Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Object

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Advertisements

Review Pertemuan 12 (Terakhir).
U M L Unified Modeling Language
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
BPR – Tahap 1 (Persiapan)
Unified Modelling Language (UML)
PENGENALAN ANALISA SISTEM BERORIENTASI OBYEK
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
13 KOMPONEN DIAGRAM UML & PROSES MODEL WATERFALL
PENGEMBANGAN SISTEM.
Architecture dan design
Analisis Model.
Yang akan dipelajari Pengenalan UML Sejarah Singkat UML
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
Desain Berorientasi Obyek dan UML
Pertemuan 1 Konsep Dasar OOAD
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Model dan Pemodelan. Topik Bahasan 1. Definisi Model dan Pemodelan 2. Beberapa jenis model 3. Model pada Pengembangan Sistem.
Sistem berorientasi Objek & Unified Modelling Language
UML (Unified Modelling Language)
Orientasi Object Pertemuan 2.
Oleh : Veri Julianto, M.Si
Pengembangan SISTEM secara TOTALITAS bahan 14
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Rekayasa Perangkat Lunak UML (Unified Modelling Language)
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
Analisis Model.
Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek (OOAD)
ANALISA DESAIN BERORIENTASI OBYEK
Pengantar Object Oriented Analysis and Design
Object-Oriented Analysis (OOA)
PENGEMBANGAN PERANCANGAN SISTEM
Pemodelan objek.
QUIZ PSBO Total : 35 PG.
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Object oriented analyst and design
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pendahuluan Analisis & Desain Berorientasi Obyek (ADBO)
PEMODELAN SYSTEM BERORIENTASI OBYEK (UML)
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
SOAL PERTEMUAN 1-6 PSBO 4 SKS
ADBO (Analisa Desain Berorientasi Obyek)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Oleh : Sri Herawati, S.Kom
Oleh : Sri Herawati, S.Kom
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
Soal PSBO Pert.1-6.
Use Case Diagram.
Oleh : Sri Herawati, S.Kom, M.Kom
Waktu : 2 menit 30 detik/slide
Review.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Analisis Model.
Oleh : Sri Herawati, S.Kom
Unified Modelling Languange (UML)
PENGEMBANGAN SISTEM.
Pertemuan 8 RPL Oleh : Syukriya al-Asyik S.Kom
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
ANALISA DESAIN BERORIENTASI OBYEK
Pengembangan SISTEM secara TOTALITAS bahan 14
Analisa Desain Berorientasi Objek
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
RPL untuk Pemrograman Berorientasi Obyek
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
Konsep Aplikasi Berbasis Objek
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Transcript presentasi:

Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Object Siti Mukaromah, S.Kom

Tujuan Memperkenalkan proses pengembangan perangkat lunak dengan pendekatan Berorientasi Obyek. Memberikan pengetahuan proses analisis dan perancangan pembangunan perangkat lunak Beorientasi Obyek Memberikan penguasaan penerapan analisis dan perancangan pembangunan perangkat lunak Beorientasi Obyek pada beberapa contoh kasus

Software UML Tool : Bahasa Pemrograman : Rational Rose Java .NET ≠ ASP,PHP dan Script yang lain

Apakah UML itu? Unified Modeling Language (UML) adalah keluarga notasi grafis yang didukung oleh meta-model tunggal, yang membantu pendeskripsian dan desain sistem perangkat lunak, khususnya sistem yang dibangun menggunakan pemrograman berorientasi objek (OO).

UML merupakan standar yang relatif terbuka yang dikontrol oleh Object Manajement Group (OMG), sebuah konsorsium terbuka yang terdiri dari banyak perusahaan. OMG dibentuk untuk membuat standar- standar yang mendukung interoperabilitas, khususnya interoperabilitas sistem berorientasi objek. OMG lebih dikenal dg standar ORBA (Common Object Request Broker Architecture)

Software Development Life Cycle Planning Analysis Design Implementation System

Fase Pengembangan Software Langkah-langkah Teknik Planning Mengenali nilai bisnis Analisa kelayakan Rencana kerja Penugasan Kontrol dan penunjukan System request Kelayakan teknis, ekonomis, resiko Tentukan task dan waktunya Rencana penugasan dan chart project Perbaiki perkiraan/penilaian, track task, koordinasi, atur scope, minimalkan resiko Analysis Mengumpulkan Informasi Pemodelan Use case Pemodelan Structural Pemodelan Perilaku Analisa Permasalahan,benchmarking, reengineering Interview, Kueisoner Use cases, Use case model CRC Card, Class diagram Sequence diagram, collaboration diagram, state diagram

Fase Pengembangan Software Langkah-langkah Teknik Design Desain System Desain Arsitektur Jaringan Desain Interface Desain File dan Database Desain Object Custom development, package development, outsourcing Desain Hardware, desain jaringan Chart Struktur Interface, desain input , desain output Pemilihan format penyimpanan data, optimasi data storage Chart Struktur Program, Spesifikasi program Implementation Konstruksi Instalasi Support Pemrograman, pengujian Direct conversion, parallel conversion, phased conversion Support strategy, Post-Implementation, Review

OOAD Analisa : What Memahami permasalahan bisnis, tidak tergantung pada solusi teknologi. Lebih menekankan pada apa yang menjadi permasalahan Desain : How Memahami dan mendefinisikan solusi software yang merepresentasikan hasil analisa dan akan diimplementasikan dalam bentuk code Tergantung pada solusi teknologi OOAD : Pengembangan Software yang menggunakan pendekatan object/menekankan solusi yang berdasarkan object- object Memahami Permasalahan dan solusi logic dari sudut pandang object(benda, konsep, entitas)

Kenapa OOAD Karena : Memudahkan pemanfaatan ulang code dan arsitektur Lebih mencerminkan dunia nyata (lebih tepat dalam menggambarkan entitas perusahaan, dekomposisi berdasarkan pembagian yang natural, lebih mudah untuk dipahami dan dirawat) Kestabilan (perubahan kecil dalam requirement tidak berarti perubahan yang signifikan dalam system yang sedang dikembangkan) Lebih mudah disesuaikan dengan perubahan

Diagram-Diagram UML Diagram Kegunaan Activity Behavior prosedural dan paralel Class Class, fitur, dan hubungan-hubungan Communication Interaksi antar objek; penekanan pd jalur Component Struktur dan koneksi komponen Composite structure Dekomposisi runtime sebuah class Deployment Pemindahan artifak ke node Interaction overview Campuran sequence dan activity diagram Object Contoh konfigurasi dari contoh-contoh Package Struktur hirarki compile-time Sequence Interaksi antar objek; penekanan pd sequence State machine Bagaimana even mengubah objek selama aktif Timing Interaksi antar objek; penekanan pd timing Use case Bagaimana pengguna berinteraksi dg sistem

Object Orientation Concept

Konsep OO Object adalah: Definisi Informal : sebuah object adalah representasi dari sebuah entitas, baik fisik, konseptual maupun software. Entitas fisik misalnya : orang, mobil dan lain-lain Entitas konseptual misalnya : proses kimia atau algoritma Entitas software misalnya : linked list

Konsep OO Object adalah: Definisi Formal : sebuah object adalah sebuah entitas dengan boundary yang terdefinisi dengan baik dan identitas yang menengkapsulasi state dan behaviour. State : direpresentasikan oleh atribut dan relationship Behaviour : direpresentasikan oleh operasi, method dan state machine

Konsep OO State Behaviour State dari sebuah object adalah kondisi yang mungkin dialami oleh object Secara normal, state object berubah setiap waktu Behaviour Behaviour menentukan bagaimana sebuah object beraksi dan bereaksi Behaviour yang tampak dari sebuah object dimodelkan oleh sekumpulan pesan(message) yang bisa direspon atau operasi-operasi yang bisa dijalankan oleh sebuah object

Representasi Object Dalam UML Sebuah Object direpresentasikan sebagai kotak dengan nama yang bergaris bawah

Prinsip dasar OO

Abstraction Abstraction adalah karakteristik dasar dari sebuah entitas yang membedakan entitas tersebut dari entitas yang lain Abstraction mendefinisikan batasan dalam pandangan viewer Abstraction bukanlah pembuktian nyata,hanya menunjukkan intisari/pokok dari sesuatu

Encapsulation Encapsulation adalah menyembunyikan implementasi dari client, sehingga client hanya tergantung pada interface

Modularity Adalah pemecahan sesuatu yang kompleksmenjadi bagian-bagian yang mudah diatur Modularity membantu orang dalam memahami sesuatu yang kompleks

Contoh Modularity

Hierarchy

Class Class adalah : Sekumpulan object yang berbagi atribut umum dan behaviour secara umum. Sekumpulan object yang memiliki struktur data dan behaviour yang sama Blue print atau definisi sebuah object Instance adalah sebuah object yang dibuat oleh sebuah class Instantiation adalah pembuatan instance

Class Specialization adalah pendefinisian sebuah class sebagai pendetilan class yang lain Subclass adalah sebuah yang didefinisikan dalam rangka specialization superclass menggunakan inheritance Superclass adalah sebuah class yang bertugas menurunkan sifat(inheritance) dalam sebuah hirarki class Inheritance adalah penduplikasian atribut dan behaviour superclass ke subclassnya.

Representasi Class dalam UML Sebuah class direprsentasikan dengan kotak dengan pembagi

Hubungan antara Class dengan Object Sebuah Class merupakan definisi abstract dari sebuah object. Class mendefinisikan struktur dan behaviour dari masing-masing object di dalam sebuah class. Class bertugas sebagai template untuk pembuatan class. Object dikelompokkan dalam class

Contoh hubungan class dengan object

Atribut Adalah property class yang memiliki nama, dimana property itu menggambarkan range nilai Sebuah class bisa memiliki beberapa atribut atau tidak sama sekali

Operation Operation adalah implementasi dari sebuah service yang dapat direques dari object class untuk menghasilkan behaviour