Dasar Pemrograman.
Program Program adalah sekumpulan langkah-langkah instruksi bertahap yang ditujukan untuk komputer agar melakukan pekerjaan yang kita inginkan dan menghasilkan sesuatu yg kita inginkan.
Bahasa Pemrograman Bahasa pemrograman adalah sekumpulan aturan yang menyediakan cara untuk memerintahkan komputer operasi yang harus dikerjakan.
Apa Yg Dpt Program Kerjakan? Program hanya dpt menginstruksikan komputer untuk : Read Input (membaca masukan) Read Input (membaca masukan) Sequence (mengurutkan) Sequence (mengurutkan) Calculate (menghitung) Calculate (menghitung) Store data (menyimpan data) Store data (menyimpan data) Compare and branch (membandingkan & percabangan) Compare and branch (membandingkan & percabangan) Iterate or Loop (perulangan) Iterate or Loop (perulangan) Write Output (menulis keluaran) Write Output (menulis keluaran)
Struktur Kontrol Urutan Sequence control structures direct the order of program instructions. The fact that one instruction follows another—in sequence—establishes the control and order of operations.
Calculate (Perhitungan) Program dapat menginstruksikan komputer untuk melakukan operasi matematik. Add 1 to Counter
Store (Menyimpan) Program akan sering menginstruksikan komputer untuk menyimpan hasil operasi. Place 1 in Counter
Compare and Branch (Membandingkan dan Percabangan) Program dpt menginstruksikan komputer utk membandingkan 2 item dan mengerjakan sesuatu berdasarkan kesesuaian atau ketidaksesusaian. Terdapat 2 bentuk : IF-THENIF-THEN IF-THEN-ELSEIF-THEN-ELSE
IF-THEN Test condition p falsetrue Entry Exit True statement a
IF-THEN-ELSE falsetrue Entry Exit Test condition p “true” statement a “false” statement a
Iterate (perulangan) Program 'loop' adalah bentuk dari perulangan. Komputer dapat diinstruksikan utk mengulang instruksi pada kondisi tertentu. No
Iteration Control Structures (Struktur Kontrol Perulangan) Struktur kontrol perulangan adalah mekanisme 'looping'. 'loop' akan mengulangi sebuah aktifitas sampai berhenti. Lokasi dari mekanisme pemberhentian 'loop' menentukan bagaimana 'loop' akan bekerja: Leading decisionsLeading decisions Trailing decisionsTrailing decisions
Leading Decisions Jika 'stop' berada pada awal perulangan, maka kontrol ini disebut : leading decision. Perintah DO WHILE melakukan perulangan dan meletakan 'stop' pada awal.
DO WHILE Loop No Yes Entry Exit Test condition p Loop statement a
Trailing Decisions Jika 'stop' berada pada akhir perulangan, mekanisme kontrol ini disebut : trailing decision. Perintah DO UNTIL melakukan perulangan dan meletakan 'stop' pada akhir perulangan.
DO UNTIL Loop Loop statement a NoYes Entry Test condition p Exit
Program = Solusi Masalah Para Programmer menggunakan salah satu alat bantu ini utk memcahkan masalah : Logic flowchartsLogic flowcharts Structure chartsStructure charts PseudocodePseudocode Structured ProgrammingStructured Programming
Logic Flowcharts Simbol ini merepresentasikan aliran logika didalam program dan membantu programmer utk melihat rancangan program.
Start sum=0 Input price sum=sum+price More items? tax=sum x total=sum+tax Output sum, tax, and total Stop No Yes Flowchart Utk Program Cash Register
Structure Charts Structure chart menggambarkan struktur program dgn menampilkan langkah- langkah secara terstruktur. Masalah utama dipecah-pecah menjadi masalah yg lebih kecil.
Psuedocode Alat bantu ini tidak visual, tapi berguna sbg “first draft” dari program. Pseudocode ditulis dalam bahasa native programmer dan konsentrasi pada logika program – Bukan bahasa program.
sum=0 While More items do Input price sum=sum+price End While tax=sum x total=sum+tax Output sum, tax, total Pseudocode Utk Program Cash Register
Pemrograman Terstruktur Bahasa pemrograman terstruktur dapat dipelajari dgn flowcharts, structure charts, dan pseudocode. Bahasa pemrograman terstruktur berfungsi dgn baik ketika perintah- perintah telah dipilah-pilah menjadi lebih kecil dan dapat dikelola.
Analyze the problem Design the solution algorithm Design the user interface Write the code Test and debug the program Complete the documentation Siklus Pengembangan Program
Tingkatan Bahasa Pemrograman Machine language Assembly Language High Level Languages Fourth Generation Languages (4GL)
Machine Languages Berbeda untuk setiap prosesor
Assembly Languages Berbeda untuk setiap prosesor mainproc pay mov ax, dseg mov ax, 0b00h add ax, dx mov a1, b1 mul b1, ax mov b1, 04h
High-Level Languages Higher Level Languages Menggunakan logika pemrograman umum dimana instruksi program memerintahkan komputer.Menggunakan logika pemrograman umum dimana instruksi program memerintahkan komputer. 4GLs Menggunakan bahasa instruksi English-like.Menggunakan bahasa instruksi English-like.
Interpreter vs Compiler Interpreter Menterjemahkan instruksi mjd kode mesin per baris.Menterjemahkan instruksi mjd kode mesin per baris. Compiler Menterjemahkan seluruh program menjadi kode mesin sebelum dijalankan.Menterjemahkan seluruh program menjadi kode mesin sebelum dijalankan.
Tipe Bahasa Pemrograman Machine language Procedure-oriented languages Object-oriented languages Event-driven languages
Procedure-Oriented Languages FORTRAN COBOL Pascal C Ada
OOED Languages Object-oriented languages SmalltalkSmalltalk C++C++ Ada 95Ada 95 Event-driven languages Visual BasicVisual Basic most Visual languages : Visual C, Visual C++, Visual Foxpromost Visual languages : Visual C, Visual C++, Visual Foxpro
Istilah Pada Programmer Program - detil set dari instruksi utk komputer Programming Language – alat yg digunakan utk membuat program; ditentukan oleh semantic dan syntax Semantics – arti dari kata didalam bahasa Syntax – aturan utk mengkombinasikan simbol bahasa
Source Code (kode) Source Code (kode) - program yg Anda tulis menggunakan bahasa pemrograman Interpreter – Interpreter – menterjemahkan dan mengeksekusi kode program per baris.
Contoh Proses Interpreter
Contoh Proses Compiler
Pertanyaan?