NGASIYATI, 2102405617 Gaya Bahasa dalam Novel Dom Sumurup ing Banyu Karya Suparto Brata.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DEVI DWI ASTITI, Kepribadian Tokoh dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata.
Advertisements

SUWARSIH, Kriminalitas dalam Novel Kembang Kantil Karya Senggono.
DIDIK AGUNAWAN, Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat dengan Teknik Skimming dan Scanning pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Rembang Tahun.
RATIH BUDI NURANI, Cerita Jaka Setya Lan Jaka Sedya Karangan Mas Arjasuwita Dalam Kajian Greimas.
RIRIN JUNIATI, Penyimpangan Aspek Pragmatik Wacana Humor Rubrik Sing Lucu Di Majalah Panjebar Semangat.
HERI ROHMADANI, Heroisme Dalam Serat Menak Dewi Soja.
GALIH WICAKSONO, Tindak Tutur Ekspresif pada Rubrik Gambang Suling di Majalah Jaya Baya.
SUCI ANGGARINI, Aspek Tokoh dan Penokohan dalam Kumpulan Cerkak Panggung Sandiwara Karya Daniel Tito dan Kesesuaiannya sebagai Bahan Ajar di.
RINA SEPTIANA, Gaya Bahasa dalam Cerbung Cintrong Traju Papat Karya Suparto Brata.
SUWASTI RATRI ENI LESTARI, Semiotik Syair Lagu Karya Sujiwo Tejo Album Pada Suatu Ketika.
ZULNITA MUSFIANI, Intertekstual Wayang Gombal dalam Majalah Jaya Baya.
SUBANDI, Kesalahan Pemilihan Leksikon oleh Santri Pondok Pesantren Al Ashror Ditinjau dari Unggah-ungguh Basa dalam Bertindak Tutur.
NOPITA IKA RAHMAWATI, Kesalahan Berbahasa Jawa Pada Papan Nama Pertokoan Di Kabupaten Pemalang.
PUJIANIK, Novel Panglipur Wuyung Asmara Ing Bandjir Lusi Karya JA. Setia Kajian Stilistika.
LAILY HAYUNING TYAS, Analisis Kelayakan Penyajian Materi Kompetensi Berbicara Pada Buku Teks Basaku Basamu Basa Jawa dan Marsudi Basa lan Sastra.
MUHAMMAD HERU WIBAWA, WATAK DAN PERILAKU TOKOH UTAMA NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA.
NOR HIDAYAH, CITRA DIRI WANITA CINA DALAM NOVEL PUTRI CINA KARYA SINDHUNATA.
DIANA EKA JAYANTI, Parikan Dalam Gendhing Tayub Blora.
TRIMIATI, Puitika Widodo Basuki Dalam Kumpulan Geguritan Layang Saka Paran.
JOKO WURYANTO, Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lakon Dewa Ruci Versi Ki Anom Suroto dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar bagi Siswa.
TAWAR INDARWANTO, Tinjauan Tema, Amanat, Fungsi Ekspresif Referensial dan Puitik dalam Kumpulan Puisi Le feu de joie Karya Louis Aragon.
TRI WAHYUNI, Syeh Siti Jenar Dalam Kacamata Pembaca
CHARISAH MILATILLAH, Watak Tokoh-tokoh dalam Kumpulan Crita Cekak Ajur Karya Akhir Lusono.
ENIK MURDIESTI, PENYIMPANGAN PERILAKU ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM KUMPULAN CERPEN CERITA PENDEK TENTANG CERITA CINTA PENDEK KARYA DJENAR MAESA.
DIDIK KUSUMA SAPUTRA, Fakta Cerita dan Tema Novel Purasani Karya Yasawidagda.
ANANG FEBRI PRIAMBADA, Bentuk dan Makna Leksikon Pembentuk Rumah Adat Kudus.
SUDIHARTI, Nilai Religius dalam Kumpulan Cerpen Derai-Derai Kamboja Karya Kusmawanti sebagai Alternatif Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
HENI PURWATI, Gaya Bahasa dalam Cerita Sambung Sang Fotografer Karya Ay. Suharyono.
SULIYATI, Ajaran Serat Nitiprana Dalam Kajian Struktural Semiotik Todorov.
AULIA AHMAD RITAUDDINZ, SUDUT PANDANG DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA.
PUJI MARYATI, Ekspresi Esmiet dalam Sembilan Crita Cekak di Majalah Panjebar Semangat.
RITA FIYANI, Pemakaian Tingkat Tutur Bahasa Jawa Mahasiswa Kos di Lingkungan Kampus Universitas Negeri Semarang.
WIWIT UJI SHARASWATI, Struktur Cerita Novel Kembang saka Persi Karya Soebagijo I.N.
PARAMITA MUTAQIENAH, Cerita Rakyat Ki Ageng Giring di Desa Gumelem Kabupaten Banjarnegara.
UMIANA NUR ROFIQOH, Diksi Dalam Dongeng Wacan Bocah Glanggang Remaja Pada Majalah Jawa Panjebar Semangat Tahun 2008.
EKA OKTA HARMIA, Pemanfaatan Teknik Imajinasi Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Geguritan Pada Siswa Kelas X 2 MA Nahdlatul Muslimin.
RIZQIYA AFIFATUN NISRINA, Struktur Frasa Pengisi Fungsi Predikat Pada Kumpulan Romansa Jawa Tembange Wong Kangen.
FITRI RETNO DEWI, Variasi Pemakaian Bahasa Tenaga Medis Ranah Puskesmas di Kecamatan Winong Kabupaten Pati (Kajian Sosiolinguistik)
NAUFAL ALIN, Perempuan Dalam Novel Dawet Aju Karya Widi Widajat.
EMA KURNIANINGRUM SUNI, Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Strategi ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) Melalui Media.
MUHAMMAD ZAENUDIN, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI STRATEGI ATM DENGAN MEDIA CONTOH CERPEN SISWA KELAS X-8 SMAN 2 BAE KUDUS.
NOVITA LAELLY, Sinden Dalam Cerbung Tembang Katresnan Karya Atas S. Danusubroto.
RETNO CAHYANINGTYAS, Menak Gandrung Yasadipura I dalam Kajian Struktural Semiotik.
BEJO SETYO SLAMET, Jenis-Jenis Repetisi Pada Novel Kunarpa Tan Bisa Kandha Karya Suparto Brata.
BAGUS PRASETYO ADILUHUNG, Sirwenda Danurwenda Dalam Kajian Strukturalisme Greimas.
AWALIA FARAH DIBA LAILA, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MENERUSKAN CERITA SISWA KELAS X SMA N 4.
RIZKI MAISAROH, Gaya Bahasa Dalam Cerbung Kenya Kebak Wewadi Karya Pakne Puri Di Majalah Panjebar Semangat.
DEWI MAFTUCHAH, Alur Novel Emprit Ambuntut Bedhug Karya Suparto Brata.
DEFIANA LUTFITASARI, Mitos Cerita Candi Gamelan Di Kabupaten Pekalongan.
DIAN MUSTIKASARI, Serat Dharma Sasana Dalam Kajian Semiotik.
LITA DWI ARIYANTI, Penerapan Langkah-langkah Perencanaan Kegiatan Remedial Bahasa Jawa di SMP Negeri 1 Gringsing Kabupaten Batang.
DEDDY DWI WIJAYA, Struktur Cerita Misteri Alaming Lelembut pada Majalah Jawa Panjebar Semangat Tahun 2010.
ENDANG MURDININGSIH, NALURI DAN REAKSI TOKOH UTAMA PADA NOVEL MUKJIZAT CINTA KARYA MOHAMMAD MASYKUR A.R.SAID.
ODA SHYANTICA HANINGTYAS, DEIKSIS DALAMROMANVENDREDI OU LAVIE SAUVAGE KARYA MICHEL TOURNIER.
KHORIDATUL MAULA, KESANTUNAN BERBAHASA DALAM WACANA SMS PEMBACA PADA KOLOM SUARA WARGA DI HARIAN KOMPAS.
EKO GUNAWAN, Penggunaan Kohesi dan Koherensi Antarkalimat Dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Sapuran Kabupaten Wonosobo.
KRISTINA TITIS PUJI WHIRANTI, Perbedaan Penggunaan Partikel WA dan GA dalam Buku Cerita Monstaa Hoteru de Natsuyasumi.
AMNAH FALESTINA, Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Sugesti- Imajinasi Media Lagu Siswa Kelas X MA Salafiyah Karang Tengah.
YUNITA ENDARWATI, Struktur Crita Cekak (Cerkak) Majalah ''Jaya Baya'' pada Tahun 90-an.
AMIN JATI WALUYO, Pembelajaran Bahasa Jawa Ragam Krama Pada Masyarakat Samin Di Dukuh Tambak Desa Sumber Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora.
INDAH FITRIYA DWI SETYANINGSIH, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR DENGAN TEKNIK EVALUASI LANGSUNG SISWA KELAS V.
NOVIA DWI TRANWATI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA ANGKA SISWA KELAS X SMA DIAN KARTIKA.
ASTERIA MURBANDARI, Novel Luruh Kuncup sebelum Berbunga Karya Mira W dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
TRI PAMUJI HANDAYANI, Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Metode Latihan Terbimbing Berbantuan Gambar Puzzle pada Siswa.
MUSLIKHATUN, Korelasi Antara Kemampuan Menulis Huruf Jawa dengan Kemampuan Membaca Huruf Jawa pada Siswa Kelas VIII MTs NU Banat Kudus.
EMI HIDAYAH, Pengembangan Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Menyimak Cerita Rakyat Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar.
Identitas Mahasiswa - NAMA : IMA WULANDHARI - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra.
Identitas Mahasiswa - NAMA : PUJI NAWANGSARI - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra.
Identitas Mahasiswa - NAMA : DIKA AGUNG MARLIANTO - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan.
ADNAN HUMAM DHULFIKAR, Modus Spionase Dalam Novel Dom Sumurup Ing Banyu Karya Suparto Brata.
Transcript presentasi:

NGASIYATI, Gaya Bahasa dalam Novel Dom Sumurup ing Banyu Karya Suparto Brata

Identitas Mahasiswa - NAMA : NGASIYATI - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa) - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - eby_mondolz pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Yusro Edy Nugroho, S.S., M.Hum. - PEMBIMBING 2 : Drs. Sukadaryanto, M.Hum - TGL UJIAN :

Judul Gaya Bahasa dalam Novel Dom Sumurup ing Banyu Karya Suparto Brata

Abstrak Berhasil tidaknya seorang pengarang dalam menciptakan karya sastra tergantung pada bahasa. Semakin seseorang sastrawan kaya akan kosakata maka semakin baik pula gaya bahasanya. Novel Dom Sumurup Ing Banyu karya Suparto Brata merupakan karya sastra yang kaya akan kosakatanya sehingga karya sastra menjadi bertambah indah. Berdasarkan penjelasan di atas, maka peneliti mengkaji permasalahan bagaimana komposisi gaya bahasa dalam novel Dom Sumurup Ing Banyu karya Suparto Brata yang mencangkup: diksi, gramatikal, bahasa figuratif, serta konteks dan kohesi. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komposisi gaya bahasa dalam novel Dom Sumurup Ing Banyu karya Suparto Brata yang mencangkup: diksi, gramatikal, bahasa figuratif, serta konteks dan kohesi. Secara teoretis, penelitian ini bermanfaat untuk pengembangan teori sastra dan kritik sastra khususnya dalam bidang karya sastra yang berbentuk novel, lebih-lebih dalam penerapan teori stilistika. Sedangkan, kegunaan secara praktis yaitu untuk menambah pemahaman membaca novel-novel Jawa. Metode, teori, dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah stilisthika. Untuk mendukung hal-hal tersebut peneliti memanfaatkan disiplin ilmu yaitu linguistik dan teori strukturalisme semiotik, dengan tidak melepaskan tiga kode yang terdapat dalam karya sastra. Kode-kode tersebut adalah kode bahasa, kode sastra, dan kode budaya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah keindahan bahasa novel Dom Sumurup Ing Banyu karya Suparto Brata dan keterkaitan bahasa dengan unsur tema, sudut pandang, latar, dan penokohan. Dengan demikian, diperoleh fungsi gaya bahasa dalam novel DSIB. Alur tidak dapat dirunut keberadaannya karena alur yang digunakan dalam novel DISB sangat variatif. Kevariatifan ini disebabkan oleh pilihan kata yang sangat kompleks dan penggunaan kalimat yang banyak mengalami penyimpangan dari kaidah ketatabahasaan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disarankan agar novel Dom Sumurup Ing Banyu karya Suparto Brata dapat dijadikan bahan ajar tata bahasa, kosakata, dan lain sebagainya dikalangan siswa SD/ SMP/ SMA > Wasis orane pengarang anggone ngripta karya sastra gumantung karo basa kang digunakake. Saya akeh tembung sing dianggo saya apik cakrik basane. Novel Dom Sumurup Ing Banyu karya Suparto Brata kagolong karya sastra sing akeh tetembungane saengga karya sastra iku saya endah. Adhedhasar apa kang wis dijlentrehake ing dhuwur, underaning perkara tumrap panaliten iki, yaiku: kepriye cakrik basa novel ing Dom Sumurup Ing Banyu karya Suparto Brata kang nyakup diksi, gramatikal, basa figuratif, uga konteks lan kohesi. Panaliten iki nduweni karep: mangerteni kaya ngapa cakrik basa ing novel Dom Sumurup Ing Banyu karya Suparto Brata kang nyakup diksi, gramatikal, basa figuratif, uga konteks lan kohesi. Ing babagan teoretis, panaliten iki migunani kanggo ngrembakake teori sastra lan kritik sastra mligine karya sastra sing awujud novel, luwih-luwih trap-trapan teori stilistika. Ing babagan praktis, panaliten iki migunani nambah pangertenan anggone maca novel-novel Jawa. Metode, teori, lan pendekatan sing dianggo ing panaliten iki, yaiku: stilistika. Kanggo ndukung prakara-prakara kuwi panaliten iki ngunakake disiplin ilmu, yaiku linguistik lan teori strukturalisme semiotik, uga ora ninggalake 3 kode karya sastra, yaiku: kode basa, kode sastra, lan kode budaya. Asil panaliten iki, yaiku: kaendahaning basa novel Dom Sumurup Ing Banyu karya Suparto Brata lan ndhuweni kasinambungan basa karo unsur tema, sudut pandang, latar, dan penokohan. Kajaba, enggone oleh saka fungsi cakrik basa ing DSIB. Alure ora bisa dirunut panggonane kajaba alur sing dianggo ing DSIB variatif. Kevariatifane kuwi disebabake amarga diksine sing kompleks lan anggone gawe ukara akeh sing ngalami penyimpangan saka kaidah ketatabahasaan. Pamrayoga awit saka panaliten iki, kaajab supaya novel Dom Sumurup Ing Banyu karya Suparto Brata bisa digunakake kanggo bahan ajar tata bahasa baku, kosakata, lan sapanunggale ing tataran SD/ SMP/ SMA.

Kata Kunci Gaya bahasa, Novel, Dom Sumurup Ing Banyu Cakrik basa

Referensi Aminuddin Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dan Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press. ————– Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru algensindo. Brata, Suparto Dom Sumurup Ing Banyu. Yogyakarta: Narasi. Chaer, Abdul Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta. Cineria, Veronica ”Nintingi Buku Suparto Brata’s Omnibus”. Dalam majalah Penyebar Semangat. Agustus Nomer 33. Halaman 25. Surabaya: Percetakan Penyebar Semangat. Jabrohim (ed) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia. Kentjono, Djoko Dasar-dasar Linguitik Umum. Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Keraf, Gorys Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia. Leech, Geoffery N and Michael H. Short Style in Fiction A Linguistic Introduction to English Fictional Prose. London and New York: Longmen. Mardiwarsito, L Peribahasa dan Saloko Bahasa Jawa. Jakarta: Balai Pustaka. Moeleong, Lezy J Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya. Natawidjaja, Suparman Apresiasi Stilistika. Jakarta: Intermasa. Nurgiyantoro, Burhan Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada. Pradopo, Rachmat Djoko Pengkajian Puisi. Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada Universty Press. Prawiraatmadja, S Bausastra Djawa-Indonesia. Surabaja: Express dan Marfiah. Rahmanto, B Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Konisius. Ratna, Nyoman Kutha Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Yayasan Paramalingua. Sasangka, Tri Satriya Tjakur Wisnu Paramasastra Gagrag Anyar Basa Jawa. Jakarta: Paramalingua. Setiyanto, Aryo Bimo Paramasastra Bahasa Jawa. Yogyakarta: Panji Pustaka. Sudaryanto Tata Bahasa Baku Bahasa Jawa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press. Suharianto, S Dasar-dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia. Tarigan, Henry Guntur Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa. Teeuw, A Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: Gramedia. ——–––– Sastra dan Ilmu Sastra (Pengantar Teori Sastra). Jakarta: Gramedia. Uhlenbeck Kajian Morfologi Bahasa Jawa. Jakarta: Djambatan. Wellek, Rene dan Austin Warren Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.

Terima Kasih