1 Pertemuan 3 Pemanfaatan berbagai fungsi grafik yang telah ada baik melalui ROM-BIOS atau Compiler C/C++ Matakuliah: T0074 / Grafika Komputer Tahun: 2005.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Advertisements

Pertemuan 8 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST., M.Eng
Flags.
Pemograman DEBUG.
BAB IV MODE PENGALAMATAN
Bahasa Assembley & Program COM
Praktikum pemprograman terstruktur1
Unit kendali (control unit) dan Unit aritmatika dan logika (ALU).
Bahasa Pemograman.
REGISTER Oleh : Oman Somantri, S.Kom
© 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan Utara Jakarta Selatan Website:
Mikroprosesor 8086 dan 8088.
Pemrograman Mikroprosesor
Mode Pengalamatan Mengatasi keterbatasan format instruksi
JWASM Mencetak angka.
REGISTER.
Operasi Layar.
Outline Awalnya dikembangkan oleh Borland dan umunya igunakan untuk paket perangkat lunak tingkat lanjut dengan kepustakaan yang lebih banyak dan.
Mode Pengalamatan.
Matakuliah : T0074 / Grafika Komputer
Pengantar Bahasa Rakitan
Pertemuan 1 Mengapa Belajar Bahasa Rakitan ??
1 Pertemuan 4 Mode Pengalamatan Matakuliah: T0483 / Bahasa Rakitan Tahun: 2005 Versi: 1.0.
EE-2623 Mikroprosesor & Antarmuka
SISTEM BILANGAN DAN REGISTER
1 Pertemuan 5 STREAM INPUT/OUPUT Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Pertemuan 3 & 4 Interface Mikroprosesor secara Paralel
BAHASA RAKITAN BAGIAN 2.
1 Pertemuan 11 Akses langsung ke memori Video Matakuliah: T0483 / Bahasa Rakitan Tahun: 2005 Versi: 1.0.
Mikrokontroler Materi 2
Pertemuan 5 & 6 Interface Mikroprosesor secara Serial
Matakuliah : T0016 / Algoritma dan Pemrograman Tahun : 2007 Versi : 6
Pertemuan 6 Pemrograman grafik dengan bahasa C/C++
1 Pertemuan 4 Menggambar titik Matakuliah: T0074 / Grafika Komputer Tahun: 2005 Versi: Versi 1 / Revisi 0.
Pertemuan 1 Konsep Dasar Interfacing
1 Pertemuan 3 Komponen Sistem Komputer dan Register pada prosesor 8088 Matakuliah: T0483 / Bahasa Rakitan Tahun: 2005 Versi: versi 1.0 / revisi 1.0.
Pertemuan 7 Optimasi Pemrograman C
1 Pertemuan 1 Pengenalan Pemrograman Terstruktur C Matakuliah: H0112 – Pemrograman Bahasa Tingkat Tinggi Tahun: 2005/2006 Versi: xxx/2.
Pengenalan Assembler.
BIOS, DOS, dan String.
Mode Pengalamatan Mengatasi keterbatasan format instruksi
Matakuliah : T0483 / Bahasa Rakitan Tahun : 2005 Versi : 1.0
PRINSIP DASAR INTERFACING
Struktur Register dan Metode Pengalamatan
REGISTER.
Mikroprosesor 8086 dan 8088.
DEFINISI DAN FUNGSI KARTU GRAFIS
Pertemuan 13 Pengendalian File
Pengenalan Assembler.
BAB III REGISTER 8088 Mikroprosesor 8088 berorientasi pada register
OPERASI PADA LAYAR.
Pertemuan 6 Instruksi Bahasa Rakitan 8088
Matakuliah : T0074 / Grafika Komputer
EE-2623 Mikroprosesor & Antarmuka
Matakuliah : T0483 / Bahasa Rakitan Tahun : 2005 Versi : 1.0
Matakuliah : T0074 / Grafika Komputer
Matakuliah : T0074 / Grafika Komputer
Pengantar Bahasa Rakitan
Pengantar Teknologi Informasi (Peralatan Output)
Pengantar Bahasa Rakitan
Pertemuan 4 Central Processing Unit
Pertemuan 15 Transformasi 3D dan komposisinya
PIRANTI ALAT KELUARAN Output Device.
Pengertian Pixel Pixel :
BIOS Basic Input Output system. Software yang dipasang pada chip komputer untuk mengatur operasi dasar seperti layar, Harddisk, memory, VGA, dll. BIOS.
Memori & Pemrograman MCS-51
Pengantar Bahasa Rakitan
Struktur Register dan Metode Pengalamatan Memori
CHAP 6 SET INSTRUKSI MEMORI
Tipe Data Struktur Ridwan, S.T., M.Eng. Pokok Pembahasan Bahan Kajian. Tipe Data Terstruktur Materi Tipe Data: 1.Definisi data, tipe data dan struktur.
Transcript presentasi:

1 Pertemuan 3 Pemanfaatan berbagai fungsi grafik yang telah ada baik melalui ROM-BIOS atau Compiler C/C++ Matakuliah: T0074 / Grafika Komputer Tahun: 2005 Versi: Versi 1 / Revisi 0

2 Pokok Bahasan (3) : Pemanfaatan berbagai fungsi/Instruksi grafik yang telah ada (OpenGL) dengan C/C++ Compiler Oleh : Djunaidy Santoso M.Kom.

3 Pokok Bahasan (3) : Pemanfaatan berbagai fungsi/Instruksi grafik yang telah ada (contoh OpenGL) dengan C/C++ Compiler

4 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan, diharapkan mahasiswa akan mampu : Menghasilkan program Grafik dengan IBM PC dalam grafika komputer.

5 Outline Materi Materi 1 : Inisialisasi fungsi grafik Materi 2 : Set modus video Materi 3 : Fungsi-fungsi grafik Materi 4 : Blok Diagram CGA/VGA/SVGA Materi 5 : Menggambar titik pada layar

6 PEMROGRAMAN GRAFIK (pada keluarga IBM PC) Memory Pemetaan Display Keluarga IBM PC menggunakan memory pemetaan display. Tergantung modus dan jenis video, memory ini lokasinya pada A0000H hingga BFFFFH. Modus : Text dan Graphics Jenis video : CGA, VGA (hanya ini yang kita bahas) SVGA ?? Lihat tabel Memory Assignment seperti berikut : pa charac Colors Start Mode card Type ge ters pixels[/pallets] Address 0H,1H CGA Text8 40x25 320x200 16B8000H 0H,1H VGA Text 8 40x25 360x400 16/256K B8000H 2H,3HCGA Text 4 80x25 640x200 16B8000H 2H,3HVGAText480x25720x40016/256KB8000H 4H,5HCGAGraphics140x25320x2004B8000H 4H,5HVGAGraphics140x25320x2004/256KB8000H 6HCGAGraphics180x25640x2002B8000H 6HVGAGraphics180x25640x2002/256KB8000H 10HVGAGraphics280x25640x35016/256KA8000H 12HVGAGraphics140x25320x200256/256KA8000H

7 Modus Teks Tiap Karakter menempati 2 byte memori : byte 1 : Kode ASCII yang ditampilkan byte 2 : atribut karakter bit 7 : blink-enable bit 6-4 : 3 bit warna latar belakang ( ) bit 3-0 : 4 bit warna huruf ( ) Konstanta simbolik pada Turbo C dan Turbo Pascal Konstanta Nilai Huruf atau simbolikNumerikBinerlatar belakang ? BLACK 00000keduanya BLUE 10001keduanya GREEN 20010keduanya CYAN 30011keduanya RED 40100keduanya MAGENTA 50101keduanya BROWN 60110keduanya LIGHTGRAY 70111keduanya DARKGRAY 81000hanya huruf LIGHTBLUE 91001hanya huruf LIGHTGREEN hanya huruf LIGHTCYAN hanya huruf

8 Turbo C : library void textattr (int attr) void textbackground (into color) void textcolor (int color) Turbo Pascal : Unit Crt var textattr:byte; procedure textbackground(c:byte); procedure textcolor( c:byte);

9 CGA (Color Graphics Adapter) pada modus grafik Mode 4H,5H: 2 bit per pixel (=1byte per 4 pixel) Mode 6H: 1 bit per pixel (=1byte per 8 pixel) CGA I/O Ports Mode Select Port(port 3D8H) bit Arti dari bit 0 s/d 7 bisa dilihat dari buku wajib dan Lewat internet ( dengan google : CGA/VGA/SVGA I/O Port.)

10 VGA ( Video Graphics Array) Mode 4H,5H : 2bit per pixel (=1 byte per 4 pixel) Mode 6H : 1bit per pixel (=1 byte per 8 pixel) Mode DH,EH,FH 10H,11H, 12 H, 13H, dst Bentuk Umum Register Full Register AX 2 byte BX 2 byte CX 2 byte DX 2 byte

11 Half Register high byte low byte AH AL BH BL CH CL DH DL Struct fullregs { unsigned int ax ; unsigned int bx ; unsigned int cx ; unsigned int dx ; }; Struct halfregs { unsigned int ax ; unsigned int bx ; unsigned int cx ; unsigned int dx ; }; Unions REGS { struct fulltegs x ; struct halfregs h ; } General Registers Miscellaneous Output Register (Port 3c2), Write Only Miscellaneous Control Register (Port 3d2), Write Only Input Status Register Zero (Port 3c2), Read Only Input Status Register (Port 3d2), Read Only

12 Sequencer Register Port : 3c4, 3c5 Reset -Sequencer Register 0 Clocking Mode -Sequencer Register 1 Map Mask -Sequencer Register 2 Character Map Select- Sequencer Register 3 Memory Mode -Sequencer Register 4 Attribute Registers Port : 3c0h Pallete Register -Attribute Register 00h to 0fh Mode Control - Attribute Register 10h Oversan Color - Attribute Register 11h Color Plane Enable - Attribute Register 12h Horizontal Pixel Panning -Attribute Register 13h Color Select Register - Attribute Register 14h Note : Pelajari penggunaan register tersebut.

13 > Mahasiswa mampu menghasilkan program grafik dengan IBM PC dalam grafika Komputer.