Latihan UTS /Quizz Kompetensi Malam – IX307 Selasa, 28 September 2010.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Modul 5: Constructor, Overloading, inheritance, Polymorphism
Advertisements

Polymorphism Suatu fungsi anggota dari suatu class dapat dijadikan sebagai fungsi virtual Jika fungsi ini dideklarasikan kembali pada class turunan dan.
Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
POLIMORFISME Imam Fahrur Rozi 01.
Abstract Class & Interface
Modul 1- Review Java.
Overriding, Overloading, Polymorphism
INHERITANCE.
Inheritance Ery Setiyawan Jullev A.
ABSTRACT CLASS & INTERFACE
Inheritance (Pewarisan)
POLIMORFISM Ery Setiyawan Jullev A.
Overriding, Overloading, Polymorphism
Advanced Class Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
Praktikum 8 Pemrograman Berbasis Obyek
Polymorpism.
Encapsulation, Inheritance, polymorphism, dan interface
INHERITANCE, POLYMORPHISM, DAN INTERFACE
Pemrograman Berorientasi Objek
Inheritance (Pewarisan)
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
Class, Inheritance, Encapsulation & Interface
Pertemuan : Object Oriented Programming
Pemrograman Java Lanjut
Inheritance Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 4 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Inheritance, polymorphism, dan interface
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)
Advanced Class Features 2
INHERITANCE (Oleh : Nur Hayatin, S.ST)
MATERI IV OOP (Object Oriented Programming) Chapter II.
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
Polymorphism Pertemuan 9 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Latihan UTS Kompetensi Malam – IX307 Selasa, 2 Oktober 2010.
POLYMORPHISM, ABSTRACT CLASS DAN INTERFACE
Praktikum Class Abstract dan Interface
Access Modifier.
Inheritance dan Kata Kunci static
Pemograman Berorientasi Objek
Outline: Pewarisan/Inheritance Polymorphism
POLYMORPHISM, ABSTRACT CLASS DAN INTERFACE
@kovazzevic | SMKN 24 Jakarta
Inheritance Pertemuan 8
Pewarisan Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
Outline: Abstract Class Interface Boxing dan Unboxing
ARRAY & STRING LATIHAN.
Pemrograman Berorientasi Objek
Object Oriented Programming
Matakuliah : M0864/Programming I
Exception Handling, Package, Abstract Class & Interface
Inheritance.
Inheritance (Turunan)
INHERITANCE SUSSI.
Pilar Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Object
Subclassing and Inheritance
Algoritma dan Struktur Data
Pilar Object Oriented Programming
Polimorphism Dosen Pengampu : Nur Iksan.
Constructor, Overloading, inheritance, Polymorphism
Method Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom.
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Pemrograman Berorientasi Objek
TEORI DAN KONSEP PEMROGRAMAN BERBASIS OBJECT (OOP)
@kovazzevic | SMKN 24 Jakarta
Pertemuan 5 Inheritance
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Pertemuan 7 Inheritance (lanjutan)
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Latihan UTS /Quizz Kompetensi Malam – IX307 Selasa, 28 September 2010

Soal No.1 Array & String (1) Buatlah sebuah kelas diberi nama BilanganRomawi yang berisi sebuah method konversi(String angkaRomawi) yang berfungsi untuk mengkonversi bilangan romawi menjadi angka desimal. Buatlah kelas TestBilanganRomawi yang akan menerima masukan bilangan romawi dari user dan mengkonversi masukan tersebut ke angka desimal.

Soal No.1 Array & String (2) Contoh output dari program: Masukan sebuah bilangan romawi dari I-M: XCIII Hasil Konversi Bilangan Romawi : 93 Jika tidak dapat dikonversikan tampilkan: “ tidak dapat dikonversikan” Catatan bilangan romawi Bilangan Romawi: I = 1, V = 5, X = 10, L = 50, C = 100, D = 500, M= 1000 IV=4, IX = 9, 40 =XL, 90 = XC, 400 = CD, 900 = CM

Soal No.2 Inheritance-Overiding (1)

Soal No.2 Inheritance-Overiding(2) Buatlah 3 buah kelas seperti class diagram di atas dimana masing-masing kelas memiliki default constructor dan 1 user-defined constructor untuk melakukan setting attributenya. Untuk subclass gunakan keyword super untuk mengisi attribute superclass-nya pada setiap constructor yang dibuat. Kemudian override method eat (makan) dan reproduce (reproduksi) yang berisi menampilkan apa yang mereka makan dan bagaimana mereka bereproduksi

Soal No.2 Inheritance-Overiding(3) Method showInfo, menampilkan semua nilai dari attribute dari masing class-class tersebut. Method calculateCost pada kelas animal menghitung biaya yang diperlukan untuk 1 ekor animal yaitu dengan rumus: numberOfKgFoodNeeded * pricePerKgFood Buatlah kelas TestAnimal yang memiliki []Animal yang member dari arraynya beranggotakan 1 object Chicken dan dan 1 buah object Cow. Untuk masing-masing animal, jalankan method eat, reproduce, calculateCost dan showInfo

Soal No 3. Polymorphism(1) Lanjutkan Soal No.3 dengan membuat satu kelas baru yaitu Farm seperti berikut

Soal No 3. Polymorphism(2) calculateRevenuePerAnimal akan menghitung pendapatan yang diperoleh untuk suatu jenis ternak/animal yaitu dengan menggunakan rumus: 2*CostPerAnimal calculateRevenuePerAnimal akan mengeset nilai dari attribute costPerAnimal dan revenuePerAnimal calculateMinimalNumberOfAnimal akan menghitung minimal Animal yang diperlukan berdasarkan profit yang diharapkan.

Soal No 3. Polymorphism(3) Method calculateMinimalNumberOfAnimal akan mengeset nilai dari attribute minimalNumberOfAnimal. Method showInfo akan menampilkan semua attribute yang telah diset. Buatlah kelas TestFarm untuk menampilkan menjalakan method showInfo setelah melakukan perhitungan cost, revenue, dan minimal jumlah ternak yang diperlukan dengan menerima masukan dari user yaitu: Jenis Animal (pake Option atau huruf tertentu) dan profit yang diharapkan.