PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 2.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
GUI MENGGUNAKAN HANDPHONE BERFASILITAS J2ME
Advertisements

BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Dosen: Zakki Falani, S.Kom Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama
MIDP, MIDLet & Antar Muka J2ME
 public static void main(String[] args) {  int bil1=3;  do {  System.out.print(bil1+",");  bil1=bil1+4;  }  while(bil1
MIDlet User Interface (3) As’ad Djamalilleil
Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si.
Antarmuka Tingkat Bawah (Canvas)
Web Teknologi 3 (MKB721C) Minggu 2 Page 1 MINGGU 2 Web Teknologi 3 (MKB721C) Pokok Bahasan: –Midlet –User Interface Tujuan Instruksional Khusus: Agar.
Komponen Class Item (3) As’ad Djamalilleil
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
MIDlet User Interface (2) As’ad Djamalilleil
Instalasi JME & Uji Coba As’ad Djamalilleil
Java2 Micro Editon (J2ME)
Komponen Class Item (1) As’ad Djamalilleil
Graphic User Interface
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 3.
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si.
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Komponen-Komponen dalam J2ME
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) “Skill to do comes of doing. “ (Ralph Waldo Emerson)
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
MIDP (MIDlet) dan Tools
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 5 (18 APRIL 2011)
GUI event handling.
H. Risdiandri Iskandar, SKom, MM
Public class RelasiDemo { public static void main(String[] args) { //beberapa nilai int i = 37; int j = 42; int k = 42; System.out.println("Nilai variabel...");
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) Nyimas Artina.
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 4 (12 APRIL 2011)
Graphical User Interface
Pengenalan low level UI Pengenalan tentang Canvas Menggambar dan menampilkan teks, gambar, garis, kotak, dan sudut Menentukan warna, huruf, dan coretan.
MIDP Low Level User Interface
PERTEMUAN 5 TextField merupakan turunan Item yang bisa menampung teks dan mengedit teks tersebut. TextField mempunyai ukuran maksimum, label dan format.
BAB II KOMPONEN-KOMPONEN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
High Level User Interface
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
MIDP High-Level User Interface
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
MODIFIER JAVA.
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Form & Item Oleh : Oman Somantri S.Kom
Dasar Komputer & Pemrog. 2B
MIDlet User Interface (2)
Struktur Kode Program MIDlet
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Menggunakan Event dan Property
Membangun User Interface
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (1) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Class List As’ad Djamalilleil
Membuat Kelas.
MIDlet User Interface (3)
Class, Object & Method Pertemuan ke-3.
Agung Brastama Putra Pertemuan 11
Mobile Teknologi Pertemuan 3
DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom. BAB IV – CLASS (2)
Mobile Teknologi Pertemuan 2
DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom. BAB III – CLASS (2)
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Komputer 3 Dian C. Rini N, M.Kom
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Procedure dan Function
TITLE. Text Title.
Transcript presentasi:

PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 2

User Interface javax.microedition.lcdui

Display Satu-satunya object untuk menampilkan sesuatu ke layar pada tiap MIDlet MIDlet dapat meminta reference kepada object Display dengan menggunakan static Display.getDisplay(), untuk memberikan reference pada instance dari MIDlet

Displayable Hanya satu displayable yang akan ditampilkan pada tiap display Secara default, Displayable tidak ditampilkan ke Display Sebuah Displayable dapat dipanggil dengan menggunakan setMethod() dari object Display Method setCurrent() akan dipanggil pada memulai aplikasi, jika tidak maka sebuah blank screen akan tampil

Command Didalam menu bar, MIDlet memiliki command Command biasanya diimplementasikan dalam MIDP sebagai soft key atau item didalam menu Sebuah object command berisi informasi mengenai action-action yang akan dilakukan pada saat command tsb diaktifkan. Diperlukanlah sebuah commandListener sebagai properti dari Displayable yang berisi action-action yang akan dieksekusi pada saat Command diaktifkan

Command Command(String label, int commandType, int priority) Command(String shortLabel, String longLabel, int commandType, int priority )

CommandListener public void commandAction( Command command, Displayable displayable) Method commandAction() akan dipanggil pada saat sebuah Command dipilih Variabel pada command adalah reference pada Command yang sudah dipilih displayable adalah object dari Displayable, dimana Command ditempatkan didalam display tersebut dan action-action juga terjadi dalam display yang sama

Ticker Animasi Teks yang muncul terus menerus di dalam screen Ticker(String str)

TextBox TextBox(String title, String text, int maxSize, int constraints) constraints