ENDANG MURDININGSIH, 2150406017 NALURI DAN REAKSI TOKOH UTAMA PADA NOVEL MUKJIZAT CINTA KARYA MOHAMMAD MASYKUR A.R.SAID.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DEVI DWI ASTITI, Kepribadian Tokoh dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata.
Advertisements

SUWARSIH, Kriminalitas dalam Novel Kembang Kantil Karya Senggono.
MUHAMMAD ARDIANSYAH, Tokoh Joyo Dengkek dalam Novel Sirah Karya AY. Suharyono: Analisis Psikologi Sastra.
HERI ROHMADANI, Heroisme Dalam Serat Menak Dewi Soja.
SITI ROKHANA, Analisis Tokoh Utama dengan Teori Psikoanalisa Sigmund Freud pada Cerpen HANA Karya Akutagawa Ryunosuke.
NURUL HIDAYATI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK YANG DIBACA MELALUI MODEL STRATTA DENGAN TEKNIK CERITA BERANGKAI SISWA.
BEKTI LIYA SARI, NOVEL 5 CM KARYA DONNY DHIRAGANTORO SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA.
TINGGAR ARDI WINDAKA, PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA PENDEK DENGAN TEKNIK MEMBACA RETENSI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 BELIK PEMALANG.
Identitas Mahasiswa - NAMA : DESI ARIYANTI - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa.
ASIH PUTRIANA, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DAN MEDIA KARTU SITUASI KHAYAL.
PUJIANIK, Novel Panglipur Wuyung Asmara Ing Bandjir Lusi Karya JA. Setia Kajian Stilistika.
MUHAMMAD HERU WIBAWA, WATAK DAN PERILAKU TOKOH UTAMA NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA.
ANDIKA RAKA DIANJAYA, Skizofrenia sebagai Fenomena Psikologis dalam Cerpen Le Horla Karya Guy de Maupassant.
NOR HIDAYAH, CITRA DIRI WANITA CINA DALAM NOVEL PUTRI CINA KARYA SINDHUNATA.
YENNY NOOR AFIFA, KONFLIK BUDAYA TOKOH LELAKI DALAM NOVEL TIBA-TIBA MALAM KARYA PUTU WIJAYA.
JOKO WURYANTO, Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lakon Dewa Ruci Versi Ki Anom Suroto dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar bagi Siswa.
FENTY HASWIYANTI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAPRESIASI PUISI MELALUI PENDEKATAN SOSIOPRAGMATIK DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STRATTA.
SHOFIYATUN, KONFLIK PSIKOLOGIS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL TUHAN, IZINKAN AKU MENJADI PELACUR KARYA MUHIDIN M. DAHLAN.
CHARISAH MILATILLAH, Watak Tokoh-tokoh dalam Kumpulan Crita Cekak Ajur Karya Akhir Lusono.
AWAN KURNIAWAN, ASPEK SOSIAL DALAM NOVEL BILA MALAM BERTAMBAH MALAM KARYA PUTU WIJAYA.
ENIK MURDIESTI, PENYIMPANGAN PERILAKU ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM KUMPULAN CERPEN CERITA PENDEK TENTANG CERITA CINTA PENDEK KARYA DJENAR MAESA.
FRANSISCUS XAVERIUS HARDANTO, Penokohan dalam Novel Pertemuan Dua Hati Karya N.H. Dini dan Kemungkinannya sebagai Bahn Ajar di SMA/ MA.
DIDIK KUSUMA SAPUTRA, Fakta Cerita dan Tema Novel Purasani Karya Yasawidagda.
SUDIHARTI, Nilai Religius dalam Kumpulan Cerpen Derai-Derai Kamboja Karya Kusmawanti sebagai Alternatif Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
HENI PURWATI, Gaya Bahasa dalam Cerita Sambung Sang Fotografer Karya Ay. Suharyono.
ASRI WINAHYU, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI TEKNIK DESKRIPSI BENDA KONKRIT SISWA KELAS V SD NEGERI BANJARSARI 2 KECAMATAN.
AULIA AHMAD RITAUDDINZ, SUDUT PANDANG DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA.
AINUN NAJIB, Motivasi Klub-Klub Sepak Bola Devisi 1 Pengurus cabang (pengcab) PSSI Kabupaten Batang untuk Mengikuti Kompetisi.
PUJI MARYATI, Ekspresi Esmiet dalam Sembilan Crita Cekak di Majalah Panjebar Semangat.
NUGRAH PAMBUDI, PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI DIKAJI DARI POLA KOMUNIKASI KELUARGA PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI I BANJARNEGARA.
MOH NUR AKHLIS, Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Ungkap Perasaan pada Siswa Kelas VII MTs Al Burhan Semarang Tahun Pelajaran.
ENNY INDRARTI, UNSUR INTRINSIK NOVEL CINTA DARI SURGA KARYA ANAM KHOIRUL ANAM DAN KEMUNGKINANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMP.
SANTI RAHAYU, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI MEDIA PHOTOSTORY DENGAN TEKNIK PENGANDAIAN DIRI SEBAGAI PENGARANG SERBA HADIR.
RIBUT ACHWANDI, KONFLIK SOSIAL DAN POLITIK DALAM KUMPULAN CERPEN RAZIA AGUSTUS KARYA SOBRON AIDIT.
NAUFAL ALIN, Perempuan Dalam Novel Dawet Aju Karya Widi Widajat.
MUHAMMAD ZAENUDIN, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI STRATEGI ATM DENGAN MEDIA CONTOH CERPEN SISWA KELAS X-8 SMAN 2 BAE KUDUS.
NOVITA LAELLY, Sinden Dalam Cerbung Tembang Katresnan Karya Atas S. Danusubroto.
Identitas Mahasiswa - NAMA : IWAN SUSANTI - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan.
M. ABDUL AZIZ MUSLIM, Pemakaian Media OHP dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas VIIG MTs Taqwal Ilah Semarang.
WASIS HARDIYANING PAMUNGKAS, KONFLIK PSIKOLOGIS TOKOH PELACUR DALAM NOVEL MAAF, AKU TERPAKSA JADI PELACUR KARYA SUTIRMAN EKA ARDHANA.
OKVIANTARI, ANALISIS PERBEDAAN ANTARA KINERJA KEUANGAN SEBELUM DENGAN SESUDAH KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK (BBM)TAHUN 2005 PADA PT. PANDU.
BAGUS PRASETYO ADILUHUNG, Sirwenda Danurwenda Dalam Kajian Strukturalisme Greimas.
SRI WAHYUNI, Motif Perubahan Perilaku Tokoh Utama dalam Novel Sumi (Jejak Cinta Perempuan Gila) Karya Maria Bo Niok.
DEWI MAFTUCHAH, Alur Novel Emprit Ambuntut Bedhug Karya Suparto Brata.
DEFIANA LUTFITASARI, Mitos Cerita Candi Gamelan Di Kabupaten Pekalongan.
DEDDY DWI WIJAYA, Struktur Cerita Misteri Alaming Lelembut pada Majalah Jawa Panjebar Semangat Tahun 2010.
ODA SHYANTICA HANINGTYAS, DEIKSIS DALAMROMANVENDREDI OU LAVIE SAUVAGE KARYA MICHEL TOURNIER.
DINA NURMALISA, Citra Wanita dalam Novel Jala Karya Titis Basino
RATIH FAJARWATI, PENGEMBANGAN MEDIA VCD PEMENTASAN DRAMA SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN MENGAPRESIASI PEMENTASAN DRAMA UNTUK SISWA SMP.
Identitas Mahasiswa - NAMA : RANIN AGUNG KURNIAWAN - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS :
RINTO HASNIADI, OPENING PROGRAM CANTING PADA STASIUN PRO TV SEMARANG.
RISTIYA DWI ANGGRAENI, Variasi Soal Evaluasi Aspek Mendengarkan Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas VII SMP Negeri Se-
AMNAH FALESTINA, Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Sugesti- Imajinasi Media Lagu Siswa Kelas X MA Salafiyah Karang Tengah.
ISMAIL, Perberdaan Hasil Belajar Kesehatan dan Keselamatan Kerja dengan Menggunakan Ceramah dan Ceramah-Modul pada Siswa Kelas X Mekanik Otomotif.
FIA NURUL HIDAYATI, UNSUR INTRINSIK DALAM SERIAL NOVEL CAFE GAUL 1 LA TANSA MALE CAFE KARYA NURUL F HUDA SERTA KEMUNGKINANNYA SEBAGAI BAHAN.
YUNITA ENDARWATI, Struktur Crita Cekak (Cerkak) Majalah ''Jaya Baya'' pada Tahun 90-an.
KURNIAWAN WISNU GROHO, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI) PADA SISWA KELAS VIIIA SMP.
INDAH FITRIYA DWI SETYANINGSIH, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR DENGAN TEKNIK EVALUASI LANGSUNG SISWA KELAS V.
DIAN WARSITANINGRUM, Pembelajaran Menggambar di TK
NOVIA DWI TRANWATI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA ANGKA SISWA KELAS X SMA DIAN KARTIKA.
INSAN PERAN ARINTANG, Manajemen Produksi Kelompok Musik Radikal Corps di Semarang: Kajian Karya Musiknya.
Identitas Mahasiswa - NAMA : AZIS ARIANTO - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan.
ASTERIA MURBANDARI, Novel Luruh Kuncup sebelum Berbunga Karya Mira W dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
YULIYANTO, Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Media Gambar Karikatur melalui Teknik Pancingan Kata Kunci Siswa Kelas VIII F SMP Negeri.
ISNI AGISTA, PENANGANAN KASUS STRES DALAM MENGHADAPI AKTIVITAS KULIAH MELALUI PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORISTIK DENGAN TEKNIK PENGELOLAAN DIRI.
DITA AKMALIYAH, Peningkatan Keterampilan Bercerita dengan Menggunakan Media Wayang Kartun pada Siswa Kelas VIIA SMP I Kangkung Kabupaten Kendal.
ZULFAH MUYASSAROH, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN PEMODELAN PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI.
WIDOWATI, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK SECARA LANGSUNG PADA SISWA KELAS X MA AL ASROR GUNUNGPATI SEMARANG.
ULIYAH HIKMAH, Peningkatan Keterampilan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Teks Drama dengan Pembelajaran Kooperatif Siswa Kelas VIIIF SMP Negeri.
SITI FATIMAH, RELASI GAMBAR ILUSTRASI DENGAN TEKS PUISI DALAM KUMPULAN PUISI AIR KATA KATA KARYA SINDHUNATA.
Transcript presentasi:

ENDANG MURDININGSIH, NALURI DAN REAKSI TOKOH UTAMA PADA NOVEL MUKJIZAT CINTA KARYA MOHAMMAD MASYKUR A.R.SAID

Identitas Mahasiswa - NAMA : ENDANG MURDININGSIH - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - enda pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Prof.Dr.Agus Nuryatin,M.Hum. - PEMBIMBING 2 : Drs.Mukh Doyin,M.Si. - TGL UJIAN :

Judul NALURI DAN REAKSI TOKOH UTAMA PADA NOVEL MUKJIZAT CINTA KARYA MOHAMMAD MASYKUR A.R.SAID

Abstrak Novel Mukjizat Cinta karya Muhammad Masykur A.R.Said menyajikan kepribadian tokoh Afdhal yang tergolong dalam dua naluri, yaitu naluri kehidupan dan naluri kematian. Naluri yang mendominasi dalam diri Afdhal adalah naluri kehidupan. Naluri merupakan dorongan dari dalam diri yang bersifat tidak ada paksaan melainkan timbul secara alamiah. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini mencakup (1) naluri apakah yang lebih dominan yang mempengaruhi tokoh utama dalam bertindak pada novel Mukjizat Cinta karya Muhammad Masykur A.R.Said (2) bagaimanakah reaksi tokoh utama dalam mengatasi masalah dalam novel Mukjizat Cinta karya Muhammad Masykur A.R.Said. Tujuan Penelitian ini, yaitu: (1) mengungkap naluri yang lebih dominan yang mempengaruhi tokoh utama dalam bertindak pada novel Mukjizat Cinta Karya Muhammad Masykur A.R.Said. (2) mengungkap reaksi tokoh utama dalam mengatasi masalah dalam novel Mukjizat Cinta karya Muhammad Masykur A. R. Said Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan tekstual yang mengkaji aspek psikologi tokoh utama dalam karya sastra. penulis menggunakan Psikologi sebagai alat bantu untuk mengkaji naluri dan reaksi tokoh utama dalam mengatasi masalah yang dialami tokoh utama pada novel Mukjizat Cinta karya Muhammad Masykur A.R.Said. Hasil pembahasan skripsi ini adalah mengenai tokoh dan penokohan yaitu Afdhal. Dari analisis penokohan tokoh utama Afdhal dalam novel ini digambarkan sebagai sosok lelaki tua yang hidup sebatang kara karena istrinya sudah meninggal dan anak-anaknya sudah menikah semua, karena ia tidak ingin anak-anaknya merasa kerepotan jika tinggal dengan anak-anaknya ia memutuskan untuk tinggal sendirian. Tokoh Afdhal digambarkan memiliki naluri naluri kehidupan yang dibuktikan bahwa dirinya memiliki keinginan untuk menikah, bersyukur, keinginan untuk makan, memiliki rasa sayang, suka menolong, taat beribadah dan mengagumi wanita. Sedangkan naluri kematian yang ditunjukkan oleh tokoh Adhal adalah rendah diri, memiliki rasa benci, menyiksa batinnya sendiri. Adanya naluri tersebut kemudian timbul adanya reaksi yang ditimbulkan dari naluri kehidupan dan naluri kematian. Reaksi yang menimbulkan masalah dapat diatasi dengan adanya mekanisme pembentukan diri. Bardasarkan hasil pembahasan di atas Penulis menyarankan agar hasil analisis skripsi yang berjudul Naluri dan Reaksi Tokoh Utama dalam novel Mukjizat Cinta Karya Muhammad Masykur A.R. Said ini dapat digunakan oleh peneliti sastra yang lain untuk menganalisis dari segi psikologi sastra atau segi ilmu sastra yang lain.

Kata Kunci Novel, Penokohan, Macam Naluri, Reaksi Tokoh.

Referensi Aminuddin, Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung : Sinar Baru Algesindo. Baribin, Raminah Teori dan Apresiasi Prosa Fiksi. Semarang : IKIP Semarang Press. Bertens. K Ueber Psychoanalyse, Funf Verlesungen (Sigmund Freud). Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama. Correy, Gerald Teori dan Praktek Konseling (diindonesiakan oleh E Koswara dari judul Theory and Practice of Conseling and Psychotherapy). Bandung : ERESCO. Dirgagunarsa, Singgih Pengantar Psikologi. Jakarta : Mutiara. Endraswara, Suwardi Metodologi Penelitian Sastra. (Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi). Yogyakarta : Med Press (Anggota IKAPI). Jabrohim Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta : PT. Hanindita Graha Widia. Koswara. A Teori-teori Kepribadian. Bandung : ERESCO. Lindzey, dan Hall. Teori-teori Sifat dan Behavioristik. Jakarta : Kanisius. Nurgiyantoro, Burhan Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press. Nuryatin, Agus Pengantar Ilmu Sastra. Semarang : FBS UNNES. Selden, Raman Teori Sastra Masa Kini. Yogyakarta : Medpress (Anggota IKAPI). Sarwono, Wirawan. S Berkenalan dengan Aliran-aliran dan Tokoh-tokoh Psikologi. Jakarta : Bulan Bintang. Sarwono, Wirawan. S Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta : CV. Rajawali. Sayuti, A dan Suminto Wiyatmi Kritik Sastra. Jakarta : Depdiknas. Semi, Atar Kritik Sastra. Jakarta : Depdiknas. Sugihastuti, Sofia Adib Feminisme dan Sastra. Bandung : Katarsis. Suharianto Dasar-dasar Toeri Sastra. Semarang : Rumah Indonesia. Suryabrata, Sumadi. Psikologi Kepribadian. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Wellek, Rene dan Austin Warren, Teori Kesustraan (diindonesiakan oleh Melani Budianta). Jakarta : Gramedia. Zulfahnur. 1996/1997. Teori Sastra. Jakarta : Depdikbud.

Terima Kasih