BAHASA RAKITAN BAGIAN 2.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
JWASM Input Keyboard.
Advertisements

Program Bahasa Rakitan Tanpa DEBUG.COM
Flags.
Pemograman DEBUG.
OPERASI ARITMATIKA OPERASI PENAMBAHAN 1. ADD
Turbo Assembly Operasi Aritmatika.
Bahasa Assembley & Program COM
POINTER A. PENDAHULUAN Tanpa pointer untuk memindahkan data dari suatu variabel ke register 8 bit, maka variabel tersebut haruslah 8 bit juga yang dapat.
Procedure. Procedure???? Procedure merupakan suatu alat bantu yang sangat berguna. Dengan procedure, suatu program yang besar dapat disusun secara terstruktur.
JWASM Macro.
Macro. Macro ???? Macro hampir sama dengan procedure, yang dapat membantu anda dalam membuat program yang besar. Dengan Macro anda tidak perlu menggunakan.
Turbo Assembly Stack.
Bahasa Pemograman.
Turbo Assembly Membuat Program .EXE.
Turbo Assembly Mencetak Kalimat.
Turbo Assembly Compare and Jump.
Turbo Assembly Masukan dari Keyboard.
REGISTER Oleh : Oman Somantri, S.Kom
DEBUG.
Pemrograman Mikroprosesor
Turbo Assembler TASM.
Program Bahasa Rakitan Tanpa DEBUG.COM
Procedure. Procedure???? Procedure merupakan suatu alat bantu yang sangat berguna. Dengan procedure suatu program yang besar bisa diselesaikan dengan.
JWASM Mencetak angka.
BAHASA RAKITAN BAGIAN 3.
REGISTER.
POINTER & MANIPULASI BIT DAN LOGIKA
Operasi Layar.
Mode Pengalamatan.
Matakuliah : T0074 / Grafika Komputer
Pertemuan 1 Mengapa Belajar Bahasa Rakitan ??
EE-2623 Mikroprosesor & Antarmuka
SISTEM BILANGAN DAN REGISTER
Procedure dan Macro.
Yessy Fitriani Teknik Informatika STT-PLN Jakarta
Program Bahasa Rakitan dengan DEBUG.COM
Pertemuan 5 Struktur program bahasa rakitan
BAHASA RAKITAN BAGIAN 1.
1 Pertemuan 11 Akses langsung ke memori Video Matakuliah: T0483 / Bahasa Rakitan Tahun: 2005 Versi: 1.0.
PRAKTIKUM BAHASA RAKITAN 05
1 Pertemuan 3 Pemanfaatan berbagai fungsi grafik yang telah ada baik melalui ROM-BIOS atau Compiler C/C++ Matakuliah: T0074 / Grafika Komputer Tahun: 2005.
Praktikum 6.
INPUT DARI KEYBOARD.
1 Pertemuan 4 Menggambar titik Matakuliah: T0074 / Grafika Komputer Tahun: 2005 Versi: Versi 1 / Revisi 0.
1 Pertemuan 3 Komponen Sistem Komputer dan Register pada prosesor 8088 Matakuliah: T0483 / Bahasa Rakitan Tahun: 2005 Versi: versi 1.0 / revisi 1.0.
Pengenalan Assembler.
Konsep Dasar & Filosofi Mikroprosesor (μp) / Mikrokontroler (μk)
Program Bahasa Rakitan dengan DEBUG.COM
BIOS, DOS, dan String.
Pengantar Bahasa Rakitan
Matakuliah : T0483 / Bahasa Rakitan Tahun : 2005 Versi : 1.0
Struktur Register dan Metode Pengalamatan
REGISTER.
Mikroprosesor 8086 dan 8088.
Mata Kuliah : Bahasa Rakitan
Pertemuan 13 Pengendalian File
Pengantar Bahasa Rakitan
Pengenalan Assembler.
Instruksi-instruksi pada 8086
Instruksi-instruksi pada 8086
BAB III REGISTER 8088 Mikroprosesor 8088 berorientasi pada register
OPERASI PADA LAYAR.
OPERASI PADA STRING.
Mode Pengalamatan.
Matakuliah : T0483 / Bahasa Rakitan Tahun : 2005 Versi : 1.0
BAHASA RAKITAN BAGIAN 1.
P O L I N O M I A L (SUKU BANYAK) Choirudin, M.Pd.
Program Bahasa Rakitan Tanpa DEBUG.COM
Struktur Register dan Metode Pengalamatan Memori
CHAP 6 SET INSTRUKSI MEMORI
Transcript presentasi:

BAHASA RAKITAN BAGIAN 2

BIOS Video Service INT 10H Interupt 10H disebut juga sebagai BIOS Video Service. Interupt 10H melayani lintas data ke layar CRT, mulai dari pemilihan modus layar CRT, mengendalikan kursor, tulis-menulis karakter bersama warnanya, hingga pengaturan pixel untuk grafik. Nomor fungsi INT 10H yang sering digunakan Nomor Fungsi Kegunaan 00H Menentukan modus Video (Set Video Mode) 02H Menentukan posisi kursor (Set Cursor Position) 06H Menggeser isi layar CRT ke atas (Scroll Up) 07H Menggeser isi layar CRT ke bawah (Scroll Down) 08H Membaca data karakter dan atributnya 09H Menulis/menyajikan karakter dengan atributnya 13H Menulis kalimat dengan atributnya

Contoh Program

1. Mencetak huruf dengan atributnya ;==============================================================================; ; PROGRAM : DUA1.ASM ; ; FUNGSI : MENCETAK KARAKTER BESERTA ATRIBUTNYA DENGAN INT 10H ; .MODEL SMALL .CODE ORG 100H MULAI: MOV AH,09H ;NOMOR FUNGSI INTERRUPT MOV AL,'S' ;KARAKTER YANG AKAN DICETAK MOV BH,00H ;NOMOR HALAMAN LAYAR MOV BL,94H ;WARNA ATAU ATRIBUT DARI KARAKTER YANG ;AKAN DICETAK MOV CX,03H ;BANYAKNYA KARAKTER YANG AKAN DICETAK INT 10H ;LAKSANAKAN INTERRUPT INT 20H ;SELESAI DAN KEMBALI KE DOS END MULAI

2. Mencetak kalimat dengan atributnya ;==============================================================================; ;PROGRAM : DUA2.ASM ; ;FUNGSI : MENCETAK KALIMAT DENGAN ATRIBUTNYA DENGAN INT 10H ; ;---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------; ; INPUT AX = 1300H ; ; BL = ATRIBUT ; ; BH = HALAMAN TAMPILAN ; ; DL = POSISI X ; ; DH = POSISI Y ; ; CH = PANJANG KALIMAT DALAM KARAKTER ; .MODEL SMALL .CODE ORG 100H DATA: JMP MULAI KALIMAT DB 'MENULIS KARAKTER DENGAN' DB ' ATRIBUTNYA' MULAI: MOV AX,1300H MOV BL,10010101B MOV BH,00H MOV DL,20 MOV DH,12 MOV CX,33 LEA BP,KALIMAT ; INT 10H ;LAKSANAKAN INTERRUPT INT 20H ;SELESAI, KEMBALI KE DOS END DATA