Teori Permainan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MASALAH PENUGASAN (ASSIGNMENT PROBLEM)
Advertisements

PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI KONFLIK (GAME THEORY)
PERTEMUAN XII ANALISA KEPUTUSAN DAN TEORI PERMAINAN
TEORI PERMAINAN.
Tugas Kelompok 8 GAME THEORY
TEORI PERMAINAN Yogi Oktopianto, ST., MT.
PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI KONFLIK
TEORI PERMAINAN BAB 8.
TEORI PERMAINAN Misalkan : ada dua pihak atau lebih (orang/perusaha-
Analisis finansial dan analisis ekonomi
Perilaku Strategik Game Teori Nash Equilibrium Pemain Strategy
PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI TIDAK PASTI
PERTEMUAN TEORI PERMAINAN
PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI KONFLIK
Pengertian Teori permainan adalah suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi dan pertentangan (konfleks) antar berbagai kepen- tingan. Teori.
Dosen : Wawan Hari Subagyo
"Metode Penugasan".
Selamat datang di Metode simpleks.
BAB 3 DETERMINAN.
MODEL ANTRIAN (Waiting Lines)
LINEAR PROGRAMMING Pertemuan 05
Model penugasan (assignment model) kasus khusus dr model transportasi: sejumlah m sumber ditugaskan ke sejumlah n tujuan (satu sumber utk satu tujuan)
Selamat datang Di TRANSPORTASI
TEORI PGB. KEPUTUSAN PENDAHULUAN Ari Darmawan, Dr. SAB. MAB.
Pengambilan Keputusan dalam Kondisi Konflik
Disusun oleh : Iphov kumala sriwana
DETERMINAN DARI MATRIKS Pertemuan
PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI KONFLIK
TEORI PERMAINAN & GELAGAT STRATEGIK
TEORI PERMAINAN.
Teori Permainan MODUL 14 Tujuan Instruksional Khusus :
HARGA DAN OUTPUT DI PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Model Linear dan Aljabar Matriks
PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI TIDAK PASTI
GAME THEORY Modul 11. PENELITIAN OPERASIONAL Oleh : Eliyani
METODE STOKASTIK Minggu-6 dan 7
Lecture 8 : Pengambilan Keputusan dalam Kondisi Konflik (Game Theory)
Pertemuan 10 Teori Permainan
KONSEP TEORI GAME PENGANTAR TEORI GAME.
Teori Permainan Istilah “games” atau permainan berhubungan erat dengan kondisi pertentangan bisnis yang meliputi suatu periode tertentu.
TEORI PERMAINAN.
Modul VI. Teori Permainan Untuk Dasar Penentuan Strategi
TEORI PERMAINAN.
TEORI PERMAINAN Emmy Indrayani.
TEORI PERMAINAN.
Teori Permainan (Game Theory) Pertemuan 10
Pengambilan Keputusan Dalam Kondisi Konflik
Modul VIII. Keputusan Dalam Keadaan Ada Risiko dan Ketidakpastian
Teori Permainan (Game Theory) Pertemuan 9
LINIER PROGRAMMING METODE SIMPLEX
MANAJEMEN SAINS METODE SIMPLEKS.
Operations Management
GAME THEORY.
TEORI PERMAINAN (GAME THEORY)
MODUL 10 – MANAJEMEN LOGISTIK
TEKNIK RISET OPERASI MUH.AFDAN SYARUR CHAPTER.10
TEORI PERMAINAN.
Oleh : Asthirena D. A ( ) Pmtk 5C.
PERTEMUAN XII ANALISA KEPUTUSAN DAN TEORI PERMAINAN
TEORI PERMAINAN.
Perilaku Strategik Game Teori Nash Equilibrium Pemain Strategy
KEUNTUNGAN PRODUSEN EKONOMI MIKRO.
MODEL ANTRIAN (Waiting Lines)
Pengambilan Keputusan dalam Kondisi Konflik
Games Theory By Wasis A.Latief by Wasis A.Latief.
GAME THEORY.
Perilaku Strategik Game Teori Nash Equilibrium Pemain Strategy
Operations Management
PRINSIP-PRINSIP EKONOMI DALAM MANAJEMEN USAHA TANI TERNAK
PRINSIP-PRINSIP EKONOMI DALAM MANAJEMEN USAHA TANI TERNAK
Transcript presentasi:

Teori Permainan

Pendahuluan Adl Pendekatan matematis utk merumuskan situasi persaingan dan konflik antara berbagai kepentingan (menganalisa proses pengambilan keputusan dr situasi2x persaingan yg berbeda dan melibatkan dua atau lebih kepentingan).

# Perlakuan dlm permainan yaitu : Setiap pemain (individu/kelompok) punya kemampuan utk mengambil keputusan secara bebas dan rasional… # Kalsifikasi model2x teori permainan : Jumlah Pemain Jumlah Keuntungan & kerugian Jumlah Strategi

Contoh Permainan dua-pemain jumlah nol. Pemain A Pemain B B1 B2 B3 A1 Bila jumlah keuntungan/kerugian adl nol disebut permainan jumlah nol atau jumlah konstan. Sebaliknya disebut permainan bukan jumlah nol . Contoh Permainan dua-pemain jumlah nol. Pemain A Pemain B B1 B2 B3 A1 A2 6 8 9 5 2 4 Tabel Contoh Matriks Permainan Dua-Pemain Jumlah Nol

Unsur-unsur Dasar Teori Permainan: 1. Angka2x dlm matriks Pay Off (matriks permainan);pemain baris dan kolom adlh merupakan keuntungan dan kerugian bagi pemain. 2. Strategi permianan adl rangkaian kegiatan atau rencana yg menyeluruh dr seorang pemain.(pemain A punya 2 strategi yaitu A1 dan A2 ; pemain B punya 3 strategi yaitu B1,B2, dan B3 ). 3. Aturan-aturan permainan yaitu kerangka para pemain hrs memilih strategi2x secara simultan dan permainannya berulang.

4. Nilai permainan adl hasil perkiraan per-permainan atau pay off rata2x sepanjang rangkaian permainan, dimana kedua pemain mempergunakan strategi yg paling baik atau optimal.(nilai nol artinya permainan adil {tdk ada untung/kemenangan};sebaliknya nilai tidak nol artinya permainan tidak jujur). 5. Strategi dikatakan Dominan bila tiap pay off adl superior thd tiap pay off yg berhubungan dlm strategi alternatif. 6. Strategi Optimal adl rangkaian kegiatan/ rencana menyebabkan pemain dlm posisi paling menguntungkan {ada penyimpanganstrategi optiml/rencana Optimal/pernurunan pay off}. Tujuan dari model permainan adl identifikasi strategi/rencana optimal utk tiap pemain.

Permainan Strategi Murni. Pemain A Pemain B Minimum Baris B1 B2 B3 A1 A2 1 8 9 5 2 4 Maks Kolom Maksimin Minimaks Pandang baris (prshan A) : A1 dipilih mk B akan memilih B1 dan payoff A yaitu 1. A2 dipilh mk B3 akan dipilh dan payoff A yaitu 4. Posisi A paling untung.

Perhatiakn kolom (B) : B3 mendominasi B2,Kol B2 dihilangkan Perhatiakn kolom (B) : B3 mendominasi B2,Kol B2 dihilangkan.. Bila B1 dipilh mk A akan memilh A2 dan B akan kehilangan 8%, tetapi bila B3 dipilh mk A2 akan terpilh dan B hanya rugi 4%. Kesimpuln nya Strategi Optimal A adl A2 dan Strategi perusahaan B adl B3 dg kriteria maksimasi(baris : 1 & 4) yaitu 4 /minimasi(kolom:8,5,4) yaitu 4.

Permainan Strategi Murni. Perusahaan B Minimum Baris B1 B2 B3 A1 A2 A3 2 5 7 -1 2 4 6 1 9 2 -1 1 Maksimum Kolom 6 5 9 Maksimin Perusahaan A Minimaks

Karena nilai maksimin tdk sama dg nilai minimaks shg tdk diketemukan titik Plana . Dg menerapkan aturan dominan mk strategi B3 didominasi B2, shg kol B3 dpt dihilangkan. A2 didominasi A1, shg A2 dihilangkan.matriks berubah menjadi 2x2. Perusahaan B Minimum Baris B1 B2 A1 A3 2 6 5 1 Maks Kolom Maksimin Perusahaan A Minimaks

Karena nilai maksimin tdk sama dg nilai minimaks jg shg tdk ada titik Plana. Utk menyelesaikannya dilakukan dg : Metode Analitis Metode Aljabar matriks Metode Linier Programming

Metode Analitis Diharapkan agar keuntungan/ kerugian sama. Perusahaan A: misal strategi A1 = p, dan strategi A3 = 1-p. Dg strategi B1, mk keuntungan yg diharapkan : 2p + 6(1-p) = 6 – 4p {probilitas Payoff} Dg strategi B2, mk keuntungannya: 5p+1.(1-p)=1+4p {probilitas Payoff} Strategi optimal utk A diperoleh dg 6-4p = 1 + 4p  p=5/8 = 0,625 # Perusahaan A seharusnya menggnkn strategi A1 62,5% dan strategi A3 37,5%. keuntungan A =0,625(2)+0,375(6)=0,625(5)+0,375(1) = 3,5

Perusahaan B : misal strategi B1 = q, dan strategi B2 = 1-q. misal strategi A1, mk kerugian yg diharapkan : 2q + 5(1-q) = 5 – 3q {probilitas Payoff} Dg strategi A3, mk kerugiannya: 6q+1.(1-q)=1+5q {probilitas Payoff} Strategi optimal utk B diperoleh dg 5 – 3q = 1 + 5q  q=4/8 = 0,50. # Perusahaan B seharusnya menggnkn strategi B1 50% dan strategi B2 50%. kerugian B =0,50(2)+0,50(5)=0,50(6)+0,50(1) = 3,5

Kesimpulan Dicapai titik Plana(equilibrium), kedua pemain dpt memperbaiki posisi dimana pemain A telah menaikkan keuntungan dr 2 menjadi 3,5; dan perusahaan B mengurangi kerugian dr 5 menjadi 3,5.

Metode Aljabar Matriks metode ini digunakan utk menyelesaikan permainan matriks segi empat yg lebih banyak dr permainan 2x2 B1 B2 A1 A3 2 5 6 1 Pij Pij menunjukkan jumlah payoff dlm baris i dan kolom j. Strategi optimal utk perusahaan A dan B dan nilai permainan dicari dg: 1 1 Padj Strategi Optimal perusahaan A = 1 1 1 Padj

Nilai Permainan = = 1 1 Pcof 1 1 1 Padj Padj Pij 1 1 1 Padj 1 1 Pcof Strategi Optimal perusahaan B = 1 1 1 Padj Nilai Permainan = = Strategi Optimal A Padj Strategi Optimal B Pij 1 1 1 Padj Dimana Padj = Adjoin matriks Pcof = cofaktor matriks = matriks permainan/determinan matriks permainan Pij

Dari contoh sblmnya : 2 5 6 1 1 -6 -5 2 Pij = Pcof = 1 -5 -6 2 Padj = 2 5 6 1 1 -6 -5 2 Pij = Pcof = T 1 -5 -6 2 Padj = Pcof = 2 5 6 1 Pij = = 2 – 30 = -28

-4 -4 1 -5 -6 2 1 1 Strategi Optimal perusahaan A = 1 1 1 1 -5 -6 2 1 -5 -6 2 1 1 Strategi Optimal perusahaan A = 1 1 1 1 -5 -6 2 -5 -3 = -8 1 -6 -5 2 1 1 Strategi Optimal perusahaan B = 1 1 1 1 -5 -6 2 -4 -4 = -8

Kesimpulan Jadi Strategi2x campuran yg optimal = A1 = 5/8 A3 = 3/8 B1 = 4/8 = ½ B2 = 4/8 = ½ Nilai permainan = 5 3 8 8 2 5 6 1 1/2 =3,5 1/2 2 5 6 1 ATAU : nilai permainan = = -28/-8 = 3,5 -8

Metode Linier programming A sbg maksmin player : 2x1 + 6x2 >= V {bila pemain B menggunakan strategi B1 } 5x1 + 1x2 >= V {bila pemain B menggunakan strategi B2 } Diketahui : x1 + x2 = 1 Dan x1,x2 >= 0 B sbg minmaks player : 2y1 + 5y2 <= V {bila pemain A menggunakan strategi A1 } 6y1 + 1y2 <= V {bila pemain A menggunakan strategi A3 } Diketahui : y1 + y2 = 1 Dan y1,y2 >= 0

Dengan membagi stiap ktidaksamaan dan persamaan diperoleh : Utk perusahaan A : 2(x1/v) +6(x2/v) >= 1 5(x1/v) +1(x2/v) >= 1 (x1/v)+(x2/v) = (1/v)X1 + X2 = (1/v) Utk perusahaan B : 2(y1/v) +5(y2/v) <= 1 6(y1/v) +1(y2/v) <= 1 (y1/v) + (y2/v) = (1/v)Y1 + Y2 = (1/v)

Kasusnya menjadi ; A Minimumkan: B Maksimumkan: Z = x1 + x2 Batasan2x : 2x1+6x2 >= 1 5x1+1x2 >= 1 x1,x2 >= 0 B Maksimumkan: Z = y1 + y2 Batasan2x : 2y1+5y2 <= 1 6y1+1y2 <= 1 y1,y2 >= 0 Rumusan A adalah dualnya dari B. dpt diselesaikan dg metode simpleks

Selesai