Outline Awalnya dikembangkan oleh Borland dan umunya igunakan untuk paket perangkat lunak tingkat lanjut dengan kepustakaan yang lebih banyak dan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PROCEDURE Temu IX BANGHER.
Advertisements

PASCAL Pendahuluan.
Dasar Komputer & Pemrog 2 A minggu 5. PROCEDURE DAN FUNCTION Procedure dan Function adalah suatu program yang terpisah dalam blok sendiri Dan memiliki.
PROCEDURE  PROCEDURE   Prosedur diawali dengan kata cadangan Procedure di dalam bagian deklarasi prosedur. Prosedur dipanggil dan digunakan di dalam blok.
TIPE data Tipe data yang dikenal dalam bahasa pascal antara lain :
Konsep Dasar Bahasa Pascal
Pengenalan Bahasa Pemrograman Pascal
Praktikum pemprograman terstruktur1
PEMROGRAMAN PASCAL Sejarah Pascal Pascal merupakan pengembangan dari bahasa ALGOL 60, bahasa pemrograman untuk sains komputasi. Tahun 1960, beberapa ahli.
LINGKUNGAN TURBO PASCAL
Matakuliah : Algoritma & Struktur Data Versi Materi
RECORD.
VARIABEL DAN OPERATOR.
Chapter 3.2 : Tipe, Nama dan Nilai
INTRODUCTION TO PASCAL
Logika & Algoritma -- Pertemuan II: Variabel dan Operator Logika & Algoritma --
Dasar Komputer & Pemrog. 2A
PROSEDUR.
Basic Concept with Pascal
Procedure , Function dan Parameter
T I P E D A T A.
Algoritma (Struktur, Tipe Data, Input/Output)
Notasi Algoritma.
Tipe Data Universitas Muhammadiyah Malang Ganjil 2010 Oleh : Nur Hayatin, S.ST.
Tenia Wahyuningrum, SKom, MT. Deskripsi singkat Larik (array) adalah deretan rinci data yang mempunyai tipe sejenis. Setiap rinci data disebut dengan.
KOMENTAR Komentar dipakai untuk memberikan penjelasan atau keterangan di dalam baris program. Teks yang ditulis sebagai komentar tidak akan dikompilasi.
Algoritma Dan Pemrograman
Pengenalan Type Data Type data dapat dikelompokkan menjadi 2
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
M6. Prosedure Pada Pascal
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
Struktur Algoritma & Tipe Data
PENGGUNAAN TIPE DATA YANG EFEKTIF
Elemen Dasar Dalam C++.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
Tipe Data By Serdiwansyah N. A..
PERTEMUAN 2 Bambang Irawan.
Struktur Program Pascal
Dasar-Dasar Pemrograman
Algoritma dan Pemrograman 2A
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
MINGGU I ALGORITMA & PEMROGRAMAN II
Konsep Dasar Bahasa Pascal
LINGKUNGAN TURBO PASCAL
PENGGUNAAN TIPE DATA YANG EFEKTIF
Pseudocode – Tipe Data, Variabel, dan Operator
Algoritma dan Pemrograman
PEMROGRAMAN PASCAL ELEMEN PEMROGRAMAN PASCAL.
Pengenalan Type Data Type data dapat dikelompokkan menjadi 2
Tipe Data, Operator dan Ekspresi
ANALISIS LEKSIKAL (Scanner)
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
Tipe data & Variabel 1. Bahasa Pascal 2. Tipe data & Variabel
TIPE DATA DASAR C++.
STRUKTUR DATA ( Menjelaskan Mengenai Data & Struktur Data )
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
TIPE DATA.
DASAR PEMROGRAMAN File.
PENGGUNAAN TIPE DATA YANG EFEKTIF
Array (Larik)‏ Struktur Data 1 1.
Pengenalan Bahasa Pascal
Pemrograman Dasar I Putu Hendra Tresnadana. S.
Pemrogram 1 Agus Darmawan, S.kom.
Tipe data & Variabel 1. Bahasa Pascal 2. Tipe data & Variabel.
Chapter 3.2 : Tipe, Nama dan Nilai
PENGGUNAAN TIPE DATA YANG EFEKTIF
KOMENTAR Komentar dipakai untuk memberikan penjelasan atau keterangan di dalam baris program. Teks yang ditulis sebagai komentar tidak akan dikompilasi.
Tipe Data Struktur Ridwan, S.T., M.Eng. Pokok Pembahasan Bahan Kajian. Tipe Data Terstruktur Materi Tipe Data: 1.Definisi data, tipe data dan struktur.
KOMENTAR Komentar dipakai untuk memberikan penjelasan atau keterangan di dalam baris program. Teks yang ditulis sebagai komentar tidak akan dikompilasi.
SMK BINA INSAN Pemograman Dasar Operasi Aritmatika Dan Logika Yobi Saputra 22.
Transcript presentasi:

Outline

Awalnya dikembangkan oleh Borland dan umunya igunakan untuk paket perangkat lunak tingkat lanjut dengan kepustakaan yang lebih banyak dan pustaka kode sumber standar Telah dikembangkan 3 buah versi, yaitu: 1.0, 3.02, dan 5.5 yang berjalan pada sistem operasi MS-DOS

Outline

1.Bagian judul program 2.Bagian Deklarasi 3.Deklarasi tipe data (TYPE) 4.Deklarasi variabel (VAR) 5.Deklarasi konstanta (CONST) 6.Deklarasi label (LABEL) 7.Deklarasi sub-program (PROCEDURE dan FUNCTION)

 Mendapatkan data dengan membaca  Menyimpan data ke dalam memori  Memproses data dengan instruksi yang tepat  Menyajikan atau mengirimkan hasil olahan data ke default output.

Program Nama Program (fileList); CONTS (*Deklarasi konstanta*) TYPE (*Deklarasi Variabel*) (*Deklarasi SubProgram*) Begin (*Statemen*) END.

1.UNIT System 2.UNIT Crt 3.UNIT Printer 4.UNIT Dos 5.UNIT Graph 6.UNIT Turbo3 7.UNIT Graph3

Outline

1. UNIT System Merupakan sebuah rutime Turbo Pascal yang mendukung semua proses yang di butuhkan pada waktu rutime program. 2. UNIT CRT Unit ini di gunakan untuk keperluan program dalam manipulasi layar. 3. UNIT PRINTER Unit ini di gunakan dalam progran yang berhubungan dengan printer. 4. UNIT DOS Unit ini di gunakan bila akan mengaktifkan prosedur-prosedur yang ada dalam DOS. 5. UNIT Graph Unit ini di gunakan untuk menampilkan grafik, seperti tabel dan chart statistik.

6. UNIT Turbo3 Unit ini di gunakan pada pascal 3.0 sedangkan untuk Pascal versi 4.0 ke atas unit ini sudah tidak di gunakan lagi. 7.UNIT GRAPTH3 Unit ini di gunakan untuk mengkonversi grafis yang di buat oleh pascal versi 3.0 agar dapat di gunakan oleh pascal versi 4.0 ke atas.

Outline

Parametel lokal Parameter lokal adalah parameter yang terdapat dalam suatu model program hanya dapat di gunakan pada modul atau unit program yang bersangkutan saja sehingga tidak dapat di gunakan pada modul atau unit program lain. Contoh Penggunaan Parameter Lokal: View source print? 01. Procedur Kali; 02. Var 03. A, B : Byte ; 04. Begin 05. Write (‘isi nilainya :’); Readln (A); 06. B := A * A; 07. End; 08. {Program utama} 09. Begin 10. Kali; 11. Writeln (‘nilai B =‘, B); 12. End.

Parameter Global Parameter global kebalikan dari parameter lokal. Agar nilainya dapat di gunakan untuk beberapa atau semua modul program maka nilai tersebut harus di deklarasikan di atas modul yang akan menggunakannya. Contoh penggunaan Parameter Global View source Print? 01.Var 02.A, B : Byte; 03.Procedure Kali; 04.Begin 05.Write ('Isi nilainya : '); Readln (A); 06.B := A * A; 07.End; 08.{Program Utama} 09.Begin 10.Kali; 11.Writeln ('Nilai B = ', B); 12.End.

Outline

Untuk memberikan penjelasan (komentar) pada bagian-bagian tertentupada program, gunakan tanda kurung kurawal {komentar} atau(*komentar*)

Outline

Identifier yang berisi data yang dapat berubah-ubah nilainya di dalam program Deklarasi Variable adalah : a. Memberikan nama variabel sebagai identitas pengenal b. Menentukan tipe data variabel Contoh deklarasi variabel: var X : integer; R : real; C : char; T : boolean;

Outline

Identifier yang berisi data yang nilainya tidak berubah di dalam program Deklarasi Konstanta adalah: a. Memberikan nama konstanta sebagai identitas pengenal b. Menentukan nilai konstanta Contoh deklarasi konstanta: conts MaxSize = 100; {integer} ExitC = ‘Q’; {char}

Dalam pemrograman Turbo Pascal dikenal 2 macam konstanta yaitu : 1.Konstanta Tak Bertipe Suatu konstanta yang nilainya tertentu dan tipenya tidak secara jelas disebutkan 2.Konstanta Bertipe Suatu konstanta yang selain ditunjukkan nilainya juga dinyatakan tipe datanya.

Outline

Sejarah SingkatStruktur Program dalam Bahasa Pascal Unit Parameter ProgramKomentar Program Variable Konstanta Tipe Data

Setiap data memiliki tipe data, apakah merupakan angka bulat ( integer ), angka biasa ( real ), atau berupa karakter ( char ), dan sebagainya. Ada 2 kategori dari tipe data yaitu: 1. Tipe dasar dibagi menjadi 4 : -Bilangan bulat ( integer ) -Bilangan biasa ( real ) -Bilangan tetap ( const ) -Karakter ( character ) -Logik ( logikal ) 2. Tipe bentukan dibagi menjadi 3 : -Array ( larik ) -String -Record ( rekaman )

1.Tipe Dasar Bilangan Bulat (integer) o Bilangan atau angka yang tidak memiliki titik desimal atau pecahan, seperti 10, +225, -10,+25. o Tipe dituliskan sebagai integer atau int. Bilangan Biasa (real) o Bilangan atau angka yang bisa memiliki titik desimal atau pecahan, dan ditulis sebagai : , , atau dalam notasi ilmiah seperti : 1.245E+03, 7.45E-02, dsb. o Tipe dituliskan sebagai : real Bilangan Tetap (const) o Bilangan tetap ( const ) adalah tipe bilangan, tidak bernilai bulat maupun tidak, yang nilainya tidak berubah selama algoritma dilaksanakana. o Tipe dituliskan sebagai const.

Karakret (character) o Karakter adalah data tunggal yang mewakili semua huruf, simbol baca, dan juga simbol angka yang tidak dapat dioprasikan secara matematis, misalnya: ’A’, ’B’,.....,’Z’, ’?’,’!’, dst. o Tipe dituliskan sebagai char. Logik (logikal) o Tipe data logik adalah tipe data yang dipergunakan untuk memberi nilai pada hasil pembandingan, atau kombinasi pembandingan.

2. Tipe Bentukan Array (larik) o Array adalah tipe data bentukan, yang merupakan wadah untuk menampung beberapa nilai data yang sejenis. Kumpulan bilangan bulat adalah array integer, kumpulan bilangan tidak bulat adalah array real. String o String adalah tipe data bentukan yang merupakan deretan karakter yang membentuk satu kata atau satu kalimat, yang biasanya diapit oleh dua tanda kutip. Record (rekaman) o Record adalah tipe data bentukan yang merupakan wadah untuk menampung elemen data yang tipenya tidak perlu sama dengan tujuan mewakili satu jenis objek.