Algoritma dan Pemrograman 2C

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Fungsi Konsep Pemrograman.
Advertisements

Introduction to Algorithm evaluation Soal Matrikulasi Buka Buku
POINTER.
PEMROGRAMAN SISTEM PERNYATAAN DASAR PERULANGAN Pertemuan V
PERTEMUAN IV POINTER Pointer adalah suatu variabel penunjuk yang menunjuk pada suatu alamat memori komputer Pointer merupakan.
Elemen Dasar C++.
ARRAY STATIS DAN DINAMIS
FUNGSI Deklarasi dan Definisi fungsi Void dan Non-void Fungsi main.
Fungsi Friend Dalam bahasa C++ kita dapat membuat suatu fungsi yang berada di luar kelas (class) dan dapat meng-ak-ses bagian private suatu kelas. Fungsi.
Pointer. Output? #include int x = 2; void misteri(int a, int b) { a = 2*x; b = y; y = a; } main() { int y; x = 5; y = 7; misteri(x, y); printf("%d %d\n",
Pointer.
ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Nama dan Nilai Objek Abdillah, S.Si, MIT Website:
STRUKTUR PERULANGAN (LOOPING)
Dasar Pemrograman MODUL 06 PERCABANGAN.
Pemrograman Terstruktur
Struktur.
Konsep Pemrograman Contoh Program C # include int main() { printf("Hello World From About\n"); getche (); return 0; }
3 Variabel, Konstanta Tipe Data dan dalam Bahasa C/C++ Java dan Bab
PENGENALAN c++ DAN STRUKTUR DASAR C++
ARRAY.
Pointer Variabel pointer sering disebut sebagai variabel yang menunjuk obyek lain, karena variabel pointer atau pointer adalah variabel yang berisi alamat.
Memori dan Scope Variabel
Person 10Person Variabel Lokal dan Global Suatu variabel lokal dideklarasikan di dalam fungsi ‘a’, dan tidak dapat diakses di luar fungsi (a)
PEMROGRAMAN SISTEM PERNYATAAN DASAR PILIHAN Pertemuan V
ARRAY OF STRUCT Apabila hendak menggunakan 1 struct untuk beberapa kali, ada 2 cara : Deklarasi manual #include typedef struct Mahasiswa { char.
Fungsi.
Pemrograman Dasar Pointers.
Pointer Dr. Lily Wulandari.
POINTER (VAR.PENUNJUK)
Pertemuan 22 POINTER Bag.2 Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
#include //bagian modul int hitung(x,y) { return(x+y); } //bagian utama main() { int jumlah,a,b; a=8; b=2; jumlah=hitung(a,b); cout
P O I N T E R. Merupakan sebuah variabel yang berisi alamat dari variabel lain. Suatu pointer dimaksudkan untu menunjukan ke suatu alamat memori sehingga.
Pertemuan 6 IF Bersarang / IF Bertingkat Nested IF Dasar Pemrograman.
Function User Function.
Structure Data - Array Pertemuan 7 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
STRUCT OF ARRAY Apabila hendak menggunakan 1 struct untuk beberapa kali, ada 2 cara : Deklarasi manual #include typedef struct Mahasiswa { char.
Scope Variable *dalam fungsi Tenia Wahyuningrum, S.Kom., MT
Pointer.
Bab 05 Tipe Data dan Mengisi Variabel
FUNCTIONS Pertemuan 9 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
POINTER.
FUNGSI.
PERTEMUAN KE-9 IFII SAINTEC UIN SGD. FUNCTION (FUNGSI) Function (fungsi) adalah kumpulan pernyataan/statement yang diberi nama, dimana nama tersebut dapat.
Teknik Pemrog. Terstruktur 2
Pointer (Part 1).
PEMROGRAMAN SISTEM PERNYATAAN DASAR FUNGSI Pertemuan VI
Teknik Pemrog. Terstuktur 2
STRUKTUR PERULANGAN 2 (LOOPING-2)
1. Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu :  Mendemonstrasikan penggunaan fungsi serta pengiriman parameter 2.
POINTER Bag.2 Pertemuan 22 Dibuat oleh : Renni Angreni, S.Kom. Triana Elizabeth, S.Kom.
Fungsi, Array dan String
Pemrograman Terstruktur C++ :: Person 10 :: Stefani. P. Tangkuman Yan Makarunggala Supardi Jamali Dosen : Ir. Hasanuddin Sirait, MT STMIK / AMIK PARNA.
Pemrograman Berorientasi Objek Rachmansyah, S.Kom Fungsi.
FUNCTION Fungsi (Function) merupakan sekumpulan instruksi yang membentuk satu unit serta memiliki nama. Fungsi digunakan.
FUNGSI.
Pengertian FUNGSI.
Pemrograman Terstruktur
Statement Control (if dan switch)
PEMROGRAMAN SISTEM FUNGSI
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN II
ARRAY Oleh : sgo.
QUIS Algoritma Pemrograman I
Variabel dan memori.
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
Sesi 2. Pemrograman Arduino 1
array Array merupakan tipe data yang menampung
T0616 ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN (2)
T0616 ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN (11-12)
Memori dan Scope Variabel
Transcript presentasi:

Algoritma dan Pemrograman 2C Scope Variabel dan Memori Aurelio Rahmadian

Variabel Variabel digunakan dalam program untuk menyimpan suatu nilai, dan nilai yang ada padanya dapat diubah selama eksekusi program berlangsung.

Variabel Umumnya dideklarasikan dengan format: type var_name. type menandakan jenis variabel.

Ciri Variabel Made up of letters, digits and underscore. Must start with a non-digit. Case sensitive.

Scope Variabel Variabel Otomatis Variabel Eksternal Variabel Statis Variabel Dinamis

Variabel Otomatis Variabel yg didefinisikan dalam suatu fungsi berlaku sebagai variabel lokal bagi fungsi dengan sifat: Variabel hanya akan diciptakan pada saat fungsi dipanggil. Saat fungsi berakhir, variabel otomatis akan hilang. Tidak perlu ada inisialisasi pada variabel. Hanya dapat diakses dalam fungsi saja.

#include <iostream. h> #include <math #include <iostream.h> #include <math.h> int jml2bil( int x1, int x2 ) // fungsi standard { // var x1 dan x2 adlh var otomatis int jml; jml = x1 + x2 ; return(jml); } int main(void) { int y,a,b; cout << "Masukkan 2 bilangan \n"; cin >> a >> b; y = jml2bil(a,b); cout << "a is " << a << endl; cout << "b is " << b << endl; cout << "y is " << y << endl; return(0);

Variabel Eksternal Adalah suatu variabel yg didefinisikan di luar fungsi, yg dikenal sebagai variabel global. Catatan: Usahakan menggunakan seminim mungkin suatu variabel global. Variabel ini mudah sekali berubah oleh pernyataan penugasaan yang letaknya bisa dimana saja. Ini bisa menimbulkan efek samping yang sulit untuk melacaknya, terutama untuk program yang besar. Variabel global mempunyai durasi selama program dieksekusi atau, memori yg digunakan untuk variabel ini dipertahankan selama program dieksekusi.

#include <iostream. h> #include <math #include <iostream.h> #include <math.h> Int A=5; // var eksternal int jml2bil( int x1, int x2 ) // fungsi standard { int jml; jml = x1 + x2 + A; return(jml); } int main(void) int y,a,b; cout << "Masukkan 2 bilangan \n"; cin >> a >> b; y = jml2bil(a,b); cout << "a is " << a << endl; cout << "b is " << b << endl; cout << "y is " << y << endl; return(0);

Variabel Statis Variabel ini dapat berupa variabel lokal atau global dengan sifat: Jika berupa variabel lokal maka variabel tetap hanya dapat diakses pada fungsi yg mendefinisikannya. Variabel tidak hilang saat berakhir. Inisialisasi hanya dilakukan sekali. Jika berupa var global dapat diakses dari semua file yg didefinisikan (hati hati dalam menggunakannya). Caranya dengan menambah kata static type-data var-name.

#include <iostream #include <iostream.h> int fncstatis(int); void main( ) { int in,out; in = 1 ; while(in!=0) cout << "Enter input value:"; cin>>in; out=fncstatis(in); cout<<"Result:"<< out; } cout<<" End of Program"<< out; int fncstatis(int x) static int a=0; static int b=0; a++; b=b+x; return(b/a);

Memori Memori dapat menyimpan program dan data. Setiap data merupakan kumpulan dari beberapa bit. Umumnya memori diatur dalam kumpulan 8 bit. Setiap byte memiliki address.

Penggambaran Memori MEMORY 1 2 3 4 5 81345 81346 81347 Address CPU

Program Sederhana # Instruction 1 Set memory[801] to hold 00000001 3 If memory[802] = 10 jump to instruction #8 4 increment memory[802] 5 set memory[803] to 2 times memory[801] 6 put memory[803] in to memory[801] 7 jump to instruction #3 8 print memory[801]

Penggambaran Program MEMORY 1 2 3 4 5 801 802 803 Instruction #1 Address 1 2 3 4 5 801 802 803 Instruction #1 Instruction #2 CPU Instruction #3 Instruction #4 Instruction #5 Instruction #6

Human vs Machine Programs The computer can only understand the bits (the encoded program) Humans don't like to deal with bits, so they developed english-like abbreviations for programs. Machine Language Assembly Language

Assembly & Machine Language Assembly Language Machine Language ST 1,[801] ST 0,[802] TOP: BEQ [802],10,BOT INCR [802] MUL [801],2,[803] ST [803],[801] JMP TOP BOT: LD A,[801] CALL PRINT 00100101 11010011 00100100 11010100 10001010 01001001 11110000 01000100 01010100 01001000 10100111 10100011 11100101 10101011 00000010 00101001 11010101 11010100 10101000 10010001 01000100

} High Level Language x=1; while (i!=10){ i++; x=x*2; } printf("%d",x); set memory[801] to hold 00000001 set memory[802] to hold 00000000 if memory[802] = 10 jump to instruction #8 increment memory[802] set memory[803] to 2 times memory[801] put memory[803] in to memory[801] jump to instruction #3 print memory[801] }

Tata Letak Memori STACK HEAP DATA KODE