Komponen-Komponen dalam J2ME

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pelatihan Sikda GENERIK
Advertisements

Dosen: Zakki Falani, S.Kom Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama
HTML PEMROGRAMAN INTERNET. Form & Input HTML Form adalah area yang bisa ditempati oleh elemen form. Elemen form adalah elemen yg mengijinkan user memasukkan.
MIDlet User Interface (3) As’ad Djamalilleil
Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si.
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
GUI Design Event-Driven Programming Basic Windows Controls
Antarmuka Tingkat Bawah (Canvas)
Web Teknologi 3 (MKB721C) Minggu 2 Page 1 MINGGU 2 Web Teknologi 3 (MKB721C) Pokok Bahasan: –Midlet –User Interface Tujuan Instruksional Khusus: Agar.
Komponen Class Item (3) As’ad Djamalilleil
Membuat Data Base Kemahasiswaan
MIDlet User Interface (2) As’ad Djamalilleil
Modul 9: antarmuka grafis (GUI) dalam window
Java2 Micro Editon (J2ME)
Komponen Class Item (1) As’ad Djamalilleil
Bahasa Pemrograman 3 Lab Bahasa Pemrograman 3
ORACLE DEVELOPER 6i Oracle Developer adalah salah satu produk dari Oracle Corporation yang digunakan untuk membuat suatu aplikasi. Oracle Developer 6i.
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 3.
Object Form, Label, Textbox, & Command Button
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si.
Presented by : Ratri Enggar Pawening
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) “Skill to do comes of doing. “ (Ralph Waldo Emerson)
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 5 (18 APRIL 2011)
Elemen Dasar pada Windows Form Pemrograman Visual I 4 sks Renni Angreni, M.Kom. This Slide from Herianto.
Database dalam Ms.Access
PERTEMUAN KE 2 JAVA SERVER PAGES (JSP) BY : TITO SUGIHARTO
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) Nyimas Artina.
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) Nyimas Artina.
LABEL Sesuai dengan namanya, object yang biasanya menampilkan teks tertentu seperti: judul,keterangan, dan Iain-Iain. Label tidak memiliki data source,
Perancangan Web Pertemuan IV
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 2.
Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 4 (12 APRIL 2011)
Graphical User Interface
LABEL VB.NET menyebut komponen pada Form seperti tombol, Textbox dan lainnya sebagai control yang ditemukan pada class : System.Windows.Foems.Control Label.
Pemrograman Aplikasi Bergerak
Menggunakan Event dan Method
PERTEMUAN 5 TextField merupakan turunan Item yang bisa menampung teks dan mengedit teks tersebut. TextField mempunyai ukuran maksimum, label dan format.
Tim Asisten Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak 09/10.
BAB II KOMPONEN-KOMPONEN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0
Graphical User Interface (GUI)
Pertemuan 2 Dani Hamdani, S.Kom..
PERTEMUAN 2 HTML (Lanjutan).
High Level User Interface
MIDP High-Level User Interface
Lia afriani Andreas Saputra
Outline: MENU CONTEXT MENU TOOLBAR PROGRESS BAR VALIDASI DATA
Passing Variable Dalam PHP
Form & Item Oleh : Oman Somantri S.Kom
pendaftaran PEMBUATAN SOAL PENGELOLAAN CLASS FOLDER ATAU KELAS
MIDlet User Interface (2)
Struktur Kode Program MIDlet
Membangun User Interface
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (1) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (3) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Class List As’ad Djamalilleil
MIDlet User Interface (3)
Menggunakan Event dan Method
Agung Brastama Putra Pertemuan 11
Mobile Teknologi Pertemuan 3
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
antarmuka grafis (GUI) dalam window
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
ORACLE DEVELOPER 6i Oracle Developer adalah salah satu produk dari Oracle Corporation yang digunakan untuk membuat suatu aplikasi. Oracle Developer 6i.
TIPE DATA String Skalar ARIF HARJANTO, S.T.
Procedure dan Function
Transcript presentasi:

Komponen-Komponen dalam J2ME Oleh : Indra, S.Kom

Tentang Array Satu Dimensi Mempelajari Komponen-Komponen dalam J2ME Membuat Form dalam J2ME Tugas

Komponen-Komponen J2ME Display Form TextField Command ChoiceGroup StringItem

Display Display merupakan objek yang merepresentasikan pengelola layar pada perangkat. Pada sebuah MIDlet hanya terdapar sebuah objek Display. Display menyediakan methode untuk menggambar dan menampilkan elemen UI grafis pada layar. Display juga menyediakan methode untuk mengetahui property layar pada perangkat, apakah perangkat mendukung warna atau tidak. Pada library J2ME, objek Display terdapat pada kelas javax.microediton.lcdui.Display;

Form Merupakan halaman untuk menginput data. Bisa terdiri dari komponen-komponen yang disebut item. Pengaksesan item-item dapat dilakukan dengan menggunakan index. Methode Keterangan Form(String title) Membuat form dengan nama title Form(String title, item[] item) Membuat form dg nama title, dan elemen item Int append(Image img) Menambahkan image Int append(Item item) Menambahkan item Int append(String str) Menambahkan string Void delete(int item) Menghapus item Void insert(int itemNum, Int item) Menambah item dengan index itemNum Item get(int itemNum) Mengembalikan item dengan index itemNum Void set(int itemNum, Item item) Mengganti item dg index itemNum dg item baru Void setItemSetListener(ItemSetListener iListener) Menambah item listener pada form Int size() Mengembalikan jumlah item pada form

TextField Adalah sebuah objek untuk menginputkan text. Merupakan sub kelas dari Item Mempunyai batasan : TextField.ANY (Mengijinkan semua inputan karakter) TextField.EMAILADDR (hanya mengijinkan alamat inputan email) TextField.NUMERIC (hanya mengijinkan inputan numeric) TextField.PHONENUMBER (hanya mengijinkan nomor telepon) TextField.URL (hanya mengijinkan alamat URL) TextField.PASSWORD (biasanya gabungan TextField.PASSWORD | TextField.ANY atau TextField.PASSWORD | TextField.NUMERIC)

Command Suatu Button dalam Form di J2ME Nanti penempatan akan bertambah secara otomatis jika menunya semakin banyak

ChoiceGroup ChoiceGroup adalah object yang digunakan untuk menampilkan pilihan kepada user. Pendeklarasian: ChoiceGroup namaCg = new ChoiceGroup(“Label”, JenisPilihan); Menambahkan item pilihan: namaCg.append(String pilihan, image); Beberapa jenis pilihan ChoiceGroup, yakni: Choice.MULTIPLE User dapat memilih lebih dari 1 pilihan Choice.EXCLUSIVE User hanya dapat memilih 1 pilihan, dan user harus memilih Choice.IMPLICIT User hanya dapat memilih 1 pilihan, dan user tidak harus memilih Choice.POPUP Sama seperti Choice.IMPLICIT tetapi pilihan ditampilkan mirip seperti ComboBox

String Item adalah objek untuk menampilkan sebuah label dan sebuah pesan text. Methode: StringItem(String label,String text) Membuat StringItem dengan label dan pesan text. String getText() Mengembalikan nilai text pada StringItem void setText() Mengeset teks pada StringItem Menempelkan StringItem pada Form append(namaStringItem)

Latihan Program

Coding Form di Atas link