Bahasa Perintah
Tujuan dasar perancangan bahasa Presisi Kekompakan Kemudahan dalam penulisan dan pembacaan Mudah dipelajari Sederhana, mengurangi kesalahan Kemudahan mengingat
Kendala penggunaan bahasa Kapasitas manusia mengingat notasi Kecocokan antara ingatan dan media penampil Kemudahan berbicara (mengucapkan)
Strategi Organisasi Perintah Simple command list Setiap perintah dipilih untuk melaksanakan tugas (task) tunggal, dan jumlah perintah sama dengan jumlah tugas Untuk jumlah tugas yang sedikit, dapat menghasilkan sistem yang mudah dipelajari dan dipergunakan Contoh : vi editor (UNIX)
Go to home positionH Go to last lineL Go to middle lineM Previous line in the sameCTRL-P column Next line in the same columnCTRL-N Go to start of line 0 Go to end of line $ Go left one spaceh
Command plus arguments Setiap perintah diikuti satu atau lebih argumen Contoh : COPY FILEA, FILEB DEL FILEA PRINT FILEA, FILEB, FILEC
Lanjutan… Bagi beberapa pemakai, label keyword atau argumen dapat membantu. Contoh : COPY FROM=FILEA TO=FILEB
Command plus options and arguments Perintah dapat mengandung option untuk menunjukkan keadaan khusus Contoh: PRINT/3, HQ, FILEA DIR C:\WINDOWS\*.EXE /S/W/P/O-N ls -alF /home/agus Tingkat kesalahan dan kebutuhan akan pelatihan ekstensif meningkat dengan option yang banyak
Hierarchical command structure Perangkat penuh perintah diatur menjadi struktur tree, seperti pada menu ActionObjectDestination CREATEFileFile DISPLAYProcessLocal Printer REMOVEDirectoryScreen COPYRemote Printer MOVE
Dengan hanya lima perintah dapat dilakukan 5x3x4 = 60 tugas Pendekatan ini dapat dikembangkan untuk membantu pemakai pemula atau intermittent, seperti pada Lotus
11 Manfaat Struktur Manfaat struktur: Membantu proses belajar manusia, pemecahan masalah, dan ingatan. Membantu task concepts, computer concepts, dan rincian sintaktik bahasa perintah. Topik: Urutan argumen yang konsisten Simbol vs keyword Struktur hierarkis dan kongruensi
12 Urutan Argumen yang Konsisten Beberapa studi menunjukkan adanya manfaat urutan argumen yang konsisten. Inconsistent order Consistent order SEARCH file no, message id SEARCH message id, file no TRIM message id, segment size TRIM message id, segment size REPLACE message id, code no REPLACE message id, code no INVERT group size, message id INVERT message id, group size
13 Simbol Lawan Keyword Penggunaan keyword lebih mudah daripada simbol. Pemakai berpengalaman dapat mengembangkan keterampilan untuk menggunakan notasi aneh sehingga variasi sintaktik tidak banyak berpengaruh. Symbol Editor FIND:/TOOTH/-1 LIST;10 RS:/KO/,/OK/;* Keyword Editor BACKWARD TO “TOOTH” LIST 10 LINES CHANGE ALL “KO” TO “OK”
14 Struktur Hierarkis dan Kongruensi Kongruen: pasangan yang berlawanan secara selaras dan berarti (simetris). Struktur hierarkis dan kongruensi dapat membantu ingatan pemakai.
15 Struktur Hierarkis dan Kongruensi (Lanj.) Congruent Hierarchical Nonhierarchical MOVE ROBOT FORWARD ADVANCE MOVE ROBOT BACKWARD RETREAT MOVE ARM FORWARD PUSH MOVE ARM BACKWARD PULL MOVE ARM RIGHT SWING OUT MOVE ARM LEFT SWING IN Noncongruent Hierarchical Nonhierarchical MOVE ROBOT FORWARD GO CHANGE ROBOT BACKWARD BACK CHANGE ARM FORWARD POKE MOVE ARM BACKWARD PULL CHANGE ARM RIGHT PIVOT MOVE ARM LEFT SWEEP
Strategi Penyingkatan Nama Perintah Pemotongan sederhana Gunakan huruf pertama, kedua, ketiga, dst. Dari perintah, asalkan perintah dapat dibedakan dengan huruf-huruf awal
Buang huruf-huruf hidup dengan pemotongan sederhana Buang huruf hidup dan gunakan beberapa yang tersisa Jika huruf pertama huruf hidup, tidak boleh dibuang
Lanjutan… Huruf pertama dan huruf terakhir Huruf pertama dan terakhir mudah terlihat Huruf pertama setiap kata dalam frase Membuat akronim
Lanjutan… Singkatan standar dari konteks lain Gunakan singkatan yang sudah dikenal Contoh: QUANTITY QTY, TRANSFER XFER, BACKUP BAK Fonik Fokuskan perhatian pada suara Contoh : execute XQT, I seek you ICQ
Penggunaan Bahasa Alami Natural language interaction interaksi dengan bahasa alami Natural language queries permintaan dengan bahasa alami Text-database searching pencarian database teks
Natural language text generation penyusunan teks dengan bahasa alami Adventure and educational games permainan petualangan dan pendidikan