Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2 PJ : Nuraini Purwandari Copyright©2010. This presentasion is dedicated to Laboratory of Information of Universitas Gunadarma
PEMBAHASAN Pengertian UML & Jenis Diagram UMLPengertian UML & Jenis Diagram UML Pengenalan Umbrello UML ModulerPengenalan Umbrello UML Moduler Tools-tools pada UmbrelloTools-tools pada Umbrello Pengenalan Use Case DiagramPengenalan Use Case Diagram Pengenalan Activity DiagramPengenalan Activity Diagram Contoh menggunakan Use Case DiagramContoh menggunakan Use Case Diagram Contoh menggunakan Activity DiagramContoh menggunakan Activity Diagram Membuat Diagram pada UmbrelloMembuat Diagram pada Umbrello
Pengertian UML UML merupakan kepanjangan dari Unified Modeling Language merupakan sebuah bahasa yang berdasarkan grafik / gambar untuk memvisualisasi, menspesifikasikan, membangun, dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan software berbasis OO (Object-Oriented). Jenis-jenis Diagram UML adalah sebagai berikut : Diagram Struktur : 1. Diagram Kelas 2. Diagram Obyek 3. Diagram Komponen 4. Diagram Deployment Diagram Perilaku : Diagram Perilaku : 1. Diagram Usecase 2. Diagram Urutan/sequence 3. Diagram Kolaborasi 4. Diagram Statechart 5. Diagram Aktivitas
Pengenalan Umbrello Umbrello UML Modeller adalah alat bantu penggambaran UML untuk KDE. Saat ini, Umbrello termasuk salah satu aplikasi UML terbaik untuk LINUX. Umbrello UML modeler terbagi atas tiga area utama pada interfacenya, yang dapat dipantau untuk seluruh system dan akses ke Diagram yang berbeda dengan cepat sambil mengerjakan model yang sedang dikerjakan.
Tampilan Umbrello
Keterangan 1. Tree View Tree View biasanya terletak pada kiri atas dari jendela Umbrello dan menunjukan semua Diagram, Kelas, actor dan Use-Case yang membuat model yang kita buat. Tree View dapat mengubah atau berpindah dari Diagram yang satu ke Diagram yang lain, dengan memasukan elemen dari model yang kita kerjakan ke Diagram lain. 2. Documentation Windows Documentation Windows adalah jendela kecil yang terdapat pada kiri bawah dari Umbrello, dan memperlihatkan dokumentasi dari item yang dipilih. 3. Work Area Work Area adalah Jendela utama dari UML Modeller Umbrello.Dimana pengerjaan sebenarnya dikerjakan. Jendela ini menampilkan diagram yang aktif atau sedang dikerjakan.
Use Case Diagram Usecase Diagram digunakan untuk mengambarkan interaksi antara pengguna sistem (actor) dengan kasus (use case) yang disesuaikan dengan langkah-langkah (scenario) yang telah ditentukan. Use case diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan “bagaimana”. Use case merupakan sebuah pekerjaan tertentu, misalnya login ke sistem, meng-create sebuah daftar belanja, dan sebagainya.
Simbol-simbol Use Case Diagram Use case Diagram terdiri dari : Actor Actor menggambarkan orang, system atau external entitas yang menyediakan atau menerima informasi dari system. Actor memberi input atau menerima informasi dari system. Actor biasanya menggunakan Noun. Actor digambarkan dengan gambar stick figure atau dengan gambar visual. Tidak boleh ada komunikasi langsung antar actor.
Simbol-simbol Use Case Diagram Use case Use case diberi nama yang menyatakan apa hal yang dicapai dari hasil interaksinya dengan actor. Usecase dinotasikan dengan gambar (horizontal ellipse). Use case biasanya menggunakan verb. Nama use case boleh terdiri dari beberapa kata dan tidak boleh ada 2 use case yang memiliki nama yang sama. Use case berelasi sedikitnya 1 actor.
Simbol-simbol Use Case Diagram Association Ada 4 jenis relasi yang bisa timbul pada use case diagram Association antara actor dan use case Association antara use case Generalization/Inheritance antara use case Generalization/Inheritance antara actors Associations bukan menggambarkan aliran data/informasi Associations digunakan untuk menggambarkan bagaimana actor terlibat dalam use case
Association Ujung panah pada association antara actor dan use case mengindikasikan siapa/apa yang meminta interaksi dan bukannya mengindikasikan aliran data Sebaiknya gunakan garis tanpa panah untuk association antara actor dan use case Association antara actor dan use case yang menggunakan panah terbuka untuk mengindikasikan bila actor berinteraksi secara pasif dengan system.
Relationship dalam Use Case Diagram > : yaitu menspesifikasikan bahwa Use-case yang ini terlaksana ataupun otomatis dilakukan dengan Use- Case lainnya. > : yaitu menspesifikasikan kondisi tertentu, dimana Use-Case yang satu kemungkinan akan dilakukan kepada Use-Case yang lain. Generalisation : yaitu menspesifikasikan turunan karakteristikdari “Super-Use case” dengan Sub-Use Case dibawahnya.
Activity Diagram Activity Diagram memungkinkan untuk menspesifikasi bagaimana sistem akan mencapai tujuannya. Activity diagram memperlihatkan tindakan-tindakan level tinggi yang terikat satu sama lain untuk menyatakan sebuah proses yang teradi dalam sistem. Activity diagram paling cocok untuk pemodelan proses bisnis. Sebuah proses bisnis adalah sekumpulan tugas-tugas terkoordinasi untuk mencapai sasaran bisnis.
Simbol-simbol Activity Diagram SimbolKeterangan Titik awal Titik akhir Activity/action Pilihan untuk mengambil keputusan dan akhiri kondisi Fork & Join; untuk menunjukan kegiatan yang dilakukan secara paralel dan digabungkan kembali
Aktivitas/Perilaku Paralel Fork Suatu kondisi dimana beberapa screen dapat muncul sekaligus dalam waktu bersamaan sehingga user dapat memilih secara bebas aktivitas apa yang dikehendaki, maka kondisi demikian dapat dinyatakan dengan fork diagram disamping.
Aktivitas/perilaku paralel Join Suatu kondisi dimana beberapa aktivitas harus diselesaikan dulu baru aktivitas berikutnya dapat dikerjakan dapat dinyatakan dengan diagram join disamping
Contoh Use Case Diagram
Contoh Activity Diagram
Menggambar Diagram pada Umbrello Use Case Diagram Activity Diagram