Ilmu dan Seni Pemrograman Komputer The Science and Art of Computer Programming Budi Rahardjo September 2004.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Memahami etimologi multimedia
Advertisements

Teknologi Informasi dan Komputasi Multimedia
Materi 7 IMPLEMENTASI TIK
Desain Grafis Untuk Semua Orang
Arsitektur Komputer “Pengenalan Arsitektur Komputer ”
Pengantar Teknologi Informasi
Budi Rahardjo PPAU Mikroelektronika ITB
Menggunakan Perangkat Lunak Beberapa Program Aplikasi
Teknologi Informasi Multimedia
Algoritma (Komputer) EL 2001 – Dasar Pemrograman Budi Rahardjo Teknik Elektro ITB
Komputer dan Pendidikan
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 4 SKS
MEMAHAMI ETIMOLOGI MULTIMEDIA
Pemrograman Komputer Computer Programming
Memahami etimologi multimedia
SIDANG PENULISAN TUGAS AKHIR Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Ilmu Astronomi Berbasiskan Komputer Cerdas dan Interaktif Menggunakan Python dan.
Modul TKJ Kurikulum 2013 SMK Darut Taqwa
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
Algoritma (Komputer).
MENGGUNAKAN IMPLEMENTASI for further detail, please visit
1 Pertemuan 12 Embedded System Matakuliah: H0182/Pemrograman Sistem Tahun: 2006 Versi: 01.
19 Januari 2011 Grafika komputer.
Komputer dan Masyarakat
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
Bahasa Pemrograman dasar
Pengantar Komputer Grafik
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Enginer)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
APLIKASI GRAFIKA KOMPUTER
Fakultas Teknologi Industri JurusanTeknik Informatika
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
Oleh : Dewi Sartika, M.Kom
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI C
Dasar Komputer dan Internet
KALIMAT KEILMUAN Gramatikal Contoh:
Yudha Arif Darmawan Kesekretariatan
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Aplikasi Multimedia Untuk Keunggulan Bersaing
KOMPUTER ADA DIMANA-MANA
Sri Anardani, S.Kom STT Dharma Iswara
GRAFIKA KOMPUTER Part 2.
GRAFIKA KOMPUTER PENDAHULUAN
MULTIMEDIA Loading … masuk keluar.
Grafika komputer 29 Mei 2012.
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
SEKOLAH TINGGI ILMU KOMPUTER CIPTA KARYA INFORMATIKA
loading... THE NEW MEDIA Create by: Anhar Rosyadi Arie Dwijayanto
KOMPUTER GRAFIK unindra
Grafika komputer 1.
Karaoke カラオケ.
EL 2001 – Dasar Pemrograman Budi Rahardjo Teknik Elektro ITB
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
HAKI DAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pengantar Teknologi Informasi
Pengantar Pemrograman
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1)
Desain web Good vs bad Dimas wahyu utomo
Android Multimedia Anggota kelompok: Kukuh Prasetyo Adhi ( )
Teknologi Informasi Teknologi Informasi  Teknologi Komputer dan
Pemanfaatan Teknologi Informasi
PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA PRESENTASI
TEKNIK KOMPILASI Pertemuan III.
Pengantar Pemrograman
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI GAME BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA 3-7 TAHUN BERBASIS FLASH MULTIMEDIA DI TK BINDA ASUH NANDA Maya Andriati PROGRAM.
Memahami etimologi multimedia
Pengantar Pemrograman
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
Transcript presentasi:

Ilmu dan Seni Pemrograman Komputer The Science and Art of Computer Programming Budi Rahardjo September 2004

Mengapa Ilmu dan Seni? Pada mulanya belum ada ilmu pemrograman komputer, hanya seni Lama kelamaan muncul dasar ilmunya (yang bermuara di matematik) Namun kemudian orang lupa aspek seni dari pemrograman

Aplikasi Pemrograman Aplikasi umum: –Perkantoran (office), toko Embedded System: –handphone, tool / controller di pabrik / mobil / pesawat Entertainment: –games, musik (midi, mp3, computer music), animasi, rendering, film, video Aplikasi khusus: –kedokteran, visualisasi data, penelitian

Belajar Pemrograman Melalui Games Game Maker Corewars Ant wars ICFP contest: php …

Seni Berbentuk Source Code Source code selain bisa dirakit menjadi program juga merupakan karya seni –Enak dibaca –Algoritma (trik, optimasi) yang digunakan juga sering kali menarik –Kadang-kadang ada guyonan (joke) dalam source code –Source code yang buruk sukar dimengerti dan membuat sakit mata