KONSTANTA dan OPERATOR

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
FUNGSI Erizal, S.Si, M.Kom Universitas Respati Yogyakarta
Advertisements

POINTER.
PEMROGRAMAN SISTEM PERNYATAAN DASAR PERULANGAN Pertemuan V
Pointer.
Fungsi input-output.
#4. 12 APRIL 2013 Kompetensi 6, 7 : Header/Prototipe dari Fungsi/Procedure/Method.
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Nama dan Nilai Objek Abdillah, S.Si, MIT Website:
Struktur Sugeng Supriyadi, M.Kom.
SELECTION STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN
Dasar Pemrograman MODUL 06 PERCABANGAN.
Baca Tulis File Untuk dapat membaca atau menulis data dari/ke sebuah file maka langkah yang perlu dilakukan adalah: membuka file - mendefinisikan variabel.
Baca Tulis File Untuk dapat membaca atau menulis data dari/ke sebuah file maka langkah yang perlu dilakukan adalah: membuka file - mendefinisikan variabel.
Pengajar : ELIYANI, S.T., M.Kom Semester : I Tahun : 2012/ 2013
LOOPING (PERULANGAN)
POINTER
LOOPING (PERULANGAN)
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
3 Variabel, Konstanta Tipe Data dan dalam Bahasa C/C++ Java dan Bab
Pembahasan soal-soal pemrograman terstruktur
By; NILA FEBY PUSPITASARI
PENGENALAN c++ DAN STRUKTUR DASAR C++
Pemrograman Terstruktur
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 1 Lab K Semester 1 WLD,Nanda,Hefi.
Person 10Person Variabel Lokal dan Global Suatu variabel lokal dideklarasikan di dalam fungsi ‘a’, dan tidak dapat diakses di luar fungsi (a)
Elemen Dasar Program C++
ARRAY OF STRUCT Apabila hendak menggunakan 1 struct untuk beberapa kali, ada 2 cara : Deklarasi manual #include typedef struct Mahasiswa { char.
ARRAY 2 DIMENSI (MATRIK)
Pointer Memory Dinamic.
SELECTION STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN
Struktur & Kelas Erizal, S.Si, M.Kom Universitas Respati Yogyakarta
SELECTION (STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN)
Pointer Dr. Lily Wulandari.
POINTER (VAR.PENUNJUK)
MAKRO pertemuan 9.
#include //bagian modul int hitung(x,y) { return(x+y); } //bagian utama main() { int jumlah,a,b; a=8; b=2; jumlah=hitung(a,b); cout
P O I N T E R. Merupakan sebuah variabel yang berisi alamat dari variabel lain. Suatu pointer dimaksudkan untu menunjukan ke suatu alamat memori sehingga.
Dasar Komputer & Pemrograman 2A (BAHASA C)
STRUCT OF ARRAY Apabila hendak menggunakan 1 struct untuk beberapa kali, ada 2 cara : Deklarasi manual #include typedef struct Mahasiswa { char.
Bab 05 Tipe Data dan Mengisi Variabel
Contoh penggunaan goto Yuli Astuti,S.Kom. Contoh penggunaan goto #include main() { float p,l,luas,j; ulang: cout
STRUKTUR PERULANGAN 2 (LOOPING-2)
DASAR STRING PEMROGRAMAN SISTEM.
PERSON 20 TUGAS PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR C++ CHERIA LOUPATTY MANAJEMEN INFORMATIKA STMIK / AMIK PARNA RAYA MANADO.
Prosedur dan Fungsi Triana Elizabeth, S.Kom.
Variabel, Konstanta, tipe data dan Operator
NOTASI ALGORITMIK dan BAHASA C++
I Gusti Agung Made Wirautama, S.Kom
Tipe, Nama, dan Nilai Anifuddin azis.
Pendahuluan & identifier pada bahasa c dan c++
Elemen dasar Pertemuan 3.
Pengenalan C++ Oleh : Dewi Sartika.
Variabel, Konstanta, tipe data dan Operator
2. Pengenalan Program C++
Pendahuluan Erfin Gustaman.
TYPE DATA ,VARIABEL &KONSTANTA Dalam C++
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Program komputer Sebuah program komputer yang ditulis dengan bahasa apapun dapat dipandang sebagai sebuah himpunan operasi yang dikerjakan pada data-data.
Pengantar Pemrograman
KONSTANTA dan OPERATOR
~ PERTEMUAN 4 KONSEP TIPE DATA ~
MATERI PERKULIAHAN PEMROGRAMAN I (Remedial)
Algoritma Struktur Data
Type, Variabel, Konstanta
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
INTRODUCTION TO C++
NOTASI ALGORITMA dan BAHASA C++
INTRODUCTION TO C++
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Pengantar Pemrograman Bahasa C
Pemrograman Terstruktur
Transcript presentasi:

KONSTANTA dan OPERATOR yuli_dev@yahoo.com

Konstanta Berbeda dengan variabel yang isinya bisa berubah selama eksekusi program berlangsung, sedangkan isi dari konstanta tidak bisa berubah. Konstanta merupakan nilai tetap yang pendeklarasiannya mirip dengan variabel, hanya nilainya saja yang tidak bisa berubah.

Deklarasi konstanta Ada dua cara untuk mendeklarasikan konstanta: Setelah deklarasi header file dengan menggunakan #define Di dalam fungsi dengan menggunakan const

Contoh1 : //deklarasi konstanta #include <iostream.h> #include <conio.h> #define phi 3.14 #define r1 3 #define r2 10.7 #define kar 'A' #define teks "Contoh deklarasi konstanta" #define x true

Contoh1lanjut : main() { //pemanggilan konstanta cout<<teks<<"\n"; cout<<kar<<"\n"; cout<<x<<"\n"; cout<<phi<<"\n"; cout<<r1<<"\n"; cout<<r2<<"\n"; getch();}

Contoh 2: #include <iostream.h> #include <conio.h> main() { //deklarasi konstanta const float phi=3.14; const int r1=3; const float r2=10.7; const char kar='A'; const char teks[30]="Contoh deklarasi konstanta" ; const bool x=true;

Contoh 2 lanjut: // pemanggilan konstanta cout<<teks<<"\n"; cout<<kar<<"\n"; cout<<x<<"\n"; cout<<phi<<"\n"; cout<<r1<<"\n"; cout<<r2<<"\n"; getch();}

OPERATOR Operator aritmatik, terdiri : Operator gabungan Penjumlahan (+) Pengurangan (-) Perkalian (*) Pembagian (/) Modulo (%) Operator gabungan Operator Contoh Ekivalen += bonus += 500; bonus = bonus + 500; -= budget -= 50; budget = budget - 50; *= gaji *= 1.2; gaji=gaji * 1.2; /= faktor/= 50; faktor= faktor/.50; %= jml_hari %=7; jml_hari =jml_hari % 7;

Operator Logika Adalah operator yang digunakan untuk melakukan operasi dimana nilai yang dihasilkan dari operasi tersebut hanya berupa nilai benar (true) dan salah (false), atau sering disebut dengan nilai boolean. Operator Jenis Operator Contoh && AND (dan) 1 && 1 = 1 || OR (atau) 1 || 0 = 0 ! NOT (negasi) !0 = 1

Mengatur angka desimal Caranya: Menggunakan instruksi setprecision(n) Menggunakan instruksi setiosflag(ios::fixed) Kedua instruksi diatas memerlukan header file iomanip.h

setprecision: #include <iostream.h> #include <conio.h> #include <iomanip.h> main() { int a,b; float c; cout<<"Contoh penggunaan / dan %\n\n"; cout<<"Masukkan angka pertama (a)= ";cin>>a; cout<<"Masukkan angka kedua (b)= ";cin>>b; c=float(a)/b; cout<<"\nHasilpembagian“ <<setprecision(3)<<c; getch();} setprecision (3)  tempat yang dipesan baik untuk nilai bulat maupun desimal adalah 3.

setprecision & setiosflags : #include <iostream.h> #include <conio.h> #include <iomanip.h> main() { int a,b; float c; cout<<"Contoh penggunaan / dan %\n\n"; cout<<"Masukkan angka pertama (a) = ";cin>>a; cout<<"Masukkan angka kedua (b) = ";cin>>b; c=float(a)/b; cout<<"\nHasil pembagian = “ <<setiosflags(ios::fixed)<<setprecision(2)<<c; getch();} setiosflags(ios::fixed) <<setprecision(2)  tempat yang dipesan untuk angka desimal saja.

Fungsi built-in matematik yang sering digunakan Fungsi-fungsi tersebut antara lain: Fungsi sqrt(x)  untuk mencari x. Fungsi pow(x,y)  digunakan untuk mencari xy Kedua fungsi tersebut harus menggunakan header file math.h

- sisimiring = sqrt((alas*alas)+(tinggi*tinggi)) Tugas !! Buatlah program untuk menghitung sisi miring dan keliling segitiga siku-siku dengan sisi tegak Mendatar merupakan input dari keyboard (diinpukkan user) Jawaban dalam bentuk : Algoritma Flowchart Pseudocode Rumus : - sisimiring = sqrt((alas*alas)+(tinggi*tinggi)) - keliling = alas+tinggi+sisimiring