1 INTERPROCESS COMMUNICATION SEMAPHORES –Integer variable untuk menghitung jumlah wakeup –Bernilai negatif untuk menghitung jumlah permintaan yang tidak.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mulai Baca x x>x; if(x
Advertisements

BILANGAN BULAT TUGAS MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PENERAPAN KONSEP
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Integer Programming.
MATERI 8 CHOICE / PILIHAN.
 Struktur ini digunakan jika menghadapi suatu pilihan dimana harus memilih  Pilihan dapat terdiri dari: ◦ Satu pilihan (pilih A atau tidak) ◦ Dua pilihan.
Latihan Kalkulus Predikat Part.2
Struktur Dasar Algoritma
Algoritma dan Struktur Data
Struktur Kontrol Struktur kontrol merupakan pengatur aliran program
Dasar Pemrograman MODUL 07 PERULANGAN.
PENYELEKSIAN KONDISI (PEMILIHAN)
Pengertian Algoritma Sebuah algoritma merupakan deskripsi pelaksanaan suatu proses, dimana algoritma disusun oleh sederetan langkah instruksi yang logis.
Sistem Operasi (Operating Systems) Minggu 5
Kondisi (Pemilihan).
Struktur Kontrol: Keputusan
FUNGSI.
5.5. Integral Tentu Jumlah Riemann
SINKRONISASI.
INTERPROCESS COMMUNICATION
Sistem Operasi (Operating Systems) Minggu 4
Operator Fungsi Logika Perulangan
Dikompilasi Oleh : Ary Bima Kurniawan ST., MT.
SINKRONISASI DAN DEADLOCK
PERCABANGAN By Adnan Purwanto, S.Kom.
Algoritma dan Struktur Data
Pengulangan.
T0542 / INTERPROCESS COMMUNICATION Permasalahan: Penyampaian informasi antar proses Pengaturan proses agar tidak saling menghalangi Proper sequencing.
PERULANGAN RISMAYUNI.
T0542 / INTERPROCESS COMMUNICATION (LANJUTAN) SEMAPHORES Integer variable untuk menghitung jumlah wakeup Bernilai negatif bila ada permintaan yang.
1 Pertemuan 6 Komunikasi antar Proses (IPC) Lanjutan Matakuliah: T0316/sistem Operasi Tahun: 2005 Versi/Revisi: 5 OFFCLASS01.
MODUL KE-9 PEMILIHAN.
Percabangan Dosen Pengampu: M. Zidny Naf’an, M.Kom.
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
PROSES BAB 2 By Abdul Kadir.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Algoritma dan Pemrograman STRUKTUR PEMILIHAN (SELECTION) lanjutan
STMIK AMIKOM PURWOKERTO
Latihan.
SINKRONISASI PADA THREAD
Algoritma Pemrograman
Matakuliah : Algoritma & Struktur Data Versi Materi
Konkurensi (Cont’d) SISTEM OPERASI Slide perkuliahan
STRUKTUR KONTROL Pertemuan Ke-7.
Konkurensi (Cont’d) SISTEM OPERASI Slide perkuliahan
Konkurensi (Cont’d) SISTEM OPERASI Slide perkuliahan
Struktur Kontrol Struktur kontrol merupakan pengatur aliran program
Pengulangan.
Algoritma Percabangan
AP2A Perulangan & Array PJ : Wawan Setiawan 07
Algoritma & Pemrograman 1
Array Buat algoritma untuk mencari nilai terbesar dari 5 nilai mahasiswa yang diinputkan dengan array.
FUNGSI.
Seleksi.
STRUKTUR PERULANGAN.
Oleh : UMMU ZAHRA ALGORITMA.
PENYELEKSIAN KONDISI.
Struktur Pengambilan Keputusan
PERULANGAN.
Dasar-Dasar Pemrograman
Algoritma dan Pemrograman STRUKTUR PEMILIHAN (SELECTION) lanjutan
Pemrograman Repetisi pada Pascal Ramos Somya, S.Kom., M.Cs.
Kondisi IF.
Dikompilasi Oleh : Ary Bima Kurniawan ST., MT.
Pemrograman Repetisi pada Pascal Ramos Somya, S.Kom., M.Cs.
Dasar-Dasar Pemrograman
PERNYATAAN IF THEN ELSE & CASE OF PERULANGAN FOR, WHILE DO, REPEAT UNTIL Fisika UNDANA, Senin 16 Oktober 2017.
Bilangan Positif & Negatif Serta Operasinya
Dasar-Dasar Pemrograman
Pemilihan Dua Kasus, tiga kasus dan banyak kasus
Transcript presentasi:

1 INTERPROCESS COMMUNICATION SEMAPHORES –Integer variable untuk menghitung jumlah wakeup –Bernilai negatif untuk menghitung jumlah permintaan yang tidak bisa dipenuhi, bernilai positif bila ada wakeup Dua macam operasi terhadap semaphore: 1.DOWN (S) S = S – 1 IF (S < 0) THEN SLEEP(S) 2.UP (S) S = S + 1 IF (S <= 0) THEN WAKEUP(S) Operasi DOWN dan UP merupakan operasi yang bersifat Atomic (Atomic Action)

2 The producer-consumer problem using semaphores

3 MUTEXES Variable yang bernilai salah satu dari dua keadaan: unlocked atau locked Implementation of mutex_lock and mutex_unlock

4 MONITORS Higher level synchronization primitives Kumpulan prosedur, variable dan data struktur yang dikelompokkan menjadi suatu modul

5 Hanya satu prosedur monitor yang aktif dalam suatu waktu Buffer memiliki N slots Producer-consumer problem menggunakan monitors

6

7 MESSAGE PASSING Menggunakan dua primitives: –Send (destination, &message) –Receive (source, &message) Beberapa isu pada sistem message passing –Message lost –Acknowledgement –Domains –Authentication –Performance Penerapan producer-consumer problem menggunakan message passing sbb:

8

9 Beberapa variant dari message passing –Mailbox –Rendezvous –Pipe