Tugas multimedia.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MULTIPLEXING.
Advertisements

VOIP DAN STREAMMING Oleh : Giga dan Riri.
Bab 6 Multimedia.
Video Pertemuan 03 Matakuliah : L0182 / Web & Animation Design
VIDEO STREAMING Kelompok 15 : Agung Widi (275386)
MULTIMEDIA* Amirudin Y. Dako, ST. M.Eng
Kompresi JPEG,MPEG, dan Video Streaming
Representasi audio dan video
U AS M ULTIMEDIA DZIKRU ROHMATUL IZA ( ).
Representasi Audio dan Video. Dubuat oleh: Tio Zailindra ( )
Download & Penyimpanan Data
Radio Streaming Kelompok 5 jarmul.
MULTIMEDIA.
Kompresi Data.
Multimedia Networking: “Introduction”
FORMAT VIDEO.
Kompresi Citra KOMPRESI CITRA Nurfarida Ilmianah.
Pengertian dan Jenis-Jenis Kompresi
TUGAS UAS MULTIMEDIA OLEH OLEH: RIZAL ARIF Z ( )
SISTEM MULTIMEDIA Tri Daryanto,S.Kom,MT. Tri Daryanto.
SISTEM MULTIMEDIA Diat Nurhidayat, M.TI Tri Daryanto.
Yan Felix Monangin ( ).  JPEG adalah sebuah format gambar, sangat berguna untuk membuat gambar jenis fotografi berkualitas tinggi dalam ukuran.
Pengantar Teknologi Informasi
DASAR-DASAR PENGGUNAAN INTERNET
Teknologi informasi dan multimedia
KOMPRESI DAN TEKS.
Oleh : Pandu Pradito Video Streaming. Streaming adalah sebuah teknologi untuk memaninkan file video atau audio secara langsung ataupun dengan.
Format Video NURUL MUSAWATIRA P.
REPRESENTASI DATA MULTIMEDIA
Representasi dan Kompresi Data Multimedia (lanjutan)
MPEG (Motion Picture Expert Group) Disusun oleh : Ahmad Apriyanto
Waktu Nyata dan Multimedia
OLEH : MUH. FARHAN APRIATNA
Kompresi Gambar Klasifikasi Kompresi Teknik Kompresi 1.
Universitas Islam Indonesia
VIDEO Slamet Kurniawan, S.Kom.
Video Pertemuan 5.
Oleh : Danny Kurnianto,S.T.,M.Eng.
A U D I O Kelompok 2 Kartikadyota K. Inge Ratna Dwi A. Anggarda Eri N.
Pengantar Multimedia Pertemuan 4 Kompresi Data
TEKNIK KOMPRESI LOSSLESS TEXT
Kompresi Citra.
Materi 8 Aplikasi Multimedia VoIP dan Video Streaming
Meminimalkan Kebutuhan Memori dalam Merepresentasikan Citra Digital
SISTEM AUDIO DAN VIDEO.
SISTEM AUDIO DAN VIDEO.
KOMPRESI DATA DAN TEKS Sindy Nova.
PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A
Lapis Presentation dan Session
Pengertian Audio Digital
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
JARINGAN KOMPUTER Nama Kelompok 1.AMIRUDIN 2.RIAN 3.APRIZAL RIZIEQ
Download & Penyimpanan Data
Pengantar Telekomunikasi
Tugas Multimedia Luqman hakim
Sistem Multimedia Materi : Audio/Suara.
JARINGAN KOMPUTER Nama Kelompok lll 1.Aliyudin 2.Muhammad nurfauzi
FIKRI FAUZANAKBAR 9A SERVER.
Chapter 5 Teknik Kompresi
SISTEM MULTIMEDIA Tri Daryanto,S.Kom,MT. Tri Daryanto.
Animasi dan Suara Pertemuan 02
SISTEM MULTIMEDIA Tri Daryanto.
DISTRIBUSI MULTIMEDIA
SINYAL TRANSMISI.
Tugas Akhir Multimedia
Nama kelompok : 1. Laily Ivadah N. 2. M. Lutfi Wahyudi 3. Putri Sifa D
PRESENTASI JARINGAN KOMPUTER
KRIPTOGRAFI.
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Transcript presentasi:

Tugas multimedia

Kompresi JPEG dan MPEG kompresi data yang dilakukan terhadap citra digital berujuan untuk mengurangi redudansi dari data data yang terdapat dalam citra sehingga dapat di simpan atau di transmisikan secara efisien Parameter-parameter citra yang penting dalam proses  kompresi diantaranya adalahsebagai berikut: Resolusi : Resolusi citra menyatakan ukuran panjang kali lebar  dari sebuah citra. Resolusicitra biasanya dinyatakan dalam satuan piksel Kedalaman Bit : Kedalaman bit menyatakan jumlah bit yang dipelukan  untuk mrepresentasikantiap piksel citra pada sebuah  frame. Konsep Redundansi : Redundansi merupakan suatu keadaan dimana representasi suatu elemen datatidak bernilai signifikan dalam merepresentasikan keseluruhan data.

Kompresi Berdasarkan Output Ada dua macam yaitu : Kompresi Lossless Kompresi Lossy Pada kompresi lossless, Hasil dekompres dari data terkompresi akan tepat sama persis dengan data Hasil dekompres dari data terkompresi akan tepat sama persis dengan data sebelum dikompres sebelum dikompres. Sedangkan pada kompresi lossy, Hasil dekompres dari data terkompresi tidak tepat sama persis, tetapi persepsi terhadap semantik data tetap sama

Kompresi berdasarkan penerimaan : Dialoque Mode: proses penerimaan data secara real time Retrieval Mode: proses penerimaan data tidak real time Klasifikasi teknik kompresi :   Entropy Encoding Source Coding Hybrid Coding Bersifat lossless Tekniknya berdasarkan urutan data Misalnya : Huffman coding Source coding Bersifat lossy Berkaitan dengan data semantic Misalnya : Vector quantization Hybrid Coding : Gabungan antara lossy + lossless Misalnya: JPEG, MPEG

VIDEO STREAMING Streaming adalah sebuah teknologi untuk memaninkan file video atau audio secara langsung ataupun dengan pre-recorder dari sebuah mesin server (web server). Dengan kata lain, file video ataupun audio yang terletak dalam sebuah server dapat secara langsung dijalankan pada UE sesaat setelah ada permintaan dari user, sehingga proses running aplikasi yang didownload berupa waktu yang lama dapat dihindari tanpa harus melakukan proses penyimpanan terlebih dahulu

Format Streaming Ada tiga jenis format streaming yang banyak digunakan dalam situs-situs Internet. Mereka adalah format Real Media (.rm/.ra/.ram), Windows Media (.asf/.wmf/.asx) dan QuickTime (.mov). Tak ada yang sempurna, begitu juga dengan format-format tersebut. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri.

ISTILAH DALAM STREAMING Media Streaming Sebuah teknlogi yang memungkinkan distribusi data audio, video dan multimedia secara real-time melalui Internet. Media streaming merupakan pengiriman media digital (berupa video, suara dan data) agar bisa diterima secara terus-menerus (stream). Data tersebut dikirim dari sebuah server aplikasi dan diterima serta ditampilkan secara real-time oleh aplikasi pada komputer klien. Buffering Proses atau kondisi yang terjadi saat sebuah player untuk media streaming sedang menyimpan bagian-bagian file media streaming ke tempat penyimpanan lokal. Kebanyakan player menyimpan hanya sebagian kecil dari sebuah presentasi streaming sebelum memulai streaming. Proses buffering juga bisa terjadi di tengah-tengah streaming, biasanya hal seperti ini terjadi jika bandwith yang diperlukan untuk memainkan streaming kurang sesuai atau kurang memenuhi besar bandwidth dari yang seharusnya. Bandwidth Jumlah data yang bisa ditransmisikan dalam ukuran waktu yang telah pasti. Untuk peralatan digital, biasanya bandwidth dibuat dengan satuan bit per seken atau byte per seken – berbeda dengan peralatan analog yang memiliki standar ukuran cycle per seken atau Hertz (Hz). Broadcast Sebuah proses saat data secara simultan dikirimkan ke semua stasiun dalam sebuah jaringan. Buffer Tempat penyimpanan sementara (penyangga) yang dialokasikan dalam sistem secara random untuk menyimpan data-data sebelum dikirim atau disimpan ke bagian lain dari sistem. Dalam aplikasi streaming, buffer menyimpan data video atau audio sampai semua informasi yang cukup untuk melakukan streaming terkumpul semua. Video Digital Kunci dari konten media streaming. Biasanya video digital dikonversi dari data-data video analog. Sinyal video digital direpresentasikan dengan bilangan 0 dan 1, sedangkan sinyal analognya direpresentasikan dengan fluktuasi sinyal yang tersimpan di storage – perbedaan analog dan digital dalam sinyal video sama dengan perbedaan analog dan digital pada sinyal audio.