FEBRIANA BUDHI PALUPI, 2502406002 BENTUK PERTUNJUKAN DAN MAKNA SIMBOLIS KESENIAN BABALU DI KABUPATEN BATANG.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ZULIATI, BENTUK EKSPRESI MUSIKAL GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI 01 PATI.
Advertisements

YUNITA DWI ARYANI, Pelaksanaan Tugas Kepolisian dalam Penanganan Unjuk Rasa di Wilayah Hukum Polres Kudus.
WIYONO, Pertunjukan Tayub dalam Tradisi Saparan di Desa Tegalrejo Kota Salatiga.
DHOYS MARYANTIKO, J-PLUS BAND DI TV BOROBUDUR SEMARANG KAJIAN TENTANG ARANSEMEN MUSIKNYA.
OKTAFIANITA, Analisis Semiotik: Citra Estetis Desain Kemasan Rokok Djarum Black Produksi PT. Djarum.
C.SRI HENDARSIH RAHAYUNINGTYAS, PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SUB MATERI SENI MUSIK DI SMA KRISTEN YSKI SEMARANG.
RIFKI MARFIAN, Fungsi Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus.
APRILIANDINI RAHMAWATI, Proses Produksi Acara Musik Keroncong di TV Borobudur Semarang.
KUKUH PRIBADI, Bentuk dan Fungsi Pertunjukan Al Barzanji Bithing di Desa Pengalusan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga.
Y. HERU ISTIYADI, Bentuk Penyajian Orkes Keroncong Bhakti di Kelurahan Jampiroso Kabupaten Temanggung.
ADE ANDRIANI, Tari Aplang di Sanggar Seruling Mas Banjarnegara: Tinjauan Gaya Tari.
DIAH AYUNANI, Implikasi Hukum Pertanggungjawaban Publik Kepala Daerah Pasca Berlakunya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan.
AHMAD PRIYATNO, PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN KOPERASI DALAM KEBERHASILAN USAHA KUD RUKUN TANI CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS.
M U K S A N, Efektifitas Pengelolaan Arsip Di Kantor Kecamatan Gunungpati, Semarang.
KARTIKA CANDRA DEWI, IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS TERPADU BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI SE- KECAMATAN TAYU.
TRI VIANI, Profil Tari Dolalak di Sanggar Tari Prigel Kabupaten Purworejo.
ARIYANA TRI WAHYUNI, BENTUK DAN FUNGSI PENAMPILAN PATHOL SARANG DI DESA TEMPERAK KECAMATAN SARANG, KABUPATEN REMBANG.
TYAS PURBASARI, Kajian Aspek Teknis, Estetis, dan Simbolis Warna Wayang Kulit Karya Perajin Wayang Desa Tunahan Kabupaten Jepara.
SAINAH, Tokoh dan Fungsi Punakawan dalam Pertunjukan Wayang Orang Ngesti Pandawa di Semarang.
TAWAR INDARWANTO, Tinjauan Tema, Amanat, Fungsi Ekspresif Referensial dan Puitik dalam Kumpulan Puisi Le feu de joie Karya Louis Aragon.
VICKY DITA JAYA, Pembuatan Style Dangdut pada Keyboard Korg PA-Series oleh Yuni Hawari Umnia di Semarang.
GANANG EKAYANTO, Bentuk Pertunjukan Pakeliran Kolor Goyang di desa Kalijoyo Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan.
DHITA YULIA NAWATI, LINGKUNGAN PENDIDIKAN DAN AKTIVITAS BELAJAR YANG MENDUKUNG PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi di SMA Negeri 1 Bawang Banjarnegara)
KURNIA AGUSTINI, Komposisi dan Nilai Estetis Tari Bambangan Cakil Gaya Didik Bambang Wahyudi ISI Surakarta.
INTI ARI, Distribusi Ranah Kognitif dalam Langkah-langkah Pembelajaran pada RPP Bahasa Jawa VII di SMP Islam Ngadirejo Kabupaten Temanggung.
HABIB THOYEB, KENDALA GURU DALAM MENGAJARKAN MATERI SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA PADA SMP N 1 BATANG.
ASTUTIK, Kesesuaian Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Indikator (RPP) Pada Aspek Membaca Huruf Jawa Kelas VIII SMP Negeri Se- Kecamatan Batang.
AINUN NAJIB, Motivasi Klub-Klub Sepak Bola Devisi 1 Pengurus cabang (pengcab) PSSI Kabupaten Batang untuk Mengikuti Kompetisi.
ERFA MEIYANI, Pelaksanaan Pendaftaran Peralihan Hak Milik Atas Tanah dengan Cara Jual Beli di Kantor Pertanahan Kabupaten Kudus.
AGUNG PROBO GURITNA, Pembagian Fungsi Alat Musik Tiup Pada Kelompok Marching Band Gita Surya Kencana.
WISMA NIATI PERMATASARI, Karya-karya Lagu Keroncong Asli Ciptaan Kelly Puspita (Kajian Estetika Musik)
YOFI SULISTIYO, Pembelajaran Gitar Elektrik di Lilys Music School Semarang.
ARIS SUNARDI, Pembelajaran Ansambel Musik di SMP Negeri I Cilacap.
ARISKA KUSUMA WARDANI, Ujungan Sebagai Sarana Upacara MInta Hujan di Desa Gumelem Kulon Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara.
DIAH PUTRIANA ARIFANI, Peranan BKM dalam Menumbuhkan Kemandirian Masyarakat di Bidang Pembangunan Fisik Melalui P2KP di Desa Sriwulan Kecamatan.
ENDANG KUNCAHYOWATI, Bentuk Penyajian Kuda Lumping di Desa Donorojo Kecamatan Secang Kabupaten Magelang.
SUJATMI, Tari Prajuritan di Desa Banyubiru Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang.
INDRI JATININGTYAS, Kesesuaian Evaluasi Dengan Indikator dalam RPP pada Aspek Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Jawa di SMK N 1 Sale Tahun Ajaran.
NANIEK RUSTYANI, Pelaksanaan Pembelajaran Rekorder pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Brangsong Kendal.
ALI SUBKHI, Peningkatan Hasil Belajar Kelistrikan Otomotif dengan Menggunakan Alat Peraga Sistem Pengapian Konvensional pada Mahasiswa D3 Teknik.
ISTI RONDIYAH, Kesadaran Masyarakat dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (Studi Kasus di Desa Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang.
ANDRI KURNIAWAN, ANALISIS PEMBEBANAN UNSUR- UNSUR HARGA POKOK PRODUKSI INDUSTRI KAROSERI BERDASARKAN PESANAN PADA PT. CAHAYA AVENA MAGELANG.
WIDDHI BAGUS PANGESTI, Peranan Padepokan Seni Murni Asih terhadap Kelompok Musikalisasi Puisi yang Berkembang di Kota Kudus.
DEDDY DWI WIJAYA, Struktur Cerita Misteri Alaming Lelembut pada Majalah Jawa Panjebar Semangat Tahun 2010.
KHORIDATUL MAULA, KESANTUNAN BERBAHASA DALAM WACANA SMS PEMBACA PADA KOLOM SUARA WARGA DI HARIAN KOMPAS.
PURNO PADMONOBO, SURVAI MANAJEMEN KLUB RENANG DE ZANDER KABUPATEN PURBALINGGA PADA TAHUN 2007/2008.
RATIH FAJARWATI, PENGEMBANGAN MEDIA VCD PEMENTASAN DRAMA SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN MENGAPRESIASI PEMENTASAN DRAMA UNTUK SISWA SMP.
ZAINI HASAN, Manajemen Grup Musik Slank Dalam Industri Musik di Jakarta.
YUDIS TRIANGGA BAYU SACITA, MANAJEMEN GRUP MUSIK REFRESH DI SEMARANG.
DESI DWI PURNAMASARI, Variasi Menutup Pelajaran Bahasa Jawa Kelas XI SMA Negeri Se- Kabupaten Banjarnegara.
FAIRUZ, Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampaun Praktek Vokal Ibu-Ibu PKK RW V Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota.
WAHYU JENNY MUSTIKASARI, PROSEDUR PENGALIHAN FUNGSI TANAH PERTANIAN KE NON PERTANIAN DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN KEBUMEN.
RISTIYA DWI ANGGRAENI, Variasi Soal Evaluasi Aspek Mendengarkan Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas VII SMP Negeri Se-
LESA PARANTI, Pembelajaran Seni Berbasis Masyarakat di Objek Wisata YOSS Traditional Center Dusun Suruhan Desa Keji Kecamatan Ungaran Barat.
GILANG RAHMA PUTRA, Perlindungan Hukum Bagi Pekerja Malam Hari Dalam Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PT. Waroeng Batok Industry Kabupaten.
ZAKARIA ADHITIKA, Bentuk Pertunjukan Circle Jazz Band di Baviere Spot Cafe Kota Semarang: Kajian Musikologis.
RANI MELINDA ADITAMA, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA MELALUI MEDIA AUDIO DENGAN TEKNIK LEARNING AND MAKING NOTE PADA SISWA KELAS VII.
DEWI KARTIKASARI, SISTEM AKUNTANSI PENGGAJIAN PEGAWAI PADA RUMAH SAKIT ISLAM MUHAMMADIYAH KENDAL.
ARIF PUJIONO, Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Antara Pekerja dan Pengusaha di PT. Sai Apparel Industries Semarang.
DIAN WARSITANINGRUM, Pembelajaran Menggambar di TK
NOVIA DWI TRANWATI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA ANGKA SISWA KELAS X SMA DIAN KARTIKA.
PRAJA WAHYU SETIYOKO, Produktivitas Kerja Sound Engineer Dalam Proses Recording di Pro Studio Recording Musik Pekalongan.
INSAN PERAN ARINTANG, Manajemen Produksi Kelompok Musik Radikal Corps di Semarang: Kajian Karya Musiknya.
Identitas Mahasiswa - NAMA : YUSTI DIAH KURNIAWATI - NIM : PRODI : Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik - JURUSAN : Seni Drama, Tari,
Identitas Mahasiswa - NAMA : ADJI PRABOWO - NIM : PRODI : Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Pendidikan Seni Musik) - JURUSAN : Seni.
REISTY MIKASARI, PEMBELAJARAN TARI KODHOK NGOREK DENGAN METODE DONGENG DI TK TIARA KECAMATAN MIJEN SEMARANG.
HERLAN PRADIPTA, Aplikasi Metode Pembelajaran Lagu Daerah Jawa Tengah di SMP Negeri se Kota Semarang.
KUNTARININGSIH, Bentuk Penyajian Seni Tari Kendalen Wirayuda desa Jetak Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang.
HERLIN AGUSTINA, Pembelajaran Piano di Iwan Musik Course Semarang
AGUNG TRIYADI, Apresiasi Mahasiswa Sendratasik (Seni Musik) Terhadap Musik Rock dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.
Transcript presentasi:

FEBRIANA BUDHI PALUPI, BENTUK PERTUNJUKAN DAN MAKNA SIMBOLIS KESENIAN BABALU DI KABUPATEN BATANG

Identitas Mahasiswa - NAMA : FEBRIANA BUDHI PALUPI - NIM : PRODI : Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Pendidikan Seni Tari) - JURUSAN : Seni Drama, Tari, dan Musik - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - FEBRIANA pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Indriyanto, M.Hum - PEMBIMBING 2 : Drs Bintang H.P. M, Hum - TGL UJIAN :

Judul BENTUK PERTUNJUKAN DAN MAKNA SIMBOLIS KESENIAN BABALU DI KABUPATEN BATANG

Abstrak Babalu digunakan sebagai alat untuk menyerang para penjajah tanpa harus bercucuran darah, dibawakan oleh penari gadis yang dirias sebagai prajurit untuk menghibur para penjajah supaya lenggah dan disuguhi minuman. Para penari memberikan kode atau simbol yang sudah disepakati agar para pejuang dengan mudah menyerang penjajah. Kesenian Babalu memiliki keunikan tersendiri apabila dibandingkan dengan jenis kesenian yang lainnya. Keunikan tersebut adalah pada bentuk pertunjukan kesenian babalu yaitu selalu membunyikan peluit sebagai tanda awal dan akhir pertunjukan, selain bentuk pertunjukan juga terdapat makna simbolis yang ada pada kesenian babalu berupa gerak, iringan dan tata busana. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk pertunjukan kesenian Babalu (2) Apakah makna simbolis dalam bentuk pertujukan kesenian Babalu;. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah; (1) Mengetahui dan mendiskripsikan bentuk pertunjukan kesenian Babalu. (2) Mengetahui makna simbolis kesenian Babalu. Manfaat penelitian ini adalah (1) Sebagai bahan referensi bagi pembaca dan bagi peneliti 2) Bermanfaat untuk memberikan informasi kepada masyarakat Batang agar melestarikan Babalu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnokoreologi, sedangkan pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan Triangulasi. Analisis data terdiri dari mengenali dan mendeskripsikan data, memahami hubungan antar komponen dan melakukan interpretasi. Hasil penelitian yang didapat berupa bentuk pertunjukan dan makna simbolis. Bentuk pertunjukan kesenian Babalu berupa deskripsi pertunjukan tari babalu dari awal pementasan sampai akhir pementasan, aspek-aspek pertunjukan meliputi gerak tari, deskripsi gerak tari, unsur gerak meliputi unsur gerak kepala, tangan, badan, kaki, gerak tari babalu dalam prespektif tenaga, ruang dan waktu, tata busana meliputi pakaian kupluk berkuncir, kaca mata, slempang, baju lengan panjang, sabuk, rapek, celana tiga perempat, kaos kaki, tata rias meliputi bentuk alis, eye shadow, pemerah pipi / blaswh on, bayangan hidup, lipstick. Makna simbolis Babalu di Kabupaten Batang yaitu gerak, musik dan tata busana. Saran bagi peneliti diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang bentuk pertunjukan dan makna simbolis dari berbagai sudut pandang. Bagi masyarkat Batang diharapkan dapat memahami bentuk pertunjukan dan makna simbolis kesenian babalu agar generasi muda dapat menikmati kesenian babalu tidak asal menonton saja melainkan mengerti dan memahami bentuk pertunjukan dan makna simbolis kesenian babalu. Bagi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan terus memperkenalkan dan mensosialisasikan Bentuk Pertunjukan Dan Makna Simbolis Kesenian Babalu supaya bentuk dan makna simbolis kesenian Babalu tetap terjaga keasliannya.

Kata Kunci Makna Simbolis Kesenian Babalu, Kabupaten Batang, Seni Tari

Referensi DAFTAR PUSTAKA Arikunto, S Prosedur Penelitian. Jakarta : PT. Bina Aksara. Bastomi, S Apresiasi Kesenian Tradisional. Semarang : IKIP Semarang. Indriyanto Lengger Banyumasan : Komtinuitas dan Perubahan. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Gajag Mada Yogyakarta Paparan Mata Kuliah Analisis Tari. Diklat Jurusan Seni Drama Tari dan Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Tidak Diterbitkan Paparan Mata Kuliah Musik Tari. Diklat Jurusan Seni Drama Tari dan Maman Rahman Metode Penelitian Pendidikan. Semarang : IKIP Semarang Press. Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Tidak Diterbitkan. Jazuli, M Telaah Teoritas Seni Tari. Semarang : IKIP Semarang Press Metode Penelitian Kualitatif. Semarang : Jurusan Sendratasik Universitas Negeri Semarang Paparan Mata Kuliah Teori Kebudayaan. Diklat Jurusan Seni Drama Tari dan Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Tidak Diterbitkan Paradigm Seni Pertunjukan. Yogyakarta : Lentera. Moleong, J. Lexy Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rusda Karya. Depdikbud Kamus Istilah Antropologi. Jakarta : Pustaka Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Depdikbud. Herusatoto, B Simbolisme dalam Budaya Jawa. Yogyakarta : PT Hanindita. Sedyawati, Edi Pertumbuhan Seni Pertunjukan. Jakarta : Sinar Harapan Tari Tinjauan dari Berbagai Segi. Jakarta : PT Dunia Pustaka Jaya. Bastomi, S Apresiasi Kesenian Tradisional. Semarang : IKIP Semarang Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya. Murgiyanto, Sal KRITIK TARI Bekal dan Kemampuan Dasar. Jakarta : Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia. Shadily, Hasan Ensiklopedia Indonesia. Jakarta : Lethiar Abnuyan Have. Triyanto Seni sebagai Sistem Budaya : Bahasa Teoritas dalam Seni Tradisional. Media FPBS No. 1 Tahun XVII. Semarang IKIP Semarang.

Terima Kasih