INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER pertemuan 1 SAP (Satuan Ajar Perkuliahan) Author: LINDA NORHAN, ST.
- Pemodelan Sistem Pengolahan. Minggu TIU TIK Topik Sub Topik I mahasiswa akan memperoleh pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep yang melandasi Interaksi Manusia dan Komputer Gambaran umum IMK - Pengantar IMK II (1) memahami implikasi penglihatan (2) pengaruh frekuensi pendengaran (3)sensitifitas sentuhan dan (4) memahami model sistem pengolahan. Faktor Manusia Penglihatan Pendengaran Sentuhan - Pemodelan Sistem Pengolahan. III (1) memahami karakteristik manusia dalam berinteraksi (2) meningkatkan efisiensi dan efektifvitas performansi user. User Frofile -The Human information processing system -The User’s Psychology characteristic -The User’s Knowledge & experience -The User’s Job & Tasks -The User’s Physical characteristic -The User’s Physical environment -The User’s Tool.
Minggu TIU TIK Topik Sub Topik IV mahasiswa akan memperoleh pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep yang melandasi Interaksi Manusia dan Komputer (1)Mengorganisasikan berbagai teknik dialog. (2) memahami macam-macam basis perintah dan bahasa antarmuka dialog. Ragam Dialog - Ragam Dialog Interaktif - Dialog Berbasis Perintah Tunggal - Dialog Berbasis Bahasa Pemograman - Antar Muka Berbasis Bahasa Alami - Sistem Menu - Dialog Berbasis Pengisian Borang - Antarmuka Berbasis Ikon - Sistem Penjendelaan - Manipulasi Langsung - Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis. V memahami cara pendekatan, prinsip dan petunjuk perancangan Perancangan Tampilan - Cara Pendekatan - Prinsip dan Petunjuk Perancangan - Peranti Bantu Sederhana - Jaring Semantik Tampilan. VI memahami pengaruh aktifitas lingkungan fisik Aspek Ergonomik - Pengukuran Dan Antropometrik - Aspek Ergonomik Dari Stasiun Kerja - Pencahayaan - Suhu dan Kualitas Udara - Gangguan Suara - Kesehatan dan keamanan kerja - Kebiasaan dalam bekerja.
Minggu TIU TIK Topik Sub Topik VII QUIZ VIII UTS IX mahasiswa akan memperoleh pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep yang melandasi Interaksi Manusia dan Komputer memahami cara kerja&menggunakan komponen dasar antarmuka grafis Pembuatan komponen Antarmuka - Komponen antarmuka grafis - Unit Instalasi Mode Grafik - Tombol Tekan - Spin Box - List Box - Combo Box - Tombol Radio - Check Box - Penggeser - Medan isian data - Label Box X memahami sistem penjendelaan statis dan dinamis& membuat sistem penjendelaan yang baik. Sistem penjendelaan - Pengertian Jendela Dinamis - Bentuk kursor Mouse - Contoh Program
Minggu TIU TIK Topik Sub Topik XI mahasiswa akan memperoleh pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep yang melandasi Interaksi Manusia dan Komputer (1) Mahasiswa lebih memahami teknik perancangan dan (2) membuat design dan screen layout yang baik. Screen Layout and Design - General layout - Text - Numbers - Coding techniques - Color XII Mahasiswa lebih memahami kebergunaan dalam interaksi Kebergunaan -Kesalahan Klasik -Kepuasaan berinteraksi -Definisi kebergunaan -Uji kebergunaan -Beberapa Uji kebergunaan XIII Quiz XIV UAS