Do you remember this?.  Strategy  Concrete Strategy  Context  Client Strategy Pattern consists of..

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
EXCEPTION HANDLING.
Advertisements

Mendapatkan Input dari Keyboard
Pemrograman Berorientasi Objek (Project)
Java Fundamentals: 5. Java Advanced
Try, Catch, Finally Throws
 public static void main(String[] args) {  int bil1=3;  do {  System.out.print(bil1+",");  bil1=bil1+4;  }  while(bil1
Variabel di Java Variabel merupakan sebuah tempat untuk menyimpan data. Di Java setiap pembuatan variabel harus ditentukan tipe.
Pemrograman Berorientasi Objek
Abstract Class & Interface
Workshop SCS: Java Game Programming
PEMROGRAMAN KOMPUTER 2 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK NANDANG HERMANTO. S.Kom.
Dasar Exception Handling
Flow Control & Exception Handling
Pemrograman Berorientasi Objek
Flow Control & Exception Handling
SLIDE OTOMATIS PINDAH DALAM WAKTU 4-5 MENIT. A:kiriB:kanan Deklarasikan sebuah variabel dengan nama ‘isi’ yang mempunyai type array of double dengan ukuran.
Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
Pemrograman Berorientasi Objek
Dasar exception handling
Pemrograman Berorientasi Objek 1
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Variabel, Method & Constructor Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
As’ad Djamalilleil Function (method) As’ad Djamalilleil
EXCEPTION TRY-CATCH-FINALLY
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Public class RelasiDemo { public static void main(String[] args) { //beberapa nilai int i = 37; int j = 42; int k = 42; System.out.println("Nilai variabel...");
Exceptional Pendahuluan Bugs dan error dalam sebuah program sangat sering muncul meskipun program tersebut dibuat oleh programmer berkemampuan tinggi.
Pertemuan 12 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
- PERTEMUAN 4- EXCEPTION
Struktur kontrol.
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Perulangan (Iteration)
03 Elemen Dasar Bahasa Java
MATERI IV OOP (Object Oriented Programming) Chapter II.
Dasar exception handling
Try, Catch, Finally Throws
Pemrograman berbasis obyek
Algoritma & Pemrograman 1
Penanganan Eksepsi.
Command line argument.
PEMROGRAMAN VISUAL II Agenda Perkuliahan :
Penanganan Eksepsi Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
Teori Pertemuan 9 “Exception”
Inner Class dan Eksepsi (Exception)
Konsep Dasar Exception Handling
Penanganan Eksepsi Pertemuan Ke- 9.
BAB XI EXCEPTION HANDLING.
Dosen : Bella Hardiyana, S. Kom
Exception dan Assertion
Command line argument.
Command line argument.
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Exception Handling (Penanganan Error)
Pemrograman Berorientasi Objek
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pemrograman Berorientasi Objek 1
Flow Control & Exception Handling
Exception Sussi.
Pemrograman Berorientasi Object
Pemrograman Berorientasi Obyek
Dasar exception handling
Pemrograman Berorientasi Object
Penanganan Exception di Java
Pemrograman Berorientasi Objek
Tipe Data, Variabel, dan Operator
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
Transcript presentasi:

Do you remember this?

 Strategy  Concrete Strategy  Context  Client Strategy Pattern consists of..

Do you remember this? context strategy concrete strategy Client?

Refer to sample codes..

EXCEPTION HANDLING Tim Praktikum PSBO 08/09

Exception  Exception  suatu objek yang dibuat pada saat program mengalami suatu kondisi yang tidak wajar (abnormal)  Dalam java, exception dapat dibangkitkan secara otomatis oleh sistem atau secara manual oleh kita sendiri melelui kode yang ditulis.

Kesalahan yang terjadi :  Pembagian bilangan integer dengan 0  Pengisian elemen array diluar ukuran array  Kegagalan koneksi database  File yang akan dibuka tidak exist  Operand yg akan dimanipulasi out of prescribed range  Mengakses obyek yang belum diinisialisasi

Contoh  Pembagian dengan bilangan integer class DivByZero { public static void main(String args[]) { System.out.println(3/0); System.out.println(“Cetak.”); } Program akan jalan?

 Kalaupun di run akan mendapat pesan  How to handle that? Exception handling using try, catch, finally method.

Try…  Try  blok dimana kode program memberitahukan kepada compiler bahwa suatu method akan terjadi exception  Blok try : digunakan untuk menempatkan kode-kode program java yang mengandung kode program yang mungkin melemparkan exception

Contoh try{ System.out.println(3/0); System.out.println("Cetak."); }  Type exception: ArithmeticException

Catch…  Catch merupakan pasangan dari try  Ketika try mengetahui tipe exception yang terjadi catch berfungsi untuk menghandle lemparan kesalahan dari try

contoh catch(ArithmeticException exc) { System.out.println("salah coy soale dibagi nol"); }  Catch : Jika kita menangkap exception dengan type exception yang tidak sesuai maka exception handling tidak dapat dijalankan

Contoh Class public class Exception { public static void main(String args[]) { try { System.out.println(3/0); System.out.println("Cetak."); } catch(ArithmeticException exc) { System.out.println(“Error : Divided by zero!"); } catch(ArrayIndexOutOfBoundsException exc2) { System.out.println("Missing argument."); } System.out.println("Setelah Exception."); }

 Outputnya : Error : Divided by zero! Setelah Exception

Contoh Class public class Exception { public static void main(String args[]) { try { System.out.println(3/0); System.out.println("Cetak."); } catch(ArithmeticException exc) { System.out.println(“Error : Divided by zero!"); } catch(ArrayIndexOutOfBoundsException exc2) { System.out.println("Missing argument."); } System.out.println("Setelah Exception."); }

 Namun catch bisa di buat lebih dari satu dengan asumsi try akan melempar lebih dari satu exception handling dengan tipe yang berbeda. Contoh :

try { Fungsi bacaFile BukaFile BacaBarisFileSampaiHabis TutupFile } catch (KesalahanBukaFile) { // lakukan sesuatu } catch (KesalahanAlokasiMemori) { // lakukan sesuatu } catch (KesalahanTutupFile) { // lakukan sesuatu } Perbedaan exception yang ditangkap

Finally…  Blok finally : digunakan untuk mendefinisikan kode program yang selalu dieksekusi baik ada exception yang terjadi maupun bila tidak terjadi exception sama sekali.  Bersifat optional

public class FinallyDemo { public static void main(String[] args){ int i=0; String[] greetings = { "hello pagi", "cagur", "test lagi" }; while (i<4){ try{ System.out.println(greetings[i]); i++; } catch(ArrayIndexOutOfBoundsException e){ System.out.println("indeks value"); i++; //i=0; } finally{ System.out.println("finall"); }

 Output : hello pagi-> i=0 finall Cagur-> i=1 finall test lagi-> i=2 finall indeks value -> exception finall Ketika ada exception atau tidak finall tetap akan keluar.  Output jika I di reset menjadi 0 ??

 Diletakkan setelah statement catch  Hampir pasti dijalankan  Tidak dijalankan jika program keluar pada blok try  System.exit  Biasanya digunakan untuk kode resource-release  Menutup koneksi database  Menutup koneksi jaringan

throw  Selain menangkap, java juga mengizinkan seorang user untuk melempar sebuah exception.  Kata kunci  throw ;

throws  Jika sebuah method dapat menyebabkan sebuah exception namun tidak menangkapnya, maka digunakan keyword throws. Aturan ini hanya berlaku pada checked exception.  kata kunci  ( ) throws { }