Pemrograman Database Nyimas Artina, S.Kom, M.Si.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Visual I Pendahuluan Presented by : Herianto.
Advertisements

Pemrograman VB.NET Pertemuan 2.
OOP berputar pada konsep dari obyek yang merupakan elemen dasar dari program Anda. Ketika kita membandingkan dengan dunia nyata, kita dapat menemukan.
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
Team Pemrograman I AMIK MBP
WELCOME TO VISUAL BASIC
Program Paket Niaga Putu Putra Astawa S.Kom.,M.kom
PERTEMUAN VI Penggunaan Array.
Penggunaan Kontrol Array
APLIKASI MANAJEMEN PERKANTORAN - D Minggu 4. Variabel Variabel adalah obyek pada Program yang di tujukan untuk menyimpan sautu nilai, di mana nilai tersebut.
Rully Yulian MF MCAD,MCPD,MCT,MVP VB.NET Independent IT Trainer - Application Developer
Class dan Objek Lebih Lanjut dalam Pemrograman Berorientasi Objek Pada VB.Net Oleh : Indra, S.Kom.
Menggunakan Event dan Property
Penggunaan Struktur Kontrol IF
PROSEDUR 1 Prosedur Adakalanya ketika kita membuat program, ada beberapa kode program yang ditulis berulang-ulang. Hal ini tentu saja menyita waktu dan.
GUI Design Event-Driven Programming Basic Windows Controls
PERTEMUAN IV SINTAK LANJUT VB
BAB III KONTROL PROGRAM
Pemrograman Berorientasi Objek
Membuat Class Sendiri Atribut Pertemuan : Object Oriented Programming.
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
PENGGUNAAN TEXTBOX PADA VB .NET
Class, Inheritance, Encapsulation & Interface
PERTEMUAN IX Penggunaan Array.
PERTEMUAN II CONTROLS DAN SINTAK DASAR
PERTEMUAN III SINTAK LANJUT VB
LOOPING dan array Tinaliah, S. Kom.
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
Tipe Data, Variabel, dan Konstanta
Dasar-dasar Visual Basic
Pemrograman Visual VB.net 2008 dengan Database Microsoft Access 2010
1 Pertemuan 8 Collection Matakuliah: M0462/Programming I Tahun: 2005 Versi: >
Pemrograman Basisdata
1 Pertemuan 04 Variable Matakuliah: T0063/Pemrograman Visual Tahun: 2005 Versi: 1/0.
1 Pertemuan 03 Form Matakuliah: T0063/Pemrograman Visual Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Struktur Data II dengan Visual Basic
Pemrograman VB.NET Pertemuan 3.
Penggunaan Data dan Variabel
Pengenalan Visual Basic
PROCEDURE AND FUNCTION
KONSEP ANTARMUKA VISUAL BASIC.NET
Pertemuan 3 Variabel & Konstanta.
Pemprograman VB Dot Net
Algoritma & pemrograman 1b
Menggunakan Form Pertemuan Ke-3.
Pemrograman Visual I Outline: Pengenalan bahasa C#
Pertemuan 2 Dani Hamdani, S.Kom..
PENGANTAR BAHASA BASIC
Pemprograman VB Dot Net
PERTEMUAN VII PROSEDURE DAN FUNGSI
Pertemuan 8 Collection Matakuliah : M0064/Programming I Tahun : 2005
Algoritma & pemrograman 1B
Pengantar Pemrograman
Mengenal Integrated Development Environment (IDE) VB 6
KOMPUTER APLIKASI AKUNTANSI - V -
PENGGUNAAN DATA DAN VARIABEL
PERTEMUAN 2 MACRO EXCEL.
Struktur Kontrol Keputusan IF dan Select
Prosedur.
Bahasa Pemrograman 1 ACTIVE X DAN MDI Chapter 05 bimocahyo bimocahyo.
Pemrograman VB.NET Pertemuan 2 Sorang Pakpahan,S.Kom.,M.Kom.
Pengenalan Visual Basic
Pemrograman VB.NET Pertemuan 6 Sorang Pakpahan,S.Kom.,M.Kom.
Menggunakan Event dan Property
Pemrograman VB.NET Pertemuan 10.
Penggunaan Data dan Variabel
PERTEMUAN IV SINTAK LANJUT VB
Menggunakan Form Pertemuan Ke-3.
BAB III VARIABEL, TIPE DATA DAN OPERATOR
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2B
Transcript presentasi:

Pemrograman Database Nyimas Artina, S.Kom, M.Si

STRUKTUR PROGRAM VISUAL BASIC .NET Sebagai bahasa yang telah dirancang kembali dari awal, suatu program Visual Basic memiliki urutan berikut yang merupakan struktur dari program: Option statements Perintah Option akan menentukan aturan dasar penanganan kode dalam program pada saat kompilasi. Perintah Option terdiri dari : Option Explicit On/Off, menentukan apakah variabel-varibel yang digunakan dalam program harus dideklarasikan terlebih dahulu atau tidak (defaultnya adalah On). Contoh : Option Explicit Off Module Modmain Sub Main() a = 100000 End Sub End Module Yang jika di kompilasi tidak menyebabkan kesalahan walaupun variabel a tidak pernah dideklarasikan. Option Explicit On Yang jika dikompilasi akan menyebabkan kesalahan karena variabel a tidak dideklarasikan terlebih dahulu

Option Strict On/Off, menentukan apakah kompiler memperbolehkan konversi nilai implicit yang berpotensi menyebabkan kehilangan data (default adalah Off), misalnya kita memasukan nilai dari suatu variabel dengan tipe data yang lebih lebar ke variabel dengan tipe data yang lebih sempit Contoh : Option Explicit On Option Strict On Module Hello Sub Main() Dim a As Integer Dim b As Short a = 100000 b = a End Sub End Module Yang jika dikompilasi akan menyebabkan pesan kesalahan karena variabel b yang bertipe short (16 bit), tidak dimungkinkan menampung nilai dari tipe integer (32 bit), yang memiliki potensi kehilangan data pada saat runtime, sehingga pemakaian Option Strict On akan menampilkan pesan kesalahan pada saat kompilasi.

Perintah Option Compare Binary/Text akan menentukan bagaimana data bertipe string akan dibandingkan antara satu dengan lainnya (default adalah Binary). Adapun aturan perbandingan pada masing-masing setting adalah sebagai berikut : Pada Option Compare Binary : A < B < E < Z < a < b < e < z < À < Ê < Ø < à < ê < ø Pada Option Compare Text : (A=a) < (À= à) < (B=b) < (E=e) < (Ê= ê) < (Ø = ø) < (Z=z) Contoh : Option Compare Binary Module Hello Sub Main() Dim a,b As String a = "ABC" b = "abc" System.Console.WriteLine(a = b) 'False End Sub End Module

Yang jika dijalankan akan menghasilkan False, karena perbandingan data berdasarkan nilai biner dari masing-masing data string . Tetapi jika : Option Compare Text Module Hello Sub Main() Dim a,b As String a = "ABC" b = "abc" System.Console.WriteLine(a = b) 'True End Sub End Module Yang jika dijalankan akan menghasikan True, karena sebagai text-nya "ABC" dianggap sama dengan "abc" tanpa melihat huruf besar atau kecil.

2. Imports statements Perintah Imports berfungsi memudahkan pengetikan tanpa harus mengetik nama class didalam namespace yang di import. Contoh : Module Hello Sub Main() System.Console.WriteLine("Hello World !") End Sub End Module Yang setelah adanya Imports System.Console penulisan System.Console.WriteLine menjadi sebagai berikut: Imports System.Console WriteLine("Hello World !") Dalam hal ini kita tidak perlu lagi mengetik System.Console.WriteLine, tapi cukup WriteLine, karena kita telah melakukan Imports System.Console.

3. Main procedure Procedure Main merupakan titik awal dari program anda - merupakan procedure yang pertama kali dieksekusi ketika anda menjalankan kode anda. Jadi apa yang ingin anda jalankan pertama kali pada program anda ditempatkan pada procedure main ini. Adapun contoh penggunaanya sudah ada pada contoh-contoh yang sebelumnya.

CLASS, OBJECT dan INSTANCE Mungkin anda pernah bertanya apa sich bedanya class dan object? Ilustrasi ini mungkin bisa menjelaskan perbedaannya. Jika anda ingin membangun rumah Class adalah blueprint/ gambar (berisi spesifikasi lengkap dari rumah yang akan dibuat, ukuran, jumlah, dll). Sedangkan object adalah bentuk fisik / rumah yang dibangun berdasarkan blueprint / class yang sudah ada. Sebuah class terdiri dari properties, method, dan events (yang biasa disebut dengan member). Properties menyimpan informasi tentang object yang dibuat. Sebagai contoh pada aplikasi windows object “TextBox‟ memiliki property “Text‟, yang berisi teks yang akan ditampilkan pada textbox. Jika anda memiliki texbox dengan nama txtNama maka anda dapat menuliskan strNama = txtNama.Text untuk mengcopy nilai dari textbox ke variabel strNama. Method adalah perintah yang membuat object melakukan sesuatu. Sebagai contoh MessageBox.Show() menggunakan Show() method dari MessageBox object untuk menampilkan pesan, dan MyDoc.Print() menggunakan Print() method menggunakan MyDoc object untuk mengirimkan data ke printer. Penulisan method pada VB.NET diikuti dengan tanda kurung (). Events adalah notifikasi yang dikirimkan oleh object, dimana anda dapat listen atau ignore notifikasi tersebut. Sebagai contoh object button mengirimkan Click event, dan anda dapat merespond event tersebut dan menjalankan code anda. Instance adalah copy unik dari class yang merepresentasikan object. Untuk menggunakan class anda harus membuat instance terlebih dahulu baru dapat mengakses class member, kecuali anda menggunakan shared member, maka anda tidak perlu membuat instance untuk mengakses member yg ada dalam class tersebut.

INHERITANCE Inheritance digunakan untuk membuat Derived Class (Class Turunan) dimana class turunan ini akan mewarisi semua Properties dan Method yang dimiliki oleh Parent Classnya. Sebagai contoh ketika kita membuat sebuah Form1 kita Inherits Form1 tersebut dari class System.Windows.Forms.Form. Perhatikan contoh berikut :

Kode program di atas akan menghasilkan dua buah Form yaitu Form1 dan Form2 dengan sebuah kontrol Button pada masing-masing Form. Pada saat startup yang running pertama kali adalah Form1 dan ketika BtnFrm2 diklik maka akan memanggil Form2. Sedangkan ketika BtnEnd yang berada di Form2 diklik akan mengakhiri aplikasi. Berikut penjelasannya secara lebih terperinci : Option Explicit On Perintah ini digunakan untuk memastikan agar semua variable dan object telah dideklarasikan. Imports System.Windows.Forms Mengimport Namespace “System.Windows.Forms” sehingga sebenarnya ketika mendeklarasikan BtnFrm2 di atas cukup dengan perintah “Public WithEvents BtnFrm2 As New Button”. Module ModLatihanForm Membuat sebuah Module ModLatihanForm Public Class Form1 . . . . End Class Mendeklarasikan sebuah Class yaitu Class Form1. Inherits System.Windows.Forms.Form Inherits/ membuat Class turunan dari Class Form yang terdapat pada Namespace “System.Windows.Forms”. Dim Frm2 As New Form2 Instansiasi Frm2 sebagai instance sekaligus pembuatan Object dari Class Form2. Public WithEvents BtnFrm2 As New System.Windows.Forms.Button Pendeklarasian dan instansiasi BtnFrm2 dari Class Button yang terdapat pada Namespace “System.Windows.Forms”. Perintah WithEvents disertakan supaya semua Event yang dimiliki Class Button juga dimiliki dan dapat digunakan oleh BtnFrm2.

Public Sub New() . . . End Sub Constructor bagi Class Form1. Constructor adalah method khusus suatu Class yang akan otomatis dijalankan begitu instance dari Class dibuat dimemori komputer. Jadi ketika terjadi instansiasi Class Form1 maka perintah ini secara otomatis akan dijalankan. Me.Text = "Form Coba" Mengatur nilai Properti Text dari Me/Form1 menjadi “Form Coba”. Me.StartPosition = System.Windows.Forms.FormStartPosition.CenterScreen Membuat posisi Form1 berada ditengah layar ketika running pertama kali. Me.BackColor = System.Drawing.Color.LightBlue Merubah warna background Form1 menjadi warna “LightBlue”. Me.BtnFrm2.Location = New System.Drawing.Point(182, 103) Mengatur lokasi BtnFrm2, dalam hal ini berarti BtnFrm2 akan “digambar” pada posisi X = 182 dan Y = 103 Me.Controls.Add(Me.BtnFrm2) Menambahkan Object BtnFrm2 ke dalam Form1. Me.BtnFrm2.Text = “&Ke Form2” Merubah nilai properti Text BtnFrm2 menjadi “Ke Form2”. Karakter “&” digunakan untuk membuat shortcut dalam mengakses object BtnFrm2 (tekan Alt+Karakter Shortcut untuk menggunakan shortcutnya pada saat runtime). Pada saat runtime Text-nya akan menjadi “Ke Form2”.

Private Sub BtnFrm2_Click(ByVal sender As System Private Sub BtnFrm2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As _ System.EventArgs) Handles BtnFrm2.Click . . . End Sub Penggunaan Event Click pada BtnFrm2 Frm2.ShowDialog() Mencetak/ menampilkan Frm2/ Form2 ke layar ketika BtnFrm2 diklik. Me.Close Menutup Form1. Public Class Form2 Inherits System.Windows.Forms.Form Public WithEvents BtnEnd As New System.Windows.Forms.Button Sub New() Me.Text = "Form Coba2" Me.StartPosition = System.Windows.Forms.FormStartPosition.CenterScreen Me.BackColor = System.Drawing.Color.LightBlue Me.BtnEnd.Location = New System.Drawing.Point(182, 103) Me.BtnEnd.Text = "Exit" Me.Controls.Add(Me.BtnEnd) Private Sub BtnEnd_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As _ System.EventArgs) Handles BtnEnd.Click End End Class

Penjelasan kode program pada Class Form2 sama dengan penjelasan pada Class Form1 di atas. Sub Main() . . . End Sub Procedure Main dari program/ aplikasi dimana merupakan procedure yang pertama kali dibaca dan dirunning oleh aplikasi. Dim Frm As New Form1 Instansiasi Frm sebagai instance sekaligus pembuatan Object dari Class Form1. Frm.ShowDialog() Mencetak/ menampilkan Frm/ Form1 ke layar.