Pembuatan Aplikasi Mobile Learning Pada Sistem Android Palupi Kusumo Wardani 50406551
Latar Belakang Dengan segala aktifitas yang semakin padat menjadikan sebagian orang termasuk mahasiswa memiliki tingkat mobilitas yang tinggi. Dibutuhkan sebuah aplikasi yang membantu mahasiswa dalam mengakses kegiatan perkuliahan di kampus. Penerapan mobile learning dengan adanya aplikasi untuk latihan soal bagi mahasiswa yang menggunakan system operasi android.
Batasan Masalah Aplikasi ini dibatasi untuk satu kelas saja tetapi dengan mata kuliah yang berbeda-beda. Diuji pada emulator Android, tidak diuji pada device sebenarnya.
Tujuan Membuat suatu aplikasi mobile learning berbasis platform Android yang menyajikan soal-soal yang dapat dikerjakan oleh mahasiswa. Soal-soal ini diberikan oleh dosen, dan dikerjakan secara online.
Metodologi Tahap pertama : analisis kebutuhan. mencari soal-soal dan teori yang berkaitan dengan materi penulisan Tahap kedua : perancangan sistem. membuat desain rancangan dengan menggunakan UML Tahap ketiga : implementasi. pembangunan sistem menggunakan platform Android, Eclipse bahasa pemrograman PHP dan MySQL Tahap keempat : Pengujian sistem emulator android webserver admin
Teori pada aplikasi mobile learning Arsitektur Umum m-learning
Arsitektur Android
Gambaran Umum Aplikasi Aplikasi yang berbasiskan server-client, dimana sebagai servernya adalah berupa web yang diunggah pada sebuah webhosting. Sedangkan untuk sisi client merupakan user dengan aplikasi mobile learning yang berjalan pada platform Android. Webserver merupakan tempat untuk menyimpan soal-soal yang akan diakses oleh user. Pada aplikasi ini, user harus melakukan login dengan memasukkan nama dan NPM untuk dapat mengaksesnya. Untuk mendapatkan informasi terbaru dari server, maka disediakan notification yang mana berfungsi untuk mendapatkan data terbaru dari server. Webserver dikelola oleh admin yang bertugas untuk memperbaharui informasi. Webadmin dapat menghapus, menambah, atau memperbaharui soal-soal yang diberikan oleh dosen.
Rancangan Sistem Use Case Diagram Terdapat 3 aktor yang merupakan pengguna system yaitu pengguna mobile, webadmin, dan webserver. Pengguna mobile memiliki usecase yaitu dapat mengerjakan latihan soal. Webadmin bertugas untuk mengelola semua data yang ada pada webserver dan apa yang dikerjakan oleh webadmin merupakan includes pada kegiatan pengguna mobile. Sedangkan webserver merupakan aktor yang memproses permintaan dari pengguna mobile.
Rancangan Sistem Proses Login (User dan Admin)
Rancangan Sistem Alur Kerja Admin
Rancangan Sistem Alur Kerja User
Struktur Navigasi Webadmin Login Menu (Pertemuan Ke-) Edit Hapus Tambah Logout
Struktur Navigasi User Login Pilihan Menu Jarkom SBD Alg. Prlel Peng. SK IMK Matlan Isi Soal Nilai Logout
Spesifikasi Perangkat Keras Prosesor : Pentium dual-core Memori : 1 Gb Ruang Penyimpan : 120 Gb Untuk spesifikasi perangkat keras tidak harus sama dengan yang ditulis, yang penting perangkat keras yang digunakan dapat menjalankan perangkat lunak yang digunakan.
Spesifikasi Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman Java Sistem Operasi Android Software Development Kit (Android SDK) Integrated Development Environment (IDE) Eclipse 3.4 atau 3.5 Android Development Tools (ADT) Web service
Tampilan Output Webadmin
Tampilan Output Webadmin
Tampilan Output Webadmin
Tampilan Output Webadmin
Tampilan Output Pada Emulator Android
Tampilan Output Pada Emulator Android
Tampilan Output Pada Emulator Android
Tampilan Output Pada Emulator Android
Kesimpulan Fitur-fitur dapat berjalan dengan baik. Soal muncul secara terurut. Soal berupa pilihan ganda. Nilai tes dilihat setelah soal selesai dikerjakan. Aplikasi ini dapat dijadikan alternatif bagi mahasiswa yang menggunakan perangkat android agar lebih mudah dalam mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh dosen. Terdapat notification di ponsel android user jika dosen sudah memasukkan soal terbaru.
Saran aplikasi ini dapat dikembangkan untuk berbagai program studi dan berbagai mata kuliah dalam pengembangan dan penyempurnaan selanjutnya.
TERIMA KASIH