Assalamualaikum wr.wb Tugas Uas Logika & Algoritma -Knapsack Problem

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TUGAS UAS LOGIKA & ALGORITMA * KNAPSACK PROBLEM *METODE GREEDY
Advertisements

Dibuat oleh : Nama : yani yulianti Kelas : 11.1A.04 Nim : No absen : 57.
Tugas UAS Logika & Algoritma Knapsack Problem Metode Greedy
Struktur Diskrit Suryadi MT Teori Graph Kuliah_11 Teori Graph.
Assalamualaikum Wr Wb….
Pengantar Strategi Algoritma
Dosen : Herlawati,S.SI,MM,M,KOM Bina Santika A.04 Dosen : Herlawati,S.SI,MM,M,KOM Bina Santika A.04.
KNAPSACK PROBLEM DALAM METODE GREEDY
Diketahui bahwa kapasitas M= 30kg. Dengan jumlah barang n= 3
GRAF TIDAK BERARAH PART 2 Dosen : Ahmad Apandi, ST
Program Dinamis (Dynamic Programming)
Design and Analysis of Algorithm Dynamic Programming
TENISIYANI, PENYELESAIAN TRAVELLING SALESMAN PROBLEM TIPE SIMETRIS PADA PENERBIT ERLANGGA SEMARANG MENGGUNAKAN ALGORITMA HEURISTIK.
Pengantar Strategi Algoritmik
Design and Analysis Algorithm
Design and Analysis Algorithm
Tugas UAS Logika Algoritma “Knapsack Problem Metode Greedy”
Nama : Rizky .S kelas : 11.1A.04 NIM : No.absen : 35
ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.
Pertemuan 24 BRANCH AND BOUND (2)
Pertemuan 16 DYNAMIC PROGRAMMING : TRAVELING SALESMAN PROBLEM (TSP)
Pertemuan 13 Dynamic Programming
Assalamu’alaikum Wr. Wb
1 Pertemuan 11 METODA GREEDY Matakuliah: T0034/Perancangan & Analisis Algoritma Tahun: 2005 Versi: R1/0.
Latihan soal angka indeks
Assalamualaikum Wr. Wb. 1. Pengertian Perjalanan Dinas Perjalanan dinas adalah perjalanan yang dilakukan oleh karyawan/pegawai suatu lembaga/perusahaan.
Perbandingan Algoritma Brute Force dan Depth First Search (DFS) dalam Kasus Travelling Salesman Problem (TSP) Ervin Yohannes ( )
KUARTIL, DESIL, DAN PERSENTIL
Pemrograman Dinamik.
(ASSIGNMENT PROBLEMS)
Pencarian Simulated Annealing
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
Greedy Pertemuan 7.
jumlah bilangan-bilangan dibagi oleh banyaknya bilangan.
GRAF TIDAK BERARAH PART 2 Dosen : Ahmad Apandi, ST
Program Dinamis.
Studi kasus Graph Ali Ridho Barakbah.
ALGORITMA GREEDY, KRUSKAL, MINIMUM SPANNING TREE
Exhaustive Search.
Struktur Runtunan Oleh Yohana . N..
Pertemuan 20 GRAPH COLORING
PROGRAM LINIER PENDAHULUAN
Program Dinamis (Dynamic Programming)
Metode pemecahan masalah
CSG3F3/ Desain dan Analisis Algoritma
K-Nearest Neighbor dan K-means
Indeks Relatif Harga Beras Bali
Program Dinamis (Dynamic Programming)
Program Dinamis (Dynamic Programming)
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Quiz 2 Logika.
Algoritma Greedy Wahyul Wahidah Maulida, ST., M.Eng.
Masalah Penugasan (Assignment Problem)
ALGORITMA GREEDY : MINIMUM SPANNING TREE
SQC 2- Statistik Deskriptif
السلام عليكم Tugas UAS Logika Algoritma Knapsack Problem Metode Greedy
Tugas UAS Logika & Algoritma Knapsack Problem Metode Greedy
Quiz Logika & Algoritma
TUGAS UAS LOGIKA & ALGORITMA * KNAPSACK PROBLEM *METODE GREEDY
ASSALAMU’ALAIKUM Wr Wb
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Assalamu’alaikum Wr. Wb
ASSALAMU’ALAIKUM Wr. Wb
RIRIN CIPTANINGRUM AP – 5B Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka
Pengantar Strategi Algoritma
INDEKS RELATIF HARGA Kelompok 10
Quiz 2 Logika.
Hello Assalamu’alaikum Wr wb.
MATEMATIKA BISNIS (SI38204) Dosen Pengampu : Ana Wahyuni, S.Si, M.Kom
Graf dan Analisa Algoritma
Transcript presentasi:

Assalamualaikum wr.wb Tugas Uas Logika & Algoritma -Knapsack Problem -Metode Greedy Dosen : Herlawati, S.SI, MM, M,KOM Disusun oleh : Dian Yunita Nim : 11130889 Kelas : 11.1A.04

Tugas 1 KNAPSACK PROBLEM DALAM METODE GREEDY Diketahui bahwa kapasitas M = 30 kg , Dengan jumlah barang n=3 Berat Wi masing-masing barang (W1, W2, W3) = (28, 25, 20) Nilai Pi masing-masing barang (P1, P2, P3) = (38, 34, 25) Pilih barang dengan Nilai Profit Maksimal P1 = …  –> X1 = … P2 = …  –> X2 =  … P3 = … –> X3 = … Pilih barang dengan Berat Minimal W1 = …  –> X1 = … W2 = …  –> X2 = … W3 = …  –>X3 = … Pilih barang dengan menghitung perbandingan yang terbesar dari Profit dibagi Berat (Pi/Wi) yang diurut secara tidak naik, yaitu : P1/W1 = … = … –> X1 = … P2/W2 = … = …  –> X2 = … P3/W3 = … = …  –> X3 = … Fungsi Pembatas dicari dengan rumus:   Tabel berdasarkan elemen dari ke-3 kriteria metode Greedy yaitu: Nilai profit maksimal = ….

Penyelesaian

Penyelesaian : Pilih barang dengan Nilai Profit Maksimal P1 = 38  X1 = 1, dimisalkan sebagai batas atas nilai P2 = 34  X2 = 2/15, dihitung dengan Fungsi Pembatas P3 = 25  X3 = 0, dimisalkan sebagai batas bawah nilai Menyelesaikan fungsi pembatas :

Pilih barang dengan Berat Minimal W1 = 28  X1 = 0, sebagai batas bawah W2 = 25  X2 = 2/5,dihitung dgn Fungsi Pembatas W3 = 20  X3 = 1, sebagai batas atas Menyelesaikan fungsi pembatas :

Menyelesaikan fungsi pembatas : Pilih barang dgn menghitung perbandingan yg terbesar dari Profit dibagi Berat (Pi/Wi) yg diurut secara tidak naik, yaitu : P1/W1 = 38/28  = 1,35 karena terkecil maka X1 = 5/28 P2/W2 = 34/25  = 1,36 karena terbesar maka X2 = 1 P3/W3 = 25/20  = 1,25 dengan Fungsi pembatas X3 = 0 Menyelesaikan fungsi pembatas :

Tabel berdasarkan elemen dari ke-3 kriteria metode Greedy yaitu : Nilai profit maksimal adalah 40.8  diambil dari nilai terbesar. Dengan cara :

Tugas 2 PROBLEMA DAN MODEL GRAPH DALAM METODE GREEDY Contoh:  TRAVELLING SALESMAN Untuk menentukan waktu perjalanan seorang salesman  seminimal mungkin. Permasalahan: Setiap minggu sekali, seorang petugas kantor telepon berkeliling untuk mengumpulkan coin-coin pada telepon umum yang dipasang diberbagai tempat. Berangkat dari kantornya, ia mendatangi satu demi satu telepon umum tersebut dan akhirnya kembali ke kantor lagi. Masalahnya ia menginginkan suatu rute perjalanan dengan waktu minimal. MODEL GRAPH : Misalnya : Kantor pusat adalah simpul 1 dan misalnya ada 4 telepon umum, yg kita nyatakan sebagai simpul 2, 3, 4 dan 5 dan bilangan pada tiap-tiap ruas menunjukan waktu (dalam menit ) perjalanan antara 2 simpul . Tentukan model graph dengan waktu perjalanan seminimal mungkin.  

Penyelesaian

Langkah penyelesain : 1. Dimulai dari simpul yang diibaratkan sebagai kantor pusat yaitu simpul 1. 2. Dari simpul 1 pilih ruas yang memiliki waktu yang minimal. 3. Lakukan terus pada simpul – simpul yang lainnya tepat satu kali yang nantinya Graph akan membentuk Graph tertutup karena perjalanan akan kembali ke kantor pusat. 4. Problema diatas menghasilkan waktu minimalnya adalah 39 menit (6+4+9+8+12) dan diperoleh perjalanan sebagai berikut:

Demikian tugas Logika & Algoritma Knapsack & Metode Greedy