ANIMASI DALAM POST PRODUCTION

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kategori Desain Grafis
Advertisements

PEREKAMAN DAN EDITING PROGRAM VIDEO INSTRUKSIONAL
PENULISAN NASKAH.
Pembuatan Video Klip Berjudul “Aku Gila” Dengan Penggabungan Animasi 2D dan 3D Bergenre Narative Clip Haykal Faisal Bahanan
Wirecast SHELTI TERESA .ES.
ANALISA KEBUTUHAN MI. ANALISA KEBUTUHAN Tahap ini berfungsi untuk mendiskripsikan kebutuhan yang diperlukan dalam pembuatan MI Tahap ini meliputi (1)
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.. PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan.
Animasi.
PRESENTASI BISNIS PERTEMUAN 12.
Dialog, Musik dan Sound Effect
PRESENTASI BISNIS PERTEMUAN 12.
“HATI-HATI BERBAHAYA”
Pengantar Content Pertemuan 1.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Memahami etimologi multimedia
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Perangkat Keras Multimedia
KELOMPOK 2 SI-2 FAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA”YPTK”PADANG 2011.
1.
Beberapa Menu Bar dan Icon Pada Power Point
ANIMASI IKLAN A MILD MEMANFAATKAN EFEK WALKTHROUGH M. Arief. Rachman
Oleh : Maria Etik Sulistiyani
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
10/5/2004 Pengantar Teknologi Informasi Pertemuan 5 Output Device.
Menguasai Dasar Animasi Stop Motion
Storyboarding II Pertemuan 10 Matakuliah : UO522 / Screen Play of Animation Tahun : 2007.
POST PRODUCTION (lanjutan)
Storyboard.
Pembuatan Media Presentasi
Pusat Pendidikan dan Pelatihan BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL
Multimedia production
Visual FX Animation Pertemuan 11
Produksi Konten Multimedia
Teknologi Informasi dan Komunikasi
SEMINAR BERKREASI DENGAN ANIMASI
EDUCATION PROGRAM (lanjutan praktek sederhana)
TOPIK V KOMUNIKASI VISUAL IKLAN TV Audio Visual Production.
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
Pengembangan Media Presentasi
PERKEMBANGAN DKV Pertemuan ke-3.
M2. Produksi konten Multimedia 1
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
Storyboard Pengembangan Media Pembelajaran Matematika
PASCA PRODUKSI TOPIK 3 PROSES PRODUKSI KARYA AUDIO VISUAL
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
AUDIO VISUAL APLIKASI SISTEM VIDEO DAN TELEVISI
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
Animasi Digital.
Sejarah Multimedia TRI SURATNO, S.KOM.,M.KOM.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Storyboarding I Pertemuan 09
Visual Reality Pertemuan 12
Animasi dan Multimedia I
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
Deskripsi Screen Play of Animation Pertemuan 01
PEMBUATAN STORYBOARD MEDIA PRESENTASI
Input & Output Devices Bab V.
PROSES PERANCANGAN GRAFIS
Pertemuan 5 Ratih Pertiwi, M. Ds
1.
Pengantar teknologi informasi
INPUT DEVICE.
Perangkat Input Dan Output Beserta Fungsinya
MATERI – 12 PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI
This presentation uses a free template provided by FPPT.com ETIMOLOGI MULTIMEDIA Oleh : Putrie Fortuna RGP.
Pengantar.
1.
Komponen input dan output komputer
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
ANIMASI KOMPUTER Ayu Helinda, S.S.T., M.T HP :
Transcript presentasi:

ANIMASI DALAM POST PRODUCTION

VISUAL FX Sesuai dengan namanya, visual fx ini mempunyai fungsi memberikan sentuhan khusus berupa tambahan visual tertentu yang membuat gambar lebih kaya karakter. Misalnya mengkoreksi warna langit agar lebih terlihat kelam menakutkan.

Proses penambahan FX visual dapat berupa: Koreksi warna (color correction) Compositing blue/green screen dengan background pengganti. Animasi model baik 2D maupun 3D (termasuk animasi teks) Animasi khusus untuk Transisi Efek khusus untuk memberi kesan tertentu.

MOTION GRAPHIC Istilah ini muncul selain karena perkembangan animasi termasuk software pendukungnya juga bentuknya ternyata sangat mendukung tampilan dari suatu “program” audiovisual. Motion graphic bisa memberi suatu identitas tersendiri dari suatu program.

Seperti halnya logo di kop surat dan amplop, motion graphic dari logo tertentu bisa tampil sebagai identitas yang khas, menggabungkan gerak dan suara dalam sebuah layar sebagai medianya (monitor komputer, tv, bioskop, layar ponsel). Motion graphic sebenarnya adalah animasi (bisa juga campuran dengan live shot), lebih dikhususkan di judul-judul acara tv, film atau program audio visual lainnya.

ANIMASI Esensi utama animasi adalah gerak. Maka permasalah utama yang perlu menjadi perhatian adalah bagaimana menggerakan objek atau gambar. Banyak pemula animasi yang kuat di penguasaan software lebih suka bermain-main dengan membuat model terlebih dulu. Begitu masuk bagian gerakan terlihat lemah sekali.

Berdasar sejarah dan produksinya, animasi dibagi 2 yaitu: Animasi jenis ini dari yang paling sederhana, yaitu gambar objek di sebidang kertas yang ditumpuk (semacam buku), atau biasa disebut Flip Book. Buku tersebut lalu dibuka satu persatu halamannya secara cepat sehingga gamabr di tiap halaman terlihat bergerak Sejalan dengan perkembangan teknologi, akhirnya bisa diproyeksikan dilayar monitor.

Disebut 2D karena sifat gambarnya yang: FLAT Tidak ada kedalaman ruang dan objek yang nyata Kesan kedalaman (3d) dicapai dengan visualisasi tertentu (tipuan mata), misalnya: efek bayangan. Gerak kamera sumbu x dan y Contohnya: serial kartun Micky and Donald, Tom and Jerrry, Dora Emon dll.

Animasi 3D Jika merunut dari perkembangan teknologi maka animasi ini lebih mengacu pada software animasi 3D. Selain produksinya dengan software, animasi yang berdimensi 3 ada yang memakai model dari clay, semacam lilin (clay animation). Proses produksi clay dengan teknik stop motion.

Sifat gambar: Real (nyata) 3D Ada kedalaman ruang dan objek Gerak kamera dan objek, sumbu x,y dan z Contohnya: film Shrek, Final Fantasy, Ice Age dll

Selain berdiri sendiri sebagai program audio visual, pemakaian animasi juga untuk memperkaya visualisasi dalam post produksi. Misalnya iklan sepeda motor terbaru merek X, ada satu adegan yang menggambarkan kerja mesin di dalamnya. Adegan “kerja mesin” tadi bisa dicapai dengan model animasi.

Opening program audio visual juga lebih banyak memakai animasi Opening program audio visual juga lebih banyak memakai animasi. Walaupun hanya sekedar permainan gerak huruf dari judul program. Istilah motion graphic populer lewat animasi opening title/logo ini. Dalam perkembangannya, karena demikian pentingnya peran sebuah opening title, maka proses produksinya seringkali rumit dan dikerjakan orang-orang khusus yang berbeda dari tim produksi programnya sendiri.