Digital Publishing 3 Logo + Packaging Materi Pertemuan 04

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kategori Desain Grafis
Advertisements

Hak Atas Kekayaan Intelektual
Main Menu Identifikasi Data Data Visual Lapangan Analisis
Materi 5 - Komputer Multimedia
GRAFIKA ? Pengertian tentang GRAFIKA.
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Persepsi Dalam Dunia iklan
Yang penting dari logo yang penting dari logo.
Desain Kartu Nama.
PERTEMUAN 2 Dosen: Putri Anggraeni Widyastuti, S.Sn., M.Des.
Huruf sebagai Elemen Desain
E-COMMERCE Komunikasi Pasar dan Branding
HOW TO SAY IN ADVERTISING
MANAJEMEN BRAND.
Desain permodelan grafis
Basic Advertising Mengapa kita harus beriklan?
Digital Publishing 3 Wayfinding Tugas Pertemuan 02
Pengertian Identity Manual Pertemuan 10
Digital Publishing 3 Logo + Packaging Ratna Cahaya, M. Rizaldi, Zamzami A Tugas Pertemuan 04.
Digital Publishing 3 Wayfinding Ratna Cahaya, M. Rizaldi, Zamzami A Tugas Pertemuan 03.
DIGITAL PUBLISHING – iii LOGO
1 Pertemuan 1 LAYOUT - OVERVIEW Matakuliah: U0264 Tahun: 2006 Versi: 1/0.
Pengenalan desain grafis 2
Mengidentifikasi Perangkat Lunak Pembuat Grafis Definisi Desain Grafis Tujuan Desain Grafis Manfaat Desain Grafis Elemen Desain Grafis Prinsip Dasar Desain.
Basic Design Principles
DASAR DESAIN GRAFIS.
Interaksi Manusia & Komputer
LOGO.
DOKUMENTASI.
DESAIN.
Sesi 2 Memahami tipografi sebagai seni meramu teks untuk memvisualisasikan pesan yang berhasil.
Definisi Desain Grafis
PERTEMUAN 7 Dosen: Putri Anggraeni Widyastuti, S. Sn., M. Des.
Pengertian Identity Manual Pertemuan 9
Bahasa visual Untuk Media internal.
Sistem InforMASI AKUNTANSI
Branding/Re-Branding UMKM Cappucino Cincau
Definisi Desain Grafis
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
ANATOMI BUKU Rudi Hartono, Lc., MPI.
Komunikasi Visual Iklan Cetak
Gambar Bitmap Gambar bitmap atau yang sering juga disebut raster terdiri atas sekumpulan titik-titik (pixel) yang berdiri sendiri dan mempunyai warna sendiri.
Pendalaman Corporate Identity
Sesi 2 Memahami tipografi sebagai seni meramu teks untuk memvisualisasikan pesan yang berhasil.
Sintaktik.
DOKUMENTASI.
Budaya (Populer) media massa & sistem Tanda
Digital Publishing 3 Tugas Pertemuan 01
DESAIN GRAFIS IMK 2015 Laseri, S.Kom.
M e m b e n t u k e k u I t a s m e r e k
Kelompok 5 Semiotik Fadlun, Maman, Rika,Yustika. Pengertian,ruanglingkup,tanda-tanda lalu lintas dalam semiotika.
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
By : ijaa.wordpress.com.
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
( Materi Desain Grafis )
KEWIRAUSAHAAN KELOMPOK 8 NAMA : Taufik Fajar Hidayat ( 29 )
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
Abdu Hari Wijaya Nurul Fajri
Komunikasi Pemasaran Pariwisata & Brand Destinasi
Bahasa visual Untuk Media internal.
Mengidentifikasi Perangkat Lunak Pembuat Grafis Definisi Desain Grafis Tujuan Desain Grafis Manfaat Desain Grafis Elemen Desain Grafis Prinsip Dasar Desain.
B N N N N A A D D R R I I G G  Nama, istilah, tanda, simbol atau desain (atau kombinasi darinya) yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu produk.
PT. Tayang Visi Aplikasi Digitasi (TVaD)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER. PENGERTIAN DESAIN  Desain adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk.
Berani Tampil Beda Manipulasi Warna Font yang Tepat Tidak Banyak Text Gambar Susai Huruf Besar Info Grafis Slide yg Menginfirasi Menu 8.
E L E M E N MULTIMEDIA Toto Haryadi MULTIMEDIA
Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam DKV untuk Multimedia
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Steganography dan Watermarking
Transcript presentasi:

Digital Publishing 3 Logo + Packaging Materi Pertemuan 04 03.03 2014 Ratna Cahaya, M. Rizaldi, Zamzami A

Logo

Logo – brand - identitas logo adalah simbol perusahaan, obyek, publikasi, layanan, atau ide, yang dapat dibedakan dari yang lain. Identifikasi perusahaan tidak sekedar logo, tetapi elemen lain yang mengidentifikasikan perusahaan seperti warna, grafis, musik, dll.

Fungsi logo Membedakan dari kompetitor Menciptakan fokus perhatian Memberi identifikasi yang jelas Menghubungkan antara perusahaan dengan audiens Menciptakan kredibilitas Agar mudah ditandai Mengkomunikasikan pesan

Beberapa istilah Mark : simbol yang digunakan agar orang mengenali kepemilikan atau asal suatu barang Trademark : nama atau simbol bahwa suatu produk dibuat oleh perusahaan dan terdaftar secara legal Signature: sinonim logo

Logo dengan visual berasal dari eksplorasi nama perusahaan. Bagian logo: Wordmark Logo dengan visual berasal dari eksplorasi nama perusahaan.

Bagian logo: Wordmark Logo dengan menggunakan nama perusahaan Kelebihan Logo dengan simbol sudah terlalu banyak, wordmark lebih mudah dikenali Kekurangan Jika desainer kurang piawai, wordmark akan terlihat generik dengan logo-logo lain

Visual ikonik untuk mewakili perusahaan Bagian logo: Simbol Visual ikonik untuk mewakili perusahaan

Bagian logo: Simbol Kelebihan Satu simbol dapat mewakili banyak cerita Kekurangan Jika orang belum mengenali, simbol yang terpisah dari wordmark, orang semakin tidak paham pemilik simbol perusahaan tersebut

Inisial nama sebagai alat identifikasi Bagian logo: Monogram Inisial nama sebagai alat identifikasi

Bagian logo: Monogram Kelebihan Monogram lebih mudah dibaca dan diingat Kekurangan Beresiko untuk memiliki inisial generik

Logo adalah shortcut Logo tidak perlu menjelaskan panjang lebar semua aspek perusahaan, tetapi harus mengidentifikasi bagaimana perilaku dan nilai perusahaan. Oleh karena itu, logo harus memiliki fokus visual, tidak terlalu banyak titik yang harus dimaknai.

Logo adalah shortcut

“logo bukan satu-satunya hal yang membuat perusahaan sukses/gagal diingat. Perlu repetisi penyampaian logo pada audiens.”

Tipografi logo Logo yang jelas terbaca namun unik (bisa dilakukan dengan memodifikasi font yang sudah ada) akan memberi nilai lebih.

Warna logo Warna subyektif, memiliki hubungan emosi, memudahkan mengingat pesan. Warna juga menjadi khas perusahaan. F57d00 (Blogger), 0039a6 (Boeing), ed1c16 (Cocca-cola), 5ba525 (Evernote), 3b5998 (Facebook), dd4b39 (Google+), ffcc33 (IKEA), dll. Check  http://brandcolors.net/

Icon logo Icon tidak harus flat, tetapi pastikan bisa diproduksi dan diaplikasikan untuk bervariasi kebutuhan

Proses desain logo RISET EKSPLORASI REFINE Mengumpulkan informasi tentang perushaaan Menentukan pesan yang akan disampaikan Eksplorasi konseptual Perbaiki visual Tentukan bentuk huruf yang sesuai Tentukan palet warna yang sesuai Coba aplikasikan pada beberapa media

Proses desain logo APLIKASI PRODUKSI SISTEM Aplikasikan tipeface Aplikasikan palet warna Produksi file digital Buat GSM

panduan Logo dan variasi Apakah tanda utamanya (hanya ikon, ikon + type, type)? Adakah variasi logo (versi horisontal, vertikal)? perubahan apa yang dilakukan untuk membuat variasi (hanya mengubah skala? Posisi?) Bagaimana brand ekstensionnya (logo produk)? Bagaimana memperlakukan logo dengan logo lain yang berkaitan (seperti trademark, dsb)

panduan 2. Palet warna Apakah warna utama atau warna kombinasi untuk logo? Apakah ada warna alternatif yang bisa digunakan? Bagaimana aplikasi untuk warna hitam putih? Dapatkah warna logo dibolak balik? Apakah nomor Pantone, CMYK, dan RGB-nya?

panduan 3. Shape Apakah logo memiliki bentuk tertentu? Selalu atau hanya pada saat tertentu? Jika iya, apa bentuknya? Apakah bentuk dapat berubah?

panduan 5. Tagline Apakah tagline utama? Adakah tagline alternatif? Typeface apa yang digunakan untuk tagline? Berapa rasio logo dengan tagline? Apakah ada simbol lain seperti copyright, dsb?

Standard manual (gsm) Standard manual dibuat untuk menjaga keorisinalan logo dan agar sistem identitas diterapkan sebagaimana mestinya.

Thank you!