Perkembangan Aplikasi - 3

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DISPLAY.
Advertisements

PPB Media Pembelajaran & Pengelolaan Sumber Daya
Materi 5 - Komputer Multimedia
Dra. Istiyati Catharina, M.Pd.
Pendidikan Anak Usia PRA SEKOLAH
Pentingnya sistem informasi bagi organisasi
Soedjono, Asas-Asas Sosiolog(Bandung:Amico,1985) hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, … Kamus bahasa Indonesia.
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
THE POWER OF PLAY OLEH FRANCISCA, M. PSI. 10 MEI 2014.
FAKTOR MANUSIA.
BASIC 6.0. APLIKASI GAMES TEBAK ANGKA DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Interaksi Manusia dan Komputer
Konsep Pendekatan Sistem dalam Desain Instruksional
MULTIMEDIA INTERAKTIF
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
PEMBUATAN APLIKASI PERMAINAN TIC TAC TOE DENGAN Boby Nugraha
Pengembangan game.
BAB 1 MENGENAL SIMULASI.
Materi Sesi ke 8 Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
Materi Sesi ke 2 Konsep Sistem dan Informasi
DASAR SISTEM INFORMASI BISNIS
Perancangan antarmuka (design interface)
Perkembangan Kognitif & Bahasa
Human Computer Interaction (HCI)
Bab 3 Berpikir Kreatif.
Persepsi Benda dan Persepsi Sosial
Pengenalan Sistem Operasi
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
KARAKTERISTIK MATEMATIKA
Prototyping
PROTOTIPE (Berkerja dengan Model Pertama)
PEMANFAATAN GRAFIKA KOMPUTER DALAM PENGOLAHAN CITRA
Pemrograman Animasi dan Multimedia
Introduction to Video Games
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
GAME PEMBUATAN for further detail, please visit
Konsep konsep dasar: Komponen Sistem Informasi
KETRAMPILAN INTERPERSONAL
MATERI Decision Support System
“ Mahasiswa Dapat Melakukan Simulasi Terkait
KETRAMPILAN INTERPERSONAL
Interaksi Manusia dan Komputer
Mobile Device User Interface
Pengantar Sistem Informasi
Interaktivitas Katie Salen Unit 1 Chapter 6
Bab 3 Berpikir Kreatif.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
J2SE PEMBUATAN APLIKASI PERMAINAN ULAR TANGGA MENGGUNAKAN
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
Permainan Mengingat Wajah Dengan Menggunakan JavaScript Hendra Kumala,
Pembuatan Aplikasi Permainan Untuk Anak-anak Dengan Macromedia Flash 8 Muhammad Ridha for further detail, please visit
Bab 3 Berpikir Kreatif.
GAME TIC TAC TOE DENGAN MENGGUNAKAN PYTHON Titus Pambudi
Sumber daya komputasi dan komunikasi Disusun oleh
PEMROGRAMAN GAME TIC TAC TOE DENGAN MENGGUNAKAN Jimmy Rinaldo
Teknologi perangkat keras
& Pengelolaan Sumber Daya
Prototyping Deskripsi Desain  Bagaimana kita menyatakan dengan cepat gagasan-gagasan desain ?  Tidak ada koding.
Kecerdasan Majemuk.
Bab 3 Berpikir Kreatif.
Bab 3 Berpikir Kreatif.
SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
APLIKASI GAME RAPIC DENGAN MENGGUNAKAN J2ME Arlinah,
SIMULASI 3D ART GALLERY DENGAN MENGGUNAKAN 3DS MAX Sinta Nuraini Ikhsan for further detail, please visit
MENGGUNAKAN J2SE PEMBUATAN APLIKASI PERMAINAN
Bab 3 Berpikir Kreatif.
Transcript presentasi:

Perkembangan Aplikasi - 3 Simulasi dan Game Perkembangan Aplikasi - 3

Tujuan Memberikan pemahaman tentang simulasi Menunjukkan penelusuran tentang konsep game Menjelaskan tentang perkembangan game Menjelaskan tentang komponen game Menjelaskan tentang komponen desain game Menunjukkan kemajuan dalam penggambaran lingkungan nyata ke dalam game

Simulasi Definisi Syarat utama Tujuan tiruan dari sesuatu yang ada di dunia nyata, bisa dalam bentuk benda ataupun proses Syarat utama tidak boleh meninggalkan karakteristik utama atau perilaku utama dari kondisi nyata Tujuan menyederhanakan objek pengamatan supaya lebih mudah untuk diamati dan dipahami perilakunya

Contoh Flight simulator Simulasi anatomi Driving simulator

Game Definisi Komponen kunci aktivitas yang terstruktur atau semi-terstruktur yang digunakan untuk kesenangan ataupun pendidikan Komponen kunci Tujuan (goal) Aturan main (rules) Tantangan (challenge) Interaktif Harus dapat melibatkan mental dan kegiatan fisik

Posisi Game

Klasifikasi Game Game Klasik, game yang ada pada era klasik/era sebelum penggunaan teknologi digital Board games, permainan yang dilakukan pada board (papan/alas) dengan bentuk dan desain tertentu. Contoh: monopoli, catur, ular tangga. Card games, permainan yang menggunakan media kartu. Role–Playing game, dimana pemain harus menjalankan peran tertentu untuk dapat menyelesaikan permainan ini. Tabletop war games Video game, games yang di desain untuk dapat memanfaatkan peralatan elektronik Online game, game yang dapat dimainkan diatas suatu jaringan komputer

Game Mechanics Skill : kemampuan bermain Luck Fisik : fighting, boxing, dancing Mental : catur, kartu, othello Luck melibatkan pilihan yang bersifat random penggunanya tidak memiliki kendali atas permainan Contoh : monopoly, tic-tac-toe

Game Mechanics Strategy Resource Diplomacy Pengguna merencanakan dan mengendalikan permainan Hasil permainan dapat diprediksi Berlawanan dengan luck Resource Pengguna dapat mengelola sumber daya untuk memenangkan permainan Diplomacy Permainan tergantung sepenuhnya pada kemampuan pengguna dalam berinteraksi dengan pemain lainnya (collaborative game) Contoh : Age of Empire, Counter Strike

Game’s Genre Genre Karakteristik Action Physical challenges Strategy Strategic, tactical, logistic challenges RPG (Role-Playing Game) Tactical, logistical, and exploration challenges Real world simulation Sport games, vehicle simulation, including military vehicle Construction and management Offer economic and conceptual challenges Adventure Provide exploration and puzzle-solving Puzzle Logic and conceptual challenges, time pressure Hybrid Combining different genre

Game Play Inti dari game dan yang membuat game menjadi menarik untuk dimainkan Dijelaskan dengan menggunakan dua istilah, yakni: Tantangan (challenge) yang harus dihadapi oleh pemain pada saat menjalani permainan Aksi (action) Hal-hal yang diperbolehkan untuk menghadapi tantangan

Tantangan yang pernah dibuat Koordinasi fisik Kecepatan dan ketepatan reaksi  Tetris Akurasi dan presisi  Need for Speed Ketepatan waktu dan irama  Dance dance revolution Pembelajaran tentang kombinasi gerakan  Street fighter, Teken, Mortal Combat Pengenalan pola Pola statis : Heaven and Earth Pola pergerakan dan perubahan  Sonic the hedgehog Konflik Strategi, taktik, dan logistic  DotA Survival  Pac-Man Pengurangan pasukan musuh  Half Life Stealth  Metal Gear Solid

Tantangan yang pernah dibuat Ekonomi Penambahan sumber daya  Civilization Keseimbangan dan kestabilan sistem  Sim Earth Menyayangi makhluk hidup  Creatures Penciptaan/Pembangunan Kesuksesan estetika  The Sims Konstruksi dengan target fungsional  Mind Rover

Komponen dan desain proses Terdapat 2 (dua) komponen kunci: Core mechanics : cara untuk mengubah aturan umum game ke dalam simbol-simbol dan model matematika sehingga dapat diimplementasikan secara algoritmik User Interface Model interaksi, yakni hubungan antara tombol-tombol yang ditekan dengan aksi yang dihasilkan. Perspektif, penggunaan grafik untuk menampilkan lingkungan permainan agar pengguna dapat memahaminya secara visual.

Komponen game Pemain User interface Core mechanics Output Challenges Input Actions Perspective Interaction model Game Play

Game World Definisi Tujuan lingkungan buatan, lokasi imajinatif yang dapat membantu pemainnya untuk membangun persepsi Tujuan memperkuat sisi hiburan, kebaruan (novelty), dan interaksi

Dimensi Game world (1) Fisik / kuantitatif menggambarkan properti-properti yang muncul direpresentasikan menggunakan angka Contoh: ukuran arena ukuran benda-benda Ukuran lingkungan dll

Dimensi Game world (2) Kualitatif menggambarkan nuansa (mood) dari suatu lingkungan game deskripsi dalam bentuk kata-kata

Dimensi Game world (3) Spasial, menggambarkan banyaknya jumlah dimensi atau penggambaran lingkungan fisik 2 Dimensi 2.5 Dimensi 3 Dimensi 2D : hanya memiliki 2 dimensi (panjang dan lebar) 2.5D : objek 3D di atas gambar 2D (terrain) 3D : semua objek memiliki 3 dimensi (panjang, lebar, tinggi) Skala : kesesuaian ukuran antar objek Batasan : kesesuaian dengan dunia nyata (contoh: tidak bisa mendirikan bangunan di lahan yang sempit, dll) Batasan (boundaries) Skala

Dimensi Game world (4) Waktu menggambarkan perjalanan waktu pada dunia/lingkungan game Biasanya berbeda dengan perjalanan waktu sesungguhnya Contoh: The Sims, Heroes

Dimensi Game world (5) Lingkungan mendeskripsikan tentang tampilan yang sesungguhnya Konteks budaya Detail Budaya : keseuaian penggambaran artifak peradaban Lingkungan fisik : kesesuaian properti dengan tema game Detail : kesesuaian dengan dunia nyata (contoh: tekstur tembok, pencahayaan, dll) Gaya : kesesuaian dengan trend atau mode Konteks lingkungan fisik Gaya

Dimensi Game world (6) Emosional, menunjukkan emosi tokoh-tokoh dalam dunia game Final Fantasy VII

Kesimpulan Simulasi digunakan untuk menyederhanakan objek pengamatan, sehingga lebih mudah untuk diamati Penelusuran konsep game dimulai dari sisi ekspresi kreatif Terdapat 2 (dua) komponen penting dalam desain game: Core mechanics User interface Game world berguna untuk membantu penggunanya dalam mempersepsi lingkungan permainannya.