1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Flowchart (Diagram Alur)
Advertisements

STATEMEN READ-DATA 10 READ A10 READ A,B,C 20 DATA 2,3,420 PRINT A,B,C 30 READ B,C30 END 35 PRINT A,B,C40 DATA 2,3,4 40 ENDOk Ok STATEMEN RESTORE 10 READ.
Pengertian Algoritma dan Flowchart
Algoritma dan Flowchart
Materi Flowchart/Bagan Alur.
Flowchart (Diagram Alur)
SIKLUS PEMROSESAN TRANSAKSI
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
Pemrograman Bahasa Komputer (CS-2700 / 3 SKS ) Oleh:
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Flowchart Bag. 2 Dalam suatu program perulangan dan percabangan begitu penting utk menyusun program yg ingin dbuat.
Flowchart.
Flowchart (Diagram Alur)
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Flowchart.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Analisis Masalah dan Penyelesaian
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
BAB II Diagram alur atau Flowchart
Algoritma dan Flowchart
Diagram Alur (Flowhart)
Analisis dan desain Algoritma (PG157)
BAB 2 BAHASA PEMROGRAMAN
Flowchart (Diagram Alur)
Flowchart (Diagram Alir)
Algoritma.
APSI.
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
FLOWCHARTING Pertemuan 3 & 4 Muhamad Haikal, S.Kom., MT.
Wahyu Cahyani Faradilah Artian Ningsih Siti khodijah FLOWCHART
Pengertian Algoritma dan Flowchart
penyusunan algoritma (flowchart)
MODUL 2.
Dasar Pemrograman dan Komputer
Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
SYSTEM FLOWCHART.
Menuliskan Algoritma Algoritma dapat dituliskan dengan berbagai cara:
Flowchart (Diagram Alur)
Flowchart (Diagram Alur)
Alur Sistem Dan flowchart.
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Flowchart (Diagram Alur)
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Flowchart.
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
SIM LOGISTIK PERTEMUAN 4.
BAB FLOWCHART.
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Flowchart Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom.
Keterampilan komputer 1AB
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
ALGORITMA DAN FLOWCHART
LOGIKA & ALGORITMA -Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Algoritma & Pemrograman 1
Pertemuan ke 6 Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom
Algoritma dan Flowchart
BAB II METODOLOGI PENGEMBANGAN SIA
Flowchart (Diagram Alur)
1 Flowchart (Diagram Alur). 2 Flowchart Bagan-bagan yang mempunyai arus Menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah Merupakan salah satu.
Flowchart (Diagram Alur)
FLOWCHARTING Temu 3 dan 4.
LOGIKA & ALGORITMA A LGORITMA & P ENGENALAN F LOW C HART 1.
PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER
Flowchart (Diagram Alur)
PENGERTIAN DASAR FLOWCHART
Dasar Konstruksi Pemrograman
ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
Diagram Alur (Flowhart)
Teknik Pemrograman, Mikroprosessor dan Mikrokontroler Rahayu Maksum SMK N 1 Wonosegoro.
Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)

2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai akhir 2.Suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu program start Proses Cetak End input

5 PENGENALAN FLOWCHART Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya.  2 Macam flowchart  System flowchart Bagan yang memperlihatkan urutan prosedur dan proses dari beberapa file didalam media tertentu  Program flowchart Bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan proses dala suatu program

FLOWCHART (Diagram Alur) : 1. Langkah awal pembuatan program 2. Urutan proses di program menjadi lebih jelas. Kaidah-kaidah Umum Pembuatan Flowchart Terdapat 3 bagian utama dalam pengolahan Input (Bahan entah) ProsesOutput (Bahan jadi)

8 Untuk pengolahan data dengan komputer, dapat dirangkum urutan dasar untuk pemecahan suatu masalah, yaitu : START : berisi instruksi untuk persiapan peralatan yang diperlukan sebelum menangani pemecahan persoalan READ : berisi instruksi untuk membaca data dari suatu peralatan input PROCESS : berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang dibaca WRITE : berisi intruksi untuk merekam hasil kegiatan ke peralatan output END : mengakhiri kegiatan pengolahan

9 IMPLEMENTASI PERSOALAN KE BENTUK FLOWCHART 1.Penentuan hubungan antara data input dengan hasil pengolahannya 2.Penentuan hubungan antara data input dengan pengolahannya 3.Penentuan hubungan antara pengolahan dengan data ouput 4.Penentuan prosedur / langkah – langkah pengolahan

10 YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PEMBUATAN FLOWCHART 1.Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat 2.Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas 3.Sebuah flowchart diawali dari satu titik mulai (start) dan diakhiri dengan selesai (end)

SIMBOL – SIMBOL FLOWCHART Bagan – bagan yang Dipakai sebagai alat Bantu menggambarkan proses di dalam program dibagi menjadi tiga kelompok : 1. Processing symbols; menunjukkan jenis operasi pengolahan Simbol ini dipergunakan untuk menunjukkan awal kegiatan atau akhir kegiatan atau berhentinya suatu program  Terminal / Interrupt (mulai / berhenti)

 Symbol Predefined Process ;Persiapan / pemberian harga awal  Prosess (Pengolahan) Suatu simbol yang melambangkan diprosesnya suatu data

 Decision (keputusan) ; Simbol untuk kondisi yang akan menghasilkan beberapa kemungkinan jawaban/aksi) Menunjukkan suatu perbandingan yang harus dibuat, bila hasilnya ‘ Ya’ maka arah alir akan ke suatu tempat, bila ‘Tidak’ akan menuju tempat lain  Predefined Proses / proses prosedur

2. Input-output symbols ; menyatakan jenis peralatan yang digunakan sebagai media input atau output.  Input / Output ( data / hasil) Untuk mewakili data input dan menuliskan outputnya  Mencetak hasil symbol yang menyatakan output dicetak ke kertas

 Display symbol yang menyatakan tampilan (dilayar atau monitor)  Symbol disk and on-line storage (Symbol untuk menyatakan input berasal dari disk atau output disimpan ke disk)

3. Flow Direction Symbols; dipakai untuk menggabungkan antara symbol yang satu dengan symbol lainnya  Flow Lines (Garis alir) Simbol-simbol dari flowchart dihubungkan dengan garis-garis ini. Garis ini yang menunjukan arah selanjutnya yang akan dituju.

 Connector (Penghubung) Bila suatu flowchart sangat panjang dan diputus di tengah sebelum selesai, jika disambung dalam halaman yang sama lagi, maka digunakan simbol ini Bila disambung pada halaman yang lain digunakan simbol ini

16 Diagram Alur untuk Program Komputer. Pd dasarnya suatu program komputer umumnya terdiri atas : 1. Pembacaan/pemasukan data ke dalam komputer 2. Melakukan komputasi/perhitungan terhadap data tersebut 3. Mengeluarkan/mencetak/menampilkan hasilnya.

Flowchart terdiri dari tiga struktur : 1. Stuktur squence Contoh : 2. Struktur Branching 3. Struktur Pengulangan Contoh :

20 Catatan : Ketiga struktur diatas dapat digunakan secara bersamaan pada satu diagram alur. M’beri harga kpd suatu Variabel (Cara I) Suatu variabel dapat diartikan sebagai suatu nilai yg dapat berubah harganya. Contoh menggambarkan pemberian harga suatu variabel : X = 5variabel X diberi harga sebesar 5

22 Memberi harga kepada suatu variabel (Cara II) Dgn menggunakan kotak masukan/baca/input/read, STRUKTUR SQUENCE / STRUKTUR SEDERHANA Diagram yang alurnya mengalir secara berurutan dari atas ke bawah atau dengan kata lain tidak adanya percabangan atau pengulangan. Keterangan : 1. Masukan Nilai Variable A mis : 3 2. Proses A dengan A*2 3. Cetak hasil proses diatas A=A*2 yg menghasilkan A=6 A=A*2 Cetak A Input A start end

23 Bentuk umum penulisannya adalah : IF (K) S ELSE  boleh ditulis/tidak dengan K adalah suatu kondisi, S = statement majemuk, Sedangkan kelanjutan dr ELSE adalah Statement Hampa\ yaitu statement yg tdk berisi perintah apa-apa. Nil > 75 y Cetak lulus t end

25 2. Struktur : IF - ELSE Diagram yg alurnya ada/banyak terjadi alih kontrol berupa percabangan & terjadi apabila kita dihadapkan pada suatu Kondisi dengan dua pilihan BENAR/ SALAH K S2 S1 True False Cabang ThenCabang Else

Nil > 75 y Cetak lulus t Cetak tdk lulus

28  Hubungan – Atau- Hubungan antar kondisi yang mensyaratkan hanya salahsatu kondisi yang terpenuhi. T > 20 Atau S > 50 X = S + T X = S - T Ya Tidak T > 20 Ya S > 50 X = S + T Tidak X = S - T Tidak Ya

3. Struktur : Branch/Cabang atau Keputusan Bersusun Nil < 75 y Cetak cadangan t Cetak tdk lulus Nil >= 75 y Cetak lulus t

STRUKTUR LOOPING (PENGULANGAN) start i = 1 i  3 Cetak halo i = i + 1 end T Y start i = 1 Cetak halo i = i + 1 i  3 end T Y start Untuk j = 1 sampai 3 Cetak halo J selanjutnya end

P E R U L A N G A N B E R G A N D A Sering terjadi bahwa di dalam suatu pemutaran, terjadi lagi pemutaran atau disebut dengan perulangan berganda start Untuk I = 2 Sampai 4 Untuk K = 6 Sampai 8 M I * K Cetak M K selanjutnya I selanjutnya end Pemutaran Dalam Pemutaran Luar