Q: Jika Anda harus menulis sebuah program 10.000 baris dalam C untuk memecahkan masalah, berapa lama waktu yang dibutuhkan? Jawaban: umumnya berkisar.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Overview Komponen Sistem SQA
Advertisements

Rekayasa Perangkat Lunak dan Proses Software
MANAJEMEN MUTU PROYEK.
“SIX SIGMA PROCESS AND ITS IMPACT ON THE ORGANIZATIONAL PRODUCTIVITY” “SIX SIGMA PROSES DAN DAMPAKNYA TERHADAP PRODUKTIVITAS” Di Susun Oleh : Farda Chaerunnisa (060643)
Proses perangkat lunak dan metrik proyek
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SDLC System Development Life Cycle (Siklus Hidup Pengembangan Sistem)
Pengujian Sofware – strategi
Oleh: Narayoga Wasesa Staff Training & Certification.
1 & 2.  Rekayasa = Engineering - pemakaian ‘science’ untuk menyelesaikan’masalah praktis’ - Dari tidak ada menjadi ada.
Manajemen Proyek Sistem Informasi
BAB 3 MANAJEMEN PERANGKAT LUNAK
PENGELOLAAN PEMELIHARAAN
Tita Rayung Palupi Pengendalian dan Penjaminan Mutu
Analisis Persyaratan Perangkat Lunak dan Spesifikasi
PLANNING A SOFTWARE PROJECT Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I.
Testing & Implementation System
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
RATRI WIJAYANTI ANINDITA
Menentukan Nilai Bisnis dari Sistem dan Mengelola Perubahan
Software Testing Pertemuan III.
MENINGKATKAN ENAM SIGMA DENGAN SISTEM DINAMIS MENINGKATKAN ENAM SIGMA DENGAN SISTEM DINAMIS Oleh Puput Candra utami NPM:
BAB VIII MANAJEMEN MUTU PROYEK
PROSES PERANGKAT LUNAK DAN METRIK PROYEK
Testing dan Implementasi Sistem
A NALISIS K EBUTUHAN DAN S PESIFIKASI P ERANGKAT L UNAK.
Masalah Perangkat Lunak
Pemeliharaan Perangkat Lunak
SISTEM PAKAR PERTEMUAN 8.
1 Pendahuluan Pertemuan 12 Matakuliah: H0062/Teori Sistem Tahun: 2006.
Perencanaan Proyek Perangkat Lunak
Pengelolaan Sistem Informasi
Aturan Main Toleransi keterlambatan maksimal 20 menit
Desain Sistem.
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Keputusan Penetapan Harga dan Manajemen Biaya
ANALISA KINERJA SISTEM
Nur fisabilillah, S.Kom, MMSI | UNIVERSITAS GUNADARMA
PENDEKATAN UNTUK MEMBANGUN SISTEM
5. Proses Perangkat Lunak dan Metrik Proyek
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
Pemeliharaan Perangkat Lunak
Manajemen Proyek Sistem Informasi
Jaminan Mutu dalam Kebutuhan Rekayasa
KONSEP MANAJEMEN PROYEK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Materi Habis Uts IMK Prototyping
RPL.
PEMELIHARAAN SISTEM INFORMASI.
Software Engineering ( Pressman )
SISTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE
Rekayasa Perangkat Lunak
SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SISTEM (System Development Life Cycle/SDLC)
Manajemen Resiko Dalam Pengembangan SI
Siklus Hidup Perangkat Lunak
MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
MANAJEMEN MUTU PROYEK.
Proyek Sistem Informasi
Siklus Hidup System.
Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
MATERI : Menentukan alternative dan meramalkan akibat akibatnya.
Desain Sistem.
Analisis Persyaratan Perangkat Lunak dan Spesifikasi
Pemeliharaan perangkat lunak
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Pengembangan Sistem Informasi Erliyan Redy Susanto.
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #1 - 2
Transcript presentasi:

Q: Jika Anda harus menulis sebuah program baris dalam C untuk memecahkan masalah, berapa lama waktu yang dibutuhkan? Jawaban: umumnya berkisar 2-4 bulan analisa produktivitas Produktivitas = output / input sumber daya Dalam SW output dianggap sebagai LOC sumber daya input adalah usaha – bulan, orang; biaya overhead dimodelkan dalam tingkat orang selama sebulan Meskipun tidak sempurna, mengukur produktivitas diperlukan.

Perangkat Lunak (IEEE): kumpulan program, prosedur, aturan, dan dokumentasi y ang terkait dan data

 Mahasiswa :  Pengembang adalah pengguna  bug ditoleransi  UI tidak penting  Tidak ada dokumentasi  Industri  Industri lainnya adalah pengguna  bug tidak ditoleransi  UI sangat penting  Dokumen yang diperlukan bagi pengguna maupun bagi organisasi dan proyek

 Mahasiswa  SW tidak digunakan  Keandalan, ketahanan tidak penting  Tidak ada investasi  Tidak peduli tentang portabilitas  Industri  Dukungan fungsi sangat penting / bisnis  Keandalan, ketahanan sangat penting  investasi tinggi  Portabilitas merupakan isu kunci di sini

Kepentingan pengembangan perangkat lunak oleh mahasiswa dan industri adalah dua hal yang berbeda. Kunci perbedaan dalam kualitas (termasuk kegunaan, portabilitas kehandalan, dll) sw untuk Industri membutuhkan biaya 10 kali lebih dari sw untuk mahasiswa Dalam pembelajaran ini, perangkat lunak berarti industri perangkat lunak yang akan digunakan untuk kepentingan industri / bisnis. Perangkat lunak ini memiliki beberapa karakteristik

Salah satu persyaratan dalam bisnis perangkat lunak adalah permintaan waktu pengembangan yang cepat. produk perangkat lunak sering gagal diselesaikan dalam waktu yang tepat yang telah disepakati. Sehubungan dengan biaya yang akan dikeluarkan, maka life cycle adalah dasar dari keberhasilan pengembangan perangkat lunak.

 Keberhasilan sebuah proyek perangkat lunak ditentukan oleh biaya dan jadwal.  Biaya dan jadwal dapat dimodelkan oleh produktivitas, yang diukur dalam hal output per unit usaha.  Produktivitas yang lebih tinggi mengarah untuk menurunkan biaya  Produktivitas yang lebih tinggi menyebabkan waktu siklus lebih rendah  Oleh karena itu, untuk proyek-proyek (untuk menyediakan perangkat lunak), kualitas dan produktivitas adalah kunci utama.

Seiring dengan produktivitas, kualitas adalah faktor utama lainnya. Mengembangkan sw dengan kualitas yang tinggi adalah tujuan dasar dari suatu kegiatan pengembangan sw Kualitas sw sangat sulit untuk dedefinisikan.

ISO std memiliki enam atribut : Fungsi Keandalan Usability Efisiensi Maintainability Portabilitas

 Tidak mudah untuk mengurangi beberapa atribut karena akan mengurangi mutu.  Konsep mutu adalah bagian pekerjaan yang spesifik.  Keandalan biasanya dianggap yang paling penting, terkadang ada kegunaan lain yang lebih penting. Tetapi keandalan sw umumnya dianggap sebagai kriteria utama dalam mutu sw.

 Keandalan = Probabilitas kegagalan sulit untuk diukur maka pendekatannya adalah dengan tidak ada cacat dalam perangkat lunak  Untuk menormalkan Kualitas = kepadatan Cacat  Kualitas = Jumlah cacat yang ada / Ukuran toleransi Cacat - diperkirakan tanpa cacat yang ditemukan dalam operasi Apa itu cacat?

 Setelah sw disampaikan, memasuki fase pemeliharaan, di mana sisa kesalahan adalah tetap - ini adalah pemeliharaan korektif.  Upgrade dan perubahan lingkungan yang dilakukan - ini adalah pemeliharaan adaptif Pemeliharaan dapat menyebabkan terjadinya upaya pengembangan selama perangkat lunak digunakan(bahkan dapat rasio 20:80!)  Oleh karena itu pemeliharaan kualitas merupakan bagian lain yang sangat menarik

 Oleh karena itu, kualitas dan produktivitas (Q & P) adalah driver dasar dalam proyek sw  Tujuan dari metodologi yang kita pilih adalah untuk menghasilkan perangkat lunak dengan Q yang tinggi & Produktivitas yang tinggi  Selain kebutuhan untuk mencapai Q& P ang tinggi juga ada beberapa kebutuhan lain

 Dalam pengembangan sw, selalu ada perubahan !  Perubahan persyaratan hampir selalu terjadi, bahkan ketika proyek sedang berlangsung  Dalam suatu proyek, sampai dengan 40% dari upaya pengembangan selalu terjadi perubahan.  Dalam prakteknya, untuk mengembangkan perangkat lunak harus mengakomodasi perubahan

 Kebanyakan industri perangkat lunak cenderung menjadi besar dan kompleks  Metode untuk memecahkan masalah-masalah kecil tidak mengakomodasi untuk masalah dalam pengembangan skala besar.  Dua dimensi yang jelas dalam proyek  Rekayasa  manajemen proyek  Untuk masalah dalam pengembangan skala kecil, keduanya bisa dilakukan secara informal, tetapi untuk pengembangan skala besar sebaiknya harus diformalkan

 Menghitung skala dapat diilustrasikan seperti menghitung jumlah orang dalam ruangan vs melakukan sensus  Keduanya menghitung masalah  Metode yang digunakan dalam kasus pertama tidak digunakan untuk kasus sensus.  Untuk masalah menghitung skala besar, harus menggunakan model dan teknik yang berbeda.  Manajemen akan menjadi penting untuk menghitung skala yang besar.

 kekuatan industri perangkat lunak yang cenderung menjadi besar, maka memerlukan metode yang mampu mengantisipasi perubahan skala.  Untuk diskusi selanjutnya, Q & P akan sering kita jadikan sebagai tujuan dasar

masalah utama untuk SE adalah pengembangan perangkat lunak SE bertujuan untuk menyediakan metode untuk mengembangkan sistematis (pengembangan) perangkat lunak Selain mengembangkan perangkat lunak tujuannya adalah untuk mencapai kualitas dan produktivitas yang tinggi (Q & P) Metode yang digunakan harus mengakomodasi perubahan, dan harus mampu menangani masalah besar.