Advanced Class Features 2

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Variabel di Java Variabel merupakan sebuah tempat untuk menyimpan data. Di Java setiap pembuatan variabel harus ditentukan tipe.
Advertisements

Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
POLIMORFISME Imam Fahrur Rozi 01.
Abstract Class & Interface
Pemrograman JAVA (TIB09)
Workshop SCS: Java Game Programming
Pemrograman Berorientasi Objek
Overriding, Overloading, Polymorphism
Method.
Inheritance Ery Setiyawan Jullev A.
Inheritance (Pewarisan)
1.Polymorphism Polymorphism adalah konsep yang memungkinkan mendefinisikan metod pada class anak (sub class) yang memiliki definisi sama dengan metod.
POLIMORFISM Ery Setiyawan Jullev A.
Overriding, Overloading, Polymorphism
POLIMORFISME 2 Imam Fahrur Rozi 01.
Advanced Class Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
Advanced Class 2 Pertemuan 11 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
Pemrograman Berbasis Obyek
Pertemuan 8 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
Praktikum 8 Pemrograman Berbasis Obyek
Encapsulation, Inheritance, polymorphism, dan interface
INHERITANCE, POLYMORPHISM, DAN INTERFACE
Pewarisan, Polimorfisme, dan Interface
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
KELAS INNER, KELAS ABSTRACT, DAN INTERFACE
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Pertemuan : Object Oriented Programming
Flow Control & Looping Pertemuan 4 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
Pemrograman Berorientasi Obyek dengan JAVA Interface
Advanced Class Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
Inheritance Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2009.
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Desain Berorientasi object
07 Advanced Class Features
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
Polymorphism (bag. 2).
Argumen Command-line Sebuah aplikasi Java dapat menerima sejumlah argumen dari command-line. Argumen dari command line memberikan kesempatan bagi.
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
OOP Java 06 Polymorphism.
Inheritance Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 4 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Inheritance, polymorphism, dan interface
Kelas Lanjut 2 Oleh Tita Karlita.
INHERITANCE (Oleh : Nur Hayatin, S.ST)
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Algoritma &Pemrograman 1
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
Praktikum Class Abstract dan Interface
Access Modifier.
Inheritance dan Kata Kunci static
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
Pemprograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
POLYMORPHISM, ABSTRACT CLASS DAN INTERFACE
Constructor dan Overloading
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
Pewarisan Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
Abstract Class.
MODIFIER JAVA.
Algoritma & Pemrograman 1
Constructor overloading
Kelas Abstrak dan Interface
KELAS DAN OBJEK BAGIAN I Pertemuan 6.
MEMBUAT CLASS SENDIRI 2.
Advanced Class Features 1
Pewarisan (Inheritance)
Matakuliah : M0074/PROGRAMMING II Tahun : 2005 Versi : 1/0
Interface pada Java Untuk memahami lebih mudah, interface sekumpulan dari method-method yang dibuat tapi belum ada operasi di dalam tubuh method tersebut,
Dasar-dasar Pemrograman Berbasis Obyek. kelas Kelas pada java didefinisikan dengan menggunakan kata kunci class.
Pemrograman Berorientasi Objek
Transcript presentasi:

Advanced Class Features 2 Praktikum 11 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita

Topik Abstract Class Interface Inner Class Non-static Inner class Mendeklarasikan class di dalam class Local Inner Class Mendeklarasikan class di dalam method Anonymous inner class Static inner class

Bekerja dengan Interface dan Abstract Class Latihan 1 Bekerja dengan Interface dan Abstract Class

Bekerja dengan Interface dan Abstract Class Pada latihan ini akan dibuat hirarki dari hewan dengan abstract class Animal sebagai root. Beberapa class hewan akan dibuat dengan mengimplementasikan suatu interface Pet. Hal yang harus dilakukan adalah mendefinisikan method-method dan melakukan polymorphism.

UML Diagram

Membuat Class Animal Animal adalah abstract superclass dari semua hewan. Buatlah protected integer attribute dengan nama legs, atribut ini digunakan untuk menyimpan informasi jumlah kaki hewan. Buatlah protected constructor yang digunakan untuk menginisialisasi variabel legs. Buatlah abstract method eat. Buatlah concrete method walk yang digunakan untuk menampilkan tulisan tentang bagaimana hewan berjalan dan jumlah kaki hewan tersebut (misal: hewan ini berjalan dengan 4 kaki).

Membuat Class Spider Class Spider merupakan anak dari class Animal. Buatlah constructor yang digunakan untuk memanggil superclass constructor, constructor ini juga digunakan untuk menginisialisasi jumlah kaki spider (kita tahu bahwa semua spider pasti mempunyai kaki sebanyak 8 buah. Implementasikan method eat.

Membuat Interface Pet Buatlah interface Pet sesuai dengan diagram UML.

Membuat Class Cat Class cat adalah anak dari class Animal dan mengimplementasikan interface Pet. Buatlah variabel name yang bertipe String yang digunakan untuk menyimpan nama Cat. (variabel ini tidak digambarkan pada UML diagram). Buatlah constructor dengan satu argumen bertipe String yang digunakan untuk mengeset nama Cat. Constructor ini juga harus memanggil superclass constructor untuk mendefinisikan bahwa Cat mempunyai kaki sebanyak 4 buah. Buatlah constructor lain yang tidak mempunyai argumen. Buat constructor ini supaya memanggil constructor pada poin sebelumnya (dengan menggunakan kata kunci this) dan passing empty string sebagai argumen (empty string  “ ”). Implementasikan method-method yang ada pada interface Pet. Implementasikan method eat (diwarisi dari class Animal).

Membuat Class Fish Class Fish adalah anak dari class Animal. Lakukan override pada semua method Animal dan definisikan bahwa ikan tidak berjalan tetapi berenang. Class Fish mengimplementasikan interface Pet Jangan lupa untuk mendefinisikan method kepunyaan interface.

TestAnimal Buat class TestAnimal yang berisi main method dengan definisi sebagai berikut: public class TestAnimals { public static void main(String[] args) { Fish f = new Fish(); Cat c = new Cat("Fluffy"); Animal a = new Fish(); Animal e = new Spider(); Pet p = new Cat(); // Demonstrate different implementations of an interface f.play(); c.play(); // Demonstract virtual method invocation e.eat(); e.walk(); // Demonstrate calling super methods a.walk(); }

Inner Class

Latihan 1. Luar.java Non-Static Inner class yang dideklarasikan di dalam class.

Latihan 2. MOuter.java Inner class yang dideklarasikan di dalam method.

Latihan 3. TestStaticInnerClass.java Static Inner Class Terdapat error!! Kenapa? Betulkan!

Latihan 4. Outer.java Non-Static Inner class yang dideklarasikan di dalam class.

TestInner.java

Latihan 5. TestLocalInner.java Local Inner Class

Latihan 6. TestAnonymous.java Anonymous Class

father.java

Latihan 7. Outer.java Static Inner Class

Latihan 8. Parcel.java Inner class yang dideklarasikan di dalam class.

Latihan 9. Parcel1.java Inner class yang dideklarasikan di dalam method.

Latihan 10. X.java Anonymous Inner Class