Object Oriented Programings Pertemuan 11

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Berorientasi Objek
Advertisements

Pemrograman Berorientasi Objek
Polymorphism Suatu fungsi anggota dari suatu class dapat dijadikan sebagai fungsi virtual Jika fungsi ini dideklarasikan kembali pada class turunan dan.
10 KELAS class nama_class struct nama_struct
BAB V – KONSTRUKTOR DAN DESTRUKTOR
BAB III – CLASS (1) DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom.
Pemrograman Lanjut Ratnokustiawan.wordpress.com.
DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom. BAB I – KONSEP PBO.
Pemrograman Berorientasi Objek
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
7 Rekayasa Sistem Konsep Utama OOP Dedy Alamsyah, S.Kom.
Membuat Class Sendiri Atribut Pertemuan : Object Oriented Programming.
Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB 2013
Encapsulasi ( Pengkapsulan )
Inheritance (Pewarisan)
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
Class, Inheritance, Encapsulation & Interface
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
Class.
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING YANES HARDIANTO SUI Politeknik Manufaktur Astra 2011.
KONSTRUKTOR & DESTRUKTOR
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING ( O O P )
Teknik Pemrograman Terstruktur Linked lis & Inheritance 1/12 Pointer (Lanjutan…) Pemrograman Berorientasi Objek.
OOP pada pemrograman Web
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)
1 Pertemuan 9 Inheritance Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
INHERITANCE (PEWARISAN)
POLIMORFISME.
Universitas Respati Yogyakarta
INHERITANCE & POLIMORPHISME Pertemuan Inheritance
Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut
Access Modifier.
Pemograman Berorientasi Objek
Outline: Pewarisan/Inheritance Polymorphism
Outline: Abstract Class Interface Boxing dan Unboxing
POLYMORPHISM.
Pertemuan 4 Class, object & Variable
Pemprograman berorientasi objek
KELOMPOK 9 ROBBY SETIAWAN AKBAR BAI ALIM WASSAHUA
INHERITANCE (PEWARISAN)
Pertemuan 9 Pemrograman Berbasikan Objek
Pemrograman Berorientsi Objek Pertemuan 15
QUIS Algoritma Pemrograman I
Inheritance.
Object Oriented Programming
Inheritance (Turunan)
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
Materi 9 Pembahasan CLASS Dalam C++
Dasar-dasar Pemrograman Objek dg Java
Konstruktor dan Destruktor
Pemrograman Berbasis Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Algoritma dan Struktur Data
PEWARISAN Pemograman Berorientasi Objek SI Semester III
ISTILAH-ISTILAH PENTING PEMROGRAMAN BERBASIS OBYEK
(Object Oriented Programming)
Pemrograman Berbasis Objek
TEORI DAN KONSEP PEMROGRAMAN BERBASIS OBJECT (OOP)
Pointer.
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
- PERTEMUAN 2- CONSTRUCTOR
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
Dian Wahyuningsih, S.Kom., MMSI
Pemrograman Berorientasi Objek
Teknik OOP Static Property & Method, Konstanta Class dan Final Class
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO) Disusun oleh : Khairan Marzuki, M.Kom Fakultas Teknik dan Kesehatan, Universitas Bumigora.
Transcript presentasi:

Object Oriented Programings Pertemuan 11

Object Oriented Programings Object Oriented Programings (OOP) merupakan suatu penekatan yang menyediakan suatu cara dalam membuat modul program dengan membuat bagian- bagian memori disekat uantuk data –data dan fungsi yang dapat digunakan sebagai suatu template untuk membuat salinan yang dapat digunakan kembali.

Kelas Suatu Kelas (class) merupakan suatu metode logis untuk mengorganisasikan data dan fungsi di dalam struktur yang sama. Public pada Kelas Private pada Kelas

Public pada Kelas Public pada Kelas, menyatakan bahwa deklarasi variabel atau item-item yang ada di dalam kelas dapat diakses dari luar kelas.

Private pada Kelas Private digunakan pda kelas untuk memproteksi anggota-anggta tertentunya agar tidak dapat diaksess dari luar kelas secara langsung

Pendeklarasian Kelas Class nama_class { Data elemen_class private;..... Public Data elemen_class public;..... } nama_object;

Mendefinisikan Lebih dari Satu Objek Di dalam suatu kelas dapat didefinisikan lebih dari satu obje. Nilai data dari suatu objek terpisah dengan nilai data objrk yang lain walaupun dalam satu kelas untuk mendefenisikan dilakukan dengan menuliskannya dibelakang nama objek yang sudah ada.

Konstruktor Konstruktor merupakan suatu fungsi dari anggota suatu kelas yang memmiliki nama yang sama dengan nama kelas tempat fungsi itu berbeda.

Destruktor Destruktor merupakan fungsi anggota yang dijalankan secara otomatis manakal suatu objek akan terbebas dari memori karena lingkup keberdaanya telah menyelesaikan tugasnya. Destruktor digunakan secara khusus jika suatu objek menggunakan momori dinamis selama keberadaannya melepaskan memory itu setelah tidak digunakan lagi.

Inheritance Menciptakan atau menurunkan suatu kelas baru dengan menggunakan kelas yang lain sebagai dasar disebut Inheritance (pewarisan) di dalam C++. Dan dapat juga digunakan kembali untuk membangun, mengorganisasikan dan menggunakan kembali kelas-kelas.

Penentu akses pada Inheritance Publik Private Protected

Konstuktor dan destruktor pada Inheritance Objek bebek merupakan objek dari motor, intinya keterhubungan. Kapan motor diaktifkan ?, dasarnya adalah konstruktor disebut terlebih dahulu. Kapan motor dihentikan.

Multiple Inheritance Memperbolehkan suatu kelas untuk menerima warisan lebih dari satu base class, menghasilkan dua atau lebih metode dan anggota kelas

Polimorphisme Polimorphisme merupakan karakteristik dari pemrograman berorintasi objek, dimana obek-objek yang berbeda memberikan respons terhadap satu pesan yang sama dan sesuai dengan sifat masing-masing.

Virtual Function Virtual Function harus anggota kelas Anggota kelas bukan anggota yang bersifat statis Anggota kelas dapat diakses dengan ponter objek

Virtul Destructors Dipakai jika suatu kelas perlu menghapus objek dari kelas turunan berdasarkan pointer yang menunjuk ke kelas dasar, yang dibuat sebaiknya pada saat suatu kels akan menjadi sukses dan pointer base class akan mengakses objek pada subkelas tersebut.

Enkapsulasi Enkapsulasi merupakan proses dasar pembentukan objek, suatu obek yang disembunyikan disebut deangan tipe data abstrak, tanpa enkapulasi maka akan melibatkan penggunaan satu atau lebih kelas.

Penentu Akses pada enkapulasi Bagian Private, sautu private bagian dari sutu kelas yang merupakan suatu bagian data yang tidak dapat diakses dari luar kelas yang tersembunyi

Bagian Publik suatu variabel yang dideklarasikan secara publik, variabel tersebut dapat diakses dari luar kelas.Di dalam C++ mempunyai tiga lingkup vaiabel yaitu local, class, dan file.

Terima Kasih