Kostanta,Variabel,dan Tipe Data Pengenalan Java Kostanta,Variabel,dan Tipe Data
Variabel dan Konstanta Variabel adalah suatu tempat untuk menampung data yang nilainya selalu berubah. Data yang disimpan dalam variabel akan hilang setelah program selesai dieksekusi. Konstanta adalah suatu tempat untuk menampung data yang nilainya selalu tetap dan tidak pernah berubah.
Penamaan dalam Java Java classes, methods, dan Variables semuanya mempunyai nama. Penamaan didalam java boleh memiliki kombinasi dari letters, numbers, dan Underscore character(_), tetapi karakter pertama dari penulisan nama haruslah dimulai dengan huruf. Penulisan nama didalam java minimal terdiri dari satu karakter, dan tidak memiliki batasan maksimum. Contoh penulisan nama yang dibolehkan didalam java. Hello ThisIsTest ABC A1B2 a_12 Contoh penulisan nama yang tidak dibolehkan didalam java. 1Day _toupper dan lain lain ditambah dengan reserved keywords
Penamaan dalam Java Reserved Keywords abstract continue float long short try boolean default for native static void break do goto now super volatile byte double if null synchronized while case else implements package this catch extends import private throw char false instanceof protected throws class final iInt public transient const finally interface return true
Penamaan dalam Java Hasil dari sebuah konfrensi : Nama class java, selalu dimulai dengan huruf besar. Nama Methods dan Variables, dengan huruf kecil. Nama Class, Methods dan Variabel jika terdiri dari dua atau lebih suku kata, awal kata ke dua dan seterusnya awali dengan huruf besar. Contoh untuk class. HelloWorld ThisIsTest Contoh untuk methods dan variables. getString toUpperCase statusPerkawinan
Tipe Data Bahasa pemrograman java memiliki 2 katagori tipe data: primitive dan reference. Sebuah variabel dengan tipe primitive memuat sebuah nilai tunggal dengan format dan ukuran yang sesuai tipenya. Sedangkan Reference tipe data merupakan sebuah tipe data berjenis class, yang dapat memiliki fungsi atau metode.
Tipe Data Tipe Data Primitive Kata Kunci Keterangan Size/Format (integers) byte Byte-length integer 8-bit two's complement short Short integer 16-bit two's complement int Integer 32-bit two's complement long Long integer 64-bit two's complement (real numbers) float Single-precision floating point 32-bit IEEE 754 double Double-precision floating point 64-bit IEEE 754 (other types) char A single character 16-bit Unicode character boolean A boolean value (true or false) true or false
Tipe Data Contoh Tipe Data Primitive 178 Int 8864L long 37.266 double 37.266D 87.363F float 26.77e3 ' c ' char True boolean False Secara umum, sederet digit dengan tanpa titik decimal (dalam notasi Internasional) atau koma decimal (notasi Indonesia) ditipekan sebagai sebuah integer. Kita juga dapat menspesifikasi sebuah integer Long dengan menempatkan 'L' atau 'l' setelah angkanya. 'L' ditunjukkan agar tidak membingungkan dengan digit '1'. Sebuah deretan digit dengan ada sebuah titik desimalnya adalah bertipe double. Kita juga dapat menspesifikasi sebuah float dengan menempatkan 'f' atau 'F' setelah angka. Sebuah karakter harfiah adalah sebuah karakter Unicode tunggal diantara tanda petik. Dua karakter Boolean adalah true dan false (benar dan salah)
Tipe Data Tipe Data Reference Arrays, class, dan interface adalah tipe-tipe referensi. Nilai dari variable tipe referensi, berbeda dengan tipe primitive, adalah sebuah referensi untuk (sebuah alamat dari) nilai atau kumpulan nilai dari nilai-nilai yang ditunjukkan oleh variable.
Variabel Tipe Data Variabel Primitif adalah variabel dengan tipe data primitif. Mereka menyimpan data dalam lokasi memori yang sebenarnya di mana variabel tersebut berada. contoh: int num = 10; Variabel reference adalah variabel yang menyimpan alamat dalam lokasi memori yang menunjuk ke lokasi memori di mana data sebenarnya berada. contoh: String nama = “adi”
Konstanta dan Variabel Konstanta adalah sebuah tempat penyimpanan data didalam memory komputer yang mana nilai yang ada didalamnya sudah tidak dapat berubah selama program dijalankan. Sedangkan Variabel sebaliknya, dimana nilai-nya dapat berubah selama program berjalan. Tipe data didalam java, yang tergolong kedalam tipe data primitif : Tipe Bit Range / Jangkauan Sub-Tipe boolean 1 True or false char 16 ‘\u0000’ to ‘\uFFFF’ - byte 8 -128 … 127 Integer short -32,768 … 32,767 int 32 -2,147,483,648 … 2,147,483,647 long 64 ‑9,223,372,036,854,775,808... 9,223,372,036,854,775,807 float -3.4e+38…3.4e+38 Floating Point double -1.7e+308…1.7e+308
Konstanta dan Variabel Integer Konstanta dan Variabel adalah bilangan bulat posistif atau negatif dengan range yang sudah disebutkan pada tabel sebelumnya. Contoh yang dibolehkan: 12 -123456 9999999999L // tipe long Contoh yang tidak diperbolehkan : 1,024 // memiliki tanda berkoma 9999999999 // terlalu besar untuk tipe int Deklarasi variabel integer sbb: int var1, var2; short var3; int var4 = 100 // deklarasi dan inisialisasi nilai 100 ke var4
Konstanta dan Variabel Real Konstanta dan Variabel adalah bilangan pecahan posistif atau negatif dengan range yang sudah disebutkan pada tabel sebelumnya. Contoh yang dibolehkan: 12. // tipe double 12E2 // tipe double 12.0e2 // tipe double 3.14159F // tipe float Contoh yang tidak diperbolehkan : 1,024.0 // memiliki tanda berkoma 1.2e108F // terlalu besar untuk tipe float Deklarasi variabel real sbb: double x; float pi = 3.14159F ;
Konstanta dan Variabel boolean Konstanta dan Variabel adalah data yang berisi nilai dua kemungkinan, yaitu nilai benar atau salah. Contoh yang dibolehkan: true false Deklarasi variabel boolean sbb: boolean test = false; character Konstanta dan Variabel adalah character dan string didalam java menggunakan unicode character set. Dimana disimpan didalam bentuk 16 bit memori, yang memungkinkan menyimpan sebanyak 65,536 karakter. Nilai Karakter ditandai dengan diapit dengan dengan tanda petik tunggal. Data ini juga dapat direpresentasikan dengan escape character, seperti terlihat pada tabel dibawah ini. Sedangkan string diapit dengan tanda petik ganda.
Konstanta dan Variabel Contoh yang dibolehkan: ‘a’ ‘1’ “abc” “C” Deklarasi variabel char sbb: char test = ‘A’; string test = ”Universitas Respati Yogyakarta”;
Konstanta dan Variabel Keeping Constants Consisten in a Program adalah bagaimana membentuk nilai konstanta menjadi tetap dan tidak dapat berubah sepanjang program berjalan. Untuk itu dapat dilakukan dengan menggunakan keyword “final” didepan tipe data dari sebuah konstanta. Dan nama constanta menggunakan huruf besar semua Contoh program sbb: public class Constant { public static void main(String[] args) { final float PI = 3.14159F; Syatem.out.println(“2*pi = “ + 2*PI); } Hasilnya sbb: 2*pi = 6.28318 Jika antara baris 3 & 4 disisipkan perintah sbb: PI = 3.0F can’t assign a value to final variable: PI 1 error
Konstanta dan Variabel Latihan : Pertanyaan 1 – 8 jawablah dengan pernyataan valid atau tidak valid dan berikan alasannya kalau tidak valid. 10.0 5. -100,000 123E-5 6. ‘T’ ‘ ‘ ‘ 7. 3.14159 “Siapa kamu?” 8. True Pertanyaan 9 – 11, apakah sama atau tidak nilai real disisi kiri dengan disisi kanan? 4650.; 4.65E+3 -12.7; -1.27E1 0.0001; 1.0e4 Pertanyaan 12 – 15, apakah valid atau tidak penulisan nama berikut, jika tidak berikan alasannya? isVector 14. 2ndChance MyNewApp 15. MIN_DISTANCE
Konstanta dan Variabel Latihan : Pertanyaan berikut, jawablah dengan pernyataan valid atau tidak valid dan berikan alasannya kalau tidak valid, untuk penulisan deklarasi variabel dan konstanta berikut. 16. int firstIndex = 20; final short MAX_COUNT = 100000; char test = “Y”; Pertanyaan terakhir, apakah legal atau tidak program dibawah ini, jika legal apa hasil dari program tersebut, jika tidak dimana letak kesalahannya? int I, j; final int k = 4; I = k * k; j = I / k; k = I + j;
Ekspresi (Expression) Segala sesuatu yang menghasilkan nilai (jika dievaluasi, akan menghasilkan nilai) Bisa berupa konstanta literal, variabel, maupun kombinasi keduanya dengan menggunakan operator Contoh: x x = 1 hasil = 1 + 2 1 * 2 * 3 x + y / 100 // ambiguous (x + y) / 100 // unambiguous, recommended
Ekspresi Operasi Komponen utama operasi adalah operand dan operator Operand dapat berupa variabel, konstanta, nilai data konstan maupun fungsi. Setiap operand harus memiliki nilai data. Operator adalah simbol yang mengolah nilai pada operand dan menghasilkan satu nilai baru.
Pernyataan (Statements) Secara sederhana analogis dengan ‘kalimat’ dalam bahasa natural. Sebuah pernyataan membentuk unit eksekusi yang komplit (a complete unit of execution), dapat dieksekusi oleh komputer. Ekspresi dapat diubah menjadi pernyataan (sehingga dapat dieksekusi) dengan mengakhiri penulisannya dengan titik koma atau semicolon (;) Contoh: x = 10; y = x + 1; x++; Contoh di atas termasuk pernyataan ekspresi (expression statements)
Pernyataan (Statements) Selain pernyataan ekspresi, ada macam pernyataan lainnya, yaitu pernyataan deklarasi (declaration statement) dan pernyataan aliran kendali (control flow statement) Contoh pernyataan deklarasi: int x; char ch = ‘A’; float = 3.14; Pernyataan aliran kendali dapat berupa pencabangan bersyarat (selection) atau pengulangan (repetition). Akan dibahas di topik lain kelak.