000byte Perumusan alamat data dan atribut : Alamat data = (baris x 160) + (kolom x 2) Alamat atribut = (baris x 160) + (kolom x 2) + 1 Hal ini merupakan dasar dari pemrograman pada layar : menu, efek2x, dll
Scroll Layar Disediakan BIOS Parameter program : AH = Diisi dengan 6 untuk menggulung layar keatas, untuk menggulung layar kebawah diisi dengan 7. AL = Banyaknya pergeseran yang akan dilakukan. Jika diisi dengan nol, maka seluruh isi window akan dihapus. CH = Posisi baris kiri atas window CL = Posisi kolom kiri atas window DH = Posisi baris kanan bawah window DL = Posisi kolom kanan bawah window BH = Atribut yang akan mengisi hasil penggulungan window Jalankan INT 10H
Memindah Posisi Kursor Melalui interupsi BIOS Parameter : AH = 2 DH = Posisi Baris(00-24) DL = Posisi Kolom(00-79) BH = Halaman layar(0=default) Jalankan interupsi INT 10H
Mencari Posisi Kursor Menggunakan interupsi BIOS INT 10H dengan nomor servis 3 Parameter : Input : AH = 03H BH = halaman layar Output : DH = posisi baris DL = posisi kolom
Halaman Layar Besar alokasi memori untuk layar bervariasi begitu juga dengan ukurannya. Memori alokasi untuk layar > 4000byte, maka layar dapat dipisah-pisah menjadi beberapa page / halaman Rumus alamat data pada halaman tertentu : Alamat data = (baris x 160) + (kolom x 2) + (halaman * 1000H) Alamat atribut = (baris x 160) + (kolom x 2) + 1 + (halaman * 1000H)
Halaman Tampilan Semua tampilan program berada pada halaman 0 dengan alamat B800H : 0000H secara default Diubah menggunakan INT 10H nomor servis 5 Parameter : AH = 5 AL = nomor halaman yang akan ditampilkan
Karakter Khusus Karakter pada layar diambil dari sebuah tabel karakter Tabel karakter berisi definisi piksel karakter-karakter yang dapat diubah sesuai dengan keinginan Dapat diubah menggunakan interupsi 10H, servis nomor 11H, subservis 00H Parameter : AH = 11h AL = 00h CX = Jumlah bentuk karakter yang akan diganti DX = Kode ASCII karakter awal yang akan diganti BL = Nomor tabel karakter yang diubah BH = Jumlah byte perkarakter ES:BP = Alamat buffer pola karakter
Mode Layar Menyatakan kemampuan resolusi dan detil piksel yang dapat ditampilkan layar Amat bergantung pada jenis adapter monitor yang terpasang pada komputer Adapter monitor semakin canggih maka mode layar yang didukung semakin banyak Interupsi 10H untuk mengubah mode video : Servis 0FH : mengambil mode aktif. Output : AL = mode video aktif (lihat tabel mode video) AH = jumlah karakter per kolom BH = halaman tampilan aktif Servis 00H : mengubah mode aktif. Parameter : AH = 00H (servis) AL = mode video yang diinginkan (AL.7 = 1 => data lama layar tidak terhapus)