BERPIKIR / THINKING. DEFINISI  Pengaturan atau manipulasi informasi dari lingkungan dan simbol-simbol yang sudah ada di dalam memori. (simbol-simbol.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MODEL UMUM SISTEM PERUSAHAAN
Advertisements

Panji Bahari Noor Romadhon
Pokok Bahasan 8 BERPIKIR
PERTEMUAN 6 Pemecahan Masalah & Pengambilan Keputusan
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Berpikir.
Oleh Mukh Doyin FBS Universitas Negeri Semarang
PROBLEM SOLVING ADE PANJI RUKMANA NURSIDDIK TRI ANDIKA M. HATIF
Konsep Pengambilan Keputusan untuk Sistem Informasi
Higher Order Thinking ( HOT )
SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Pengertian dan Teknik Kreatif dan Inovatif
Esensi Pekerjaan Manajer
Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan
Pemecahan Masalah (Problem Solving) & Pengambilan Keputusan (decesion making) Pertemuan ke 4.
PERDAGANGAN INTERNASIONAL
Sistem Pendukung Keputusan (SPK)
Bimbingan Tugas Akhir Program (TAP) Pertemuan ke 8
BERFIKIR Tujuan Pembelajaran : Memahami elemen Kognisi
PROSES PEMBUATAN KEPUTUSAN
Kreatifitas Pertemuan ke 3.
KARAKTERISTIK MATEMATIKA
TOPIK I : THINKING (BERPIKIR) Oleh : Sulis Mariyanti
Manajemen Umum PERTEMUAN 6 Pemecahan Masalah & Pengambilan Keputusan
Komunikasi Intrapersonal 2
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
BERPIKIR.
Kecakapan Antarpribadi
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
ANALISIS INTERN PERUSAHAAN
SIKLUS PELAPORAN MANAJEMEN
BERPIKIR.
Berpikir dan Berbahasa
BERPIKIR.
BAB 6 PROFIL PERUSAHAAN : ANALISIS INTERN PERUSAHAAN
KARAKTERISTIK MATEMATIKA
NOVENDAWATI WAHYU SITASARI MANAJEMEN INFORMASI KESEHATAN
SELLING THE IDEA Oleh : Sulis Mariyanti
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Pokok Bahasan 8 BERPIKIR
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Oleh : Jappy P. Fanggidae, SE., M.Si., MBA
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Model problem based learning
BERPIKIR.
Proses Berfikir dan Pemecahan Masalah Secara Kreatif Dan Konsep Belajar Kelompok 6 : Amelia Agustina Derra Farhan F Dicky Moch Zaelani.
Pengaruh Faktor-Faktor Non-Rasional Dalam Pengambilan Keputusan
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
PROBLEM POSSING EDUCATION
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Pemecahan Masalah (Problem Solving) & Pengambilan Keputusan (decesion making) Pertemuan ke 4.
Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan Suksma Ratri.
Penyandian  Penyimpanan  Pengingatan
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Pemecahan Masalah Menurut Anderson:
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN
HOTS (Higher Order Thinking Skills)
KREATIVITAS.
Komunikasi Intrapersonal
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MODEL PEMBELAJARAN.
Transcript presentasi:

BERPIKIR / THINKING

DEFINISI  Pengaturan atau manipulasi informasi dari lingkungan dan simbol-simbol yang sudah ada di dalam memori. (simbol-simbol bisa berupa peristiwa atau situasi yang terjadi)

berpikir Stimuli Respon

 Berpikir menggunakan imajinasi dan bahasa Imajinasi : abstraksi dan konstruksi berdasarkan informasi yang tersimpan di dalam memori. Bahasa : menggambarkan ke dalam kata-kata maksud dari informasi yang tersimpan di dalam memori

 Konsep : konstruksi simbolis yang mewakili hal-hal umum dari suatu obyek atau peristiwa.

Problem Solving Situasi goal/harapan hambatan PROBLEM

Problem Solving 2 aturan di dalam problem solving :  Algorithms seperangkat aturan, yang apabila diikuti dengan benar, berpeluang mencapai solusi/ pemecahan masalah yang tepat.  Heuristics strategi, yang biasanya didasarkan pada pengalaman, yang dapat mengarahkan pada suatu solusi, namun tidak menjamin tercapainya pemecahan yang akurat.

Decision Making  Suatu tahap pemecahan masalah dimana kita menghadirkan sejumlah alternatif yang dapat kita pilih sebagai solusi.  Pengembangan alternatif bisa didasarkan pada kegunaan/manfaat/nilai yang mungkin didapat atau bisa juga berdasarkan peluang subyektif.  Menggunakan perkiraan subyektif berpeluang memunculkan bias atau kesalahan dalam pengambilan keputusan.

Langkah-langkah mengembangkan alternatif solusi : 1. Buat daftar alternatif dan beri bobot sesuai kepentingan. 2. Uji manfaat dan kekurangan masing-masing alternatif tersebut. 3. Kaitkan dengan pokok permasalahan, mana yang memberi keuntungan paling mendekati dengan permasalahan.

Tahap-tahap Pemecahan Masalah 1. Identifikasi data-data yang ada. 2. Kumpulkan data-data tambahan. 3. Simpulkan inti permasalahan berdasarkan data yang ada dan data tambahan. 4. Kembangkan alternatif-alternatif solusi. 5. Evaluasi alternatif solusi. 6. Tetapkan solusi yang paling efektif.

BERPIKIR KREATIF MMenciptakan ide baru IIndividu yang kreatif : - pandai - memiliki bakat tertentu - memiliki motivasi yang kuat untuk memecahkan masalah yang menarik perhatian / minat

Tahap-tahap berpikir kreatif 1.Preparasi Persiapan, berisi proses mengamati situasi/masalah, dan menelaahnya. 2.Inkubasi Mengendapkan hasil temuan/kajian. 3.Iluminasi  Insight Menemukan ide untuk memecahkan masalah 4.Evaluasi Menguji/memeriksa kesesuaian ide dengan situasi/ masalah 5.Revisi Memperbaiki/menyempurnakan ide