APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 1. PENDAHULUAN.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
APLIKASI BUKU TELEPON DENGAN J2ME (JAVA 2 MICRO Didiet Ariandi
Advertisements

Aplikasi Multimedia Pengenalan Merk Laptop dengan Swish Max4 Rezi Syahputra
IT603 Ramos Somya.  Mahasiswa mampu memahami konsep dan penerapan komputasi mobile dan aplikasinya.
MIDP, MIDLet & Antar Muka J2ME
H. Risdiandri Iskandar, SKom,MM 1 PENGENALAN JAVA 2 ME.
APLIKASI PETA SMA SWASTA DI BEKASI TIMUR PADA SMARTPHONE ANDROID
PEMBUATAN APLIKASI KUNCI NADA DASAR GITAR MENGGUNAKAN J2ME
PEMBUATAN APLIKASI INFORMASI ZAKAT PADA PERANGKAT Muhammad Abdulah
Renanda Cahaya Saputra 1)
APLIKASI CHAT MENGGUNAKAN J2ME (JAVA 2 MICRO EDITION) Destri Yanti Hutapea, for further detail, please visit
ELEMEN MULTIMEDIA (LANJ..)
APLIKASI KUMPULAN DOA DAN HADITS BERBASIS MOBILE Sendi Arta Gumelar,
MEMBANGUN APLIKASI GAME ARITMATIK Regina Martha Yudhi.T for further detail, please visit
MEMBUAT Ilham Romadoni for further detail, please visit
PI. Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Buku Melalui Handphone. for further detail,
PEMBUATAN PERMAINAN MENGGIRING DOMBA MENGGUNAKAN PADA TELEPON Samuel Saputra for further detail, please visit
Nama : Dwi Nur Aini NPM Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi
Penulisan Ilmiah, Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi BELAJAR ”VOCAB” DENGAN BANTUAN TELEPON SELULAR for further detail, please.
JAVA J2ME APLIKASI PERMAINAN “ACAK KATA” DENGAN MENGGUNAKAN
APLIKASI for further detail, please visit
MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION. APLIKASI DAFTAR BELANJA UNTUK TELEPON SELULAR DENGAN for further detail, please visit
PI. Sistem Informasi. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
PEMBUATAN GAME DORONG KOTAK MENGGUNAKAN J2ME Yeni Azizah,
Rancang Bangun Kamera Pengawas Berbasis J2ME
J2ME, Configuration & Profile
“ MEMBUAT APLIKASI MOBILE MEDIA PLAYER MENGGUNAKAN Aristo Oktobrian,
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
PENGENAL CIRI PENYAKIT HIV & AIDS MENGGUNAKAN WIRELESS Erwansyah for further detail, please visit
Aplikasi Mobile GIS Easy Mobile Map Dengan Menggunakan J2ME
H. Risdiandri Iskandar, SKom, MM
Pembuatan Aplikasi Mobile Learning Pada Sistem Android
APLIKASI PENJUALAN MAINAN ANAK-ANAK PADA TOKO
Mobile Device & J2ME Oleh : Oman Somantri, S.Kom
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
APLIKASI PERMAINAN “PLANESPACE” PADA TELEPON SELULER Noviarni Pratiwi,
Konsep delphi Pertemuan Ke-1 & 2.
LAB PEMOGRAMAN III (VISUAL BASIC)
Pengantar Teknologi Mobile
Pemrograman berorientasi objek
APLIKASI for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI PENGENALAN BAHASA JEPANG BERBASIS Niswah Nemah Rezeki for further detail, please visit
APLIKASI KAMUS INGGRIS-INDONESIA INDONESIA –INGGRIS DENGAN Galih Putro Heryyan for further detail, please visit
As’ad Djamalilleil Pengenalan Java As’ad Djamalilleil
Elemen Dasar Komputer BAB 3.
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Pengembangan Aplikasi Mobile
Mobile Teknologi Pertemuan 3 Agung Brastama Putra.
PEMBUATAN WEBSITE NIDYACELL MENGGUNKAN CMS Nidya Pujawati,
Permainan Mengingat Wajah Dengan Menggunakan JavaScript Hendra Kumala,
J2ME APLIKASI KAMUS BAHASA INDONESIA-INGGRIS MENGGUNAKAN
for further detail, please visit
Aplikasi Petunjuk Tempat Kuliner Jakarta Melalui Handphone Ridwan Salim, for further detail, please visit
PEMBUATAN GAME SPACE METEOR MENGGUNAKAN J2ME
TUGAS AKHIR PERANCANGAN PROGRAM PENJUALAN DAN PEMBELIAN BARANG ELEKTRONIK SECARA TUNAI PERANCANGAN PROGRAM PENJUALAN DAN PEMBELIAN BARANG ELEKTRONIK.
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Aplikasi Mobile GIS ‘Easy Mobile Map’ Platform J2ME
ANALISA DAN PERANCANGAN
Pengenalan J2ME, Configuration & Profile
ELEMEN MULTIMEDIA (LANJ..)
MUHAMMAD RIZKY ABDILLAH
VISUAL BASIC 6.0 APLIKASI TEKS EDITOR BERBAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN
PI. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Industri, Universitas Gunadarma, Pembuatan Game Kill The Alien Menggunakan Java 2 Micro Edition. for further.
PEMBUATAN APLIKASI COMBINE IMAGE DENGAN MENGGUNAKAN Luqman Alghifari Hakim. for further detail, please visit
MENGGUNAKAN J2ME APLIKASI KAMUS MOBILE ONLINE ISTILAH PSIKOLOGI UMUM DENGAN for further detail, please visit
APLIKASI 3IN1 KONVERTER PADA TELEPON SELULAR Wenny Rahmawati,
PEMBUATAN APLIKASI HADIST BUKHARI MENGENAI HAID PADA Winda Hadisti
PI, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas APLIKASI GAME BUBBLEBREKER MENGGUNAKAN TEKNOLOGI J2ME for further detail, please.
APLIKASI JAVA 2 MICRO EDITION PADA PEMBUATAN GAME M-SUDOKU Rangga Setiawan Saputra for further detail, please visit
Aplikasi Pembelajaran Matematika Tingkat SMU Menggunakan Java Dengan Larasati Purwani Rahayu, for further detail, please visit
MACROMEDIA FLASH 5.0 MEMBUAT WEBSITE IKLAN PRODUK MOBIL BMW DENGAN
Transcript presentasi:

APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 1. PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG MASALAH Teknologi perangkat bergerak (mobile) berkembang sangat pesat. Pengguna telepon genggam ingin menambahkan aplikasi hiburan dan permainan pada perangkatnya. Aplikasi tes IQ mobile yang dibuat dengan Java 2 Micro Edition, memudahkan pengguna untuk mengetahui seberapa besar tingkat kecerdasan mereka kapan saja dan dimana saja.

1.2 RUANG LINGKUP Aplikasi tes IQ mobile yang dibuat dengan Java 2 Micro Edition, berjalan baik pada telepon genggam yang memiliki : - layar yang beresolusi 240 x 320 pixels; - J2ME profile MIDP-1.0 dan MIDP-2.0; dan - J2ME configuration CLDC-1.1.

1.3 TUJUAN PENULISAN Pembuatan aplikasi tes IQ mobile ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan dengan : - cepat; - akurat; - tanpa ikut program tes IQ di dalam ruangan; - setiap saat (kapan saja dan dimana saja); - freeware alias gratis; dan - tidak terhubung internet (offline).

1.4 METODE PENELITIAN Perangkat keras yang dibutuhkan : satu unit komputer yang berspesifikasi - minimum OS Windows XP SP3; - processor 800 MHz Intel Pentium III; - RAM 512 MB; dan - memori penyimpanan bebas 750 MB. Perangkat lunak yang dibutuhkan : - Java Development Kit (JDK) minimum versi 6; - NetBeans minimum versi 6; dan - CorelDRAW Graphic Suite.

1.5 SISTEMATIKA PENULISAN Bab 1 : Pendahuluan (latar belakang masalah, ruang lingkup, tujuan penulisan, metode penelitian, dan sistematika penulisan). Bab 2 : Tinjauan Pustaka (teori dasar pendukung). Bab 3 : Rancangan dan Implementasi (cara pembuatan aplikasi). Bab 4 : Penutup (kesimpulan dan saran).

APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 2. TINJAUAN PUSTAKA

2.1 PENGENALAN JAVA Bersemboyan “Write Once, Run Anywhere” Mempunyai tiga buah platform : - J2SE (Java 2 Standard Edition)  [stand-alone] - J2EE (Java 2 Enterprise Edition)  [jaringan] - J2ME (Java 2 Micro Edition)  [perangkat mobile]

2.1.1 J2ME (JAVA 2 MICRO EDITION) Configuration : CLDC (Connected Limited Devices Configuration) CDC (Connected Devices Configuration) Profile : MIDP (Mobile Information Device Profile) Wallet Garden Application  interaksi sumber data tanpa jaringan Network Aware Application  interaksi sumber data melalui jaringan

2.1.1 J2ME (JAVA 2 MICRO EDITION) - MIDlet Siklus MIDlet

2.1.1 J2ME (JAVA 2 MICRO EDITION) - MIDlet User Interface pada MIDlet

2.1.1 J2ME (JAVA 2 MICRO EDITION) - Display (fungsi-fungsi untuk manajemen layar) - Screen (interaksi antara pengguna dengan perangkat mobile) - TextBox (media penerima masukan teks dari keypad pengguna) - List (media penerima masukan pilihan pada layar) - Alert (informasi kecil pada layar sebelum berpindah screen) - Form (tampilan komponen/item dalam satu layar) - Image (peletakkan objek gambar pada layar) - NetBeans (salah satu editor bahasa pemrograman Java) Visual MIDlet (salah satu fitur pada NetBeans)

2.2 PENGENALAN FLOWCHART Flowchart adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urutan-urutan prosedur pada suatu program. Contoh : Mulai Input Nama Laki-laki ? X

2.2 PENGENALAN FLOWCHART Simbol-simbol standar pada flowchart : Manual Input Penghubung Proses Anak Panah Keputusan Tampilan Terminal Points Konektor antar halaman Input/Output

2.3 STRUKTUR NAVIGASI Struktur Navigasi berfungsi untuk menggambarkan dengan jelas hubungan dan rantai kerja seluruh elemen yang akan digunakan dalam aplikasi. Jenis struktur navigasi : Linear (rangkaian terurut, tidak boleh bercabang ) Hirarki (struktur bercabang, terdapat master & slave page) Non Linear (rangkaian terurut, boleh bercabang ) Campuran (gabungan dari struktur navigasi diatas)

3. PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 3. PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI

3.1 RANCANGAN STRUKTUR NAVIGASI Struktur Navigasi berjenis Campuran

3.2 DIAGRAM ALUR (Flowchart) Flowchart Halaman Pembuka, Menu dan Mulai Tes Flowchart Halaman Pembuka (SplashScreen) Flowchart Halaman Mulai Tes Flowchart Halaman Menu

3.2 DIAGRAM ALUR (Flowchart) Flowchart Halaman Petunjuk, Tentang dan Alert Keluar Flowchart Halaman Petunjuk Flowchart Halaman Tentang Flowchart Halaman Alert Keluar

3.3 RANCANGAN ANTARMUKA Disain Halaman Pembuka Disain Halaman Menu Disain Halaman Input Nama Disain Alert Petunjuk Tes Disain Tes Disain Halaman Pembuka, Menu, Input Nama, Alert Petunjuk Tes dan Tes

3.3 RANCANGAN ANTARMUKA Disain Alert Hasil Nilai IQ Disain Halaman Petunjuk Disain Halaman Tentang Disain Alert Keluar Disain Halaman Alert Hasil Nilai IQ, Petunjuk, Tentang dan Alert Keluar

3.4 IMPLEMENTASI Membuat project baru Pemberian nama pada project baru Langkah-langkah pembuatan aplikasi tes IQ pada NetBeans : # 1

3.4 IMPLEMENTASI Pemilihan platform pada project baru Pembuatan Visual MIDlet Langkah-langkah pembuatan aplikasi tes IQ pada NetBeans : # 2

3.4 IMPLEMENTASI Pemberian nama pada Visual MIDlet Pembuatan SplashScreen, List Menu dan Form pada Visual MIDlet Langkah-langkah pembuatan aplikasi tes IQ pada NetBeans : # 3

3.4 IMPLEMENTASI Tampilan SplashScreen, List Menu dan Form pada Visual MIDlet Tampilan program pada Visual MIDlet Langkah-langkah pembuatan aplikasi tes IQ pada NetBeans : # 4

3.5 UJI COBA PROGRAM Tampilan Run project pada NetBeans Tampilan Run project pada Ktoolbar Tampilan Run project pada emulator NetBeans dan KToolbar

3.5 UJI COBA PROGRAM Uji Coba Halaman Pembuka (SplashScreen) Emulator NetBeans Emulator KToolbar Sony Ericsson W810i PDA HTC Dual Touch PDA O2 Atom IMO W8000

3.5 UJI COBA PROGRAM Uji Coba Halaman Menu Emulator NetBeans Emulator KToolbar Sony Ericsson W810i PDA HTC Dual Touch PDA O2 Atom IMO W8000

3.5 UJI COBA PROGRAM Uji Coba Halaman Input Nama Emulator NetBeans Emulator KToolbar Sony Ericsson W810i PDA HTC Dual Touch PDA O2 Atom IMO W8000

3.5 UJI COBA PROGRAM Uji Coba Halaman Alert Petunjuk Tes Emulator NetBeans Emulator KToolbar Sony Ericsson W810i PDA HTC Dual Touch PDA O2 Atom IMO W8000

3.5 UJI COBA PROGRAM Uji Coba Halaman Tes Emulator NetBeans Emulator KToolbar Sony Ericsson W810i PDA HTC Dual Touch PDA O2 Atom IMO W8000

3.5 UJI COBA PROGRAM Uji Coba Halaman Alert Nilai Tes IQ Emulator NetBeans Emulator KToolbar Sony Ericsson W810i PDA HTC Dual Touch PDA O2 Atom IMO W8000

3.5 UJI COBA PROGRAM Uji Coba Halaman Petunjuk Emulator NetBeans Emulator KToolbar Sony Ericsson W810i PDA HTC Dual Touch PDA O2 Atom IMO W8000

3.5 UJI COBA PROGRAM Uji Coba Halaman Tentang Emulator NetBeans Emulator KToolbar Sony Ericsson W810i PDA HTC Dual Touch PDA O2 Atom IMO W8000

3.5 UJI COBA PROGRAM Uji Coba Halaman Alert Keluar Emulator NetBeans Emulator KToolbar Sony Ericsson W810i PDA HTC Dual Touch PDA O2 Atom IMO W8000

APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 4. PENUTUP

4.1 KESIMPULAN Dengan dibuatnya aplikasi tes IQ mobile ini pengguna telepon genggam dapat dimudahkan untuk mengetahui tingkatan kecerdasan yang dimilikinya dengan cepat, akurat, gratis, setiap saat, kapan saja dan dimana saja.

4.2 SARAN Aplikasi tes IQ mobile ini masih sederhana, saran untuk pengembang dan penyempurna selanjutnya adalah penambahan database untuk menampilkan nilai IQ tertinggi pengguna dan pengaturan volume suara.