Kelompok 7 : Anis Suryani Dadang Ashari Noviyaningsih

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Sistem Pendidikan Islam di Indonesia dan Pembaharuannya
Advertisements

Seminar Pendidikan Agama Islam
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
DEFENISI SECARA ETIMOLOGI
HAKEKAT MANUSIA Fenomena logis 1. Manusia sejak lahir merdeka
KATEKESE ANALISIS SOSIAL
PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN
ALIRAN TEOLOGI DALAM ISLAM (SEJARAH DAN PEMIKIRAN)
PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA RASULULLAH DAN SAHABAT
Nama Dosen : Bpk Mujiyono
Filsafat Pancasila.
PENDIDIKAN DAN PEMBEBASAN DALAM PANDANGAN PAULO FREIRE
ISLAM ?.
Pendidikan Kewarganegaraan
PANCASILA SEBAGAI FALSAFAH HIDUP BANGSA
“MEMPERSATUKAN UMAT MELALUI DAKWAH” Pancasila
DAN KESEJAHTERAAN UMAT
Kerangka Dasar Ajaran Islam
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
Agama dan Evolusi Drs. H. Nur Syahid, MPdI
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
MAKNA SILA-SILA PANCASILA
ALIRAN TEOLOGI ISLAM MASA MODERN
a. Kedudukan Akal dan Wahyu dalam Islam
HAM Oleh Kelompok 1.
PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN
I. Arti dan Ruang lingkup agama Islam
MANUSIA DAN KEADILAN Yanti Trianita S.I.Kom.
Arah Program Kajian Islam Ahad Pagi Di Masjid “ Daarul Iman “
PENGANTAR ILMU KALAM Abdul Muid Nawawi.
MASYARAKAT MADANI CIVIL SOCIETY INGGRIS) CIVITAS DEI (LATIN)
PENDIDIK DALAM ISLAM A. PENGERTIAN
MEMBANGUN MASYARAKAT MADANI
UNIVERSITAS PAKUAN PROGRAM PASCA SARJANA JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN 2015 Hakikat Ilmu Filsafat Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah : FILSAFAT.
PENGERTIAN PARADIGMA Definisi paradigma
PENDIDIKAN PANCASILA.
Pancasila sebagai PARADIGMA KEHIDUPAN BERBANGSA & BERNEGARA
HUKUM DAN MORALITAS Dari buku Andre Ata Ujan (Filsafat Hukum)
KONSEP (PENGERTIAN), HUKUM, TUJUAN, URGENSI, DAN HAKIKAT DAKWAH
Apa dan Mengapa Demokrasi?
GEREJA YANG KONTEKSTUAL
PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA
DASAR-DASAR ILMU PENDIDIKAN “HAKEKAT MANUSIA”
dr. H. Agus Taufiqurrohman, M.Kes, Sp.S MPK PP MUHAMMADIYAH
1. Konsep Masyarakat Madani Pengertian Masyarakat Madani
Anang Zubaidy Universitas Islam Indonesia 2013
MASA PEMBINAAN, PENGEMBANGAN, DAN PEMBUKUAN (ABAD VII-X M)
PETA KONSEP : TUHAN YANG MAHA ESA DAN KETUHANAN
INDUSTRIAL ENGINEERING
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
HAKIKAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
HAKIKAT PENDIDIKAN DAN MENDIDIK
KONSEP DASAR AJARAN ISLAM
Nilai Kemanusiaan sebagai dasar pengembangan ilmu
Kesempurnaan Ajaran Islam
HAKIKAT MANUSIA DALAM ISLAM
MANUSIA, KEBUDAYAAN, DAN PERADABAN
Hak asasi manusia dan demokrasi DALAM islam
TEOLOGI ISLAM SEBAGAI PENGETAHUAN RASIONAL
Welcome to KULIAH FILSAFAT UMUM
PENGANTAR ILMU KALAM Abdul Muid Nawawi.
AL-’AQIDAH AL-ISLAMIYAH
MATERI = ISI = KANDUNGAN = KURIKULUM
RUNTUHNYA TEORI EVOLUSI
PENGUATAN IDEOLOGI MUHAMMADIYAH/ ’AISYIYAH
PENGANTAR ILMU KALAM Abdul Muid Nawawi.
OLEH USWATUN HASANAH NIM : 12K01635 PRODI MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM PENDIDIKAN KRITIS DAN MASA DEPAN GURU SISWA SEBAGAI SUBYEK.
DEMOKRASI (2) MASYARAKAT MADANI.
PENGUATAN IDEOLOGI MUHAMMADIYAH/ ’AISYIYAH
Transcript presentasi:

Kelompok 7 : Anis Suryani Dadang Ashari Noviyaningsih Umami Khusnun Nida

HAKIKAT PENDIDIKAN PEMBEBASAN

Hakikat Pendidikan : - Pendidikan dalam arti luasnya : proses sosial bagi manusia untuk mempelajari benda-benda dan hal-hal yang penting agar dia dapat menyesuaikan diri kepada kehidupan masyarakatnya. ( Prof. H.B. Hamdani Ali M A. M.Ed, Filsafat Pendidikan, (Yogyakarta : Kota Kembang, 1993), hal 217) - Usaha secara sengaja dari orang dewasa untuk dengan pengaruhnya meningkatkan si anak ke kedewasaan yang selalu diartikan mampu memikul tanggung jawab moril dari segala perbuatanya. (Dra. Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, 2009, hlm. 120)

Menurut Paulo friere Paulo Friere adalah salah satu filosof dari Barat, dia mengatakan bahwa kebebasan adalah ketiadaan paksaan. Ada 2 kebebasan : - Kebebasan vertikal : kebebasan manusia arahnya kepada Tuhannya. - Kebebasan horizontal : kebebasan manusia kepada manusia lain. (Hasan Langgulung,Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam, (Bandung ; al-Maarif, 1980), hlm. 92. ) Pedogogy of the oppressed pendidikan kaum tertindas • Jadi, Pendidikan pembebasan, menurut Freire adalah pendidikan yang membawa masyarakat dari kondisi "masyarakat kerucut" (submerged society) kepada masyarakat terbuka (open society).

Kebebasan adalah kita memiliki kemampuan untuk menentukan tindakan kita sendiri . Menurut Franz Magnis-Suseno Kebebasan dibagi menjadi 2 sifat : Kebebasan Eksistensial , pada hakikatnya terdiri dari kemampuan manusia untuk menentukan dirinya sendiri, sifatnya positif . Kebebasan ini terwujud dalam dua kategori yaitu kebebasan jasmani dan rohani. Kebebasan Sosial, keadaan dimana kemumngkinan kita untuk bertindak dibatasi dengan sengaja oleh orang lain. Kebebasan sosial dibagi menjadi tiga macam yaitu : kebebasan jasmani , rohani dan normatif.

Dasar pertimbangan pembagian kebebasan eksistensial dan sosial adalah: kebebasan tanggung jawab Kebebasan berdimensi suara hati (Dr. H. Ahmad Kamil, S.H., M.Hum, filsafat kebebasan hakim, 2012 : 149-165)

Pendidikan Islam sebagai Proses Pembebasan - Pembebasan yang di kemukakan Freire telah di terapkan Nabi Muhammad SAW sebagai strategi Dakwah Islam menuju transformasi sosial. (Asghar Ali Engineer, Islam dan Teologi Pembebasan, (Yoyakarta : Pustaka Pelajar, 1999), hlm. 34 – 35.) - Islam sendiri adalah agama pembebasan karena "Islam memberikan penghargaan terhadap manusia secara sejajar, mengutamakan kemanusiaan, menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan keadilan, mengajarkan berkata yang hak dan benar, dan mengasihi yang lemah dan tertindas". - Dengan ilmu pengetahuan , umat Islam diharapkan mempunyai “kesadaran terhadap realitas”. Dalam pandangan Asghar Ali Engineer, ilmu pengetahuan dapat dihubungkan dengan nur (cahaya), artinya dengan ilmu pengetahuan manusia mampu terbebas dari kegelapan menuju cahaya keselamatan. (Asghar Ali Engineer, op cit, hlm 46. )

- Ilmu dalam Islam adalah sebagai kesadaran tentang realitas, maka realitas yang paling utama ketika manusia itu lahir adalah alam semesta . - Alam adalah satu titik kesadaran utama mengenal realitas dan diri sendiri. - Kesadaran inilah yang akan membebaskan manusia dari segala bentuk penindasan di alam semesta. Sebuah kesadaran yang akan menghantarkan manusia pada posisinya sebagai abd (hamba) sekaligus sebagai khalifah (wakil Tuhan) di alam semesta ini. ( Syafi’i Ma’arif, “Pendidikan Islam Sebagai Paradigma Pembebasan” dalam Muslih Usa (ed), Pendidikan Islam di Indonesia ; Antara Cita dan Fakta, (Yogyakarta ; Tiara Wacana, 1991), hlm. 25.)

MODEL MODEL PENDIDIKAN PEMBEBASAN Model Dialog adalah satu-satunya cara,tidak hanya dalam masalah politik,tetapi dalam seluruh ungkapan eksitensi manusia.hanya dengan kepercayaan ,dialog memiliki kekuatan dan makna. Model kritik pada model ini peserta didik dibimbing supaya mengetahui struktur social,ekonomi,budaya,agama dan politik dan tidak menerimanya begitu saja, tetapi malah mempersoalkan hal-hal yang tidak adil. Pendidikan kritis intinya membantu terbentuknya sikap-sikap kritis ,mengangkat kesadaran naïf masyarakat yang telah menenggelamkan nya dalam proses  sejarah  dan mudah termakan irrasionalitas. ( paolu freire ,2000:51-52).

HAL–HAL YANG INGIN DIBEBASKAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM Bebas dari pola pikir dikotomis keilmuan atau  bahkan polarisasi antar ilmu agama dan ilmu umum. Bebas dari pemasungan kesadaran (internal dan eksternal ) yang maeyebabkan  melemahnya kondisi peserta didik. Bebas dari prakrik –praktik pendididkan yang membelenggu  kreatifitas dan kebebasan berfikir peserta didik.

KESIMPULAN -Manusia tidak bisa diperbudak dan dipasung kebebasanya sehingga tidak boleh menurut dan terikat pada ikatan yang membelenggu kebebasanya. -Pendidikan islam dapat mewujudkan menjadi pendidikan pembebasan apabila proses pelaksanaan  pendidikan islam  dapat dilaksanakan  secara demokratis ,dialogis ,dan terbuka serta berupaya menanamkan nilai-nilai tauhid ,sehingga pada akhirnya peserta didik menjadi manusia yang bertaqwa. -Gerakan pembebasan adalah melakukan kesadaran kritis untuk membuka kesadaran “kaum tertindas”, maka Islam mendasarkan diri pada kesadaran untuk memahami realitas yang terjadi disekitar manusia itu sendiri. pembebasan itu sendiri haruslah dijalankan secara dialogis dan demokratis. -Model-m0del pendidikan pembebasan ada dua yaitu model dialog dan model kritis (masifikasi)

S Y U K R O N