1
LINEAR PROGRAMMING Pertemuan 04 Matakuliah: J Analisis Kuantitatif Bisnis Tahun: 2009/2010 2
Framework Aplikasi Model Grafik dalam LP Analisis Model Grafik Pendekatan Simpleks Kriteria dan Tahap dalam Simpleks
Let: –X1 = number of Walkmans –X2 = number of Watch-TVs Then: –4X1 + 3X2 240: electronics constraint –2X1 + 1X2 100: assembly constraint –7X1 + 5X2 = profit: maximize profit Formulasi Model
Langkah-Langkah Solusi Grafik Gambarkan model batasan sebagai persamaan pada grafik Dengan mempertimbangkan ketidaksamaan batasan, tunjukan area solusi yang layak Selesaikan persamaan secara simultan pada titik solusi untuk menemukan solusi yang paling optimal
Hours Required to Produce 1 Unit DepartmentX1X1 Walkmans X2X2 Watch-TV’s Available Hours This Week Electronic43240 Assembly21100 Profit/unit$7$5 Constraints: 4x 1 + 3x 2 240 (Hours of Electronic Time) 2x 1 + 1x 2 100 (Hours of Assembly Time) Objective:Maximize: 7x 1 + 5x 2
Number of Walkmans (X 1 ) Number of Watch-TVs (X 2 ) Electronics (Constraint A) Assembly (Constraint B) Batasan Kendala
Daerah Fisibel Number of Walkmans (X 1 ) Number of Watch-TVs (X 2 ) Electronics (Constraint A) Assembly (Constraint B) Feasible Region
Number of Walkmans (X 1 ) Number of Watch-TVs (X 2 ) Electronics (Constraint A) Assembly (Constraint B) 7*X 1 + 5*X 2 = 210 7*X 1 + 5*X 2 = 420 Garis Kendala 1 dan 2
Number of Walkmans (X 1 ) Number of Watch-TVs (X 2 ) Electronics (Constraint A) Assembly (Constraint B) ISO-Profit Line Solution Point (X 1 =30, X 2 =40) Solusi Optimal
Kesimpulan tentang Metode Grafik Pendekatan grafik dianggap kurang efisien untuk pemecahan masalah pemrograman linear Penggambaran grafik makan waktu Pendekatan grafis hanya terbatas pada 2 variabel Jika solusi yang layak dan titik solusi optimal telah ditentukan dari grafik, persamaan secara simultan dipecahkan untuk menentukan nilai X 1 dan X 2 pada titik solusi
Latihan Soal : Lihat Buku Referensi