Pengantar Bahasa Rakitan

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ASSEMBLER PERTEMUAN KE-1
Advertisements

BAB III BAHASA DAN PENGEMBANGAN PROGRAM MIKROPROSESOR
Organisasi dan Arsitektur Komputer
Pengantar Arsitektur Komputer
PERTEMUAN MINGGU KE- 10 CONTROL UNIT.
ARSITEKTUR DAN ORGANISASI
Teknik Kompilasi Febuari 2013.
MANAJEMEN MEMORY.
Pengenalan Software (perangkat lunak)
Universitas Gunadarma
TEKNIK KOMPILASI.
CPU (CENTRAL PROCESSING UNIT)
Pengembangan Siklus Pengolahan Data
Perkembangan Perangkat Lunak
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER 2
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER 2 STRUKTUR & FUNGSI CPU IBP WIDJA, MT
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Sistem Komputer
Perkembangan Perangkat Lunak Oleh: Tim Pengajar PTIK 1.
Konsep Arsitektur Komputer
Central Processing Unit
ARSITEKTUR KOMPUTER Oleh : FIRDAUS, S.Kom, M.Kom
Instruksi dalam CPU.
Pengantar Arsitektur Organisasi Komputer
Pengenalan Assembler.
Desain Prosesor Pertemuan ke 8.
PERANGKAT LUNAK Software.
Komponen teknologi informasi
Bahasa Pemprograman Dasar
MODE PENGALAMATAN DAN SET INSTRUKSI
CPU (CENTRAL PROCESSING UNIT)
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIKPEMROGRAMAN
Arsitektur & Organisasi Komputer BAB I Pengantar Arsitektur & Organisasi Komputer Oleh : Bambang Supeno, ST., MT. Feb-18 Arsitektur & Organisasi Komputer.
PERANGKAT – PERANGKAT KOMPUTER
Pertemuan 2 Pengantar Author : Linda Norhan, ST.
ARSITEKTUR KOMPUTER.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Pengenalan Assembler.
ORGANISASI PROSESSOR, REGISTER DAN SIKLUS INSTRUKSI
Organisasi dan Arsitektur Komputer
ASSEMBLER #1 MK. PEMROGRAMAN SISTEM
ASSEMBLER #2 MK. PEMROGRAMAN SISTEM
PENDAHULUAN PEMROGRAMAN SISTEM
Perbedaan: Organisasi Komputer dengan Arsitektur Komputer
CPU (CENTRAL PROCESSING UNIT)
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
SISTEM OPERASI PERTEMUAN IV.
Pengantar Bahasa Rakitan
Pengantar Bahasa Rakitan
Komponen & fungsi komputer
Dasar-dasar Pemrograman
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIK PEMROGRAMAN
Pertemuan 4 Central Processing Unit
IDENTIFIKASI TREND CONTOH
TEKNIK KOMPILASI PERTEMUAN V.
Teknik Kompilasi PERTEMUAN IV.
Pengantar Teknik Elektro
ARSITEKTUR & ORGANISASI KOMPUTER
Udin Sidik Sidin, S.Pd., MT Arsitektur Komputer Udin Sidik Sidin, S.Pd., MT
Pengantar teknologi informasi
ARSITEKTUR KOMPUTER Komponen dan Interkoneksi
Pengertian Komputer Komputer sebagai sebuah sistem yang berhirarki
PERTEMUAN MINGGU KE- 10 CONTROL UNIT.
Arsitektur Komputer Pertemuan - 1 Oleh : Tim Pengajar.
CPU (CENTRAL PROCESSING UNIT)
MANAJEMEN MEMORY.
Perkembangan Perangkat Lunak
Pengantar Bahasa Rakitan
MANAJEMEN MEMORY.
Karakteristik Set Instruksi 14 JP. Karakteristik Set Instruksi Pengertian Set Instruksi Set instruksi adalah kumpulan dari instruksi yang dapat dijalankan.
Transcript presentasi:

Pengantar Bahasa Rakitan Mata Kuliah : Bahasa Rakitan Materi ke-1 Pengantar Bahasa Rakitan

Apa itu Bahasa Rakitan ? Bahasa Pemrograman yang Berorientasi Mesin Korespondensi satu-satu antara statement dan native bahasa mesin Pencocokkan set instruksi dan arsitektur mesin Bahasa Rakitan untuk IBM-PC Mengacu pada processor 8086, 8088, 80186, 80286, 80386, 80486, dan Pentium Processors

Apa itu Assembler? Program Sistem Mentranslasikan kode sumber dalam bahasa rakitan ke dalam bahasa mesin File Objek – berisi instruksi mesin, inisial data dan informasi yang digunakan ketika load program File Listing – berisi record dari proses translasi, jumlah baris, alamat, pembangkit kode dan data, dan simbol tabel

Mengapa Perlu Belajar Bahasa Rakitan ? Mempelajari bagaimana processor bekerja Mengerti dasar arsitektur komputer Mengeksplorasi representasi internal data dan instruksi Mendapatkan wawasan mengenai konsep hardware Dapat membuat program kecil yang efisien Programmer dapat melakukan bypass untuk menanggulangi keterbatasan yang ditemui pada Bahasa Tingkat Tinggi Bila diperlukan bisa digunakan untuk menangani operasi-operasi tertentu

Bahasa Mesin Suatu bahasa yang direpresentasikan dengan number, biasanya disebut “Set Instruksi Processor” Sekumpulan operasi dasar yang disediakan processor Setiap instruksi dikodekan sebagai number Instruksi bisa terdiri dari satu byte atau lebih Setiap number berkorespondensi dengan satu instruksi

Contoh Instruksi IBM-PC 1011000000000101b atau B005h OpCode = 10110000b Copy 1 byte ke dalam register AL Byte yang ditemukan pada bagian kedua adalah instruksi 00000101b Kode operasi diidentifikasikan sebagai tipe dari instruksi dan menyediakan beberapa informasi berkaitan dengan panjang instruksi

Pemrograman Bahasa Rakitan vs Pemrograman Bahasa Mesin Menulis sejumlah baris number yang merepresentasikan byte instruksi mesin yang nantinya akan dieksekusi dan data konstanta yang digunakan dalam program Pemrograman Bahasa Rakitan Menggunakan instruksi simbolik untuk merepresentasikan data mentah yang akan dibentuk ke dalam bahasa mesin dan inisial data konstanta

Instruksi Bahasa Rakitan Mnemonik yang merepresentasikan Instruksi Mesin Setiap mnemonik digunakan untuk representasi tunggal instruksi mesin Assembler menjalankan translasi Beberapa mnemonik membutuhkan operand Operand menyediakan informasi tambahan register, constant, address atau variable Assembler Directives

Bahasa Rakitan dalam Sistem Komputer Application Program High Level Languange Compiler Operating System System Programming Utility Low Level Languange Hardware

Prosessor I N T E R A L B U S MAR External RESULT Status AR-0 ALU AR-1 DR-1 DR-0 DR-7 MDR . AR-1 AR-0 AR-7 I N T E R A L B U S RESULT OPERAND STATUS IR PC Control Unit ALU data Clock Power Lines External Status D External Control Lines