Tahap Testing Sistem Pertemuan ke-8.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Advertisements

Desain Web R0312 – Grafik Komputer.
DASAR-DASAR PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
Metode Pengujian Perangkat Lunak (Black Box)
Testing dan Implementasi Sistem
Architecture dan design
Teknik Pengujian Perangkat Lunak
Pengujian Perangkat Lunak
Pengujian Black-Box.
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
PERANCANGAN KASUS UJI.
STRATEGI PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Testing dan Implementasi Sistem
Tim Asisten Praktikum RPL 09/10.  Disebut juga behaviorial testing  Berfokus pada functional requirements  Menurunkan sejumlah input untuk melatih.
BLACK BOX TESTING.
Testing Implementasi Sistem Oleh :Rifiana Arief, SKom, MMSI
Pertimbangan Praktis Tahap Testing Sistem (Lanjutan I )
Metode Pengujian Perangkat Lunak (Black Box)
Tahap Testing Sistem (Lanjutan I )
By, Eva Tanriana Teknik Sistem Informasi Industri
Proses Software & Project Metrics
Pertemuan 8, 9, 10 TAHAP TESTING SISTEM.
KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
VALIDASI SOFTWARE (Nelly Sofi).
BUSINESS PROCESS REENGINEERING
Testing & Implementasi Sistem Fungsional Testing
Tim RPL Teknik Informatika 2017
TEKNIK-TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
14. PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Pertemuan ke-13)
Rekayasa Perangkat Lunak Metode Pengujian Perangkat Lunak
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Pertemuan ke-13)
TESTING PROGRAM.
Desain User Interface dan Input
Pengujian Perangkat Lunak
METode rekayasa perangkat lunak
Teknik Pengujian Perangkat Lunak
B. Nebel, Univ. Freiburg, FAW
Rekayasa Perangkat Lunak
Mengukur produktivitas dalam pengembangan perangkat lunak
12. KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
Testing dan Implementasi Sistem teknik testing
PEMODELAN SYSTEM BERORIENTASI OBYEK (UML)
Black Box Testing.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 7
Metode Pengujian Perangkat Lunak (Black Box)
Software Engineering ( Pressman )
Sikllus Pengembangan Aplikasi Multimedia
Perancangan Fisik Basis Data
Bina Sarana Informatika
Validasi dan Verifikasi Software
Pengembangan Sistem Informasi
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Oleh: Devi Teti Susanti
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Testing dan Implementasi
Rekayasa Perangkat Lunak
Teknik-teknik pengujian Perangkat Lunak
12. KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Tim RPL Teknik Informatika 2018
Pengujian Perangkat Lunak
Pengujian Perangkat Lunak
Teknik-teknik pengujian Perangkat Lunak
Modul 5 Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF Kelompok 4: Nur Awaludin Warjito Totok Hermawan.
Transcript presentasi:

Tahap Testing Sistem Pertemuan ke-8

Pokok Bahasan Pengujian black-box. Pengujian lingkungan khusus Metode pengujian graph-based Partisi ekivalensi Analisisi nilai batas. Pengujian perbandingan. Pengujian lingkungan khusus Pengujian GUI Pengujian arsitektur client/server Pengujian dokumentasi dan fasilitas help. Pengujian sistem real-time

Pengujian Black-box

PENGUJIAN BLACK-BOX Berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak. Black-box bukan merupakan alternatif dari teknik White-box Merupakan pendekatan komplementer yg kemungkinan besar mampu mengungkap kelas kesalahan dari white-box.

Pengujian Black-box berusaha menemukan kesalahan dalam kategori : Fungsi yg tidak benar atau hilang Kesalahan interface Kesalahan struktur data atau akses database eksternal Kesalahan kinerja Inisialisasi dan kesalahan terminasi

Pengujian BLack-box dilakukan pada tahap akhir testing. Pengujian Black-box dirancang untuk menjawab pertanyaan² berikut : Bagaimana validitas diuji?(misalnya ada data yang diharuskan diisi pada formulir tetapi dikosongkan) Apakah sistem sangat sensitif terhadap harga input tertentu?(mis:pengggunaan @ pada penulisan email) Bagaimana batasan dari suatu data diisolasi? (range data mis: 10-100) Kecepatan dan volume data apa yg dapat ditolerir oleh sistem?(misalnya pada saat engirimkan file attachment pada email, jlh maksimal ) Apa pengaruh kombinasi tertentu dari data terhadap operasi sistem?

Metode Pengujian Graph-Based Membuat grafik dari objek² yg penting dan hubungan objek² yg kemudian akan direncanakan sederetan pengujian yg akan mencakup grafik tersebut, sehingga masing-masing objek dan hubungan digunakan serta kesalahan ditemukan.

Pengujian graph based dimulai dengan mendefinisikan semua simpul dan node weight, dimana objek dan atribut diidentifikasi. Setelah simpul diidentifikasi maka link dan link weight harus dibangun. Link yg merepresentasikan aliran kontrol diantara program tidak perlu diberi nama.

Object #1 Object #2 Link Terarah (Link Weight) Node Weight (Nilai) Link dua arah Link Paralel Object #3

Representasi simbolik grafik New File Document window Menu Select membangkitkan (Waktu Pembangkitan<1.0 detik) Atribut : dimensi start : setting defaul atau preferensi Warna latar: putih; warna teks;warnadefaul atau preferensi Dihadirkan sebagai berisi Object #3

Keterangan gbr : Pemilihan menu new file menghasilkan document window. Node weight dari document window memberikan daftar atribut window tsb yg akan diharapkan pada saat window dimunculkan. Link weight menunjukkan bhw window hrs dimunculkan krg dari 1.0 detik Link terarah membangun hub simetris antara new file select menu dan text document.