BAB VII KARAKTERISTIK MEMORI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Ilmawan Mustaqim
Advertisements

Organisasi dan Arsitektur Komputer
TUGAS KE 4 RESUME BAB USNI Universitas Satya Negara Indonesia
Organisasi Komputer : Sistem Memori
BAB III Memori Internal.
ARSITEKTUR SISTEM MEMORI
OLEH J. LEWERISSA. BIOS dan ROM BIOS memang berkaitan erat dengan ROM, sebab sebagian besar BIOS yang terdapat di dalam perangkat keras komputer disimpan.
Pertemuan 11 Memory.
Desain Memori Utama Dan Semikonduktor
ARSITEKTUR SISTEM MEMORI
MODUL KULIAH ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER I TANGGALREVISI TANGGAL BERLAKU KODE DOKUMEN :::::: Maret 2005 Pertemuan ke-4 / 1Edisi: 01 Rev:
LOGO Sistem Memori Part1 Arsitektur dan Organisasi Komputer danarpamungkas.wordpress.com Danar Putra Pamungkas, S.Kom.
Organisasi dan arsitektur komputer
PERTEMUAN KESEPULUH Memory HARDWARE.
Hardware Komputer.
Hardware Software Brainware
Cache Memory.
Organisasi Komputer Pertemuan 5 TATA SUMITRA M.KOM HP
SISTEM KOMPUTER Kelompok 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2
Rahmadi Lendriansyah ( )
Arsitektur & Organisasi Komputer
MEMORI.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat Keras Teknologi Informasi
Arsitektur & Organisasi Komputer BAB iv memori
Organisasi dan arsitektur komputer
Arsitektur Komputer.
MEDIA PENYIMPANAN BERKAS
Memory.
MEMORY ORGANISASI KOMPUTER (I) Rahajeng Ratnaningsih, S. Kom
ORGANISASI KOMPUTER Chapter 4 Cache Memory.
MEMORI DAN KODE ASCII.
Memory.
Desain Memori Utama Dan Semikonduktor Oleh : Dr. Ir. H. Sumijan, M.Sc.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
SIKLUS PENGOLAHAN DATA
Organisasi dan Arsitektur Komputer : Perancangan Kinerja (William Stallings) Memori Internal.
Desain Prosesor Pertemuan ke 8.
ELEMEN DASAR KOMPUTER.
Pengantar teknologi informasi .::Prosesor dan memori::.
Organisasi Sistem Komputer
Mengenal Memory.
Perangkat Utama Input/Output dan Memori
ALAT PEMROSES Alat pemroses adalah alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk Mengolah data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya.
MEDIA PENYIMPANAN Yulian Findawati.
Bahan Ajar Perkuliahan: Struktur dan Organisasi Data 1
PERTEMUAN KESEPULUH Memory HARDWARE.
PENGANTAR ORGANISASI KOMPUTER KELOMPOK II
Jenis dan Operasi Dasar Memori
KELOMPOK 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2. Septi Nur Hidayati. (010) 3
Karakteristik Memori IK 2133.
ORGANISASI dan ARSITEKTUR KOMPUTER
Arsitektur Komputer Rahajeng Ratnaningsih, S. Kom STMIK –AUB SURAKARTA
Pengantar teknologi informasi .::Prosesor dan memori::.
MEMORI INTERNAL.
Materi ke 4 memori internal
PERTEMUAN INTERNAL MEMORI.
Oleh : Muji Lestari Memory.
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
BAB V CENTRAL PROCESSING UNIT
Pengantar Teknologi Informasi
Hardware Komputer.
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
Memori Internal Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Arsitektur dan Organisasi Komputer
KARAKTERISTIK MEMORI WALAUPUN KONSEPNYA TERASA SEDERHANA, MEMORI KOMPUTER MEMILIKI ANEKA RAGAM JENIS, TEKNOLOGI, ORGANISASI, UNJUK KERJA, DAN BIAYA BAGI.
4. Bentuk dan Phisik Memory
Pertemuan 3 BUS & Memory.
Memori Internal.
Transcript presentasi:

BAB VII KARAKTERISTIK MEMORI WALAUPUN KONSEPNYA TERASA SEDERHANA, MEMORI KOMPUTER MEMILIKI ANEKA RAGAM JENIS, TEKNOLOGI, ORGANISASI, UNJUK KERJA, DAN BIAYA BAGI SISTEM KOMPUTER.

MASALAH KOMPLEKS SISTEM MEMORI ADALAH MEMBUATNYA AGAR LEBIH MUDAH DIATUR BILA KITA MENGKLASIFIKASIKAN SISTEM – SISTEM MEMORI SEHUBUNGAN DENGAN KARAKTERISTIK – KARAKTERISTIK KUNCINYA

KARAKTERISTIK SISTEM MEMORI LOKASI: CPU INTERNAL M. EXTERNAL M. KAPASITAS: - UKURAN WORD - BANYAKNYA W. SATUAN TRANS. - WORD - BLOCK METODE AKSES - SEQUENTIAL A. - DIRECT A. - RANDOM A. - ASSOCIATIVE KINERJA: - ACCESS TIME - TRANSF. RATE TIPE FISIK - SEMIKONDUKTOR - PERMUKAAN MAGNETIK KARAKT. FISIK - VOLATILE\ NON ORGANISASI

LOKASI : INTERNAL MEMORI =MEMORI UTAMA EXTERNAL MEMORI = SECONDARY MEMORI. CPU MEMERLUKAN MEMORI LOKAL SENDIRI YG BERBENTUK REGISTER – REGISTER. KAPASITAS : BIASANYA DALAM BENTUK BYTE (1 BYTE = 8 BIT) ATAU WORD. PANJANG UMUM= 8, 16, 32 BIT. EXTERNAL MEMORI = BYTE.

SATUAN TRANSFER: BAGI INTERNAL MEMORY, SATUAN TRANSFER SAMA DENGAN JUMLAH SALURAN DATA YANG MASUK KE DAN KELUAR DARI MODUL MEMORI. SATUAN TRANSFER TIDAK PERLU SAMA DENGAN WORD. BAGI EXTERNAL MEMORY, SERING KALI DATA DITRANSFERKAN DALAM JUMLAH YANG JAUH LEBIH BESAR DARI WORD DIKENAL SEBAGAI BLOCK.

METODE AKSES : SEQUENTIAL ACCESS CONTOH : PITA 2. DIRECT ACCESS CONTOH : DISK RANDOM ACCESS CONTOH : SISTEM MEMORI UTAMA ASSOCIATIVE (MEMBANDINGKAN LOKASI BIT YG DIINGINKAN DI WORD) CONTOH : CACHE MEMORY

UNJUK KERJA : ACCESS TIME MERUPAKAN WAKTU YANG DIBUTUHKAN UNTUK MELAKUKAN OPERASI BACA ATAU TULIS. TRANSFER RATE KECEPATAN DATA AGAR DAPAT DITRANSFER KE UNIT MEMORI ATAU DITRANSFER DARI UNIT MEMORI.

TIPE FISIK : DUA JENIS YANG UMUM DIGUNAKAN SAAT INI ADALAH MEMORI SEMIKONDUKTOR, YANG MEMAKAI TEKNOLOGI SLI DAN VLSI. DAN MEMORI PERMUKAAN MAGNETIK, YANG DIGUNAKAN UNTUK DISK ATAU PITA.

KARAKTERISTIK FISIK : PADA VOLATILE MEMORY, INFORMASI AKAN RUSAK SECARA ALAMI ATAU HILANG BILA DAYA LISTRIKNYA DIMATIKAN. PADA NON-VOLATILE MEMORY, SEKALI INFORMASI DIREKAM AKAN TETAP BERADA DI SANA TANPA MENGALAMI KERUSAKAN SEBELUM DI UBAH. JENIS INI DIKENAL SEBAGAI ROM (READ ONLY MEMORI)

OGANISASI : PENGATURAN BIT DALAM MENYUSUN WORD SECARA FISIK. ROM (READ ONLY MEMORY) DARI NAMANYA, MEMORI INI HANYA DAPAT DIBACA SAJA, PROGRAMMER TIDAK BISA MENGISI SESUATU KE DALAM ROM.

ISI ROM SUDAH DIISI OLEH PABRIK PEMBUATNYA, BERUPA SISTEM OPERASI (OPERATING SYSTEM) YANG TERDIRI DARI PROGRAM – PROGRAM POKOK SEPERTI : PROGRAM UNTUK MENGATUR TAMPILAN KARAKTER DI LAYAR. TOMBOL KUNCI KEYBOARD UNTUK KEPERLUAN KONTROL TERTENTU. BOOTSTRAP PROGRAM.

BOOTSTRAP PROGRAM DIPERLUKAN PADA WAKTU PERTAMA KALI SISTEM KOMPUTER AKTIF, YANG PROSES INI DISEBUT DENGAN ISITILAH BOOTING. BOOTING DAPAT BERUPA : 1. COLD BOOTING 2. WARM BOOTING

C0LD BOOTING MERUPAKAN PROSES MENGAKTIFKAN SISTEM KOMPUTER PERTAMA KALI UNTUK MENGAMBIL BOOTSTRAP PRORAM DARI KEADAAN LISTRIK KOMPUTER MATI (OFF) DENGAN CARA MENGHIDUPKANNYA. WARM BOOTING MERUPAKANPROSES PENGULANGAN PENGAMBILAN BOOTSTRAP PROGRAM DALAM KEADAAN KOMPUTER MASIH HIDUP (ON) DGN CARA MENEKAN TOMBOL TERTENTU.

INSTRUKSI – INSTRUKSI YANG TERSIMPAN DI ROM DISEBUT JUGA DENGAN FIRMWARE, KARENA HARDWARE DAN SOFTWARE DIJADIKAN SATU OLEH PABRIK PEMBUATNYA. ROM ITU SENDIRI HARDWARE MICROINSTRUCTION ITU SOFTWARE.

ISI DARI ROM TIDAK BOLEH RUSAK ATAU HILANG, BILA TERJADI DEMIKIAN MAKA SISTEM KOMPUTER TIDAK AKAN BISA BERFUNGSI. ROM BERSIFAT NON-VOLATILE, SUPAYA ISINYA TIDAK HILANG BILA LISTRIK KOMPUTER DIMATIKAN. DALAM KASUS LAIN, MEMUNGKINKAN UNTUK MERUBAH ISI DARI ROM, YAITU DGN CARA MEMPROGRAM.

TERIMA KASIH