Evolusi Sistem Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Advertisements

Pengantar komputer dan ilmu komputer
PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A Minggu ke 2. PENGENALAN KOMPUTER * Sejarah singkat komputer Computer berasal dari kata kerja to compute, yang berarti menghitung.
IT Pengantar komputer 1 & Praktikum** 2-SKS Sejarah Komputer.
PENGENALAN KOMPUTER.
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER Semangat Memperhatikan
Ciri-ciri Perkembangan Komputer dari Setiap Generasi
Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
1. Ciri Komputer Generasi Pertama
ASISTEN PTI 2011 Perkembangan Komputer. PERANGKAT LUNAK Perangkat Lunak Sistem Contoh: DOS, Windows, OS/2, dan UNIX Perangkat Lunak Aplikasi Contoh: Microsoft.
Peng. Organisasi & Arsitektur Komputer
Pengantar Teknologi Informasi 1A
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
SEJARAH KOMPUTER ABACUS awal mula mesin komputasi.
PERKEMBANGAN BAHASA KOMPUTER
PERTEMUAN KEDUA PENGENALAN KOMPUTER HARDWARE.
KOMPUTER, SEJARAH & PERKEMBANGANNYA
DEFINISI KOMPUTER COMPUTARE TO COMPUTE menghitung KOMPUTER adalah :
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
PERTEMUAN I EVOLUSI KOMPUTER P1.
Computare (Latin) to compute menghitung
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Perkembangan Komputer
komputer to compute menghitung
Mata Kuliah Yang Diajarkan
Oleh Lasminiasih, SE,.MM Teknologi komputer.
Computare (Latin) to compute menghitung
SEJARAH KOMPUTER DARI GENERASI PERTAMA HINGGA SEKARANG #2
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
KONSEP DASAR KOMPUTER Dedeng Hirawan, M.Kom.
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
computare to compute menghitung
Chapter 2 Evolusi dan Kinerja Komputer
PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER
BAB I SEJARAH KOMPUTER GENERASI PERTAMA TABUNG VAKUM ENIAC
Pertemuan 2 Pendahuluan
Pengantar Teknologi Informasi
Oleh : Devie Rosa Anamisa
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
3 HARDWARE KOMPUTER CHAPTER
Materi2.
PERTEMUAN EVOLUSI KOMPUTER P1.
Pertemuan 2 Pengenalan Organisasi Komputer
Teknologi Informasi Pendidikan Luar Sekolah
KOMPUTER DAN MASYARAKAT
SEJARAH KOMPUTER ABACUS awal mula mesin komputasi.
MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
Evolusi dan Kinerja Komputer
PERKEMBANGAN KOMPUTER
BAB 2 perkembangan dan klasifikasi komputer
Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
Computare (Latin) to compute menghitung
Peng. Organisasi & Arsitektur Komputer
Pengantar Teknologi Informasi
Computare (Latin) to compute menghitung
PERKEMBANGAN DAN KLASIFIKASI KOMPUTER
SEJARAH PERKEMBANGAN TIK
SEJARAH KOMPUTER ABACUS awal mula mesin komputasi.
DEFINISI KOMPUTER COMPUTARE TO COMPUTE menghitung KOMPUTER adalah :
Informatika SEJARAH KOMPUTER BOOTING DAN SHUTDOWN PERANGKAT LUNAK PERANGKAT KERAS DAN SISTEM OPERASI KUIS.
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER. PENGGOLONGAN ALAT PENGOLAHAN DATA 1. Peralatan manual : yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor.
Transcript presentasi:

Evolusi Sistem Komputer Generasi Pertama (kira-kira 1943-1956) - Menggunakan tabung vakum Menggunakan punched card Media penyimpanan magnetic drum Bahasa mesin berkode biner

Generasi Pertama (kira-kira 1943-1956) ENIAC (Electronic Number Integrator and Calculation) Dirancang oleh Mauchly & Eckert 140 kilowatt listrik 18.000 tabung vakum 70.000 resistor 10.000 kapasitor 1,5000 kaki persegi 8 ton

Generasi Pertama (kira-kira 1943-1956) Kekurangan : Operasi kontrol I/O yang tidak efisien yang menghasilkan unjuk kerja keseluruhan sistem yang buruk. Skema modifikasi pengalamatan yang tidak efisien. Instruksi diorientasikan pada perhitungan angka, sehingga pemrograman non angka dan problem logis menjadi sulit. Tidak adanya fasilitas linking program, seperti instruksi untuk memanggil subrutin yang secara otomatis menyimpan alamat program pemanggil. Aritmatika floating point tidak diimplementasikan, khususnya karena harga perangkat keras yang diperlukan.

Generasi Pertama (kira-kira 1943-1956) Karakteristik : Penggunaaan tabung vakum dalam sirkuit elektronik dan mercury delay lines sebagai memory. Drum magnetik sebagai media penyimpanan internal utama. Kapasitas penyimpanan utama yang terbatas (1000-4000 byte) Pemrograman bahasa simbol tingkat rendah. Problem panas dan pemeliharaan. Aplikasi : perhitungan sains, proses payroll, penyimpanan record Waktu siklus : milidetik Harga : $5 per operasi floating point Kecepatan pemrosesan 2000 instruksi per detik.

Generasi Kedua (1957-1964) - Menggunakan transistor Media penyimpanan magnetic core Ditambah pita magnetik sebagai media penyimpanan eksternal.

Generasi Kedua (1957 - 1964) Karakteristik : Menggunakan transistor untuk operasi internal. Magnetic core sebagai media penyimpanan internal utama. Mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih banyak (4K – 32K byte) I/O lebih cepat Mempunyai bahasa pemrograman tingkat tinggi (COBOL, FORTRAN, ALGOL) Penurunan yang besar dalam ukuran dan panas yang dihasilkan. Peningkatan kecepatan dan kehandalan. Aplikasi berorientasi batch Waktu siklus : mikrodetik Biaya 50 sen per operasi floating point. Kecepatan pemrosesan 1 Juta instruksi per detik.

Generasi Ketiga (1965 - 1971) Karakteristik : Menggunakan sirkuit terintegrasi. Magnetik core dan penyimpanan utama yang padat (32K – 3M byte) Lebih fleksibel dengan I/O, berorientasi disk. Ukuran lebih kecil, unjuk kerja lebih baik dan handal. Penggunaan bahasa pemrograman tingkat tinggi lebih luas. Munculnya komputer mini. Pemrosesan jarak jauh dan time-sharing melalui jaringan komunikasi. Tersedianya perangkat lunak sistem operasi untuk mengontrol I/O dan melakukan banyak pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia. Waktu siklus nanodetik. Biaya 5 sen per operasi floating point. Kecepatan pemrosesan 10 mips.

Generasi Keempat (1972 sampai kira-kira 1989) Karakteristik : Menggunakan Large-scale integrated circuit. Peningkatan kapasitas penyimpanan (lebih dari 3 Mbyte) dan kecepatan. Peningkatan dalam rancangan modular dan kompabilitas antara peralatan (hardware) yang disediakan oleh pabrik yang berbeda. Tersedianya program yang canggih untuk aplikasi-aplikasi khusus. Kecanggihan peralatan I/O komputer yang meningkat. Penggunaan minikomputer, mikroprosessor dan mikrokomputer yang ekstensif. Biaya 1/100 sampai 1 sen per operasi floating point. Kecepatan pemrosesan 100 mips sampai 1 bips.