Desain dan pengembangan call

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Selamat Datang Oleh : Edrizon
Advertisements

RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Multimedia dan Hypermedia
Materi 5 - Komputer Multimedia
Oleh : Tim Pengembang TIK BTKP Dinas Dikpora DIY PROSEDUR PENGEMBANGA BAHAN BELAJAR Berbasis Internet.
DESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL 
MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH/IPS
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
ANAK KELAS 6 SD DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3
Pengajaran Berbantuan Komputer COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION Chapter 1
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Aplikasi Instruksional
PENGANTAR TEKNIK INFORMATIKA
ELEMEN MULTIMEDIA (LANJ..)
Sistem Multimedia.
METAMORFOSIS PADA HEWAN KATAK DAN KUPU-KUPU DENGAN PEMBUATAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG for further detail, please visit
Bab 2 TIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Oleh: Wahyumi Deliani Muksil Een Rochaeni Herdiyanti Marni Astuti.
ANAK USIA TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA APLIKASI CD INTERAKTIF MELUKIS DAN MEWARNAI UNTUK for further detail, please visit
MULTIMEDIA PEMBUATAN APLIKASI TATA CARA SHOLAT BERBASIS
PENERAPAN APLIKASI TUTORIAL FISIKA UNTUK SLTP DAN Ibnu Sina,
PEMBUATAN APLIKASI BELAJAR HURUF-HURUF HIJAIYAH Bagus Alfiyanto
Produksi Multimedia (KMN 504)
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
1 Pertemuan 12 Manajemen Dialog (02) Matakuliah: M0154 / Management Support Systems Tahun: 2005 Versi: 1/1.
DISUSUN : Syamyul Puji Titik Yunia
PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA
UNIT 1 Pengembangan APLIKASI MULTIMEDIA
Pertemuan 12 Perancangan dan Pengembangan Sistem Multimedia Interaktif
KARAKTERISTIK COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION. Menurut Simonson & Thompson (1994) ada enam aspek yang perlu dipertimbangkan: 1.Balikan 2.Percabangan 3.Penilaian.
Storyboard.
COMPUTER BASED INSTRUCTION
PENYUSUNAN BAHAN AJAR.
Pengajaran Berbantuan Komputer COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION Chapter 1
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
TOOLBOOK II INSTRUCTOR
CD Interaktif Panduan Membuat Slide Presentasi Yang Menarik Untuk Guru
TEKNIK PRESENTASI.
Multimedia dan Pemanfaatannya dalam proses pendidikan
Pemanfaatan Sistem Multimedia Sebagai Media Pembelajaran
PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA
Materi 3 - Komputer Multimedia
APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF Gatot Kurniawan
Sikllus Pengembangan Aplikasi Multimedia
KARAKTERISTIK COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION
Penulisan Ilmiah.Fakultas Ilmu Komputer.2004 Katalog Masakan Daerah
Nur zahara, syafaah farid, hamidah, ridwan
Nama for further detail, please visit
MODUL N. Bericho S for further detail, please visit
Materi 2 - Komputer Multimedia
DESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL 
Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan
Bab 2 TIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Oleh: Wahyumi Deliani.
Langkah-langkah dalam Mengembangkan CALL
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA PRESENTASI
Pembangunan Media Pembelajaran Untuk Konsep Struktur Kontrol Pada Algoritma Berbasis Multimedia ALFIN AKBAR
DESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL 
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
ELEMEN MULTIMEDIA (LANJ..)
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
Roy Andika Sinulingga for further detail, please visit
APLIKASI PENGENALAN FOTOGRAFI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX 7
APLIKASI MODUL PENGENALAN BENTUK DAN WARNA UNTUK Faiz Djibran
Dandan Irawani Lubis, S.Ag, M.Pd Widyaiswara Ahli Madya Balai Diklat Keagamaan Medan MEDIA Pembelajaran.
PPG DALAM JABATAN Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF STORYBOARD.
Pemrograman Multimedia Dede heru. s.kom. OVERVIEW Position : Contact Address: Phone: - Handphone : dedeheru Homepage:
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ICT Heri Cahyono.
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Transcript presentasi:

Desain dan pengembangan call Pembelajaran Bahasa dengan Bantuan Komputer

Langkah-langkah merencanakan program call Perencanaan Awal Menentukan Tujuan Memilih Tipe Program Memilih Materi Memilih Softwere Merancang Struktur Menentukan Tugas

Perencanaan Awal Merancang model pembelajaran bahasa dengan bantuan komputer

Menentukan Tujuan Sebelum melaksanakan langkah-langkah dalam pembelajaran perlunya menentukan tujuan, sasaran materi yang akan diajarkan.

Memilih Program Linier: Mempresentasikan materi, menyerupai buku teks yang menitik beratkan pada kata-kata. Bercabang: Menyampaikan materi tanpa harus menyelesaikan seluruh elemen utama yang terdapat dalam program

Memilih materi Materi yang akan dibuat harus mempertimbangkan lima aspek permasalahan, antara lain: Grammer Nouns Articles Subject-verb agreement Tenses dan conjuntions

2.5 MEMILIH SOFTWARE Terdapat berbagai macam software multimedia yang dapat digunakan untuk merancang atau mengembangkan program CALL. Program pembelajaran bahasa dengan mediasi komputer dikembangkan oleh Hartoyo misalnya, dirancang menggunakan ToolBook 3.0, sebuah sistem yang berjalan dalam windows.

Beberapa pertimbangan program pembelajaran bahasa dengan mediasi komputer Merupakan sistem hypermedia. Aplikasi yang merancang program tutorial yang memungkinkan siswa untuk menjelajahi dan membaca materi atau informasi apapun yang menarik perhatian mereka. Didukung oleh teks, grafik, dan ilustrasi visual, serta dapat pula diaplikasikan dengan audio maupun video, sehingga potensial untuk menciptakan sebuah program tutorial yang interaktif.

2.6 MENENTUKAN TUGAS Sebelum perancang membuat sistem CALL yang dapat digunakan penggunanya, mereka harus mampu menganalisa tugas belajar apa yang harus disediakan untuk menstimulasi interaksi antara pengguna dengan komputer.

Dalam program CALL yang dikembangkan oleh Hartoyo, tugas belajar ditampilkan dalam satu set latihan mengikuti 1) sesi presentasi materi, dan 2)siswa diminta mengerjakannya. PRESENTASI MATERI PENUGASAN TERHADAP SISWA

1 2 3 2.7 MERANCANG STRUKTUR PROGRAM Program call yang akan dirancang terdiri atas 3 bagian: 1 Informasi/penjelasan mengenai program tutorial guna membantu pengguna menjelaskan program dengan lebih mudah 2 Menampilkan materi pokok dalam program 3 Menampilkan satu set latihan yang memungkinkan pengguna menilai pemahamannya terhadap materi yang baru saja dipelajari.

Prinsip-prinsip Merancang dan Mengetes Program CALL Interaktivitas Kegunaan (fleksibilitas) Keberterimaan Isi Efektifitas Penampilan (daya pikat)