PEMBANGUNAN OBJEK 3D DAN TRANSFORMASI TERHADAPNYA Mirna Ratnawati, 31103312 for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Abstrak ABSTRAKSI Mirna Ratnawati, 31103312 PEMBANGUNAN OBJEK 3D DAN TRANSFORMASI TERHADAPNYA DENGAN MENGGUNAKAN POV-RAY PI. Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Gunadarma, 2007. Kata kunci: POV-RAY, Ray-Tracing, Rendering, Three-dimensional object, photorealistic, scene, reflections, shading, perspective. (xi + 60 + Lampiran) POV-RAY menggunakan algoritma Ray-tracing dalam proses renderingnya. Ray-tracer membuat three-dimensional object, photo-realistic images. Ray-tracing akan membaca file text yang berisi informasi yang menggambarkan objek dan cahaya dalam scene dan meng-generate sebuah image dalam scene dari view point kamera. Ray-tracing bukanlah proses yang cepat, tetapi proses ini dapat memproduksi image yang berkualitas tinggi dengan realistic reflections, sh... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG MASALAH Pembuatan benda 3D dapat dilakukan dapat menggunakan Adobe Photoshop, Macromedia Flash, dan beberapa software enterprise yang lain. Pembuatan gambar 3D menggunakan POV-RAY dapat memberikan efek bayangan yang timbul dari sumber cahaya. Pembuatan 3D di POV-RAY tidak memerlukan keahlian seni karena dalam pembuatan objek, pengguna POV-RAY hanya menuliska... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 2 4 BAB II LANDASAN TEORI 2.1 Transformasi 3D Grafika Komputer dalam aplikasinya terbagi menjadi 2 : a. Grafika 2D b.Grafika 3D Aplikasi 2D banyak dipakai dalam pembuatan grafik, peta, kreasi 2D yang banyak membantu pemakai dalam membuat visualisasi. Grafika 2D memiliki kekurangan, yaitu : ketidakmampuannya untuk merepresentasikan objek 3D. Kekurangan ini sangat dirasakan terutama dalam bidang... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 3 23 BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN 3.1 Rancangan Umum Aplikasi Aplikasi POV-Ray memiliki satu buah layar, dalam membuat sajian gambar 3D khususnya kotak kue, kue-kue yang ada didalam kotak, botol, gelas, asbak, cangkir, abu rokok, batang rokok dan batang rokok terbakar. 3D pada dasarnya adalah suatu bidang ilmu komputer yang mempelajari tentang cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan komuni... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 4 BAB IV PENUTUP 5.1 Kesimpulan Pada bagian Bab terakhir ini penulis dapat menarik kesimpulan yang berlandaskan pada bab-bab sebelumnya, diantaranya adalah sebagai berikut : 1. Aplikasi pembangunan object 3D Pov-Ray merupakan gabungan dari beberapa elemen seperti : teks object, box, bola (sphere), kubus(cube), silinder (cylinder), kerucut (cone), cincin (torus). 2. Memudahkan kita mempelajari pro... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 5 ... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id