DASAR MULTIMEDIA
APLIKASI MULTIMEDIA Bidang Edukasi & Training Bidang Entertainment Bidang Bisnis dan Industri Bidang Pariwisata Bidang Advertising Bidang Government dan Politics Bidang Medicine dan Nursing Bidang Arts and Humanities dll
EDUKASI DAN TRAINING - MM merupakan suatu teknologi instruksional Keuntungan penggunaan Multimedia : - MM merupakan suatu teknologi instruksional yang efektif. Computer Technology Research (CTR) Corporation report : - people retain only 20% of what they see and 30% of what they hear - remember 50% of what they see and hear - remember 80% of what they see,hear and do simultaneously.
EDUKASI DAN TRAINING - Murah untuk skala besar Prof. James Kulik dari University of Michigan : - Penggunaan Multimedia menunjukkan rata-rata learning time berkurang secara signifikan. Studi oleh US Department of Defence : - Multimedia training 40% lebih efektif daripada traditional training dengan rata-rata retention 30% lebih besar dan learning curve 30% lebih pendek - Murah untuk skala besar
EDUKASI DAN TRAINING Contoh: Paket MM untuk mengembangkan keahlian tertentu seperti berhitung, menulis, bahasa, kemampuan aritmetika dll. Visualisasi materi-materi yang biasanya sulit ditampilkan seperti meletusnya gunung berapi dll Ensiklopedia Electronics Library Untuk training di industri
Virtual Laboratories Interactive research and instruction Real-time access to remote scientific instruments
ENTERTAINMENT Kegunaan penggunaan Multimedia Contoh: - Games Menjadikan sarana hiburan lebih menarik dan memikat Contoh: - Games - Film - Virtual reality
ENTERTAINMENT Game Dulu berupa game sederhana Sekarang game yang kompleks
BISNIS DAN INDUSTRI Keuntungan : Contoh : - melengkapi bisnis dengan cara baru yang powerful untuk menjangkau dan melayani customer Contoh : - Kiosk, contoh : www.florsheim.com - virtual shooping , contoh: Galleria 21 di London - Coorporate training - E_Commerce - Product demo - Catalogs
Business Applications Theoretical Foundations of Multimedia Chapter 1 Courtesy of Video Arts Chicago, IL
PARIWISATA Kelebihan : - sebagai sarana promosi pariwisata yang efektif Contoh : - Kios Informasi , contoh San Diego Kiosk - Situs Internet untuk para turis, contoh: http://www.virtualmalaysia.com/ - software rencana perjalanan pribadi, contoh Multimedia Travel Workshop (http://www.recipeswinetravel.com/MTWMain.htrm)
ADVERTISING Keuntungan penggunaan Multimedia: eye-catching Efektif Menjadikan suatu iklan lebih menarik perhatian. Efektif Membuat iklan menjadi lebih efektif sebagai sarana untuk meningkatkan penjualan produk ataupun jasa layanan. Contoh: Iklan Televisi/Bioskop Iklan pada halaman Search Engine
GOVERNMENT DAN POLITICS Contoh : - Kiosk Quick Court di Pengadilan Tinggi Arizona - Website IRS (Internal Revenue Service) - Vote.com Keuntungan : - memberi layanan lebih luas dan mendapat respon lebih cepat.
MEDICINE DAN NURSING Banyak berkaitan dengan interactive health care training dan medical reference Contoh : - Virtual Surgery - Visualisasi materi seperti Anatomi, Physiologi
ARTS AND HUMANITIES Museum tours Art Exhibitions Presentations of literature and poetry Hyperlinked literature Music presentations and instruction
Fine Arts and Humanities Via Multimedia Systems Theoretical Foundations of Multimedia Chapter 1 Fine Arts and Humanities Via Multimedia Systems Museum tours Art Exhibitions Presentations of literature and poetry Hyperlinked literature Music presentations and instruction
Fine Arts and Humanities Via Multimedia Systems Theoretical Foundations of Multimedia Chapter 1 Fine Arts and Humanities Via Multimedia Systems Museum tours Art Exhibitions Presentations of literature and poetry Hyperlinked literature Music presentations and instruction
Break Time !