TITAH FURI HADIYANTI, 2350403035 Analisis Tindak Kekerasan dalam Dongeng Le Petit Poucet Karya Charles Perault.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DEVI DWI ASTITI, Kepribadian Tokoh dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata.
Advertisements

MAHFUZA PUTERI CHAZALI, Analisi Kalimat Injonctif (perintah) dalam Kumpulan Cerpen Anatole Ne veut Rien Savoir karya Francesca.
SUWARSIH, Kriminalitas dalam Novel Kembang Kantil Karya Senggono.
HERI ROHMADANI, Heroisme Dalam Serat Menak Dewi Soja.
SITI ROKHANA, Analisis Tokoh Utama dengan Teori Psikoanalisa Sigmund Freud pada Cerpen HANA Karya Akutagawa Ryunosuke.
YULIA PUSPITASARI, Struktur Cerita dan Nilai Kepatuhan Masyarakat Desa Somawangi Kabupaten Banjarnegara Dalam Narasi Cerita Rakyat Raden Somawangi.
Identitas Mahasiswa - NAMA : DESI ARIYANTI - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa.
PUJIANIK, Novel Panglipur Wuyung Asmara Ing Bandjir Lusi Karya JA. Setia Kajian Stilistika.
MUHAMMAD HERU WIBAWA, WATAK DAN PERILAKU TOKOH UTAMA NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA.
ANDIKA RAKA DIANJAYA, Skizofrenia sebagai Fenomena Psikologis dalam Cerpen Le Horla Karya Guy de Maupassant.
NOR HIDAYAH, CITRA DIRI WANITA CINA DALAM NOVEL PUTRI CINA KARYA SINDHUNATA.
RACHDIN TRI KARTIKANINGTYAS, Tindakan Humanisme dalam La belle au bois dormant, Le petit pucet, dan Cendrillon ou la pantoufle de verre karya.
JOKO WURYANTO, Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lakon Dewa Ruci Versi Ki Anom Suroto dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar bagi Siswa.
TAWAR INDARWANTO, Tinjauan Tema, Amanat, Fungsi Ekspresif Referensial dan Puitik dalam Kumpulan Puisi Le feu de joie Karya Louis Aragon.
NUR CHAFID, Ideologi Tokoh-tokoh Utama dalam Roman la Debacle Karya Emile Zola: Sebuah Kajian Sosiologi Sastra Ian Watt.
CHARISAH MILATILLAH, Watak Tokoh-tokoh dalam Kumpulan Crita Cekak Ajur Karya Akhir Lusono.
ENIK MURDIESTI, PENYIMPANGAN PERILAKU ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM KUMPULAN CERPEN CERITA PENDEK TENTANG CERITA CINTA PENDEK KARYA DJENAR MAESA.
FRANSISCUS XAVERIUS HARDANTO, Penokohan dalam Novel Pertemuan Dua Hati Karya N.H. Dini dan Kemungkinannya sebagai Bahn Ajar di SMA/ MA.
SUDIHARTI, Nilai Religius dalam Kumpulan Cerpen Derai-Derai Kamboja Karya Kusmawanti sebagai Alternatif Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
HENI PURWATI, Gaya Bahasa dalam Cerita Sambung Sang Fotografer Karya Ay. Suharyono.
FARIDA ARIANI, EFEKTIFITAS PENGGUNAAN GAMBAR BERSERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARATIF MAHASISWA SEMESTERIII PRODI. PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS.
AULIA AHMAD RITAUDDINZ, SUDUT PANDANG DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA.
YUSUF ANUGERAH PUTRANTO, Jenis dan Kesantunan Tindak Tutur Penerimaan dan Penolakan Ajakan pada Masyarakat Mondoteko Kabupaten Rembang.
SITI NOOR A'ISAH, Pemanfaatan Barang Bekas dalam Pembelajaran Berkarya Seni Rupa di SD I Gribig Kudus.
MOCHAMAD RIDWAN, OPTIMASI BERSYARAT DENGAN MENGGUNAKAN MULTIPLIER LAGRANGE DAN APLIKASINYA PADA BERBAGAI KASUS DALAM BIDANG EKONOMI.
RESTU KURNIAWAN, Lamating Kewan pada Masyarakat Desa Sunggingsari Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung.
HILMI YUNAN FANANI, Respons Neurotik terhadap Konflik Pribadi dan Keluarga dalam Novel Nature morte devant fenetre: Kajian Psikoanalisa Horney.
REKSI MELATI, ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL PERAWAT DI RUMAH SAKIT PEMERINTAH DAN SWASTA.
MOHAMMAD IDRIS AZMI, Makna Kontekstual Leksem Anggota Tubuh Bahasa Prancis dalam Rubrik Spesial Macth, Document Parismatch 2006.
RIBUT ACHWANDI, KONFLIK SOSIAL DAN POLITIK DALAM KUMPULAN CERPEN RAZIA AGUSTUS KARYA SOBRON AIDIT.
NAUFAL ALIN, Perempuan Dalam Novel Dawet Aju Karya Widi Widajat.
BENING TYAS RININTA, Analisis Cara Baca Kanji Pada Nama-nama Prefektur di Jepang.
Identitas Mahasiswa - NAMA : IWAN SUSANTI - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan.
M. ABDUL AZIZ MUSLIM, Pemakaian Media OHP dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas VIIG MTs Taqwal Ilah Semarang.
WASIS HARDIYANING PAMUNGKAS, KONFLIK PSIKOLOGIS TOKOH PELACUR DALAM NOVEL MAAF, AKU TERPAKSA JADI PELACUR KARYA SUTIRMAN EKA ARDHANA.
BAGUS PRASETYO ADILUHUNG, Sirwenda Danurwenda Dalam Kajian Strukturalisme Greimas.
SRI WAHYUNI, Motif Perubahan Perilaku Tokoh Utama dalam Novel Sumi (Jejak Cinta Perempuan Gila) Karya Maria Bo Niok.
DEFIANA LUTFITASARI, Mitos Cerita Candi Gamelan Di Kabupaten Pekalongan.
NURUL FAIZAH, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SINOPSIS CERITA RAKYAT MELALUI TEKNIK 4P PADA SISWA KELAS V SDN BINTORO 1 DEMAK.
DEDDY DWI WIJAYA, Struktur Cerita Misteri Alaming Lelembut pada Majalah Jawa Panjebar Semangat Tahun 2010.
ENDANG MURDININGSIH, NALURI DAN REAKSI TOKOH UTAMA PADA NOVEL MUKJIZAT CINTA KARYA MOHAMMAD MASYKUR A.R.SAID.
ODA SHYANTICA HANINGTYAS, DEIKSIS DALAMROMANVENDREDI OU LAVIE SAUVAGE KARYA MICHEL TOURNIER.
RISA WIJAYANTI WINDUNINGSIH, PENGARUH MUSIK KLASIK TERHADAP KECERDASAN INTELEKTUAL DAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK USAI DINI.
Identitas Mahasiswa - NAMA : INA AGUSTINA - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra.
YANUAR DWI PRIYANTORO, SISTEM AKUNTANSI PENGGAJIAN PEGAWAI PADA KOPERASI PEGAWAI LOGISTIK DEPOT LOGISTIK JAWA TENGAH.
KHORIDATUL MAULA, KESANTUNAN BERBAHASA DALAM WACANA SMS PEMBACA PADA KOLOM SUARA WARGA DI HARIAN KOMPAS.
HASNIDAR, HUBUNGAN PENGETAHUAN KEBAHASAAN, PENALARAN DAN KEMAMPUAN MENYUNTING WACANA PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITA MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.
TJUT ITA ZAHARA, ANALISIS STRUKTUR CERITA PADA KUMPULAN CERPEN KACA PIRING KARYA DANARTO: KAJIAN KRITIK SASTRA STRUKTURAL DAN KEMUNGKINANNYA.
PUTRIASARI, Kemampuan Menggunakan Kala dalam Modus Indikatif Kalimat Tunggal pada Mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan Bahasa Prancis.
DWI INDAH YULFITA RACHMAWATI, KETIDAKEFEKTIVAN KALIMAT DALAM PENULISAN BERITA RADAR TEGAL.
DESIANA DWI PRAMESTI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PESAN SINGKAT (MEMO) MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN BERBASIS MULTIMEDIA.
Identitas Mahasiswa - NAMA : RANIN AGUNG KURNIAWAN - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS :
AMNAH FALESTINA, Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Sugesti- Imajinasi Media Lagu Siswa Kelas X MA Salafiyah Karang Tengah.
YUNITA ENDARWATI, Struktur Crita Cekak (Cerkak) Majalah ''Jaya Baya'' pada Tahun 90-an.
LINA ELIYANA, Kepribadian Tokoh Utama dalam Roman La Dame aux Camelia Karya Alexandre Dumas Jr.
DIAN WARSITANINGRUM, Pembelajaran Menggambar di TK
NOVIA DWI TRANWATI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA ANGKA SISWA KELAS X SMA DIAN KARTIKA.
NURUL NUR ARUM ADIYATI, Adat Kebiasaan Sopan Santun dalam Budaya Prancis pada Buku Campus 1.
MAWAR TRI NUR RACHMAWATI, Penerjemahan kata tout menurut Kelas Kata dan Makna yang terdapat pada 366 Histoire pour s'endormir ke dalam Bahasa.
ERWIN ARDIANSYAH, MOTIVATION OF THE MAIN CHARACTER'S SURVIVAL IN THE O'HENRY'S 'SOAPY'S CHOICE'
INSAN PERAN ARINTANG, Manajemen Produksi Kelompok Musik Radikal Corps di Semarang: Kajian Karya Musiknya.
Identitas Mahasiswa - NAMA : AZIS ARIANTO - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan.
MELIANA RAKHMAN, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN ISI CERITA ANAK MENGGUNAKAN METODE KALIMAT MELALUI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA PESERTA.
Identitas Mahasiswa - NAMA : KUMAISAROH - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa)
ADELINE HERLIASTUTI, Analisis Makna Kanyouku yang Menggunakan Simbol Anggota Tubuh yang Terdapat dalam Novel Botchan Karya Natsume Soseki.
Identitas Mahasiswa - NAMA : IMA WULANDHARI - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra.
Identitas Mahasiswa - NAMA : ENDAH KURNIATI - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra.
NOFIAN PRAMUJIANTO, Peningkatan Keterampilan Menyimak Wacana Percakapan Bahasa Jawa Menggunakan Media VCD "Ginem Jawi" dengan Pendekatan.
YENI PUSPARINGGA, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI TEKNIK PENGANDAIAN DIRI SEBAGAI TOKOH DALAM DRAMA SISWA SMA N 1 BOJA KABUPATEN.
Adesty Lasally, Konflik Psikologis Tokoh Je dalan Roman Le dernier jour dun condamne Karya Victor Hugo.
Transcript presentasi:

TITAH FURI HADIYANTI, Analisis Tindak Kekerasan dalam Dongeng Le Petit Poucet Karya Charles Perault

Identitas Mahasiswa - NAMA : TITAH FURI HADIYANTI - NIM : PRODI : Sastra Perancis - JURUSAN : BAHASA & SASTRA ASING - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - namaku_titah pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Conny Handayani - PEMBIMBING 2 : Wahyudi J. S - TGL UJIAN :

Judul Analisis Tindak Kekerasan dalam Dongeng Le Petit Poucet Karya Charles Perault

Abstrak Dongeng adalah cerita prosa rakyat yang dianggap tidak benar-benar terjadi dan tidak mempunyai latar tempat serta waktu yang pasti. Kekerasan merupakan tindakan agresi dan pelanggaran (penyiksaan, pemukulan, pemerkosaan, dan lain-lain) yang menyebabkan atau dimaksudkan untuk menyebabkan penderitaan atau menyakiti orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tindak kekerasan yang terjadi dalam dongeng Le Petit Poucet dan penyebabnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan strukturalisme dan psikologi sastra. Sumber data yang diambil adalah dongeng Le Petit Poucet, karya Charles Perrault yang terdapat dalam kumpulan dongeng berjudul Contes Édition de Jean-Pierre Collinet. Metode dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode simak dan teknik catat. Tindak kekerasan yang terdapat dalam dongeng Le Petit Poucet dilakukan hampir oleh semua tokoh. Hanya satu tokoh yang tidak melakukan kekerasan yaitu istri raksasa. Tindak kekerasan yang ditampilkan dalam dongeng ini adalah kekerasan fisik dan kekerasan psikologis. Tindak kekerasan yang terjadi dalam dongeng Le Petit Poucet mempunyai bentuk serta penyebab yang berbeda-beda. Melalui analisis tersebut dapat ditemukan makna dari kekerasan itu sendiri yaitu tindakan melukai suatu pihak, baik secara fisik maupun psikologis, dengan penyebab yang bermacam-macam, baik itu kebiasaan maupun keterpaksaan untuk mempertahankan hidup. Segala bentuk kekerasan yang ditampilkan dalam dongeng ini menunjukkan bahwa semua hal dapat terjadi dan segala sesuatu dapat dihadapi. Pesan moral yang dapat diambil dari tindakan para tokoh antara lain untuk tidak meremehkan orang yang terlihat lemah dan ringkih namun ternyata kecerdasannya melebihi orang lain, semua hal dapat diatasi dengan kecerdikan dan keberanian, serta untuk tidak mempunyai niat buruk karena nantinya sesuatu yang buruk akan menimpa kita.

Kata Kunci Tindak Kekerasan, Dongeng Le Petit Poucet, Charles Perrault

Referensi Danandjaja, James Folklor Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti. Endraswara, Suwardi Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama. Handayani, Conny Idaman dalam Cerpen Karya Guy de Maupassant. Tesis. Depok: UI. Nurgiyantoro, Burhan Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Oka, dan Suparno Linguistik Umum. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Collinet, Jean-Pierre Contes Édition de Jean-Pierre Collinet. Paris: Éditions Gallimard. Ratna, Nyoman Kutha Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. Sudaryanto Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press. Tarigan, Henry Guntur Pengajaran Semantik. Bandung: Angkasa. ( ( ( ( ( ( si%2520Hak%2520Anak.pdf+anak+konvensi+internasional&hl=id&ct=clnk &cd=2&gl=id) (

Terima Kasih